Setiap orang memiliki jatah waktu 24 jam sehari. Dari 24 jam, waktu kita dibagi menjadi 3 bagian besar. 8 jam pertama untuk istirahat, 8 jam kedua untuk bekerja dan 8 jam ketiga untuk diri kita sendiri. Mulai dari mengurus keluarga, mempersiapkan diri untuk bekerja, belajar, melakukan hobi, memperbaiki genteng yang bocor dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Dari 8 jam ketiga yang kita miliki, kegiatan apa yang harus benar-benar kita beri waktu lebih? Ini bagian penting yang perlu dijawab agar kita bisa menggunakan waktu yang dimiliki dengan baik.

Banyak orang menghabiskan waktu mereka hanya untuk mengurus hal kecil yang sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus kecolongan banyak waktu. Seperti, mandi, sarapan, belanja, jalan-jalan ke mall sampai mengurus tempat tinggal.

Dengan mengetahui apa yang perlu dilakukan, maka akan memudahkan kita untuk mendelegasikan, meminimalkan serta menghapus hal yang tidak perlu dilakukan. Dengan begitu, kita bisa memiliki waktu lebih untuk melakukan hal lain yang lebih penting.

Di artikel ini, kita akan membahas hal yang perlu kita berikan waktu lebih dan hal yang perlu dikurangi. Mari kita bahas satu persatu;

1. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Untuk Diri Sendiri Bukan Melakoni Drama Hidup Di Luar Sana

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memberikan lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Mulai dari mempelajari dan mengasah skill tertentu, mencari solusi untuk masalah yang ada, mengatasi stres serta membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Kondisi ini juga akan menawarkan Anda untuk membangun kejelasan, membuat tujuan serta berpikir untuk mencapai tujuan. Anda perlu memberikan lebih banyak waktu untuk diri sendiri daripada memberikan lebih banyak waktu untuk drama hidup, seperti berlama-lamaan di kantor, surfing di internet, pergaulan yang buruk atau menyesali kejadian memalukan di masa lalu.

2. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Untuk Membaca Buku Bukannya Menonton TV

Beberapa tahun belakangan perkembangan dunia pertelevisian berkembang dengan sangat pesat. Banyak bermunculan merek stasiun TV baru dengan acara-acara yang sangat menyita perhatian.

Semua ini tidak lepas dari perhatian masyarakat yang betah duduk berlama-lama di depan TV. Tidak heran kalau TV saat ini telah menjadi satu kebutuhan masyarakat karena sifatnya yang membuat seseorang ketergantungan.

Masalahnya, justru banyak acara di TV yang sangat merugikan. Mengajarkan kita tentang karakter dan sifat yang buruk dan gaya hidup mewah yang kebarat-barattan dan minimnya penekanan pada norma-norma agama dan budaya dan nilai-nilai hidup positif lainnya yang menjadi ciri khas kita sebagai orang timur.

Untuk menghindari hal tersebut, maka membaca buku menjadi satu prioritas penting yang perlu kita lakukan. Jika bisa, menjadiaknnya sebagai satu kebiasaan.

Ada sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca buku. Mulai dari mengenal lebih dalam diri sendiri, orang lain, minat, passion, budaya serta segudang informasi lain yang tertumpuk di buku.

Jika Anda tidak menyukai membaca, Anda bisa menggunakan cara membaca unik yang dibutkan khusus untuk mereka yang tidak suka membaca. Kami yakin dengan teknik membaca yang unik ini akan membuat Anda lebih tertarik untuk membaca karena prosesnya yang menyenangkan dan menantang.

dft124224LARGE

3. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Untuk Keluarga Sendiri Bukannya Terhanyut di Kesibukan Kompulsif

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang membutuhkan uang untuk hidup. Ini membuat banyak dari mereka yang bekerja, menghabiskan waktu mereka untuk melakukan hal-hal yang diyakini bisa memberikan penghasilan lebih. Tanpa mereka sadari, mereka terhanyut pada kesibukan kompulsif yang tidak terhindarkan.

Tujuan mereka sangat mulia, tapi mereka kehilangan kesempatan untuk membangun kedekatan emosi dengan anggota keluarga. Ingatlah, keluarga adalah alasan Anda untuk bekerja keras dan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk mereka.

Jangan habisakan waktu Anda hanya untuk bekerja. Tapi, berilah waktu Anda untuk keluarga Anda. Karena banyak hal berharga yang bisa Anda dapatkan di sana. Belajarlah untuk mempercayakan orang lain dalam membantu pekerjaan Anda.

4. Kita Perlu Belajar Memberi Kepada Orang Lain Bukannya Sibuk Mengejar Hal yang Tidak Bisa Dimiliki

Memberi memiliki sangat banyak manfaat. Mulai dari perasaan berharga, merasa mampu, merasa istimewa dan sangat berefek langsung pada kesehatan dan mood positif.

Daripada kita sibuk mengejar hal yang tidak kita miliki, akan lebih baik jika kita mulai belajar untuk memberi kepada orang lain. Perasaan di atas yang kita dapatkan akan mempengaruhi produktivitas kita dalam bekerja.

Jika produktivitas baik ini bisa dipertahankan dalam waktu yang lama, tidaklah mustahil suatu saat nanti kita akan mendapatkan apa yang belum kita miliki saat ini.

Jadi berilah waktu Anda untuk memberi sesuatu yang bisa Anda berikan kepada orang lain bukannya sibuk mengejar hal yang belum Anda miliki saat ini.

5. Kita Butuh Untuk Lebih Peduli Pada Diri Sendiri Bukannya Mencemaskan Masa Depan

Inilah yang dilakukan orang sukses. Mereka berusaha untuk tidak memberikan sedikitpun perhatian dan energi kepada kecemasan akan apa yang akan terjadi di masa depan.

Justru sebaliknya, mereka fokus kepada tindakan nyata untuk mencapai tujuan mereka. Mereka berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam bertindak dan hasil yang mereka dapatkan sebagai hadian terbaik pada diri mereka sendiri.

Terbukti dari kualitas hidup yang mereka dapatkan sebagai bukti dari kepedulian mereka kepada diri mereka. Justru mereka malah ketagihan untuk mencapai tujuan mereka.

Untuk mendapatkan kualitas hidup yang mewah, berilah lebih banyak waktu pada diri sendiri untuk bertindak. Bukannya sibuk mencemaskan masa depan dan tidak mendapatkan apapun nantinya.

6. Kita Harus Membuat Tindakan Nyata Bukannya Menunda-nunda

Masih sangat berkaitan dengan poin pembahasan sebelumnya. Inilah hal utama yang harus Anda lakukan jika ingin mencapai tujuan atau sukses di masa depan.

Curahkan perhatian dan energi Anda untuk membuat tindakan nyata. Hanya dengan tindakan nyatalah Anda bisa mengukur seberapa besar kemajuan yang telah Anda buat. Jadi Anda perlu memberi waktu lebih untuk melakukan tindakan nyata bukannya menunda-nunda.

001

7. Kita Perlu Mengembangkan Diri Sendiri Bukannya “Tenggelam” Dalam Kehidun di Masa Lalu

Belajarlah untuk menerima dan memafkan segala kejadian di masa lalu. Hiduplah di waktu sekarang, saat ini. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran dan petiklah sebanyak mungkin pelajaran berharga dari sana.

Mulailah mengembangkan diri. Luangkan waktu Anda untuk mempelajari hal baru, sesuatu yang akan membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Anda bisa melakukannya dengan membaca buku, belajar skill membaca, bermain musik dan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membantu kesuksesan Anda, mengikuti seminar, pelatihan atau mencoba sesuatu yang sejak lama ingin Anda coba.

8. Kita Perlu Membangun Kebiasaan Sukses Bukannya Menghabiskan Uang Pada Pilihan yang Salah

Banyak orang gagal membentuk kebiasaan sukses dan justru terjebak pada kegiatan yang menghabiskan banyak uang. Hasil yang mereka dapatkan pun tidak seperti yang mereka harapkan.

Daripada membuang waktu Anda untuk kegiatan yang menyedot banyak uang, lebih baik Anda memberikan banyak waktu untuk membentuk kebiasaan sukses yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Inilah 8 hal yang perlu Anda berikan waktu lebih dan 8 hal yang perlu Anda kurangi. Pembaca, kegiatan apa yang paling Anda berikan waktu banyak? Apakah kegiatan itu membantu Anda mencapai tujuan Anda? Saya tunggu komentar Anda.

Ronald Sembiring
 

>