7 Cara Menjadi Fokus Di Pekerjaan

Benner-1.png

 

Keberhasilan untuk menyelesaikan pekerjaan menumpuk sangat ditentukan oleh perhatian dan fokus. Tanpa fokus yang benar, hanya akan membuat pekerjaan tersebut terbengkalai dan menumpuk dengan pekerjaan baru. Belum lagi ditambah tugas lain yang menyusul. Ini hanya akan menambah beban pada diri sendiri, di mana kemungkinan besar stres bisa terjadi.

Memberikan perhatian dan fokus yang tepat akan sangat membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Selain itu, fokus yang benar memungkinkan seseorang mencapai produktivitas kerja yang tinggi dan jenjang karier yang diingkan bisa diraih dengan lebih mudah.

Jika saat ini Anda memiliki masalah di pekerjaan karena tidak bisa memberikan fokus yang benar, berikut cara yang bisa digunakan agar lebih mudah mengatur diri fokus pada tujuan Anda:

1. Katakan “Tidak, Terimakasih”

Pertama yang harus Anda miliki adalah jadwal kegiatan atau pekerjaan yang telah disusun. Dengan begitu Anda bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang ingin diselesaikan terlebih dahulu. Ini akan memudahkan karena Anda mengetahui gambaran besar dari tugas-tugas yang menumpuk. Jika Anda belum memiliki jadwal pekerjaan, buatlah terlebih dahulu.

Saat bekerja akan banyak sekali godaan yang datang dan menghampiri. Bisa rekan kerja, handphone yang berdering, sosial media, YouTube dan masih banyak lagi. Di sini Anda perlu tegas untuk berkata “tidak, terimakasih”. Anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda meladeni permintaan mereka. Anda bisa stres sendiri nantinya

Menolak sesutu yang tidak penting adalah cara terbaik untuk mempertahankan fokus pada pekerjaan yang ada. Ini tentu akan membantu menyelesaikan semua pekerjaan yang ada.

Awas_kuintip_lo

2. Latih Mental

Anda perlu melatih diri untuk tegas pada hal yang tidak mendukung jadwal yang telah disusun. Cara mudah melakukannya dengan melatih diri melalui teknik visualisasi pada pencapaian tujuan. Bayangkanlah bagaimana Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Saat hambatan datang, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Merasakan emosi positif dari visualisasi ini akan sangat membantu Anda menjadi lebih fokus pada pekerjaan yang ada. Ini akan membuat fokus Anda menjadi lebih terarah pada hasil akhir yang diinginkan. Anda bisa melakukan ini saat akan berangkat kerja, sebelum memulai kerja dan yang lebih penting saat pikiran Anda tidak bisa fokus.

3. Istirahat Untuk Menjaga Energi Anda

Terlalu memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan bukanlah cara yang baik untuk jangka panjang. Tubuh dan pikiran yang terlalu lelah akan sangat mengganggu produktivitas dan kreativitas seseorang. Akan sulit bagi seseorang untuk berpikir jernih pada pemecahan masalah yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi. Ini juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang.

Tips dari kondisi fisik yang tidak menguntungkan ini adalah denga memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Menyeimbangkan kembali energi tubuh yang telah terpakai. Caranya? Anda bisa memejamkan mata selama 5 menit, berjalan kaki, menggerakkan badang yang kaku, atau makan cemilan sehat yang Anda bawa atau beli dari luar kantor.

Saat Anda beristirahat, pastikan tubuh fisik dan pikiran Anda juga beristirahat. Cobalah. Rasakan manfaatnya. Cara ini benar-benar bekerja dan efektif.

4. Stop Multitasking

Tidak jarang multitasking menjadi momok tersendiri bagi mereka yang memiliki kontrol diri yang lemah. Ini menjadi masalah saat mereka memberikan perhatian dan waktu pada hal yang tidak mendukung pekerjaan utama mereka.

Melakukan multitasking adalah kebalikan dari fokus. Multitasking menuntut seseorang untuk rela membagi fokus dan perhatian pada beberapa hal sekaligus. Memang multitasking terlihat sederhana dan tidak terlalu mengganggu. Pada kenyataanya tidaklah seperti banyak orang pahami.

Multitasking bisa menyedot energi dan waktu seseorang untuk lebih fokus pada hal yang tidak penting. Saat mendengar handphone bergetar, akan ada kemauan besar untuk melihatnya. Saat ia terlalu asik membaca dan membalas pesan tersebut. Bisa Anda bayangkan kalau mereka menghabiskan waktu selama 5-10 menit untuk membalas pesan yang ada. Jika itu terjadi 10 kali sehari, berapa jam kerja yang mereka sia-siakan?

Multitasking justru akan membuat Anda tidak bisa flow (saat tubuh dan pikiran selaras untuk fokus pada satu hal) pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Ini juga bisa menurunkan produktivas kerja Anda.

5. Kuatkan Niat

Fokus membutuhkan kontrol diri yang dari godaan yang bersifat sementara untuk tujuan jangka panjang. Untuk membuat semua ini bisa berhasil, yang Anda butuhkan hanyalah menguatkan niat Anda. Inilah cara termudah yang bisa dilakukan.

Niat memilik pengaruh besar pada tahap ini. Saat Anda tidak bisa menahan diri akan gangguan dari luar, disinilah niat Anda sedang diuji. Apakah Anda bisa tetap fokus atau terpengaruh oleh godaan yang datang dari luar.

Tips agar niat Anda tetap kuat adalah dengan menyadari tubuh Anda. Caranya? Duduk diam, tutup mata dan perhatikan diri saat Anda tidak bisa menahan niat Anda. Cukup mengajukan pertanyaan pada diri sendiri akan mempengaruhi niat Anda. Tanyakan pertanyaan yang bisa menyadarkan diri Anda akan tujuan awal.

6. Buat Menjadi Satu Kebiasaan

Untuk menjadi tetap fokus yang bisa Anda lakukan adalah membuatnya menjadi satu kebiasaan. Percaya atau tidak, kebiasaanlah yang menghantarkan seseorang mencapai tangga akhir kesuksesan. Kebiasaan mengarahkan energi dan pikiran untuk bertindak tanpa merasa terbeban.

Tidak masalah jika ditahap awal Anda merasa sulit. Bolos dari daftar yang Anda buat. Semua orang juga mengalaminya. Yang perlu Anda lakukan adalah memaksa sedikit diri Anda untuk menjadi lebih fokus pada jadwal yang telah Anda buat di tahap awal.

Saat diri Anda merasa tidak kuat, ingin lari ke hal lain, atau kondisi emosi Anda kurang baik, bertahanlah. Yang Anda butuhkan hanyalah tetap bertindak seperti biasa. Itu tidak akan terjadi dalam waktu yang lama.

Banyak penelitian menyatakan bahwa untuk membentuk satu kebiasaan baru hanya membutuhkan waktu selama 21 hari. Biarlah Anda merasa sedikit tersiksa selama 21 hari. Jika Anda berhasil, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebiih besar. Manfaat yang bisa dinikmati dalam waktu yang sagat lama.

7. Ciptakan Lingkungan Yang Mendukung

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membuat lingkungan sekitar mendukung tujuan Anda. Jika ruang kerja Anda selalu dikunjungi oleh rekan kerja Anda, berilah batasan agar mereka mengurangi kunjungannya. Jika Anda tidak bisa menahan diri untuk melihat handphone Anda yang berdering atau bergetar, matikanlah.

Buatlah suasa ruangan Anda menjadi lebih nyaman dan Anda bisa bekerja dengan lebih tenang. Anda bisa mendengarkan musik yang bisa membantu Anda menjadi lebih bergairah atau lebih tenang. Ini akan sangat membantu Anda mengerjakan semua pekerjaan Anda dengan lebih tenang dan fokus pun terjaga dengan sangat baik.

Inilah cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tetap fokus di pekerjaan Anda. Pembaca, apa yang Anda lakukan agar bisa tetap fokus di pekerjaan Anda? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.

 

Benner-1.png

This Post Has 5 Comments

  1. Thanks infonya min 😊😊
    Sangat bermanfaat sekali ,ini harus langsung dipratekan 😂

  2. Admin,knp saya tdk bisa download ebook 7 tips baca kilat

  3. Thx … Artikelnya bagus. Mengena. Lalu apakahblangkah langkah tersebut juga akan berlaku untuk mengatasi kebingungan yg sering terjadi terhadap banyak hal juga?

  4. Saya sangat terbantu setelah membaca artikel ini trimakasih

  5. Sangat membantu

Leave a Reply

Close Menu