Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Masih banyak masyarakat percaya semakin tua seseorang maka kemampuan otaknya akan ikut menurun. Ini dibuktikan dengan fakta-fakta menarik di sekitar kita.

Di mana saat seseorang semakin tua, tubuh fisik mereka akan melemah, kulit yang dulunya kencang mulai kriput, penglihatan yang mulai kabur, pendengaran yang mulai berkurang, rambut yang mulai memutih dan kemampuan otot yang mulai melemah. Tanda-tanda fisik ini meyakinkan mereka bahwa kemampuan otak mereka juga ikut melemah.

“Aduuhhh saya lupa. Wajarlah. Saya kan makin tua aja sekarang.”

Kalimat seperti inilah yang kita sering dengar dan secara tidak sadar meyakinkan kita bahwa semakin usia bertambah, semakin menurun juga kemampuan otak mereka.

Apakah benar jika seseorang menjadi tua kemampuan otak mereka juga ikut melemah?

Para ilmuan di bidang neurosains yang berkata bahwa sel neuron yang telah mati tidak bisa tumbuh lagi. Rokok dan alkohol adalah penyebab utama dari kematian dari sel neuron tersebut.

Tetapi, fakta terbaru dari yang diungkapkan oleh Michael J. Gelb dan Kelly Howell dari buku mereka yang berjudul Brain Power: Improve Your Mind As You Age mengatakan bahwa sel otak akan memproduksi sel neuron baru dan akan meningkat dengan bertumbuhnya usia.

Satu penelitan baru yang mengejutkan bahwa otak yang selama ini dipandang akan melemah kemampuannya dengan bertambahnya usia ternyata salah. Dari buku yang ditulis oleh Michael dan Kelly justru mengungkapkan fakta yang berbeda.

Pertanyanya sekarang, kalau kita bisa meningkatkan kemampuan otak kita, cara apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak tersebut?

Itulah yang akan kita bahas di artikel ini. Cara-cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

Brain lifting barbell. Mind power concept.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan otak Anda. Informasi dari tips ini berasal dari buku Brain Power: Improve Your Mind As You Age. Karya Michael J. Gelb dan Kelly Howell. Michael dan Kelly mengungkapakn tujuh cara, tapi kita akan membahas lima cara dari ketujuh cara tersebut. Mari kita bahas satu-persatu :

1. Berpikir Berlawanan

“Sikap seseorang terhadap penuaan menjadi ramalan yang terwujud sendiri, buruk maupun baik.”

Sikap positif memberi perbedaan dan pengaruh besar dalam kehidupan. Sikap positif membuat seseorang memiliki harapan yang lebih tinggi dan mau berjuang dalam hidup mereka. Mereka tidak akan memikirkan bagaimana kehidupan mereka, justru mereka akan melakukan hal yang perlu mereka lakukan.

Yang kebanyakan terjadi, banyak masyarakat menghabisakan waktu dan energi mereka untuk hal yang tidak perlu mereka pikirkan yang justru menguras energi mereka. Seperti memikirkan masalah dan terhanyut dalam putaran emosi negatif.

Sikap menentukan kualitas hidup yang akan dijalani terutama saat penuaan. Jika seseorang bersikap pesimis terhadap hidup atau hari tua mereka maka proses penuaan dan penurunan kemampuan otak akan menurun dengan lebih cepat.

Begitu juga saat seseorang optimis saat menjalani kehidupan dan hari tua mereka. Kemampuan, baik dalam cara berpikir dan sel tubuh mereka tidak akan menurun secepat orang pesismis, justru kemampuan mereka akan terus meningkatkan terutama dalam kecakapan berpikir.

Michael dan Kelly mengungkapkan tiga sikap yang bisa meningkatkan kesehatan dengan bertambahnya usia adalah bersyukur, memaafkan dan humor.

2. Menjadi Pembelajar Sejati

“Tidak peduli berapa usia Anda, Anda bisa membuat otak Anda lebih baik. Otak adalah organ yang terus bertumbuh seiring penggunaannya.”

Richard Restak, MD

Kita terlahir dengan rasa penasaran yang sangat tinggi dan harsat untuk belajar. Dalam proses pertumbuhan rasa penasaran dan harsat belajar menurun karena perasaan takut salah.

Akibatnya banyak orang dewasa menghindari ketidaknyaman untuk belajar hal baru yang tidak mereka ketahui. Mereka memilih untuk bertahan dalam perasaan nyaman yang membuat mereka tidak bisa meraih pencapaian yang lebih besar.

Belajar hal baru sangat dibutuhkan untuk membuat sambungan baru di neuron otak. Membuat sambungan baru di otak adalah cara terbaik memperkuat otak menurut neuroscientist.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningaktkan kemampuan otak terutama bagi mereka yang sudah tua dan tetap ingin mengikuti perkembangan jaman.

a. Memperkuat Ingatan Dengan Sikap Positif

Sikap memiliki pengaruh besar dalam hidup terutama dalam mengingat itu sendiri. Memperkuat ingatan juga bisa dilakukan dengan sikap positif. Caranya menanamkan sikap positif terhadap mengingat itu sendiri dengan mengarahkan perhatian terhadap hal yang perlu diingat.

Gunakan gaya belajar dominan Anda. Hubungkan setiap hal baru yang Anda pelajari dengan yang sudah Anda ketahui.

Ingatlah secara sengaja apa yang Anda ketahui. Selain itu Anda bisa membagi pengetahuan yang Anda ketahui kepada orang lain. Ini bagus karena akan mengingatkan diri Anda akan apa yang telah Anda ketahui. Anda juga bisa menggunakan mindmapping untuk memetakan hal yang Anda ketahui.

b. Bermain Olahraga Mental

Mengisi tekateki silang dan bermain catur adalah olahraga yang cocok dimainkan untuk menguatkan pikiran. Selain membutuhkan konsentrasi dan perhatian, otak juga dipacu untuk bekerja ekstra untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan mata.

c. Belajar Bahasa Baru

Tidak perlu terlalu berpikir keras untuk belajar bahasa asing yang harus Anda pelajari. Belajar bahasa tidaklah selamanya berkatian dengan bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Perancis atau Jerman.

Belajar bahasa Jawa, Karo, Tapanuli, Padang, Dayak, sampai Ambon adalah salah satu cara termudah untuk belajar bahasa. Toh, semua bahasa tersebut juga asing bagi Anda. Mudahnya, Anda bisa meminta bantuan teman untuk membimbing Anda memahami dan menguasai bahasa daerah mereka dengan lebih mudah, apalagi sampai bisa gratis. Lumayan bukan!

d. Meningkatkan Kosa Kata

Jika Anda jarang membaca selama ini, mulailah membaca. Bacalah buku yang sarat dengan perkembangan diri dan materi yang Anda butuhkan untuk membantu meningkatkan perkembangan diri dan karier Anda.

Kurangi membaca bacaan dengan muatan informasi-informasi yang sarat dengan berita-berita negatif yang menghasilakan pikiran dan perasaan negatif.

Swimming at Sea

3. Olahraga               

John Medina dalam bukunya Brain Rules menjelaskan olahraga bisa membunuh zat kimia penyebab stres dalam tubuh. Meningkatkan kemampuan problem-solving, perencanaan dan perhatian. Dan juga menurunkan risiko demensia sampai setengahnya.

Saat melakukan olahraga pilihlah olahraga yang benar-benar Anda sukai. Jadikan olahraga sebagai satu rutinitas yang harus Anda lakukan. Dalam olahraga itu sendiri jangan terlalu memaksa diri dalam waktu lama.

Olahraga eaerobik yang paling efesien dan efektif yang bisa Anda lakukan adalah berjalan, berlari bersepeda, menari dan berenang. Anda bisa memilih olahraga mana yang paling efektif untuk Anda lakukan sesuai dengan kondisi dan waktu Anda.

4. Pola Makan untuk Menjaga Pikiran

Pola makan yang baik juga bisa dilakukan untuk menjaga otak. Yang bisa dilakukan dari polan makan yang sehat adalah menjaga air dalam tubuh tetap terjaga seimbang, memulai hari dengan sarapan, menjaga tubuh dari radikal bebas seperti makanan dan minuman yang tidak baik untuk tubuh.

Mengurangi makanan yang tidak perlu seperti gula, kopi, lemak jenuh, makanan olahan dan fast food. Anutlah hidup sederhana seperti makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Makanlah makanan dalam porsi yang seimbang. Terakhir, nikmatilah makanan yang Anda makan. Jangan sampai Anda makan dalam kondisi stres juga.

5. Istrahat yang Tepat

Tujuan utama dari tidur adalah mengejar ketertinggalan pemprosesan informasi yang diterima saat kita sadar yang di mana mereka tidak bisa memproses informasi karena melakukan tugas lain saat kita bangun.

Meditasi adalah cara terbaik yang Anda berikan untuk pikiran agar bisa bekerja dengan optimal. Degan bermeditasi lima menit sehari akan memberikan manfaat yang banyak. Salah satu manfaat dari meditasi ini adalah melawan penuaan.

Melatih meditasi juga bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Meditasi juga bisa mengurangi stres, rasa sakit dan meningkatkan kemampuan otak.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan otak Anda. Untuk informasi lebih dalam mengenai meningkatkan kemampuan otak, Anda bisa mendapatkannya di http://goo.gl/hwAFvo.

Pembaca, apakah Anda telah meningkatkan kemampuan otak Anda dengan cara-cara yang disebutkan di atas?

Ronald Sembiring
 

>