8 Manfaat Menjadi Diri Sendiri

8 Manfaat Menjadi Diri Sendiri

Tidaklah menyenangkan berpura-pura menjadi orang lain. Mengenakan topeng yang benar-benar tidak disukai. Hanya dengan melepaskan topeng kepalsuan dan memakai topeng asli yang dimilikilah yang akan membuat kita lebih menikmati dan mencintai diri sendiri.

Topeng yang saya maksudkan adalah karakter dan kepribadian yang kita miliki. Mengapa menjadi diri sendiri itu penting?

Berikut 8 alasan mengapa Anda perlu menjadi diri sendiri;

1. Anda Akan Lebih Bahagia

Bahagia adalah urusan hati. Kita tidak bisa menentapkan standar bahagia yang sama untuk semua orang. Tapi, untuk benar-benar bahagia, seseorang harus menjadi mereka sendiri.

Melakukan hal yang benar-benar diinginkan, mengejar impian terbesar mereka dan segala sesuatu untuk kebaikan diri dan orang yang mereka cintai.

Akan berbeda jika apa yang dilakukan hanya untuk kebaikan dan kebahagian orang lain dan mengabaikan diri sendiri. Anda tidak menjadi diri Anda sendiri.

Memang orang lain bahagia. Tapi, tidak diri Anda. Apalagi saat Anda tidak bisa membuat orang lain bahagia. Anda akan merasa bersalah dan akan mempersulit Anda untuk merasa bahagia. Ini hanya akan menambah masalah pada diri Anda sendiri.

Lihatlah ke dalam diri Anda, apakah Anda telah menjadi diri Anda sendiri? Apakah yang Anda lakukan saat ini untuk kebaikan diri sendiri dan orang yang Anda cintai dan tidak semata-mata hanya untuk kebahagiaan orang lain, maka Anda telah di jalur yang tepat.

Jika belum, Anda perlu masuk ke dalam diri Anda yang lebih dalam dan menemukan diri Anda yang sebenarnya.

2. Menarik Orang Tepat Ke Dalam Hidup

Apa yang terjadi di luar diri kita adalah cerminan dari apa yang ada di dalam diri kita. Jika kita jujur pada diri sendiri, mempercayai orang lain, menjadi apa adanya di hadapan orang lain, maka orang yang masuk ke kehidupan kita juga akan memiliki karakter yang sama.

Seperti kiasan yang berbunyi, “burung yang sama akan berkumpul dengan kelompoknnya,” dan kita tidak pernah menemukan burung yang berbeda berkumpul besama.

Dengan karekter dan sifat yang Anda miliki, sadar atau tidak, Anda akan menarik orang-orang yang memiliki karakter dan sifat yang sama seperti yang Anda miliki.

3. Tidak Perlu Membuktikan Apapun Kepada Orang Lain

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuktikan sesuatu kepada orang lain, maka saat itu Anda telah kalah. Karena dengan membuktikan sesuatu, Anda tidak akan bisa bekerja dengan sepenuh hati. Anda hanya akan fokus pada pembuktian diri. Pada akhirnya, Anda tidak akan bisa menikmati proses dan memberikan usaha terbaik Anda.

Dengan menjadi diri sendiri, Anda tidak butuh untuk membuktikan apapun kepada orang lain. Anda hanya butuh membuktikan pada diri sendiri bahwa Anda mampu melakukan apapun yang Anda inginkan. Cara berpikir seperti ini akan membuat Anda lebih menikmati proses atas apapun yang Anda lakukan.

Me

4. Rasa Percaya Diri Anda Akan Bertumbuh

Saat Anda benar-benar menjadi diri sendiri, Anda tidak akan mempermasalahkan tentang kekurangan dan kelemahan diri Anda sendiri. Melainkan melihat hal tersebut sebagai satu peluang untuk bertumbuh. Memperbaiki dan mengembangkan kelemahan diri sendiri.

Rasa percaya diri Anda akan bertumbuh dengan sendirinya. Anda akan melihat diri Anda dari sudut pandang yang berbeda.

Masalahnya, banyak orang tidak percaya diri disebabkan karena tidak bisa menjadi diri sendiri dan tidak mampu menerima diri mereka apa adanya. Terutama pada kelemahan dan kekurangan mereka.

5. Orang Lain Semakin Mempercayai Anda

Tidak mungkin orang lain bisa mempercayai Anda jika Anda sendiri tidak mempercayai diri Anda. Dengan menjadi diri sendiri, tanpa Anda sadari, Anda memilih untuk mempercayai diri sendiri.

Memang dibutuhkan keberhasilan dalam mengatasi tantangan dan masalah yang muncul. Keberhasilan inilah yang menguatkan rasa percaya diri Anda.

Saat Anda benar-benar percaya pada diri sendiri, saat itu orang lain juga akan mempercayai diri Anda.

6. Mampu Membuat Keputusan Dengan Baik

Menjadi diri sendiri berarti menempatkan diri di posisi terdepan pada prioritas hidup Anda. Dengan begitu, Anda mampu membuat keputusan yang lebih baik untuk diri sendiri.

Anda tidak perlu menggunakan ukuran dan standar orang lain atas apapun yang Anda lakukan atau inginkan dalam hidup.

Semua keputusan kembali ke tangan Anda. Berhasil tidaknya, konsekuensi yang akan terjadi Andalah yang menentukan.

7. Merasa Sebagai Orang Jujur

Banyak orang tidak jujur karena menipu diri mereka sendiri. Mereka tidak menjadi diri mereka sendiri. Melakukan hal yang tidak mereka sukai bahkan mempertaruhkan kebahagian mereka hanya untuk membuat orang-orang di sekeliling mereka merasa bahagia.

Dengan menjadi diri sendiri, Anda memberi nilai yang lebih jujur pada diri Anda sendiri. Atas apa yang Anda inginkan, harapkan dan impikan dalam hidup Anda. Anda akan bertindak lebih adil pada diri sendiri dan orang lain tanpa mengabaikan diri Anda.

8. Keinginan Untuk Belajar

Seiring Anda menjadi diri sendiri, keingin belajar juga akan bertumbuh. Harsat untuk mengenal diri lebih dalam juga akan muncul dengan sendirinya.

Saat momen ini muncul, maka Anda perlu belajar tentan diri Anda sendiri. Hal ini dikarenakan penghargaan yang Anda dapatkan dari orang lain atas usaha yang telah Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca buku. Buku-buku motivasi dan pengembangan diri akan membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Inilah 8 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerima diri Anda sendiri. Pembaca, manfaat apa yang Anda dapatkan dengan menjadi diri sendiri? Saya tunggu komentar Anda.

This Post Has 1 Comment

  1. keren,. bang artikelnya

Leave a Reply

Close Menu