Benner-1.png

 

Apakah Anda orang yang produktif? Apakah yang selama ini Anda kerjakan bisa menunjang produktivitas kerja Anda? Atau membuang waktu untuk hal-hal yang tidak penting dengan pekerjaan Anda. Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara agar produktivitas kerja Anda terus meningkat dari hari ke hari?

Produktivitas tidak berbicara tentang kecerdasan dan kemampuan tetapi bagaimana Anda menerapkan satu kebiasaan kecil yang akan mengarahkan semua energi dan fokus Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Kebiasaan inilah yang akan membawa Anda mencapai produktivitas tertinggi di pekerjaan Anda. Ini tentunya akan sangat membantu Anda mencapai prestasi tertinggi di pekerjaan Anda.

Berikut beberapa kebiasaan yang perlu Anda bentuk untuk mencapai produktivitas tertinggi di pekerjaan Anda:

1. Pangkas Pekerjaan Yang Tidak Penting

Untuk setiap hal yang harus Anda kerjakan, tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa penting pekerjaan ini untuk dilakukan? Apakah ini bisa menunjang produktivitas terbaik Anda? Apakah pekerjaan ini bisa membuat Anda merasa lebih nyaman dengan diri Anda sendiri? Jika Anda tidak melakukanya apakah ada efek di pekerjaan Anda?

Jika jawaban semua pertanyaan ini adalah “ya” maka Anda perlu memprioritaskan dan menyusun jadwal dari kegiatan ini. Jika “tidak” Anda harus mengabaikanya dan masuk ke daftar tunggu setelah semua pekerjaan penting selesai dikerjakan.

Mengerjakan pekerjaan yang tidak penting hanya akan membuang waktu, energi dan membuat pekerjaan Anda menumpuk. Tapi banyak orang salah memberikan penilaian terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan. Mereka lebih asik mengerjakan yang tidak ada kaitanya dengan pekerjaan mereka.

Akibatnya, saat deadline tiba-tiba diberikan, mereka stres dan marah pada diri mereka sendiri. Bukannya pekerjaan selesai tapi malah menumpuk. Mereka harus rela lembur agar pekerjaan mereka selesai.

 

2. Berikan Diri Anda Untuk Istirahatrest at work

Untuk menjadi produktif tidaklah harus bekerja tanpa henti. Kita bukanlah komputer yang sanggup bekerja dalam waktu lama tanpa harus mengalami kelelahan. Jika Anda terlalu memaksakan diri untuk bekerja dan bekerja, malah produktivitas kerja Anda bisa menurun.

Anda perlu memperhatikan saat kecepatan pekerjaan Anda mulai menurun, apakah ini diakibatkan oleh tubuh fisik atau pikiran Anda yang lelah. Saat tubuh Anda lelah, ia tidak akan bisa bekerja dengan optimal. Sekeras apapun Anda memaksannya.

Itulah sangap penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit. Caranya, berikan waktu untuk tubuh dan pikiran Anda istirahat sejenak. Anda bisa melakukanya dengan duduk sejenak tanpa melakukan kegitan yang berat dan berpikir terlalu keras.

Anda bisa melakukanya dengan berjalan kaki, menggerakkan-gerakkan tubuh sampai tidur sejenak. Cobalah. Perhatikan hasilnya. Apakah Anda perbedaan memberikan tubuh dan pikiran Anda waktu istirahat atau tidak dengan produktivitas Anda.

3. Hapus Gangguan Dari Luar

Anda harus memiliki komitmen dan kemauan yang tinggi untuk menghapus gangguan dari luar diri Anda. Gangguan ini tampak sederhana tapi bisa menyedot perhatian. Jika Anda tidak memiliki kontol diri yang baik, maka Anda bisa kebablasan dan lupa waktu akan pekerjaan utama Anda.

Youtube, Facebook, twitter, sosial media yang lain dan halaman web yang menarik lain saat berada di dunia maya adalah hal yang harus Anda beri pembatas untuk diri Anda sendiri. Bukan rahasia lagi jika internet bisa membuat seseorang lupa waktu karena saking asiknya.

Selain internet, Anda juga perlu memperhatikan lingkungan dan rekan kerja Anda. Apakah mereka juga termasuk sebagai sumber dari ketidakproduktifan Anda? Rekan kerja yang selalu mengajak Anda untuk membicarakan tentang diri dan keluhan mereka. Apakah tempat kerja Anda kurang nyaman dijadikan sebagai tempat memproses ide-ide segar yang muncul.

Saat hasil kerja Anda menurun, perhatikan apa penyebabnya? Dan yang lebih penting adalah, bagaimana Anda mengatasinya. Bereksperimenlah. Cari tahu bagaimana Anda bisa bekerja dengan maksimal dan dalam kondisi seperti apa bisa menghasilkannya. Ini akan membantu Anda mengenal diri dan cara mengoptimalkan diri Anda sendiri.a

4. Temukan Inspirasi Anda

Cara untuk berada pada puncak performa Anda andalah dengan berpikirlah tentang apa yang bisa menginspirasi Anda. Apa yang bisa membuat Anda terus belajar dan menerapkannya dalam pekerjaan Anda. Apa yang benar-benar membuat Anda terus berusaha meskipun banyak tantangan yang Anda hadapi. Inspirasi itulah yang membuat Anda semakin termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

Inspirasi ini bisa keluarga, orangtua, pasangan, teman atau orang lain yang ingin Anda bantu. Mungkin inspirasi terbesar Anda menaikhajikan kedua orangtua Anda. Mungkin Anda berpikir untuk membuat hidup mereka lebih bermakna di usia yang sudah tua.

Saat motivasi Anda rendah untuk bekerja, membayangkan mereka naik haji saja akan membuat Anda “terbakar”. Anda kembali termotivasi untuk bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan yang “antri”.

5. Optimalkan Waktu Anda

Setiap orang mendapatkan jatah waktu 24 jam sehari. 24 jam ini dibagi menjadi tiga bagian besar. Delapan jam pertama kita habiskan untuk tidur. Delapan jam kedua kita habiskan untuk bekerja dan delapan jam ketiga untuk hal-hal yang biasa kita lakukan dan mengembangkan diri kita.

Seperti mandi, makan, bersenang-senang bersama teman, mengurus kebun, belajar menguasai skill baru dan masih banyak kegiatan yang lain tentunya. Delapan jam ketiga tersebar mulai saat kita bangun pagi sampai tidur di malam hari.

Delapan jam kedua adalah waktu yang perlu kita optimalkan. Waktu saat kita bekerja. Mengoptimalkan waktu mengacu pada serangkian kegiatan yang memberikan Anda kesempatan untuk mengerjakan hal lain secara terpisah. Misalnya, saat Anda sedang menunggu komputer hidup, Anda bisa menyiapkan air minum di gelas yang sudah tersedia. Atau saat menunggu meeting akan berlangsung, Anda bisa membaca buku.

Ini sangat ditentukan bagaimana Anda bisa menyesuaikan diri dari kegiatan yang telah Anda jadwalkan. Dan yang lebih penting ini ditentukan oleh situasi dan kondisi yag Anda hadapi di pekerjaan Anda.

6. Buat Jadwal Untuk Semua Kegiatan

Ini adalah kegiatan yang sangat mendasar untuk mencapai produktivitas seperti yang diharapkan. Sesuai dengan Hukum Parkinson yang berkata, “Work expands to fill the time available for it’s completion. (Suatu pekerjaan seseorang akan berkembang untuk disesuaikan dan mengisi waktu yang tersedia)”.

Artinya saat satu pekerjaan bisa diselaikan dalam waktu satu minggu dan ingin diselesaikan dalam waktu dua hari, maka pekerjaan ini akan semakin meningkat mulai dari segi kerumitan dan pengerjaannya. Pekerjaan ini juga bisa selesai dalam waktu yang telah ditentukan tersebut.

Dengan mengatur waktu untuk semua pekerjaan yang harus dikerjakan akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai waktu yang telah ditetapkan. Jika Anda ingin menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu hari, maka Anda bisa menyelesaikannya dalam satu hari. Jika Anda tidak menetapkan waktu pengerjaanya, waktunya juga bisa berubah, menjadi lebih lama.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, penetapan waktu ini juga sangat ditentukan oleh niat. Semakin besar niat Anda untuk menyelesaikanya, semakin bisa tercapainya target yang telah ditentukan.

Inilah kebiasaan yang perlu Anda bentuk dalam keseharian di pekerjaan Anda. Bagaimana produktivitas Anda di pekerjaan Anda? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.

 

Benner-1.png

Ronald Sembiring
 

>