5 Manfaat Bermain bagi Anda yang Sudah Dewasa

Sudahkah Anda bermain hari ini?

Bermain?? Hellooo…!!! Hari gini??!” Mungkin demikian jawab Anda ketika ditanya sudahkah Anda bermain hari ini. Mungkin, Anda adalah tipe orang yang sangat serius, yang memandang bahwa kegiatan bersenang-senang, termasuk bermain merupakan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Menurut Anda, bermain bagi orang dewasa adalah kegiatan yang tabu, kegiatan yang sudah tidak lagi lazim/pantas dilakukan. Mengapa? Karena, bermain menunjukkan seseorang belum beranjak dewasa. Bagi Anda, orang dewasa yang masih gemar bermain mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki masa kecil yang kurang bahagia. Yang lebih parah, bagi Anda, orang dewasa yang masih gemar bermain menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan memiliki masalah kejiawaan yang serius. Dan, oleh karena itu, Anda enggan menyempatkan diri untuk bermain karena malu dianggap kurang bahagia masa kecilnya atau memiliki masalah kejiawaan yang serius.

Well, jika memang benar Anda tipe orang yang sebagaimana digambarkan di atas, jika Anda adalah tipe orang yang menganggap bahwa bermain merupakan hal yang tabu dan aneh bagi orang yang sudah dewasa, maka Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Mengapa? Artikel ini akan membahas beberapa manfaat bermain bagi orang dewasa.

Semua pernyataan di dalam uraian ini didukung oleh penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para pakar. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu terhadap kesahihannya.

Sekarang, penasaran apa saja manfaat bermain untuk orang dewasa? Yuk, langsung saja kita simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Bermain membuat Anda bahagia

Apa yang dimaksud dengan  kebahagiaan? Apa pun yang dimaksud kebahagiaan, salah satu keadaan/kondisi yang membuat kita merasa bahagia yaitu manakala kita terhanyut sepenuhnya pada kegiatan/aktivitas yang kita lakukan.

Sebagai contoh, manakala anak kecil sedang bermain game. Ia sepenuhnya terlarut dalam permainan itu sedemikian sehingga tidak memperhatikan sekitar dan tidak menyadari waktu telah berlalu. Ia mengalami kondisi flow (konsep yang pertama kali dicetuskan oleh seorang pakar psikologi Mihaly Csikszentmihalyi), yakni kondisi di mana perhatiannya 100% terpusat pada apa yang sedang ia lakukan.

Nah, saat ia terhanyut, niscaya perasaannya bahagia. Mengapa? Karena, ia tidak memikirkan hari kemarin dan hari esok. Yang ia tahu dan rasakan adalah di sini, sekarang, menikmati permainan video game.

Mengapa merasakan apa yang sedang kita lakukan sekarang (be present/flow), dan bukan mengingat hari esok dan hari kemarin, membuat kita bahagia? Karena, memikirkan hari kemarin membuat kita menyesal dan marah karena kita teringat akan perkara-perkara yang telah menimpa kita. Sebaliknya, memikirkan hari esok membuat kita cemas dan takut. Kita cemas lantaran membayangkan hari esok yang penuh misteri/keseraman. Sementara itu, terhanyut pada apa yang sedang kita lakukan sekarang membuat kita lupa terhadap hari esok dan hari kemarin. Kecemasan, kekhawatiran, ketakutan, kemarahan, penyesalan, dan perasaan negatif lainnya lenyap ketika kita menikmati apa yang sedang kita lakukan sekarang. (http://www.psychologytoday.com/collections/201409/the-power-play/5-reasons-you-need-play-more).

2. Bermain menyehatkan Anda

Tertawa merupakan dampak alami dari bermain. Jika tidak percaya, coba perhatikan putra-putri Anda yang sedang bermain. Perhatikan bagaimana reaksi mereka ketika permainan itu membuat mereka senang. Secara otomatis, mereka akan tertawa gembira.

Nah, menurut berbagai studi yang dilakukan oleh para pakar, tertawa merupakan salah satu obat mujarab untuk menghilangkan stres.

Bagaimana mekanismenya? Saat kita tertawa, hormon yang membuat kita stres seperti hormon kortisol dan epinefrin berkurang. (http://www.discovery.com/tv-shows/curiosity/topics/10-reasons-why-laughing-good-for-you.htm).

Selain itu, tertawa juga menyehatkan tubuh kita. Hormon kortisol dan epinefrin, selain berperan membuat kita stres juga berperan dalam membawa penyakit. Kok bisa? Kedua hormon itu dapat menghambat sistem imun sedemikian sehingga penyakit dan infeksi mudah masuk ke dalam tubuh. (http://www.discovery.com/tv-shows/curiosity/topics/10-reasons-why-laughing-good-for-you.htm).

Jadi, saat Anda terjangkit stres, tidak tertutup kemungkinan Anda juga rentan penyakit dan infeksi. Dan, untuk mencegahnya, Anda perlu bermain. Dengan bermain, Anda akan tertawa gembira. Dan, saat Anda tertawa gembira, maka stres berkurang dan sistem imun bekerja dengan maksimal.

3. Bermain menghubungkan Anda dengan orang lain

Bagaimana rasanya saat sebuah permainan hanya dinikmati oleh diri Anda sendiri? Bagaimana rasanya saat Anda bermain sendirian?

Kurang askyik, bukan? Nah, semenyenangkan apa pun, sebuah permainan akan jauh lebih mengasikkan jika dimainkan bersama orang lain. Mengapa? Dengan begitu, kita bisa berbagi canda dan tawa.

Nah, dengan bermain, timbul rasa ingin berbagi dengan orang lain di dalam diri kita. Saat kita bermain, kita senantiasa terdorong untuk mengajak orang lain bergembira dan tertawa. Dengan begitu, dengan bermain, kita terhubung dengan orang lain, kita menikmati kehidupan sosial sepenuhnya.

4. Bermain membuat Anda kreatif

Seorang pakar psikologi, Mark Beeman menemukan bahwa komedi membuat seseorang jauh lebih kreatif dalam memecahkan masalah. Pertanyaannya, apa yang membuat peran komedi bisa sehebat itu?

Setelah dilakukan penelitian, disimpulkan bahwa bersenang-senang, termasuk bermain dan menonton komedi dapat membantu koneksi saraf yang berperan dalam fleksibilitas mental dan kreativitas. (http://www.psychologytoday.com/collections/201409/the-power-play/5-reasons-you-need-play-more).

5. Bermain mendorong pikiran Anda lebih terbuka

Barbara Fredrikson dari Universitas Chapel Hill, North Carolina menemukan bahwa emosi/perasaan positif dapat meningkatkan daya berpikir kita dengan memperluas perhatian visual kita.

Nah, bermain merupakan salah satu aktivitas yang dapat menimbulkan emosi/perasaan positif dalam diri kita. Bermain membuat kita senang, gembira, dan sejenak melenyapkan kecemasan, kekhawatiran, kemarahan, penyesalan, dan perasaan negatif lainnya. Ini artinya, bermain merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya berpikir kita.

Nah, oleh karena itu, saat pikiran Anda terasa buntu dalam menghadapi suatu masalah, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri bermain. Lakukan aktivitas apa pun yang dapat membuat Anda senang. Anda dapat bermain video game, bermain bola, bercanda dengan keluarga Anda, dan jenis permainan lainnya.

Saat Anda senang, saat timbul emosi positif dalam diri Anda, maka niscaya kemampuan berpikir Anda semakin meningkat.

Kegiatan yang menyenangkan, termasuk bermain dapat membantu Anda melenyapkan stres dan kekhawatiran dan membantu Anda berpikir lewat berbagai sudut pandang dalam menghadapi situasi yang menantang.

Seringkali, kita mendengar nasihat yang menyatakan bahwa dalam menjalani kehidupan ini, ada baiknya bagi kita untuk tidak terlalu kaku dan serius. Mengapa demikian? Menurut nasihat itu, hidup sudah penuh dengan masalah. Jadi, tidak perlu kita menambah masalah dengan menyikapi hidup secara serius terus-menerus.

Hidup harus seimbang. Ada kalanya kita harus bersikap serius. Namun demikian, tak jarang pula kita harus menyempatkan diri untuk bersenda gurau, bercanda, bersenang-senang, dan bermain.

Bukan hanya anak kecil yang boleh bermain. Orang dewasa pun perlu sesekali menyempatkan diri untuk bermain. Mengapa demikian? Karena, bermain menimbulkan perasaan senang, gembira, dan perasaan positif lainnya. Nah, karena orang dewasa lebih sering mengalami stres, maka mereka jauh lebih butuh bermain ketimbang anak-anak. Tujuannya, supaya stres yang mereka alami lenyap dengan bermain dan bersenang-senang.

Bagaimana? Anda setuju, bukan? Jadi, mulai sekarang, jangan ragu untuk bermain dan bersenang-senang.

Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

Leave a Reply

Close Menu