8 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Diri

Benner-1.png

 

Keberhasilan hidup baik secara mental dan finansial selalu ditentukan dengan seberapa tinggi kualitas diri seseorang. Kualitas diri memiliki peranan yang sangat penting dalam menarik kesuksesan yang diinginkan. Semakin tinggi kualitas diri seseorang, semakin besar kesuksesan yang ia bisa dapatkan. Semakin mudah juga ia bisa mendapatkan kesuksesan tersebut.

Kalau begitu pentingnya kualitas diri, bagaimana cara meningkatkannya? Apa saja yang perlu dilakukan?

Kualitas diri adalah kumpulan dari nilai, karakter, sikap, cara berpikir dan kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang. Dengan meningkaktan salah satu dari poin di atas, secara tidak langsung kualitas diri itu akan berubah.

Sayangnya, dibutuhkan upaya sadar untuk meningkatkan kualitas diri ini. Tanpa kesadaran tersebut, kita hanya menjalankan program automatic pilot yang telah tertanam selama ini. Jika Anda tidak puas dengan kehidupan yang Anda jalani saat ini, sekaranglah waktunya untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Tidak menutup kemungkinan untuk Anda yang masih merasa muda atau terlalu tua. Akan selalu ada jalan yang lebih baik.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas diri Anda:

1.Temukan Passion Anda.

Passion adalah kegitan yang benar-benar Anda suka lakukan. Anda menikmati sampai lupa waktu karenanya. Anda merasa mudah melakukan kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini Anda bisa berkembang dengan lebih mudah dan cepat.

Bagaimana mengetahui jika yang dilakukan adalah passion saya? Tolak ukurnya adalah Anda merasa bahagai melakukan kegiatan tersebut. Anda tidak mengeluh atas apa yang Anda lakukan. Kalaupun ia, situasi atau kondisi di luar Andalah yang membuatnya.

Itulah mengapa passion menjadi nomor satu. Karena ia bisa membantu seseorang bisa mencapai puncak kualitas diri mereka dengan sangat mudah. Dibandingkan dengan hal lain. Tugas pertama Anda adalah menemukan passion Anda.

Caranya?

Coba ingat kembali hal apa yang benar-benar Anda suka lakukan, apa hobi Anda, hal apa saja yang mudah Anda lakukan tapi sulit bagi orang lain, apa yang buat Anda bisa lupa waktu? Coba masuk ke dalam diri Anda, mungkinkah ada di masa kuliah, sekolah atau sewaktu kecil Anda.

Anda harus memahami bahwa passion tersebut bisa menghasilkan materi dalam bentuk uang. Bukan hanya menghasilakn kegembiranaan atau kebahagiaan semata. Ini tentu untuk membantu kelanjutan hidup Anda juga. Bisa Anda bayangkan jika hanya mengerluarkan uang untuk mendapatkan kebahagiaan? Jadikan ia sebagai sumber pendapatan Anda. Meskipun belum sekarang, tapi Anda perlu merancangnya untuk masa depan Anda.

Tindakan Nyata2. Buat Tindakan Nyata

Meningkatkan kualitas diri dibentuk oleh tindakan nyata. Keberhasilan tindakan nyata tidak diukur dengan seberapa besar dan kuat Anda mencurahkan perhatian Anda. Keberhasilannya ditentukan oleh seberapa disiplin dan konsisten Anda melakukanya.

Tindakan yang bagus selalu ditentukan oleh strategi yang jelas dan bisa diukur. Anda juga harus menyesuaikan diri antara pekerjaan dan tindakan yang perlu dilakukan.

Misalnya Anda suka photografi, Anda bisa melakukanya setelah pulang kerja atau saat istirahat. Anda bisa mengambil momen-momen indah bersama rekan kerja. Bisa jadi mereka peluang untuk sukses di photografi datang dari mereka.

3. Atasi Hambatan

Dalam prosesnya sendiri, Anda akan menemukan hambatan. Baik dari dalam atau luar diri Anda sendiri. Saat berhadapan dengan hambatan ini, jangan lari dan meninggalkan semua yang telah Anda lakukan.

Misalnya Anda ingin menjadi seorang marketing yang mampu mempengaruhi orang lain dengan mudah dan cepat. Ternyata Anda mudah menyesuaikan diri dengan orang baru yang dikenal. Tapi saat menjajakan prodak jualan, Anda merasa tidak nyaman.

Carilah mengapa Anda bisa merasa tidak nyaman. Apa itu karena kurang percaya diri, merasa malu dan berbagai emosi lain. Rangkullah emosi tersebut tanpa menyalahkan diri Anda sendiri. Tetapkan tujuan baru yang diinginkan atas diri Anda sendiri. Menyadari, mengakui dan menerima adalah kunci untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Memberikan waktu berkualitas kepada diri sendiri sangatlah penting. Tidak ubahnya Anda melakukan tindakan nyata atas passion Anda.

Ini bertujuan untuk meningkatkan semangat Anda. Anda bisa memulainya dengan melakukan meditasi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Perasaan nyaman yang Anda rasakan akan menjaga kondisi emosi Anda tetap baik sampai malam hari. Jika di siang hari Anda merasa ada masalah dengan orang lain atau diri sendiri, tenangkan diri Anda dengan melakukan meditasi.

5. Fokus Pada Tujuan

Fokus pada tujuan adalah satu tindakan yang mutlak Anda butuhkan. Tanpa fokus yang jelas hanya akan membuat Anda melakukan hal yang tidak penting. Melakukan kegiatan yang tidak ada hubunganya dengan tindakan dan strategi yang telah disusun.

Tingkatkan kesadaran akan manfaat yang bisa didapatkan dari passion tersebut. Hal terbesar apa yang bisa didapatkan dengna meningkatkan kualitas diri ini? Sesering mungkin Anda mengingat hasil akhir dari tindakan Anda, semakin kuat diri Anda mengarahkan fokus Anda. Apalagi saat Anda menambahkan emosi positif di dalamnya.

6.Hindari Lingkungan Negatif

Lingkungan positif selalu di isi oleh orang-orang positif. Begitu juga sebaliknya. Inilah salah satu cara termudah mengetahui kualitas seseorang. Lingkungan Anda mencerminkan kualitas diri Anda yang sesungguhnya. Jika ternyata saat ini Anda terjebak di lingkungan yang tidak membawa kemajuan bagi Anda, fokuslah mencari lingkungan yang bisa membantu kemajuan Anda.

Carailah orang yang memiliki tujuan atau orang-orang postif di dalamnya. Ini akan membantu Anda menjaga motivasi Anda. Memberikan aura positif kepada diri sendiri. Jika perlu, luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan mereka secara bersama-sama. Ini akan membantu Anda menjalin hubungan baik dengan setiap orang di dalamnya.

7. Terus Belajar

Teruslah belajar untuk bisa mengembangkan kualitas diri Anda. Cara termudah adalah dengan membaca buku. Sisihkan uang Anda untuk membeli minimal satu buku setiap bulannya. Pilihlah buku yang bisa membantu Anda mengembangkan passion (diri) Anda. Buku yang bisa memberikan arahan untuk mempelajari atau menguasai satu skill baru. Yang membuat Anda semakin mantap di passion Anda.

Selain itu, ikutilah semintar atau palatihan yang di selenggarakan oleh penulis buku atau lembaga yang menyelenggarakan. Anda bisa belajar dengan lebih mudah dan murah. Tanpa harus melewati fase seperti pembicara sendiri dengan banyak membaca buku.

Jangan menutup kemungkinan untuk belajar dari orang lain di luar sana. Belajarlah dari pengalaman mereka. Terapkan hal yang Anda percayai dari mereka.

8. Jadilah Rendah Hati.

Jika Anda telah mencapai tujuan Anda, seberapa besarpun itu, jangan terlalu sibuk untuk meninggikan hati. Menunjukkan hasil yang telah Anda peroleh. Jangan terlalu mudah puas diri. Ini akan membuat Anda menutup dari dengan kemungkinan yang ada.Bersikaplah rendah hati. Ini akan membuat Anda selalu siap belajar dan orang lain merasa nyaman bersama dengan Anda.

Sikap rendah hati juga akan membantu Anda menerima setiap perbedaan. Anda tidak perlu terlalu merasa berat hati saat berhubungan dengan orang yang tidak bisa menerima pendapat atau masukan Anda.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkan kualitas diri Anda. Pembaca, cara apa yang Anda gunakan untuk meningkan kualitas diri Anda? Tulis komentar Anda di bawah ini.

 

Benner-1.png

This Post Has 6 Comments

  1. Dengan cara bertanya tentang kegagalan yang selalu datang melanda kepada diri kita sendiri, agar kegagalan tersebut tidak akan pernah terulang lagi. Selalu belajar hal-hal yang baru agar ilmu yang ada bisa bertambah.

  2. 2. Buat tindakan nyata
    4. Luangkan waktu untuk diri sendiri
    5. Fokus pada tujuan
    6. Hindari lingkungan negatif &
    7. Terus belajar
    Mungkin dari kelima itu Saya akan bisa meningkatkan kualitas diri saya
    Thx gan, sangat bermanfaat sekali artikelnya 🙂

  3. wah, sangat mencerahkan 🙂 terims

  4. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Artikel ini sangat membantu pembaca terutama saya untuk bersinergi kembali dalam meraih impian – impian saya.

Leave a Reply

Close Menu