Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja? Terapkan Trik Ampuh Berikut Ini!

Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja? Terapkan Trik Ampuh Berikut Ini!

Produktivitas Anda menurun? Dulu, dalam sehari, Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Sekarang?

Sekarang boro-boro selesai dalam sehari, dibela-belain lembur juga kagak kelar-kelar!”

Anda tahu mengapa?

Tidak. Saya ga internetan, ga maen game dan ngobrol waktu kerja. Tapi, kok produktivitas tetap menurun, ya?” begitu tanya Anda.

Hmm, produktivitas memang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor luar seperti internet, musik, dan telepon. Ada orang yang meskipun tidak bermain internet di sela-sela kerja tetap saja lamban dalam menyelesaikan tugas. Contohnya Anda. Ada juga yang pekerjaannya terbengkalai karena sibuk dengan internet.

Nah, jika tidak dipengaruhi faktor luar, lantas apa yang membuat produktivitas Anda menurun?

Untuk mengetahuinya, mari kita simak uraian berikut. Setelah menyimaknya, Anda tahu alasan mengapa produktivitas Anda menurun. Dan, dengan mengetahui alasannya, Anda pun mampu merumuskan cara meningkatkan produkvitas Anda.

Sekarang, yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pengaruh Rasa Puas dan Senang pada Produktivitas

Kemarin, saudara penulis baru saja memenangkan 3 level game (mendapatkan 3 bintang) yang sering dimainkannya. Hal itu sangat mengejutkan, tidak seperti biasanya!

Mengapa?

Biasanya, dia hanya mampu mengumpulkan 2 bintang dan tidak beranjak ke level berikutnya. Tetapi, kemarin, tiba-tiba keadaan berubah! Tiba-tiba, secara berturut-turut, dia menang 3 level dengan 3 bintang hanya dalam beberapa menit!

Penulis terheran-heran, apa yang membuatnya mendadak mahir. Dan, setelah diusut, dia mendadak mahir sehabis berbelanja!

Tidak hanya sekali dia mendadak mahir bermain game. Pada kesempatan lain, dia kembali mendadak mahir bermain game setelah sebelumya performanya sempat turun. Dan, tahukah Anda apa yang meneyebabkannya mendadak mahir?

Usut punya usut, dia mendadak mahir (lagi) bermain game setelah berbelanja batu akik!!!

Jika direnungkan, memang lucu kedengarannya. Tetapi, nyatanya memang begitu.

Nah, tahukah Anda mengapa dia mendadak mahir setelah berbelanja? Menurut perkiraan penulis, dia mendadak mahir setelah berbelanja karena setelah berbelanja hatinya senang dan puas! Dan, rasa senang dan puas itulah yang membuat performanya meningkat.

cara meningkatkan produktivitas

Yup! Jadi, yang meningkatkan performanya dalam bermain game adalah rasa senang dan puas.

Sampai di sini, apa yang dapat Anda simpulkan?

Tepat! Untuk meningkatkan performa, meningkatkan produktivitas, Anda dapat memanfaatkan rasa senang dan puas, persis seperti cara saudara penulis meningkatkan performanya bermain game!

Tetapi, adakah dasar ilmiah yang menyatakan bahwa rasa senang dan puas dapat meningkatkan produktivitas?” demikian tanya Anda.

Jawabannya, tentu saja ada!

Untuk mengetahuinya, yuk, kita simak penjelasan berikut.

Rasa Senang Meningkatkan Produktivitas

Beberapa tahun yang lalu, para pakar dari The University of Warwick mengadakan penelitian tentang hubungan antara kebahagiaan dan produktivitas. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok. Kedua kelompok diminta untuk mengerjakan tes matematika. Sebelum tes berlangsung, kelompok pertama diminta menonton video dengan konten komedi yang lucu. Selain itu, mereka juga diberi sepotong cokelat dan buah dan diminta memakannya.

Sementara itu, kelompok kedua diminta menonton video dengan cerita monoton, tanpa diberi buah dan cokelat.

Setelah video ditonton, kedua kelompok mengerjakan tes matematika. Hasilnya, nilai tes matematika kelompok pertama, yang menonton video lucu dan mengonsumsi makanan yang menimbulkan rasa senang (cokelat dan buah) lebih tinggi dibanding nilai tes matematika kelompok kedua.

Dari situ, para pakar menyimpulkan bahwa rasa senang dan bahagia dapat meningkatkan performa. Dan, meningkatnya performa sama artinya meningkatnya produktivitas. Semakin tinggi performa Anda, semakin tinggi pula produktivitas Anda. Sebaliknya, semakin rendah performa Anda, semakin rendah pula produktivitas Anda.

Cara Meningkatkan Produktivitas

Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda paham, bukan rasa senang dapat meningkatkan produktivitas? Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan rasa senang untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Akhir-akhir ini, produktivitas Anda menurun sekali pun Anda tidak disibukkan dengan internet, game, dan telepon saat bekerja. Jika begitu, penyebab produktivitas Anda turun memang bukan faktor luar seperti internet dan telepon.

Jika bukan faktor luar, berarti faktor dari dalam diri Andalah yang menjadi biang kerok turunnya produktivitas Anda. Mungkin, produktivitas Anda menurun lantaran ada masalah yang membuat Anda cemas, stres, dan khawatir. Kecemasan itulah yang mebuat produktivitas menurun. Mungkin juga, menurunnya produktivitas disebabkan Anda bosan dan jenuh.

Apa pun sebabnya, entah kecemasan atau kebosanan, Anda dapat mendongkrak kembali produktivitas Anda dengan membuat perasaan Anda lebih bahagia. Carilah kesenangan yang membuat pikiran Anda jernih dan fresh. Semakin jernih pikiran Anda, semakin mudah Anda berkonsentrasi, semakin tinggi pula performa Anda. Akhirnya, tingginya performa turut meningkatkan produktivitas.

Sekarang, pertanyaannya, bagaimana cara membuat perasaan Anda senang?

Anda dapat memanjakan diri Anda dengan berlibur, membeli batu akik jika memang Anda suka, atau bersenang-senang bersama kawan. Atau, lakukan apa pun hobi Anda. Intinya, lakukan aktivitas yang membuat Anda senang, gembira, dan puas.

Tak perlu merasa bersalah untuk sesekali memanjakan diri Anda dengan bersenang-senang. Anda patut menikmati hasil kerja Anda!

 Baca juga:

Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja

Ingin Sukses Mengatur Waktu dengan Efektif? Yuk, Belajar dari Presiden Amerika Serikat!

4 Pantangan yang Harus Anda Hindari agar Lebih Produktif

Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

This Post Has 1 Comment

Leave a Reply

Close Menu