Apakah Anda orang yang selalu mengeluhakan masalah kekurangan uang? Apakah Anda tidak bisa menikmati hidup karena merasa kekurangan uang? Apakah Anda marah kepada diri sendiri, orang lain dan kondisi Anda karena masalah keuangan? Apakah Anda dihantui oleh ketakutan karena masalah keuangan?

Banyak orang mengeluhkan kondisi mereka karena masalah uang. Mereka bekerja keras untuk bisa memiliki uang berlebih bahkan harus bekerja extra untuk bisa meningkatkan taraf hidup.

Tapi, hanya sedikit orang yang berhasil dan lebih banyak dari mereka mengalami “penderitaan” finansial daripada mencoba hal baru yang bisa membantu meningkatkan penghasilan mereka.

Di sini kita akan membahas cara yang bisa kita gunakan bersama-sama untuk bisa meningkatkan penghasilan Anda. Cara yang juga digunakan oleh orang-orang sukses yang ada saat ini:

personal-development

1. Kembangkan Diri Anda

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan penghsailan adalah dengan meningkatkan kualitas diri Anda. Tidak masalah apa dan setinggi apa latar belakang pendidikan Anda. Pengetahuan bisa membuka banyak pintu karier yang sangat menjanjikan.

Perlu diingat bahwa proses belajar tidak berakhir setelah Anda mendapatkan ijasah, tapi akan terus berlanjut hingga Anda menyelesaikan kontrak hidup di bumi ini.

Temukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai dan cintai. Belajar lebih banyak di bidang tersebut sampai Anda benar-benar menguasainya. Gunakan kreatifitas Anda untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaanya dari bidang yang akan Anda geluti.

2. Perluas Jaringan Anda

Kunci dari kesuksesan dan memiliki uang berlimpah terletak pada kualitas jaringan dan relasai yang Anda miliki. Jaringan memberi banyak peluang yang tak terduga.

Tidak hanya jaringan di tempat kerja, teman sekolah, tetangga serta keluarga besar. Tapi, terbukalah terhadap semua orang. Dari latar belakang dan jenjang pendidikan yang berbeda-beda.

Jangan menutup kemungkinan untuk bergaul dengan orang-orang tertentu. Anda akan tahu seberapa banyak dan berkualitas jaringan yang mereka miliki. Bisa saja orang yang mereka sarankan bisa membantu Anda mencapai kesuksesan finansial Anda.

Pada akhirnya, bersahabatlah dengan kualitas orang-orang yang Anda inginkan dalam hidup Anda. Karena ini juga akan mempengaruhi keuangan Anda. Seperti pengusaha sukses, eksekutif muda sukses dan orang-orang berhasil di dibang mereka masing-masing.

3. Bagikan Pengetahuan Anda

Berbagi pengetahuan sangat penting untuk membantu Anda mempromosikan diri. Dengan membagi pengetahuan, orang-orang di sekitar Anda akan mempromosikan diri Anda kepada orang lain yang membutuhkan jasa atau bantuan Anda.

Menulis pengetahuan Anda di blok, membuat PDF atau powerpoin dan membagikannya secara gratis adalah cara terbaik dan termudah untuk mempromosikan keahlian Anda. Anda juga bisa menuliskan menjadi artikel yang dimuat di media massa. Selain Anda mendapatkan bayaran, Anda juga promosi secara gratis.

Ini akan memudahkan Anda menarik orang-orang yang membutuhkan keahlian Anda.

Disiplin

4. Disiplin

Membangun kekayaan memang penting, memiliki pengetahuan dan skill yang dibutuhkan juga penting. Tapi, memiliki disiplin diri jauh lebih penting dari semua hal yang telah diungkapkan di atas.

Disiplin memang tidak menetukan kesuksesan Anda, tetapi dengan disiplin Anda bisa mencapai semua yang Anda impikan.

Berdisiplinlah terhadapa hal yang Anda ingin kuasai. Hanya saat sesuatu baru yang Anda pelajari menjadi kebiasaan, maka Anda tidak perlu disiplin.

Setiap orang sukses disiplin pada passion mereka. Tidak harus berdisiplin terhadap semua hal yang dilakukan. Cukup untuk hal penting yang bisa membantu Anda mencapai tujuan Anda.

5. Jangan Takut Meminta Bantuan Kepada Orang Lain

Dalam perjalanan memiliki kekayaan, ada kalanya Anda tersesat dan membutuhkan bantuan atau saran dari orang lain. Jangan pernah takut apalagi merasa malu untuk meminta bantuan dan bertannya, sekonyol apapun pertayaan yang ada di benak Anda.

Lebih baik Anda bertanya daripada tidak sama sekali. Dengan bertanya, Anda bisa mendapatkan banyak masukan, pencerahan atau meyakinkan pemahaman Anda. Tidak selamannya Anda bisa melakukan segalanya sendiri. Anda tetap membutuhkan orang lain.

Saat mendapatkan masukan orang lain, cernalah masukan mereka sesuai situasi dan kondisi yang Anda. Tidak semua saran yang mereka berikan bisa membantu Anda. Tapi, saran mereka bisa menjadi bahan pemikiran yang lebih baik untuk Anda.

Tentunya ini juga menjadi satu kesempatan bagi Anda untuk membangun ikatan secara emosional dengan lawan bicara Anda.

6. Belajarlah Dari Orang Sukses

Belajarlah dari rahasia orang sukses. Cara-cara yang mereka terapkan untuk mendapatkan kesuksesan, hal yang mereka lakukan, tidak lakukan dan apa saja yang mendukung mereka sehingga bisa sampai pada kesuksesan mereka saat ini. Dan ingatlah untuk menerapkan rahasia kesuksesan mereka.

Jadi, mulailah menyisihkan sedikit uang bulanan Anda untuk membeli buku. Karena hanya melalui bukulah mereka bisa membagikan rahasia kesuksesan mereka. Jika Anda tidak suka membaca, Anda bisa mengatasinya dengan membaca artikel Penyebab dan Solusi Masalah Membaca Pada Eksekutive Muda

7. Belajarlah Dari Kegagal

Kegagalan membawa pesan yang sangat berharga bagi pemilikknya. Orang yang tidak bisa melihat pesan dari kegagalan sering kali menghadapi kegagalan yang sama.

Identifikasi penyebab kegagalan dan belajarlah hal baru yang bisa mengantisipasi kegagalan yang sama di masa depan. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri Anda menjalani kehidupan Anda.

Satu hal yang penting, belajarlah dari kegagalan orang lain dalam menjalani hidup. Ini akan sangat membantu dan menghemat banyak waktu, energi serta uang Anda. Anda juga tidak perlu merasakan hal yang sama seperti yang mereka rasakan.

Caranya, salah satunya dengan memabaca buku. Salah duanya, mendengarkan ceritanya mereka.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk mencapai kehidupan finansial yang lebih baik di masa depan. Semua itu hanya akan terjadi jika Anda mau belajar dan siap untuk meningkatkan diri.

Pembaca, apa saja yang Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan Anda? Saya tunggu cerita Anda.

Ronald Sembiring
 

>