Kita memiliki 24 jam sehari. Kabar baiknya, kita memiliki pilihan bebas untuk mentukan kegiatan apa yang perlu kita lakukan. Apakah akan bermalas-malasan di rumah bersama kelurga atau pergi menonon film terbaru. Semua pilihan ada di tangan kita.

Pertanyaanya adalah, bagaimana kita menghabisakan waktu yang ada? Apakah waktu yang kita habiskan membuat kita merasa bahagia? Atau kita malah merasa bosan dan tidak bersemangat karena masalah baru yang muncul dari kegiatan tersebut.

Ada banyak tipe orang, dalam menghabiskan waktu mereka. Ada yang sibuk mengurusi urusan orang lain. Ada juga yang menghabiskan waktu mereka dengan menjalani rutinitas biasa mereka.

Sebagaian orang menghabiskan waktu mereka dengan sangat baik. Menyelesaikan semua pekerjaan dan pulang ke rumah dengan perasaan puas dan bahagia.

Kemampuan menghabiskan dan memanfaatkan waktu 24 jam per hari menetukan kualitas hidup yang bisa dicapai seseorang. Orang yang menghabiskan waktunya dengan bijak akan lebih sukses daripada orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu yang mereka miliki.

Apakah mereka menghabiskan waktu mereka dengan mengeluh atas kondisi yang mereka terima atau mencari solusi dan meningkatkan kualitas diri mereka sendiri. Kembali, semua tergantung pilihan seseorang,

Di artikel ini, kita akan membahas, hal yang perlu Anda perhatikan saat menghabiskan waktu yang Anda miliki selama 24 jam. Dengan mengetahui hal ini, akan membantu Anda menyeimbangkan semua aspek kehidupan Anda dan tentunya akan mendukung kesuksesan Anda kelak.

Mari kita bahas satu per satu ;

1. Lakukan yang Anda Butuhkan Terlebih Dahulu

Saat kita merasa tidak ada pilihan, kita sering menempatkan tujuan yang salah. Di mana kita lebih mendahulukan kebutuhan orang lain daripada kebutuhan diri sendiri.

Ini bukanlah buruk, tapi ini adalah tindakan yang kurang bijak. Dengan memenuhi kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu akan membuat kita semakin mudah membantu orang lain tanpa harus merasa bersalah kepada diri sendiri.

Seperti intruksi wajib di pesawat terbang, khusunya untuk wanita yang terbang bersama bayinya. Pramugari akan menyampaikan, si wanita harus lebih dulu menggunakan alat bantu pernapasan, setelah itu memberikannya kepada bayinya.

Begitu juga dalam hidup. Kita harus membantu (baca; memenuhi ) diri kita terlebih dahulu baru membantu orang lain selanjutnya, sekalipun itu untuk orang yang kita sayangi.

Fokus

2. Fokus Pada Tujuan

Setiap orang pasti memiliki kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari. Terutama bagi mereka yang kerja kantoran. Mereka bisa menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditunggu oleh atasan atau meeting dengan tim atau bawahan mereka.

Untuk membuat pekerjaan lebih efektif dan menghemat banyak waktu, maka membuat jadwal kerja sangatlah penting. Akan apa yang perlu dicapai saat itu dan hal lain yang bisa dilakukan setelah pekerjaan utama selesai.

Dengan membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada. Bahkan cara ini dipercaya bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Dengan memiliki jadwal kerja, akan mudah bagi seseorang untuk mengembalikan fokus mereka. Hanya dengan melihat catatan kerja, mereka bisa kembali ke jalur fokusnya utama. Tentunya memudahkan mereka fokus kepada tujuan awal mereka.

3. Membangun Jaringan

Kita tidak bisa hidup sendiri. Seberapa mampupun kita melewati hari-hari seorang diri, kita tetap membutuhkan orang lain dalam hidup ini.

Di sela jadwal kerja atau kegiatan yang kitaAnda lakukan, lungangkan waktu Anda untuk berkenalan dan membangun hubungan secara emosional dengan orang lain.

Mungkin saja orang baru yang Anda temui saat ini bisa menjadi patner bisnis atau memberi jalan atau solusi untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. Kita tidak bisa menebak untuk hal-hal seperti ini. Jadi terbukalah untuk berkenalan dengan semua orang baru yang Anda jumpai.

4. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, akan mengingatkan kita untuk terus bersyukur atas hidup yang kita dapatkan. Ini satu bagian penting dalam hidup yang perlu diperhatikan.

Kondisi ini akan menjaga seseorang untuk merasakan perasaan positif untuk waktu yang lama, melibatkan dan mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah mereka. Lakukanlah berdasarkan kepercayaan dan keyakinan Anda masing-masing.

5. Have Fun

Yang satu ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Ini bagian penting yang wajib dilakukan. Ini akan membuat Anda menjadi lebih bahagia, produktif, kreatif dan mendapat segudang manfaat lainnya.

Anda hurus bijak dalam memilih kegiatan di sini. Karena ada sangat banyak kegiatan yang bisa memberikan rasa fun. Mulai dari menonton TV, ngobrol dengan teman, makan malam bersama keluarga, berolahraga sampai kegiatan-kegiatan kecil lainnya.

Kegiatan positif yang bisa Anda lakukan dan membantu orang lain juga untuk merasa fun adalah dengan menyempatkan waktu bersama keluarga atau sahabat terdekat. Carilah kegiatan yang benar-benar bisa melibatkan orang lain di dalamnya.

Tangkap

6. Belajar

Ini satu hal yang wajib Anda lakukan jika ingin sukses. Dibidang apapun itu, Anda harus meluangkan waktu untuk belajar. Tanpa belajar, mustahil bagi seseorang bisa mempertahakan kesuksesan yang mereka telah capai saat ini.

Kita perlu belajar untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Terbukalah untuk menerima hal-hal baru. Ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca buku. Buku memberikan banyak informasi berharga dengan pembahasan yang sangat dalam beserta dengan penelitanan atau pembelajaran dari si penulis sendiri.

Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan memuaskan, yang perlu Anda lakukan adalah menguasai skill belajar. Ada sangat banyak manfaat dari skill belajar yang bisa Anda dapatkan.

Mulai dari membuat proses belajar menjadi lebih mudah, cepat dan menghemat banyak waktu. Skill yang kami sarankan adalah skill bacakilat. Bacakilat akan membantu Anda membuat proses belajar menjadi lebih mudah, cepat dan menghemat banyak waktu Anda.

Untuk informasi lebih detail mengenali cara kerja dan mendapatkan skill bacakilat, Anda bisa mengklik di sini. Cara belajar lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti seminar tertentu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Istirahat

Inilah saatnya Anda untuk merileskan badan. Saatnya untuk tubuh menyeimbangkan kembali dirinya. Tidurlah dengan cukup. Pastikan sebelum Anda tidur, Anda telah menyusun jadwal kegiatan yang perlu Anda lakukan di esok hari.

Dan hal yang lebih penting adalah, menyelesaikan semua pekerjaan yang bisa Anda kerjakan saat itu. Ini akan membuat mood Anda lebih baik, dan saat Anda bangun tidur, Anda bisa mengawali hari dengan mood yang bagus.

Inilah yang perlu Anda perhatikan saat menghabiskan dan memanfaatkan 24 jam waktu Anda. Dengan membaca artikel ini, saya berharap Anda bisa menghabiskan dan memanfaatkan waktu yang Anda miliki dengan lebih baik.

Selamat mencoba, saya tunggu komentar Anda atas tulisan di atas.

Ronald Sembiring
 

>