Bagaimana Cara Memotivasi Diri Biar Cepat Sukses

Benner-4.pnj

,

positive-motivation1SUKSES! hmmm, satu kata namun mempunyai banyak makna. Kira-kira bagaimana para pembaca sekalian memaknai kata “sukses” tersebut? Apakah sukses bagi para pembaca sekalian adalah sebuah pencapaian tentang suatu keberlimpahan harta, materi, atau uang? Atau sukses adalah kondisi dimana diri Anda merasa berkelimpahan ilmu ? Tentunya kita punya definisi sukses menurut pemikiran pribadi masing-masing.

Oke, sesaat tadi Saya sudah menyebutkan beberapa kali kata sukses dan kaya. Apakah dengan mendengar sebuah kekayaan, pikiran serta semangat Anda bergejolak untuk mendapatkannya? Atau diri Anda merasa ter MOTIVASI untuk meraihnya?

Saya pikir, semua orang menginginkan sukses. Tapi tidak banyak orang mempunyai cukup motivasi untuk meraih sukses. Semua orang tentunya mau berhasil dan sukses dalam hidup. Tapi apa sebenarnya kunci sukses itu?

“Apa yang sebenarnya orang sukses lakukan atau motivasi apa yang mereka miliki hingga bisa mencapai kesuksesannya?” Pernahkah Anda bertanya atau minimal mempunyai pemikiran sama seperti saya?

Dari dulu Saya selalu bertanya hal seperti itu. Namun sebenarnya tak peduli mereka melakukan apa dan bagaimana mereka melakukannya. Pertanyaan terbesarnya ada pada pertanyaan motivasi sebesar apa yang mereka miliki untuk mencapai sukses?

Mengapa rahasianya ada pada motivasi? Ya, tentu saja. Tanpa motivasi, tentu mereka tak punya daya dan tenaga untuk mencapai kesuksesannya.

Mereka mampu melakukan hal apapun atau bahkan hal seberat apapun karena satu hal. Satu hal itu adalah motivasi. Satu kata namun memiliki energi terbesar untuk mencapai sesuatu.

Jadi abaikan tentang pertanyaan mereka melakukan apa atau bagaimana mereka melakukannya? Pertanyaan  terpenting adalah bagaimana mereka memiliki motivasi sebesar itu dan tetap menjaga motivasinya agar tetap membara?

Namun sebelum membahas tentang bagaimana membuat motivasi diri / membangkitkan motivasi diri, saya akan sedikit share tentang apa saja yang dilakukan orang sukses demi mencapai kesuksesannya.

Sedikitnya ada 4 hal tentang persamaan kebiasaan yang dilakukan orang sukses. Pertama adalah cara mereka menggunakan waktu. Kedua, mereka selalu belajar untuk mengembangkan bakat dan talenta. Ketiga, mereka selalu banyak bertindak dan berusaha. Keempat, mereka tahu bagaimana cara memotivasi diri mereka.

Mungkin point 1 sampai 3 para pembaca sekalian sudah sering mendengar atau minimal tahu. Namun Saya tertarik dengan point nomor 4, yaitu tentang bagaimana cara memotivasi diri.

Mengapa motivasi? Seperti penjelasan di atas tadi, bahwa tanpa motivasi mereka tidak akan melakukan hal itu semua. Motivasi membuat diri mereka menjadi mau terus belajar, selalu menghargai waktu, dan selalu bekerja keras atau bertindak.

Jadi inti dari rahasia sukses paling penting adalah motivasi. Motivasi adalah bahan bakar mahluk hidup terutama manusia untuk mencapai sukses.

By the way para pembaca sekalian. Motivasi bisa dikatakan sebagai sesuatu yang dapat membuat kita melakukan suatu hal. Bahkan bukan hanya satu, bisa saja melakukan banyak hal. Tanpa motivasi orang tidak akan melakukan sesuatu.

Ada dua faktor untuk membangkitkan motivasi. Pertama faktor eksternal. Faktor eksternal adalah faktor yang membuat diri menjadi termotivasi karena pengaruh dari luar. Contohnya adalah hadiah, reward, dan sebagainya.

Faktor kedua adalah faktor internal. Nah, faktor ini sangat kuat bagi motivasi diri pribadi. Karena faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri. Faktor internal timbul dan dilakukan tanpa ada paksaan serta bujukan dari pihak luar.

Tips membangkitkan Motivasi

Ada beberapa hal untuk bisa membangkitkan motivasi diri seseorang. Saya akan memberikan tipsnya berikut ini:

  1. Membuat Tujuan. Mengapa harus membuat tujuan? Ya, tentu karena motivasi lahir lewat tujuan. Ketika kita membuat satu tujuan pasti ada hal yang ingin kita capai. Hal itul akan menjadi sebuah motivasi besar dari diri seseorang untuk bisa melakukan hal apapun demi tercapainya tujuan tersebut. Hal terpenting dalam membuat tujuan adalah harus menjawab 2 pertanyaan. Pertanyaannya adalah what dan why. What adalah pertanyaan tentang apa yang ingin kita capai dalam hidup. Dan why adalah pertanyaan tentang mengapa kita harus mencapai hal tersebut. Tujuan haruslah tentang apa yang paling ingin kita capai dalam hidup. Jika tujuan kita kurang berarti dalam hidup, maka tidak akan memunculkan motivasi besar. Hal terpenting lainnya adalah alasan kuat tentang mengapa kita harus mencapainya. Alasan yang kuat akan menjadi bahan bakar tak akan habis untuk energi kita dalam mencapai sukses.
  2. Membaca Buku. Selain membuat tujuan yang sangat kuat kita juga perlu membaca buku. Mengapa membaca buku penting? Wah, kalau seperti ini pertanyaannya pasti akan banyak dan panjang sekali jawabannya. Tapi dalam hal membangkitkan motivasi, membaca adalah salah satu cara untuk membangkitkan motivasi. Mengapa? Karena di dalam buku ada banyak sekali cerita-cerita orang sukses. Di dalam buku juga akan diajarkan banyak tips dan trick tentang rahasia orang sukses dan bagaimana cara mereka mencapainya. Cerita -cerita tersebut dapat kita jadikan inspirasi, sehingga membuat kita termotivasi untuk mencapai hal yang sama.
  3. Melihat atau mendengar cerita orang yang sudah sukses. Mengapa hanya dengan melihat dan mendengar bisa membangkitkan motivasi? Ya, sangat jelas. Efek ini sama besarnya dengan membaca buku. Dengan mendengar langsung atau melihat secara langsung dari orang yang sudah sukses, emosi positif kita juga akan ikut merasakan semangat dari keberhasilan mereka. Tentunya ini juga akan menjadi inspirasi serta motivasi bagi diri untuk bisa berhasil seperti orang sukses tersebut.
  4. Mengikuti seminar atau lokakarya. Motivasi adalah sesuatu yang kekuatannya tidak konstan. Kadang motivasi diri pada saat tertentu sangat tinggi. Kadang juga pada saat tertentu motivasi diri sangatlah kecil. Mengapa? ada banyak faktor tentunya. Nah, di dalam seminar biasanya banyak motivator yang mampu membangkitkan motivasi kita. Motivasi yang diberikan tentunya adalah suntikan semangat yang besar, namun ini tidak akan bertahan lama. Kenapa? Karena ini adalah motivasi secara eksternal bukan dari dalam diri.

Satu persamaan dari keempat tips diatas adalah kita dapat termotivasi melakukan suatu hal karena suatu alasan. Tanpa adanya alasan kuat, kita pastinya enggan untuk melakukan sesuatu.

Contohnya saja para pemain sepak bola. Mereka mau menjalani latihan fisik secara rutin serta bermain semaksimal mungkin karena satu alasan. Ada satu alasan untuk memotivasi mereka agar mau melakukan hal itu. Alasannya adalah menjadi juara. Mereka punya tujuan.

Jadi para pembaca sekalian, sebenarnya hal terbesar untuk membangkitkan motivasi diri diri adalah adanya TUJUAN.

Jika Anda belum memiliki tujuan terbesar dalam hidup Anda. Kinilah waktunya untuk Anda tuliskan tujuan terbesar Anda. Kemudian miliki motivasi terbesar untuk mencapainya.Benner-4.pnj

 

Agus Setiawan

Agus Setiawan, seorang pembelajar yang sangat menyenangi dunia pengembangan diri khususnya dunia pikiran. Hasratnya untuk membantu banyak orang membawanya mendalami berbagai pengetahuan tentang pengembangan diri dan hipnoterapi. Ia menjadi hipnoterapis yang direkomendasikan oleh Adi W Gunawan Institute. Dalam prosesnya Pria kelahiran 1982 ini juga menemukan Sistem Bacakilat yang menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar untuk meningkatkan keefektifan dalam membaca buku yang sudah dibawakan ke berbagai kota mulai tahun 2009. Dorongan untuk membantu lebih banyak orang lagi membuatnya mendirikan Aquarius Resources yang berperan untuk memberikan Re-Edukasi terbaik kepada setiap orang yang ingin menempuh kesuksesan dalam kehidupannya.

This Post Has 3 Comments

  1. Assalamu’alaikum
    Ide bgus gan
    Selain motivasi dr dalam diri sendiri,
    Motivasi dr luar pun sangat menentukan tujuan hidup dan kesuksesan kita
    Trims y gan ­čÖé

  2. TERIMA KASIH GAN INI SANGAT MEMBANTU SAYA
    SAYA REDREWEL

  3. Saya termotivasi setelah membaca semua isi di atas dan tujuan saya adalah ” SUKSES ” dalam kehidupan didunia dan akhirat

Leave a Reply

Close Menu