Cara Menghilangkan Stres dalam Hitungan Menit

Shares

Stres! Satu kata dengan sejuta dampak!

Bagaimana tidak? Stres membuat orang uring-uringan. Stres membuat kerja tidak fokus. Karena stres juga, otak tidak dapat berpikir jernih. Oya, stres juga membuat orang galau!

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda sedang dilanda stres? Tanda-tandanya jelas. Anda tidak fokus bekerja, uring-uringan, galau, dan tidak dapat berpikir jernih.

Penyebab stres bisa bermacam-macam. Mulai dari memikirkan anak yang tidak menurut, macet di jalan, klien yang rewel, dan maaaasih banyak lagi. Yang pasti, masing-masing sebab itu membuat Anda tertekan. Dan, ujungnya, karena tertekan, Anda tidak bisa berpikir jernih, tidak fokus, dan hanya marah-marah saja.

Jika sudah begitu, kerjaan pun terbengkalai!

Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres yang membuat pekerjaan Anda terbengkalai? Bagaimana cara menghilangkan stres dengan mudah dan cepat sedemikian sehingga Anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan tenang?

Dalam artikel ini, kita akan mengupas sebuah cara. Yup! Sebuah cara menghilangkan stres. Cara ini sangat mudah dilakukan, praktis, dan yang terpenting GPL alias ga pake lama.

Dengan cara ini, hanya dalam hitungan menit, dijamin stres Anda hilang. Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda kembali dan meraih sukses yang Anda impikan.

Penasaran dengan cara ini?

Kalau begitu, yuk, kita kupas bersama-sama.

Visualiasasi: Cara Menghilangkan Stres dalam Hitungan Menit

Cara menghilangkan stres sebagaimana penulis sebut di atas adalah visualisasi.

Apa itu visualisasi? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Visualisasi?

Visualisasi artinya proses membayangkan sesuatu. Saat Anda melakukan visualisasi, artinya Anda membayangkan sesuatu. Saat Anda memvisualisasikan sebuah peristiwa, artinya Anda membayangkan bagaimana peristiwa itu terjadi. Dan, dalam visualisasi, Anda membayangkan peristiwa itu secara detail.

Sebagai contoh, Anda membayangkan saat Anda meraih kesuksesan. Maka, bentuk visualisasinya bisa seperti berikut:

Saya sedang berada di atas panggung. Memberikan ucapan terima kasih atas terpilihnya saya sebagai peraih nobel. Orang-orang bertepuk tangan, menyambut keberhasilan saya. Saya tersenyum bahagia.”

Sekarang, dalam kaitannya dengan stres, apa yang dimaksud visualisasi?

Apa pun maksudnya, dalam kaitannya dengan stres, visualisasi dapat dimanfaatkan untuk menghilangkannya. Visualisasi dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stres.

Lantas, bagaimana penggunaan visualisasi untuk menghilangkan stres?

Caranya yaitu dengan membayangkan yang indah-indah. Heheheh. Nanti kita akan mengupasnya lebih dalam. Sekarang, kita kupas dulu bagaimana visualisasi dapat menghilangkan stres.

Bagaimana Visualisasi Menghilangkan Stres Anda?

Dalam sebuah artikel yang termuat di situs psychocentral.com, disebutkan bahwa visualisasi dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar hormon stres dalam darah.

Kita tahu bahwa stres membuat tekanan darah meningkat. Ini dapat dilihat dari detak jantung dan emosi kita. Makanya, tidak heran jika saat sedang stres, kita menjadi uring-uringan. Amarah muncul dan sulit mengendalikannya.

Dengan visualisasi, tekanan darah yang naik lantaran stres, diturunkan ke dalam kondisi normal. Demikian juga dengan kadar hormon stres, diturunkan ke dalam kondisi normal. Dengan begitu, stres hilang dan amarah reda.

Pada ujungnya, dengan redanya amarah, pikiran jernih kembali.

Dengan pikiran yang jernih, Anda dapat mengerjakan tugas di kantor dengan tenang.

Demikianlah bagaimana visualisasi dapat menghilangkan stres. Setelah menyimak penjelasan itu, Anda semakin yakin, bukan, kalau visualisasi dapat berfungsi sebagai cara menghilangkan stres?

Sekarang, yuk, beranjak pada bagaimana cara melakukan visualisasi untuk menghilangkan stres.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Cara menghilangkan stres dengan visualisasi sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah sedikit waktu dan tempat yang tenang.

Oya, visualisasi bukan berarti sembarang membayangkan, lho, ya. Dalam melakukan visualisasi, Anda harus menggunakan present tense. Tujuannya, agar Anda benar-benar merasakan apa yang sedang Anda bayangkan. Jika Anda menggunakan past tense atau future tense, yang dikhawatirkan, Anda tidak dapat merasakan apa yang Anda bayangkan. Hal itu memengaruhi hasilnya.

Apabila Anda tidak bisa merasakan kedamaian seperti yang Anda visualisasikan, maka stres tidak akan hilang. Jadi, di sini, stres hilang lantaran perasaan damai yang ditimbulkan oleh visualisasi Anda.

Nah, berikut ini beberapa langkah melakukan visualisasi untuk menghilangkan stres.

Carilah tempat yang sepi dan nyaman. Anda dapat melakukan visualisasi di mushala atau tempat kosong yang tersedia di kantor Anda. Atau, Anda dapat menggunakan tempat apa pun. Yang terpenting, pilihlah tempat yang di situ Anda dapat duduk.

Tutup mata Anda. Tarik napas dalam secara perlahan.

cara menghilangkan stres

Setelah Anda merasa rileks, bayangkan diri Anda berada di tempat yang paaaaaling nyaman dan damai yang bisa Anda bayangkan. Anda dapat membayangkan tempat yang menurut Anda paling indah. Atau, tempat favorit Anda.

Supaya jelas, berikut ini contoh visualisasi untuk menghilangkan stres. Bayangkanlah Anda dalam kondisi berikut ini, ya.

Saya berada di tempat yang indaaaaah sekali. Tempat ini adalah surga. Saya melihat sungai mengalir deras. Suaranya indah terdengar. Di atasnya, petak-petak sawah berjajar. Matahari sore memperlihatkan cahayanya yang keemasan. Saya mendengar suara katak bersaut-sautan di antara batang padi.

Bunga-bunga indah bermekaran. Semerbak wanginya menambah kesejukan. Warna-warni indah menghiasi dan melingkupi saya. Merah, biru, kuning, pink, violet, semuanya saaaangat indah.

Angin berhembus, menerpa rambut saya. Saya hirup udaranya yang segar, merasuk hingga ke sanubari. Saya rentangkan tangan, merasakan terpaan angin. Kulit terasa segar terkena terpaannya. Sejuk dan damai di hati. Saya dibawa terbang oleh terpaan angin itu. Melayang bersama para bidadari. Mereka tertawa riang. Saya pun juga.

Nah, bagaimana? Mudah, bukan, melakukan visualisasi untuk menghilangkan stres? Anda hanya perlu meluangkan waktu sejenak, 10 hingga 15 menit untuk melakukannya. Setelah itu, Anda dapat menikmati hasilnya.

Sekarang, setelah mengetahui cara menghilangkan stres dengan visualisasi, tunggu apa lagi? Yuk, berbondong-bondong bervisualisasi agar terbebas dari stres.

Oya, sebelum mengakhiri tulisan ini, perlu penulis sampaikan, saat melakukan visualisasi, libatkan semua indra Anda. Libatkan penglihatan, pendengaran, penciuman, dan lidah, dan kulit Anda. Bayangkan Anda melihat sesuatu yang indah di depan mata Anda. Bayangkan juga suara-suara dan aroma di sekitar Anda. Semakin banyak indra yang terlibat, semakin kuat visualisasi Anda, semakin Anda merasakan dan terhanyut dalam visualisasi Anda. Dan, semakin Anda terhanyut dalam visualisasi Anda, semakin damai di hati Anda, maka stres pun reda.

Begitu stres reda, Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda kembali, dengan lebih tenang tentunya.

About the Author Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

follow me on:
>