Aquarius Learning
Shares

8 Alasan, Mengapa Anda Perlu Keluar Dari Zona Nyaman

Shares

Apakah Anda sudah benar-benar bahagia akan kehidupan Anda sekarang? Jika sudah, itu berita bagus, Anda tinggal menlanjutkannya. Jika belum, Anda perlu memperhatikan diri Anda, bisa jadi Anda terjebak di zona nyaman yang sebenarnya tidak nyaman. Satu kebiasaan, sikap atau karakter buruk yang tidak mendukung kesuksesan Anda di masa depan.

Kehidupan yang lebih baik selalu diawali dengan pergeseran dari zona nyaman ke zona tidak nyaman. Dari satu kebiasaan yang tidak mendukung menjadi satu kebiasaan yang lebih mendukung. Seperti berhenti merokok, bangun pagi lebih awal, tepat waktu, peduli kepada orang lain dan masih banyak lagi.

Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa kita sedang berada di zona nyaman yang sebenarnya tidak nyaman? Mudah. Caranya, perhatikan kualitas kehidupan Anda. Apakah kebiasaan, sikap dan karakter yang Anda miliki saat ini bisa membantu Anda mencapai tujuan Anda? Dan yang lebih penting, apakah Anda bahagia dan menyukainya? Jika tidak, ini adalah tanda bahwa Anda berada di zona nyaman yang sebenarnya tidak nyaman.

Mengapa kita bisa bertahan di zona nyaman yang tidak bisa mendukung kemajuan kita?

Ini adalah kerja dari pikiran kita, tepatnya pikiran bawah sadar. Satu sifat pikiran bawah sadar adalah sulit untuk berubah. Saat pikiran menerima dan mempercayai satu hal (sifat, kebiasaan dan karakter) maka ia akan bekerja secara otomatis, atau disebut dengan automatic pilot.

Inilah yang membuat kita sulit berubah. Dibutuhkan upaya sadar untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Keluar dari zona nyaman adalah kunci mengeluarkan potensi terbesar yang terpendam dalam diri kita. Memang terasa berat. Hanya itulah cara yang bisa digunakan untuk meraih hidup yang lebih bermakna.

Jadi manfaat apa saja kira-kira yang bisa Anda dapatkan saat berhasil keluar dari zona nyaman tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Merasa Lebih Baik

Apa yang akan Anda rasakan saat berhasil mengubah atau melepaskan satu kebiasaan buruk? Misalnya kebiasaan merokok atau ngemil di malam hari. Mungkin efek buruk yang Anda dapatkan dari perilaku ini membuat Anda marah pada diri sendiri atau merasa bersalah jika harus makan berlebih.

Jika Anda berhasil mengatasi masalah ini, pertama yang akan Anda dapatkan adalah perasaan lebih baik pada diri sendiri. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi mood Anda dalam beraktivitas. Ini juga bisa mengubah beberapa aspek kehidupan Anda secara langsung.

2. Mengubah Nasib

Hal lain yang bisa Anda dapatkan saat berhasil keluar dari zona nyaman adalah mengubah nasib Anda. Ya benar, saya tidak sedang bercanda. Bisa Anda bayangkan apa yang terjadi dengan kebiasaan suka ngemil? Pasti tubuh Anda akan gemuk, malas bergerak dan mudah merasa leleh. Ini akan mempengaruhi rasa percaya diri Anda sendiri. Apalagi jika Anda seorang wanita.

Jika Anda berhasil mengubah kebiasaan ini menjadi satu kebiasaan yang lebih bermanfaat seperti membaca buku. Ini justru akan membantu Anda mengembangkan diri. Anda menjadi lebih cerdas, berwawasan dan memiliki pemikiran yang terbuka akan hal baru di luar sana.

Ini akan mengubah nasib Anda, dari orang yang gemuk yang terlihat kurang menarik menjadi orang yang lebih berwawasan, cerdas dan cara berpikir yang berbeda terhadap satu kejadian. Ini akan membantu Anda lebih mudah menyesuaikan diri di lingkungan sekitar dan manfaat lain dari buku yang Anda baca. Belum lagi saat Anda menerapkan ilmu yang ada di buku untuk membantu kesuksesan Anda.

3. Pikiran Lebih Terbuka

Orang yang mau belajar melepas dan mengubah sikap, karakter dan kebiasaan buruk dalam hidupnya adalah tanda ia orang yang mau belajar. Ia terbuka akan semua hal yang bisa diterapkan agar proses perubahan terjadi lebih mudah. Ini justru membuat mereka lebih kreatif dalam mengelola informasi yang diterima.

Saat mereka mencapai tujuannya, justru membuat ia lebih mau belajar hal baru. Keberhasilannya membuat ia terbuka untuk menerapkan hal lain dalam mengembangkan dirinya. Mengusai skill baru untuk mendukung kesuksesannya dalam aspek lain misalnya.Keluar-dari-Zona-Nyaman

4. Dihargai Orang Lain

Saat Anda bisa menghargai diri Anda secara tulus, maka orang lain juga akan menghargai Anda. Bagaimana bisa? Perasaan nyaman dan penghargaan yang Anda berikan pada diri sendiri adalah tanda bahwa Anda telah menghargai diri Anda. Anda tidak marah, kesal, merasa bersalah dan stres pada diri Anda lagi. Anda merasa lebih berharga terhadap diri sendiri.

Ini sesuai dengan hukum kesesuaian yang mengatakan, “dunia luar diri Anda merupakan cerminan dari dunia di dalam diri Anda”. Artinya apa yang terjadi di luar kita itulah yang terjadi juga di dalam diri kita sendiri. Jika Anda ingin dicintai maka cintailah diri Anda terlebih dahulu.

Jika Anda telah melepaskan sikap, perilaku dan kebiasaan di dalam diri Anda tapi belum juga dihargai oleh orang lain, Anda perlu mengecek ke diri Anda, apakah Anda telah memperlakukan diri Anda dengan baik. Jika belum, perlakukanlah ia seperti Anda ingin orang lain memperlakukan Anda terlebih dahulu.

5. Menguatkan Keyakinan

“Your beliefs become your thoughts,

Your thoughts become your words,

Your words become your actions,

Your actions become your habits,

Your habits become your values,

Your values become your destiny.”

― Mahatma Gandhi

Saat Anda sudah terbiasa dengan zona baru Anda, hidup Anda juga perlahan akan berubah. Ini akan menguatkan kepercayaan diri dan keyakinan bahwa Anda juga bisa melakukan apa yang diinginkan.

Yang membuat Anda selama ini tidak percaya akan diri dan kemampuan Anda adalah karena Anda memperkuat hal tersebut melalui perilaku dan kebiasaan buruk yang dilakukan secara konsisiten selama ini.

Saat satu kebiasaan buruk berubah, Anda juga memberikan penilaian berbeda terhadap diri dan kehidupan Anda sendiri.

6. Situasi Di Luar Diri Anda Berubah

Seperti penjelasan no 4, ini akan terjadi dengan sendirinya tanpa harus mengeluarkan energi besar untuk mengubah situasi dan orang lain. Bersikaplah seperti biasanya pada diri Anda sendiri dan perhatikan bagaimana lingkungan dan orang lain memperlakukan Anda.

7. Sudah Kodratnya Manusia untuk Bertumbuh

Pertumbuhan manusia secara fisik adalah pasti. Untuk bertumbuh secara karakter, kepribadian dan spiritual adalah pilihan. Kita bisa melihat orang di sekeliling kita. Seberapa banyak dari meraka yang sudah berusia 40an tahun tetapi masih bersikap seperti anak umur 17 tahun.

Ini terlihat sudah biasa, apalagi di kota-kota besar. Mengapa mereka seperti itu? Karena meraka tidak mau menumbuhkan diri mereka. Mereka hanya menjalani kehidupan saat ini tanpa membuat rencana akan kehidupan mereka.

Kondisi Anda yang tidak menguntungkan saat ini adalah tanda yang diberikan agar Anda bisa meningkatkan diri secara mental. Sudah kodratnya Anda bertumbuh. Bertumbuhlah secara mental.

8. Meraih Tujuan

Hal terbesar yang bisa Anda dapatkan saat keluar dari zona nyaman adalah mencapai tujuan Anda. Alasan terbesar orang keluar dari zona nyaman mereka agar bisa meraih tujuan mereka. Saat mendapatkannya maka kehidupannya juga akan berubah. Mereka menjadi lebih kaya secara financial, lebih bahagia, memiliki hubungan yang lebih baik dengan keluaga dan lingkungan dan masih banyak hal positif lain yang bisa Anda dapatkan.

Inilah yang bisa Anda dapatkan saat keluar dari zona nyaman yang tidak nyaman. Siapkah Anda keluar dari zona nyaman Anda yang sebenarnya tidak nyaman? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.

 

About the Author ronalbiring

  • doni says:

    Terimakasih, i love your article

  • >