7 Tanda Anda Berada di Pekerjaan Yang Tidak Tepat

Benner-4.pnj

 

capek

Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda saat ini? Bisakah Anda tertawa bahagia dan merasa bersyukur dengan pekerjaan Anda? Anda sangat menikmati hari-hari yang Anda lewati di kantor beserta rekan sekerja Anda. Setiap pekerjaan yang Anda kerjakan bagaikan sebuah tantangan tersendiri untuk diselesaikan. Atau bahkan sebaliknya. Anda merasa tidak berdaya, tidak termotivasi, dan tanpa Anda sadari wajah Anda kelihatan semakin tua, dengan beban kerja yang terlalu berat dan sangat melelahkan diri Anda.

Bila Anda merasakan tidak bahagia di pekerjaan Aanda, Anda wajib membaca artikel ini sampai akhir. Tapi jika sudah merasa bahagia dan menikmati pekerjaan Anda sekarang, Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Agar Anda mendapatkan  pemahaman yang lengkap tentang tanda pekerjaan yang tepat. Anda bisa mencocokkan apakah pekerjaan yang Anda lakukan saat ini sudah sesuai dengan tanda yang saya akan jelaskan.

Banyak orang bekerja hanya sekedar bekerja tanpa memiliki tujuan yang pasti untuk  mengembangkan potensi mereka. Pada umumnya tujuan mereka bekerja hanyalah untuk mendapatkan penghasilan, agar mereka bisa meyambung hidup sendiri dan keluarga, menyimpan penghasilan, dan membeli sesuatu barang yang berharga buat mereka. Ini bukanlah alasan yang salah. Hanya saja tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan dari mereka untuk  menikmati satu pekerjaan dan berkembang di bidang profesi yang sedang mereka geluti.

Inilah penyebab mengapa banyak pekerja (karyawan) tidak bisa bahagia dan berkembang di bidang pekerjaan mereka. Saya akan berbagi sedikit informasi pada Anda, bagaimana pekerjaan yang bisa memberikan Anda kebahagiaan. Secara tidak langsung Anda bisa mengembangkan potensi yang Anda miliki tanpa harus berada di bawah tekanan berat yang membuat Anda tidak bisa bahagia.

Tanda Berada di Pekerjaan Yang Salah

Bagaimana kita bisa tahu, kita tidak akan bisa berkembang dalam bidang pekerjaan yang kita geluti? Berikut adalah tanda Anda berada di pekerjaan yang belum tepat.

Pertama, Anda tidak bahagia. Ini adalah tanda bahwa Anda tidak bisa menikmati pekerjaan Anda. Pekerjaan Anda tidak bisa memberikan kebahagiaan kepada Anda melalui tantangan, gairah untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Ini sangat mudah dirasakan tentunya.

Di sini Anda harus tahu bahwa, pekerjaanlah yang membuat Anda tidak bahagia. Bukannya lingkungan dan orang-orang di sekeliling Anda. Bisa saja Anda suka dan bahagia dengan melakukan pekerjaan Anda, tetapi lingkungan dan budaya pekerjaanlah yang membuat Anda tidak bisa bahagia. Mungkin karena masalah pekerjaan ataupun masalah pribadi sebagai sumber ketidak bahagiaan.

Kedua, motivasi yang rendah. Ketika jam weker Anda berdering di pagi hari, Anda telah merasakan betapa beratnya masuk kerja hari itu. Pikiran Anda mengeluarkan semua hal-hal yang membuat Anda tidak tidak termotivasi. Apakah pekerjaan yang menumpuk, dikejar oleh deadline atapun orang-orang yang harus Anda atur untuk menyelesaikan target penjualan yang masih jauh dari harapan. Bila hal ini terjadi, cobalah melihat tujuan Anda kembali ketika Anda diterima bekerja di pekerjaan Anda sekarang.

Ketiga, Anda terlalu banyak mengeluh. Mungkinkah pekerjaan yang terlalu ringan buat Anda sehingga Anda tidak merasa tertantang untuk mengerjakannya. Sehingga pekerjaan itu harus menumpuk dan membuat Anda mengeluh karena sudah diuber oleh atasan Anda. Atau mungkin pekerjaan Anda terlalu berat sehingga Anda tidak mengetahui cara cepat untuk menyelesaikanya. Anda tidak menguasai skill yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Akhirnya pekerjaan Anda tidak selesai.

Jurus terakhir yang Anda gunakan adalah mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan Anda. Apakah itu rekan sekerja Anda, divisi lain yang terkait atau beban kerja yang Anda terima. Bila Anda terlalu banyak mengeluh maka Anda wajib waspada, bahwa pekerjaan Anda bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan Anda.

Keempat, tidak ada kemajuan pada pekerjaan dan diri sendiri. Meskipun Anda diberi pelatihan yang sangat akan membantu Anda dalam penyelesaian pekerjaan yang Anda miliki. Selalu ada saja hal dan situasi yang membuat ada tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan benar dan tepat waktu sesuai dengan yang telah diajarkan di pelatihan tempat kerja Anda.

Selain itu Anda juga tidak menunjukkan adanya perkembangan dalam diri Anda. Baik secara skill dalam bekerja, kedewasaan Anda dalam menghadapi masalah. Baik di pekerjaan dan di lingkungan tempat tinggal Anda. Bukannya kualitas diri Anda yang meningkat tetapi Anda malah berkubang di emosi yang membuat Anda semakin tidak berdaya.

Kelima, melakukan hanya untuk uang. Uang bukanlah satu-satunya sumber motivasi seseorang yang berada pada pekerjaan yang tepat. Mereka yang berada pada pekerjaan yang tepat, tidak mempedulikan tentang uang. Bukan berarti mereka tidak butuh uang. Mereka tetap butuh uang. Mereka memiliki motivasi intrinsik yang membuat mereka menjadi yang terbaik di bidang pekerjaan mereka. Itulah salah satu penyebab mereka bisa menikmati pekerjaannya. Mereka merasa bahagia, merasa tertantang dan mereka bisa mengembangkan diri tanpa ada unsur paksaan dari tempat mereka bekerja.

Bila tujuan Anda hanya untuk mendapatkan penghasilan di pekerjaan sekarang tanpa memiliki motivasi intrinsik, maka Anda wajib waspada terhadap diri Anda. Karena bisa jadi Anda akan menghabiskan waktu Anda di pekerjaan sekarang tanpa bisa menjadi yang terbaik di bidang pekerjaan yang Anda geluti. Ia kalau Anda bisa bertahan, kalau Anda dipecat (hehehe pasti happy dong, kan Anda 2PMTK bro) Mungkin akan ada orang berkata seperti ini. Memang benar, tetapi bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat sekarang ini.

Keenam, hubungan yang tidak harmonis dengan atasan dan rekan kerja. Tanda yang sangat jelas bila kita menikmati pekerjaan adalah dengan adanya komunikasi yang baik dengan teman kerja atau atasan kita. Kita bisa berdiskusi dengan sangat asyik tanpa merasakan perasaan negatif terhadap mereka.

Bila malah sebaliknya, Anda perlu mencari tahu dan menyelesaikan masalah ini dengan atasan dan rekan kerja Anda. Karena mereka akan memberi pengaruh yang sangat besar kepada Anda dalam masuk ke jalur pekerjaan yang tepat.

Ketujuh, Anda mengalami stress yang berlebih dan berkepanjangan. Stress memiliki peran dan manfaat tersendiri dalam membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Orang yang mampu mengatasi stres yang positif dan bisa dikendalikan akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan pantang menyerah. Stress yang berlebih dan berkepanjangan malah menjadi satu beban yang tidak memperdayakan dan “menghancurkan” orang yang mengalaminya.

Ada empat jenis stres, yaitu eustres, distres, hiperstres, dan hipostres. Faktor yang menyebabkan stress disebut dengan stressor. Eustres adalah stres jangka pendek yang memberikan kekuatan. Eustres bersifat menantang dan memberikan kekuatan, motivasi, kreatifitas dan pengharapan untuk bisa mengatasi stres atau masalah yang sedang dihadapi. Stres inilah yang baik untuk kita, yang memicu kita mengatasi setiap masalah. Saat berhasil mengatasinya kita akan berkembang secara pribadi. Meskipun suatu saat nanti kita menghadapi masalah yang sama maka kita  merasa lebih mudah mengatasinya karena sudah punya pengalaman sebelumnya dengan masalah yang sama.

Distres adalah stres yang kita pandang terlalu berat dan tidak bisa di atasi. Kita merasa bingung dan tidak berdaya untuk mengatasi stres jenis ini, karena terjebak dalam kondisi dan situasi yang tidak bisa dikendalikan.

Hiperstres terjadi didorong melampaui kemampuan untuk bertahan dan mengatasi tekanan. Hiperstres muncul akibat dari kondisi beban kerja yang terlalu berlebihan. Saat seseorang mengalami hiperstres, hal-hal kecil dan sepelepun bisa memicu respon emosi yang sangat kuat. Mereka bisa berprilaku marah besar atau menangis hebat. Hipostres adalah kebalikan dari  hiperstres.

Hipostres terjadi saat seseorang merasa hidupnya monoton, tidak ada tantangan dan membosankan. Orang yang mengalami hipostres sering gelisah, tidak bersemangat dan apatis.

Bila Anda berada pada jenis stres eustres maka Anda memiliki peluang untuk menjadi lebih baik bila berhasil mengatasinya. Bila berada pada stres yang lain, maka Anda perlu mencari solusi untuk mengatasi masalah Anda.

Inilah beberapa tanda yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui Anda berada pada pekerjaan yang tidak tepat. Bila Anda sedang mengalami salah satu atau lebih, saran saya secepatnya cari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Tanda Anda Berada Dalam Pekerjaan Yang Tepat

Berikut tanda yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui Anda sudah berasa pada pekerjaan yang tepat dan pada jalur benar dalam bekerja.

Pertama, bekerja di passion Anda. Passion adalah rasa suka atau antusiasme yang sangat kuat terhadap sesuatu atau suatu aktivitas. Bisa diartikan bahwa passion adalah hal yang sangat suka Anda lakukan, alami, rasakan, jalani dan menjadi dalam hidup Anda. Bila Anda bekerja pada passion Anda, maka Anda akan sangat menikmatinya, memiliki motivasi yang tinggi, merasa bahagia, mudah berkembang baik untuk passion dan diri Anda dan menjadi yang terbaik di bidang tersebut.

Kedua, Anda memiliki 4E. Menurut Sapta Dwikardana seorang dosen di salah satu universitas ternama di Bandung, menyatakan bahwa “ tanda bahwa kita sudah berada pada pekerjaan yang tepat adalah bila kita sudah memiliki 4E.” Apa itu 4E? 4E adalah singkatan dari, easy (mudah), enjoy (bahagia), excellent (unggul) dan earn (menghasilkan). Bila Anda sudah memiliki keempat ini maka Anda sudah berada dalam pekerjaan yang tepat. Ingat bahwa Anda harus memiliki keempat ini. Bila Anda tidak bisa memiliki keempat ini maka Anda belum berada pada pekerjaan yang tepat

Bisa Anda bayangkan sebuah tower yang bersiri dengan 4 kaki penyangga. Bila salah satu kaki penyangga tidak ada maka tower tersebut tidak akan bisa berdiri dengan tegak dan sempurna. Bahkan tower tersebut bisa roboh dan merusak bangunan yang ditimpa oleh tower tersebut. Sama seperti 4E ini, bila Anda hanya easy, enjoy, dan excellent maka yang terjadi adalah sebuah pekerjaan yang Anda bayar dengan harga tinggi. Ini sama saja dengan hobby yang dimainkan dengan bayaran tinggi, seperti main golf, ofroud, menyelam dll. Meskipun pekerjaan tersebut bisa memberikan anda kesenangan dan kebahagian. Coba Anda cek dipekerjaan Anda, apakah Anda sudah memiliki 4E di atas?

Bagaimana bila saya merasa sudah berada pada passion (enjoy) saya dan saya belum bisa berkembang? Mungkin Anda akan bertanya seperti ini.

Kalau Anda merasa sudah bekerja pada passion Anda dan belum ada perkembangan yang Anda rasakan atau bahkan kemajuan belum seperti yang Anda harapkan, maka Anda perlu belajar atau mengembangkan skill yang Anda miliki. Skill inilah yang menghambat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Cari tahu skill apa yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah pekerjaan yang sedang menghambat Anda saat ini. Bila Anda sudah mengetahuinya, pelajari dan kuasailah. Skill ini akan sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah Anda. Teruslah belajar untuk mengembangkan kemampuan Anda untuk menjadi yang terbaik di pekerjaan Anda.

Apa yang bisa Anda dapatkan bila Anda sudah berada tepat pada dua tanda ini?

Hal utama yang bisa Anda dapatkan adalah Anda menikmati pekerjaan Anda, merasa bahagia, memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja, semangat, tidak memikirakan hitungan lembur, menikmati pekerjaan Anda, berkembang di bidang yang Anda sukai bahkan Anda akan memiliki koleksi “moment” indah yang tidak bisa Anda miliki bila tidak berada pada pekerjaan yang tepat. Inilah beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Anda hanya bisa mendapatkanya bila Anda berada pada passion (pekerjaan) yang tepat.

Mungkin saja pekerjaan Anda saat ini bukanlah passion Anda. Anda perlu mencari ke dalam diri Anda yang paling dalam. Ketika Anda sudah menemukanya, kembangkan sebaik mungkin. Semakin Anda berada pada passion Anda maka Anda semakin mudah untuk bertumbuh dan berkembang menjadi yang terbaik. Terakhir, sudahkan Anda mengetahui Anda berada pada pekerjaan yang tepat? Atau mungkin sebaliknya. Berikan komentar Anda.Benner-4.pnj

 

This Post Has 7 Comments

  1. Iya saya merasa diri saya sudah berada dalam pekerjaan yang tepat, kenapa karna saya rasa sudah memiliki 4E, meskipun belum sepenuhnya, saya merasakan 4E itu, tpi setidaknya saya sudah merasakannya. Terimakasih.

  2. terimakasih banyak. sgt pnting bg org yg sdg kbingungan

  3. waduh..saya kok cenderung campuran antaran pekerjaan yang tepat dan pekerjaan yang salah ya..
    ada beberapa point yang sesuai 🙂

  4. Ini pas banget dengan apa yg kucari dan kurasakan slama ini.

  5. Saya mau konsultasi nih, saya skrg masih kerja sebagai status kontrak di salah satu perusahaan bumn selama 2 tahun. Tapi sampai saat ini saya belum merasa enjoy dan termotivasi serta ga berkembang dari segi skill di perkerjaan saya. Salah satu kendala saya krn saya masih nyaman dgn hobi saya yg sudah bertahun saya jalani, dan pikiran serta motivasi saya masih ke hobi saya sehingga di lingkup kerjaan saya skrg saya tidak memenuhi 4E yang tadi diatas. Saya ada niat untuk resign, status saya jg saat ini masih bujang.mohon masukan nya buat saya ya min. Makasih

  6. Hi, saya mengalami masalah kerja yang tidak sesuai dengan saya. Sekarang ini saya bekerja di syarikat hardware baagian ofis dan saya telah bekerja selama 10 bulan . Selama 10 bulan saya terasa seperti pekerjaan sekarang ini tidak kena dengan jiwa saya. Sebelum ini saya bekerja di kedai 24jam 7eleven. Saya brhenti kerja itu kerana ada kes rompakan . Ibu n ayah saya serta keluarga saya risaukan kerja itu dan saya ambil kputusan untuk berhenti. Saya mangakui kerja 7eleven lebih seronok brbanding kerja sekarang. Saya mahu ambil keputusan untuk brhenti pkerjaan sekarang ini dan saya ingin bekerja semula di 7eleven . Adakah keputusan saya ini betul ? Saya mhon pandangan tuan. Terima kasih.

Leave a Reply

Close Menu