Berubah Dengan Meningkatkan Kesadaran Diri

Benner-1.png

 

kung_fu_panda

Banyak orang ingin berubah menjadi lebih baik untuk masa depan yang lebih bermakna. Mereka menetapkan impian dan tujuan hidup yang ingin mereka capai, raih dan alami di masa depan. Semangat dan gairah mereka begitu tinggi dan mereka melakukan “lebih” di awal. Selang beberapa hari dan minggu, semangat yang begitu kuat mulai redup dan mereka kembali ke pola lama.

Seperti inilah yang sering kita hadapi ketika melakukan proses perubahan. Ketidakberhasilan yang terjadi berkalli-kali membuat kita berpikir bahwa berubah itu sangat sulit. Tapi Anda jangan khawatir dan berhenti untuk mencoba cara lain untuk meraih perubahan hidup yang Anda inginkan.

Seperti yang Anda lakukan sekarang ini tentunya, membaca artikel ini. Pastinya Anda ingin mengetahui cara untuk meningkatkan kualitas diri Anda bukan?

Untuk mendapatkan yang kita inginkan, yang pertama kali kita perlu lakukan adalah membenahi diri. Mengubah sifat, karakter, kebiasaan lama yang menghambat menjadi sifat, karakter dan kebiasaan baru yang lebih mendukung untuk kesuksesan itu sendiri.

Salah satu caranya adalah dengan meningkakan kesadaran diri. Melakukan proses perubahan secara sadar. Mengapa kesadaran diri begitu penting? Kesadaran itu akan memberi kita kebijaksanaan. Kita akan melihat masa lalu sebagai sejarah dan belajar darinya. Kita tidak akan terpengaruh oleh kebiasaan lama yang mendikte kita, kita mampu memilih secara sadar apa yang ingin kita lakukan dan bentuk dalam diri kita.

Sekarang bagaimana cara meningkatkan kesadaran diri agar kita lebih sadar akan diri kita sendiri? Jangan buru-buru, saya pasti akan membagikannya kepada Anda. Tapi ada hal lain yang perlu Anda miliki jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari kesadaran diri itu sendiri.

Anda harus memiliki niat yang kuat untuk melatih kesadaran diri tersebut. Niat ini bisa dilandasi dengan kesadaran bahwa Anda butuh untuk berubah, ingin merasakan dan mengalami hidup seperti yang Anda inginkan. Selain itu Anda harus disiplin untuk benar-benar melatihnya. Kedua hal di atas akan sangat membantu Anda mendapatkan manfaat besar dari cara ini.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melatih dan meningkatkan kesadaran diri Anda:

1. Sadar Akan Saat Ini

Banyak orang menggangap bahwa melatih kesadaran sangatlah sulit. Pikiran mereka telah dipenuhi oleh cara-cara yang sangat berat dan menyiksa. Inilah yang membuat kebayakan orang tidak mau mencoba berubah melalui proses meningkatkan kesadaran diri.

Kenyataannya tidaklah seperti yang dibayangkan. Melatih kesadaran ternyata mudah. Kita cukup memberi perhatian pada hal yang kita lakukan. Seperti saat bangun pagi, sadarlah kaki mana yang pertama kali menyentuh lantai. Saat akan makan, sadarlah untuk memasukkan sendok makan ke dalam mulut Anda, sadarlah untuk mengunyah makanan Anda. Sadarlah untuk melakukan hal-hal kecil dalam setiap detik waktu Anda.

Sesederhana itu. Anda cukup sadar dan memberi perhatian penuh pada hal yang Anda lakukan. Manfaat lain dari latihan ini juga akan membuat Anda mudah mengingat hal-hal kecil yang Anda lakukan. Ini akan sangat membantu bagi mereka yang mudah dan mempunyai kebiasaan lupa akan hal-hal kecil.

2. Meditasi

Meditasi sangat banyak direkomendasikan untuk melatih kesadaran. Bahkan hasil penelitian menunjukkan, meditasi bisa memberi pengaruh yang sangat besar dalam hidup kita. Seperti meningkatkan kesadaran diri, meningkatkan konsetrasi, menjadi lebih tenang, lebih sabar, kemampuan menerima pengalaman buruk di masa lalu sampai memberi pengaruh besar pada kesehatan. Semua ini bisa Anda dapatkan melalui meditasi.

Meditasi bukanlah hanya duduk dan diam. Menahan diri dari kaki yang kesemutan atau punggung yang lelah. Tapi lebih pada mencapai dan menikmati keheningan yang dalam. Jika Anda telah terbiasa, Anda bisa mendapatkan solusi atau pencerahan dari meditasi.

Tujuan dari meditasi adalah menurunkan pola gelombang otak dari beta ke alpa dan bertahan di bheta. Pikiran yang dipenuhi oleh buah pikir sangat dipengaruhi oleh gelombang beta yang tidak bisa turun, ini adalah tanda pikiran sadar kita masih sangat aktif.

Inilah yang menyebabkan banyak orang tidak mau melatih meditasi terutama bagi para pemula. Meditasi harus diimbangi dengan sikap disiplin diri yang tinggi untuk melatihnya agar mendapatkan menfaat maksimal dalah hidupnya.

Ada dua jenis meditasi yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Meditasi Samatha Bhavana dan meditasi Vipassana Bhavana. Meditasi Samatha Bhavana adalah meditasi yang bertujuan untuk melatih pikiran sehingga terkendali dan akhirnya diam dan hening dengan memusatkan perhatian pada konsentrasi atau perhatian pada objek tertentu, bisa napas, angaka, kata yang diulang dan masih banyak objek lain.

Sedangkan Vipassana Bhavana adalah meditasi yang bertujuan untuk mengamati segala proses mental atau fisik yang paling dominan pada saat sekarang. Dengan kata lain kita menyadari, mencatat, mengingat ketika lenyap. Cara yang dilakukan adalah dengan memusatkan perhatian penuh, intropeksi, observasi, kewaspadaan objektif dan belajar dari pengalaman setiap momen.

Anda bisa menggunkan salah satu dari kedua jenis meditasi ini. Yang penting saat bermeditasi Anda harus memiliki tujuan yang jelas mengapa Anda ingin bermeditasi dan belajar menjadi seorang pengamat dari pikiran Anda. Karena pada saat meditasi Vipassana Bhavana Anda bisa merasakan kembali pengalaman hidup di masa lalu. Pengalaman ini akan membawa emosi yang dulu Anda rasakan. Emosi tersebut bisa negatif maupun positif.

Jika Anda merasakan kembali pengalaman dengan muatan emosi positif itu akan sangat bagus. Itu akan memberikan energi yang besar pada diri Anda untuk mengalami kembali perasaan positif di masa depan.

Malangnya, Anda terhanyut dengan emosi negatif. Anda akan mengalami kembali perasaan negatif tersebut di masa sekarang dan masa depan nantinya. Kenapa? Karena pikiran kita tidak bisa membedakan waktu sekarang, masa lalu dan masa depan.

3. Melatih Bagian Diri Yang Berperan Sebagai Pengamat

Kita memiliki banyak bagian dalam diri kita. Setiap aspek dalam kehidupan kita dijalankan oleh bagaian-bagaian yang memilliki tugas dan peran secara spesifik dalam hidup kita. Bagian ini bisa mendukung dan menghambat diri kita. Semua ini tergantung proses pemrograman yang kita dapatkan dari kecil sampai sekarang, oleh orangtua dan lingkungan kita.

Begitu juga untuk mengembangkan kesadaran dalam diri. Ada bagian dalam diri kita yang berperan sebagai pengamat. Bagaian diri ini memiliki peran untuk mengamati semua hal yang kita lakukan, rasakan dan apapun yang kita ucapkan. Tugas kita adalah sesering mungkin memberikan perhatian besar pada bagaian ini untuk terus aktif selama kita dalam kondisi sadar sepenuhnya. Ini akan sangat membantu kita untuk mengubah sikap, karakter dan kebiasaan lama yang tidak mendukung kesuksesan kita.

Saat Anda belajar menjadi lebih sadar Anda juga perlu belajar untuk menahan diri dari pikiran yang menggoda Anda untuk melakukan kebiasaan lama. Menggoda Anda untuk kembali ke pola lama yang bertujuan untuk mempertahanakan “dirinya”. Tentu proses ini akan lebih mudah dilakukan karena Anda sedang berlatih menjadi lebih sadar.

Jika Anda tidak bisa menahan diri, lebih baik Anda membuat kesepakatan dengan diri Anda untuk melakuakan hal tersebut di lain waktu. Kalau tidak melakukan kegiatan lain yang lebih produktif yang diri Anda sukai.

Ini jauh akan sangat membantu Anda untuk melatih kesadaran dengan lebih menyenangkan dan menantang. Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari caraini. Siapkah Anda melatih kesadaran Anda untuk membentuk satu sifat, karakter dan kebiasaan baru yang Anda inginkan? Berikan komentar Anda di bawah ini.

Benner-1.png

 

Leave a Reply

Close Menu