6 Cara Mudah Meningkatkan Motivasi Diri Di Pagi Hari

Shares

Setiap hari adalah kerja keras. Kita harus berusaha bangun dari tempat tidur dan mempersiapkan diri untuk menjalani waktu yang panjang sebelum istirahat kembali di malam harinya. Tidak jarang kita harus pontang-panting karena bangun kesiangan atau karena hal-hal kecil yang mengganggu di pagi hari.

Akibatnya, kita sering kehabisan energi meskipun matahari masih berada jauh di sisi timur. Merasa tidak termotivasi, lelah dan merasa berat untuk menjalani sisa waktu yang ada.

Kondisi ini akan jauh berbeda jika kita menyediakan sedikit waktu untuk diri sendiri dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana di pagi hari.

Kegiatan tersebut akan membantu kita untuk menjaga energi positif yang ada, meningkatkan motivasi diri, dan tentunya akan meningkatkan produktivitas kita.

Berikut 6 kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi diri Anda. Mari kita bahas satu per satu;

1. Memulai dengan Ucapan Syukur

Jangan langsung beranjak dari tempat tidur Anda dan melakukan kegiatan lain sebelum melakukan yang satu ini. Aktivitas ini sangat penting, karena ini adalah langkah sederhana dan yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga mood positif dalam menjalani hari Anda.

Tanya diri Anda, “Apa saja yang bisa saya syukuri pagi ini? Berapa banyak hal yang bisa saya syukuri saat ini?”

Dengarkan jawabannya. Saat Anda mendapat jawabannya, ucapkan dengan bersuara dan rasakan emosinya.

Dengan Anda menyuarakan rasa syukur tersebut, saat itu Anda sedang berusaha untuk lebih sadar akan diri dan kondisi Anda dan ini akan mencegah Anda untuk tidur kembali.

Merasakan emosi positif dari jawaban yang Anda dapatkan adalah kunci untuk meningkatkan motivasi diri. Anda merasa lebih baik, nyaman, damai dan bahagia. Anda akan mengawali hari dengan penuh rasa syukur.

Diri Sendiri

2. Berbicara pada Diri Sendiri

Anda tidak perlu bersikap aneh seperti itu. Cara ini tidak ada hubunganya dengan dunia gaib ataupun mistik. Berbicara pada diri sendiri adalah hal natural yang terjadi pada setiap orang.

Sadar atau tidak, semua orang melakukannya. Mereka yang tidak menyadari pikiran merekalah yang menilai berlebih dan menganggap hal tersebut sebagai suara setan atau mahluk aneh lainnya.

Apakah Anda bisa merasakan pikiran Anda memberi jawaban, tepatnya berkomunikasi kepada Anda saat ada bertanya tentang sesuatu hal? Misalnya, bertanya siapa nama Anda, berapa usia Anda, kegiatan yang Anda lakukan kemarin dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Berbicara kepada diri sendiri adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi diri. Apalagi jika Anda merasa tidak nyaman karena sesuatu hal dari luar diri. Cara ini sangat efektif jika dilakukan.

Saat berbicara kepada diri sediri, berbicaralah tentang hal-hal positif, membangun, memuji dan memberi penghargaan tulus kepada diri sendiri. Bukan sebaliknya.

Karena setiap ucapan Anda akan masuk ke pikiran bawah sadar dan itu akan menentukan emosi yang akan Anda rasakan. Jika Anda memuji, maka Anda akan termotivasi dan mau mencoba lagi.

Tapi, jika Anda mengutuk dan menyalahkan diri sendiri, maka Anda sedang melemahkan dan menjatuhkan diri Anda. Ini akan membuat Anda semakin jatuh dan sulit untuk move on.

3. Akui Kelebihan dan Kehebatan Anda

Apakah Anda merasa hebat, memiliki banyak kelebihan dan merasa spesial? Apakah Anda merasa mampu mengatasi semua masalah yang hadir dalam hidup Anda? Dan pertanyaan yang lebih penting adalah, apakah Anda yakin akan diri Anda sendiri?

Jika Anda menjawab “Tidak”, maka bisa ditebak, pencapian dan kualitas hidup Anda hanya akan biasa-biasa saja.

Bukan karena saya sok tahu. Memiliki harga diri yang tinggi dan sehat menentukan kualitas hidup seseorang.

Tidak ada yang bisa mengakui kelebihan, kemampuan dan keunikan Anda selain diri Anda sendiri. Kita tidak bisa meminta atau memaksa orang lain mengakui dan memberikan pujian akan hal tersebut.

Meskipun Anda merasa tidak spesial dan tidak memiliki banyak kelebihan dalam diri Anda, pasti ada satu atau dua hal baik yang menonjol dari diri Anda.

Tugas Anda untuk mencari tahu dan mengakui kebaikan dan kelebihan tersebut. Belajarlah untuk menerima dan mengakui kekurangan dan kelebihan Anda. Anda bisa menulis setiap kebaikan dan kelebihan Anda.

Nyatakan dengan lantang pada diri Anda sendiri di depan cermin, akan semua kelebihan dan kehebatan diri Anda. Tidak masalah apakah Anda hanya mengucapkan hal yang sama untuk waktu yang cukup lama. Cepat atau lambat, Anda akan menuliskan kelebihan dan kehebatan baru di daftar Anda.

Ini akan sangat membantu meningkatkan motivasi diri yang akan mempengaruhi langsung rasa percaya diri Anda.

4. Perlakukan Diri Anda Seperti Anda Ingin Diperlakukan

Pernyataan ini sesuai denga satu hukum mental. Hukum Kesesuaian, yang mengatakan, “Dunia di luar diri Anda merupakan cerminan dari dunia di dalam diri Anda.”

Anda bisa mengetahui apa yang terjadi di dalam diri Anda dengan melihat pada apa yang terjadi di sekeliling Anda. Dunia luar menjadi cerminan atas dunia dalam diri Anda dan ia akan memantulkan apa yang terjadi di dalam diri.

Ini menjelaskan mengapa Anda perlu memperlakukan diri Anda seperti Anda ingin orang lain memperlakukan Anda. Anda tidak akan bisa mendapatkan perlakukan baik dari orang lain jika Anda tidak mau memperlakukan diri Anda dengan baik terlebih dahulu.

Tanyakan diri Anda, cara seperti apa ia ingin diperlakukan. Setelah Anda mendapat jawabannya, lakukanlah dengan segera.

Selain itu Anda juga bisa melakukan teknik visualisasi dalam langkah ini. Bayangkan terlebih dahulu, Anda memperlakukan diri Anda seperti yang Anda inginkan. Kemudian, bayangkan orang lain melakukan hal yang sama terhadap diri Anda dan Anda juga melakukan hal yang sama kepada orang lain.

Rasakan emosi positif yang muncul saat Anda melakukan cara ini. Ini akan meningkatkan motivasi diri Anda. Anda akan merasa lebih nyaman dan akan mempengaruhi rasa percaya diri saat melakukan intraksi sosial.

5. Membaca Buku

Membaca buku sangat penting dilakukan karena akan memberikan Anda banyak pencerahan akan ide atau solusi atas masalah yang dihadapi. Apalagi jika dilakukan di pagi hari.

Membaca akan membuat otak Anda terus aktif dalam menjalankan fungsinya. Bukan hanya itu, tanpa Anda sadari, Anda telah memberi makanan bernutrisi tinggi kepada otak Anda. Inilah yang akan meningkatkan motivasi diri Anda.

Dalam fungsi yang lebih besar, membaca sangat penting karena mampu menghantarkan seseorang menghadapi perubahan zaman yang semakin cepat setiap harinya.

Bahkan dengan membaca buku pun sering kali kita tertinggal oleh kecepatan perubahan itu sendiri. Apalagi jika kita tidak membaca buku. Bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi?

Inilah mengapa skill membaca itu sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan, melainkan akan membantu penggunanya untuk bertumbuh dengan lebih cepat dan mudah.

Jika Anda benar-benar ingin bertumbuh melalui membaca buku, saya sangat merekomendasikan teknik membaca bacakilat untuk melayani Anda mencapai tujuan besar Anda.

Dengan teknik bacakilat, proses membaca Anda akan jauh lebih cepat dan mudah dalam memahami isi buku dan menghemat banyak waktu.

Bisa Anda bayangkan seberapa besar pertumbuhan diri yang Anda akan alami? Seberepa kecil biaya yang Anda gunakan untuk bertumbuh?

Teknik ini bukan asal teknik yang diramu begitu saja. Melainkan berdasarkan hasil penelitan terkini di dunia pikiran. Anda bisa mengklik di sini untuk mendapatkan informasi tentang bacakilat.

Bernyayilah

6. Bernyanyi dan Dance

Untuk melengkapi semua kegiatan di atas, Anda wajib melakukan salah satu atau kedua hal di atas. Bernyayi dan atau dance. Anda bisa menyanyikan musik kesukaan Anda. Jangan hanya berhenti bernyanyi, melainkan gerakkan tubuh Anda.

Gerakan yang Anda buat akan memicu keluarnya hormon endorfin di otak. Hormon inilah yang akan membuat Anda merasa bahagia. Perasaan ini akan membuat Anda merasa siap untuk melewati hari panjang dengan penuh keyakinan dan rasa percaya diri yang tinggi.

Inilah 6 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi dalam diri Anda. Pembaca, apa yang Anda lakukan di pagi hari untuk meningkakan motivasi diri Anda? Selamat mencoba dan saya tunggu komentar Anda?

About the Author Ronald Sembiring

>