7 Pertanyaan Wajib Yang Perlu Anda Ajukan Agar Tetap Fokus Pada Tujuan

Shares

Bukan rahasia lagi jika fokus memiliki peranan yang sangat penting dalam menghantarkan seseorang mencapai tujuan mereka. Bahkan banyak orang sukses mengungkapkan kalau fokus menjadi salah satu rahasia kesuksesan mereka.

Tanpa fokus, mustahil seseorang bisa mencapai apa yang mereka inginkan dalam hidup. Bahkan fokus pun tak selamanya bisa membuat seseorang berhasil sampai ke tujuan mereka, apalagi jika tidak fokus.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempertahankan dan menguatkan “saraf” fokus. Salah satunya adalah mengajukan pertanyaan pada diri sendiri.

Mengapa bertanya?

Karena dengan bertanya akan memunculkan kesadaran. Kesadaran yang membuat seseorang tahu apa yang tidak dan perlu mereka lakukan. Kesadaran akan membantu seseorang untuk lebih fokus pada tujuan mereka.

Kesadaran inilah yang sangat penting untuk dimiliki. Kesadaran menjadi salah satu cara untuk berubah. Dengan kesadaran seseorang bisa melepas dan mengganti sifat dan karakter buruk mereka dengan melakukan tindakan berbeda.

Dengan begitu, kita tidak perlu merasakan dan membawa emosi negatif pada diri sendiri karena tidak bisa fokus pada tujuan.

Ada 7 pertanyaan sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan kesadaran akan tujuan Anda. Berikut 7 pertanyaan wajib perlu Anda ajukan pada diri sendiri;

1. Apakah Saya Berada di Jalur yang Tepat?

Mencapai tujuan sama seperti balapan di Formula 1. Ada jalur atau track yang harus dilewati. Jika keluar dari track maka si pembalap tidak akan sampai ke garis finish. Buruknya, si pengendara bisa mengalami kecelakaan jika keluar dari track.

Begitu juga dengan hidup. Sangat penting untuk mengetahui track yang harus dilalui. Dengan mengetahui track maka akan memudahkan seseorang mencapai tujuan mereka.

Dengan mengajukan pertanyaan di atas, Anda akan diingatkan pada tujuan Anda. Dengan sendirinya Anda mengetahui apakah Anda berada di jalur yang tepat atau keluar dari jalur yang telah Anda tetapkan sendiri.

Terbaiklah

2. Apakah Saya Telah Memberikan yang Terbaik?

Anda tidak akan tahu, apakah Anda telah memberikan yang terbaik sampai Anda sadar akan apa yang telah Anda lakukan. Pertanyaan di atas akan menyadarkan Anda akan usaha yang telah Anda berikan hari ini.

Pertanyaan ini akan membantu Anda untuk mengukur seberapa besar usaha yang telah Anda berikan. Apakah Anda melakukan dengan sepenuh hati atau hanya sekedar melakukannya.

Ini akan membantu Anda bukan hanya untuk sekedar fokus melainkan memberikan usaha terbaik Anda dengan sepenuh hati.

3. Apakah Semua Tindakan di Daftar telah Saya Lakukan?

Apakah Anda memiliki rencana tindakan tertulis?

Menulis rencana tindakan sangatlah penting. Sepenting menulis tujuan atau impian yang ingin Anda capai. Karena jika hanya mengingat, maka akan mudah bagi pikiran untuk melupakannya. Karena fokus pikiran kita selalu berubah sepanjang waktu.

Daftar tindakan penting, karena tindakanlah yang membawa seseorang mencapai tujuan mereka. Tindakanlah yang membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Tindakanlah yang membawa seseorang mencapai tujuan mereka.

Dengan mengajukan pertanyaan ini, akan menyadarkan Anda akan semua tindakan nyata yang harus Anda lakukan. Ini akan membuat Anda tetap berada di track dan fokus mencapai tujuan Anda.

4. Apa Saja yang Bisa Saya Pelajari Hari Ini?

Belajar adalah pilihan wajib yang harus dilakukan bagi mereka yang ingin sukses dalam hidupnya. Bahkan tanpa kita sadari, sebenarnya setiap hari kita belajar.

Jangan terlalu berpikir keras tentang belajar yang saya maksudkan. Bahwa proses belajar bukan hanya melalui buku, sekolah ataupun perguruan tinggi. Melainkan hal-hal kecil yang kita ingin ketahui.

Menggunakan handphone baru, misalnya. Mau atau tidak, kita perlu belajar untuk mengoperasikannya agar bisa menggunakannya dengan baik.

Untuk bisa mencapai tujuan pun, Anda perlu belajar dari pengalaman Anda atau dari pengalaman orang lain. Baik dari buku, vidio, audio, mendengarkan dan mengamati mereka secara langsung.

Penerapan dari pengetahuan yang didapatkan akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Dan yang penting Anda ketahui, Anda perlu belajar hal baru, seperti skill tertentu yang akan membantu dan memudahkan mencapai tujuan Anda.

5. Apa yang Bisa Saya Tingkatkan Hari Ini?

Ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Dengan mendapatkan insight (pencerahan) dari pertanyaan sebelumnya, inilah saatnya menerapkan hasil pembelajaran Anda.

Kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah tidak mengingat pembelajaran yang harus mereka terapkan. Kalaupun mereka mengingatnya, hanya bagian kecil dan ini menjelaskan mengapa seseorang bisa melakukan kesalahan yang sama untuk kondisi yang sama berkali-kali.

Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan menuliskan hasil pembelajaran di buku catatan atau buku impian Anda. Atau Anda bisa memindahkannya pada catatan kecil atau di handpone agar lebih mudah dibawa dan dibaca. Yang mana akan mudah bagi Anda untuk mengingat pelajaran berharga yang perlu Anda terapkan.

Basket Ball

6. Apa yang Bisa Saya “Kurangi” atau “Lepaskan” Dari Diri Saya?

Semua pertanyaan di atas hanya membahas sisi positif dari diri Anda. Sekarang saatnya memfokuskan sedikit perhatian dan energi Anda untuk melihat sisi negatif diri Anda. Artinya, Anda melihat keburukan, kekurangan dan kelemahan Anda. Hal-hal yang jelas menghambat pencapaian tujuan Anda.

Saya tidak bermaksud supaya Anda fokus hanya pada keburukan dan kelemahan Anda, melainkan memfokuskan diri pada kelebihan dan meningkatkan diri Anda dengan mengubah kelemahan menjadi kekuatan, keburukan menjadi kebaikan.

Dibutuhkan kejujuan diri dalam menilai diri sendiri di sini. Anda juga harus berperan sebagai pengamat saat menganalisa setiap tindakan Anda.

Jika Anda cukup berani, Anda bisa bertanya kepada orang lain tentang kelebihan dan kekurangan Anda. Tentu bertanya kepada orang yang bisa Anda percaya bukan orang yang tidak menyukai Anda.

7. Apakah Saya Merasa Puas Hari Ini?

Anda hanya akan merasa puas saat bisa memberikan yang terbaik dari diri Anda. Akan ada sesuatu yang kurang jika Anda memberikan usaha setengah-setengah.

Pertanyaan di atas akan menyadarkan Anda akan usaha yang telah Anda berikan. Apakah Anda telah memberikan usaha terbaik atau belum. Kesadaran ini akan memicu Anda untuk melakukan lebih dari yang Anda bisa lakukan.

Inilah 7 pertanyaan sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menjaga fokus Anda tetap terjaga dengan baik. Kesadaran yang muncul akan membuat Anda berada pada track yang Anda inginkan. Dan, cepat atau lambat, Anda akan sampai pada tujuan Anda dengan menjaga fokus tetap di depan mata Anda.

Pembaca, apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus pada tujuan Anda? Sangat senang sekali untuk mendengar komentar Anda. Pastinya, saya akan membalas setiap komentar Anda.

About the Author ronalbiring

>