Cara Sukses Hilangkan Ketakutan dan Lejitkan Kepercayaan Diri

Benner-1.png

 

INSECURE

Apakah Anda pernah merasa begitu tidak percaya diri ketika hadir dalam suatu pertemuan atau berada di sebuah keramaian? Perasaan kurang percaya diri ini kerapkali membuat kita merasa tidak berdaya di hadapan orang lain. Padahal, untuk meraih kesuksesan yang lebih besar, kita harus bisa bersikap dengan tepat ke setiap orang yang kita jumpai. Tidak peduli seberapapun tinggi posisi orang tersebut, kita tetap harus bisa memiliki sikap dan menimbulkan penghargaan dari orang lain. Jika Anda ingin memiliki pembawaan diri yang lebih baik ketika dalam kondisi yang kurang mendukung Anda, artikel ini akan sangat tepat untuk Anda. selamat membaca ya 🙂

Mengapa sikap yang tepat dan penghargaan diri ini menjadi hal penting? Pada kenyataannya, orang lain akan melihat diri kita persis seperti bagaimana penglihatan kita terhadap diri kita sendiri. Ketika kita melihat diri kita sebagai orang yang percaya diri dan menyenangkan, secara otomatis kita akan menciptakan gerak gerik dan sikap yang berkaitan. Dengan begitu, orang lain pun akan melihat bahwa kita memang percaya diri dan menyenangkan. Inilah yang disebut dengan citra diri.

Begitupun sebaliknya ketika kita memiliki citra diri yang buruk. Ketika Anda melihat diri Anda sendiri sebagai orang yang tidak menyenangkan dan tidak terlalu berharga dibandingkan orang lain, secara otomatis kita juga akan menciptakan sikap dan tindakan yang sesuai dengan citra diri tersebut. Akibatnya, orang lain benar-benar akan melihat kita sebagai orang yang kurang percaya diri dan tidak penting. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana cara untuk menguatkan mental di hadapan orang lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana langkah-langkah teknis yang bisa dengan cepat melejitkan kepercayaan diri kita di hadapan orang lain dan melumpuhkan rasa takut Anda ketika berhadapan dengan lawan bicara.

Berikut ini adalah berabgai tips praktis yang akan sangat berguna dipraktekkan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dengan cepat serta bagaimana caranya mengurangi rasa takut di hadapan orang lain.

Duduklah di kursi terdepan

Ketika Anda hadir dalam sebuah pertemuan atau acara, pastikan Anda tidak ragu untuk memilih kursi paling depan, atau minimal kedua dari depan. Memilih tempat duduk di depan akan membuat Anda lebih ‘menguasai’ medan yang Anda tempati. Dengan begitu, kepercayaan diri dengan sendirinya akan muncul.

Alasan banyak orang memilih duduk di kursi barisan belakang adalah kerana mereka merasa kurang percaaya diri untuk duduk di depan. Padahal, sesungguhnya dengan duduk di depanlah kepercayaan diri tersebut akan timbul.

Jangan pernah khawatir akan terlihat mencolok ketika Anda duduk di depan. Mengapa demikian? Karena tidak ada hal yang tidak mencolok dalam sebah kesuksesan. Orang yang sukses adalah mereka yang memang bertindak sedikit berbeda dari yang lain.

Biasakan mengadakan kontak mata dengan lawan bicara

Ketika Anda menghadapi atau sedang berbicara dengan orang yang posisinya berada di atas Anda, hal yang wajar jika Anda sedikit merasa gentar. Akan tetapi, cara untuk mengatasi rasa takut tersebut adalah dengan mengadakan kontak mata dengan lawan bicara Anda.

Dalam buku The Magic of Thinking Big karya David J Schwartz, disebutkan bahwa kelalaian kita dalam membuat kontak mata dengan lawan bicara disebabkan karena 2 hal :

  • Perasaan “saya merasa lemah, takut dan inferior”

Perasaan ini muncul ketika Anda menghadapi orang yang posisinya di atas Anda. bisa jadi ia adalah atasan Anda, seorang yang lebih senior, atau orang yang Anda segani

  • Perasaan bersalah dan menyembunyikan sesuatu

Perasaan ini bisa muncul ketika Anda menghadapi orang yang Anda takuti akan tahu tentang kesalahan atau sesuatu yang sedang Anda sembunyikan

Dengan demikian, taklukkan ketakutan tersebut dengan membuat diri Anda memandang mata lawan bicara. Buatlah mata Anda bekerja untuk Anda. Arahkan mata Anda memandang lawan bicara untuk mendapatkan kembali rasa percaya diri dan perasaan “seimbang”.

Selain meningkatkan rasa percaya diri Anda ketika menghadapi orang lain, membuat kontak mata dengan lawan bicara juga dapat membuat mereka percaya kepada Anda.

Berjalanlah 25% lebih cepat dari biasanya

Para psikolog ternyata mengaitkan postur tubuh yang ceroboh dan cara berjalan yang lamban dengan sikap yang tidak menyenangkan dalam memandang diri dan tidak yakin terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, sikap tubuh juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dan mengurangi rasa takut ketika berhadapan dengan orang lain.

Kita dapat benar-benar merubah sikap dengan mengubah postur dan kecepatan bergerak. Hal ini pernah kami bahas sebelumnya dalam artikel yang berjudul Kiat Sukses Menjadi Pribadi Hebat dengan Cepat.

Orang yang memperlihatkan PD yang super akan berjalan lebih cepat dari rata-rata orang. Cara berjalan mereka seakan mengatakan kepada dunia “Saya harus pergi ke tempat penting untuk menyelesaikan suatu hal yang pnting dan saya yakin saya akan berhasil”

Praktekkanlah cara ini dalam beberapa hari ke depan saat Anda sedang berangkat untuk bekerja. rasakanlah perbedaan yang hadir ketika Anda berjalan sedikit cepat dari biasanya.

Beranilah bersuara

Salah satu kunci penting untuk membangun rasa percaya diri kita di hadapan orang banyak adalah dengan berani bersuara dan mengeluarkan pendapat. Ketika Anda berani menyampaikan pendapat, Anda dengan otomatis meniadi bagian dan terlibat penuh dalam situasi tersebut.

Hal ini bisa dengan sendirinya membuat Anda menjadi bagian dari mereka.

Sebagai contoh, ketika Anda sedag menghadiri sebuah acara pertemuan yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Tentunya banyak orang yang belum Anda kenal. Jika Anda hanya diam dan tidak mengeluarkan pendapat atau suara Anda, tentunya Anda hanya akan menjadi salah satu dari banyak orang yang hadir. Anda tidak akan menjadi siapa-siapa. Akan ettapi, ketika Anda bisa membuat diri Anda berani mengeluarkan pendapat dalam pertemuan tersebut, kehadiran Anda akan diperhitungkan. Anda secara otomatis, tanpa disadari sudah terlibat aktif dalam pertemuan tersebut. Anda bukan hanya orang asing yang datang, namun Anda bagian penting dalam pertemuan itu.

Bisa Anda bedakan kan?

Berbicaralah terus terang. Ini adalah vitamin untuk membangun kepercayaan. Tugas Anda adalah memanfaatkan vitamin tersebut.

Anda dapat menerapkan cara ini dengan berbicaralah dan katakan sesuatu secara sukarela tanpa diminta serta mengajukan pertanyaan saat diskusi.

Tersenyum lepas

Sebagai penutup, kami akan memberikan cara paling ampuh dan mudah bagi Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa takut ketika berhadapan dengan orang lain. Tersyumlah dengan lepas dan lebar.

Senyum adalah obat paling ampuh untuk mereka yang kekurangan rasa percaya diri. Senyum yang lebar akan mengalahkan ketakutan. Jangan seyum setengah-setengah dan tidak meyakinkan.

Selain itu, ajaibnya, senyuman akan meluruhkan perlawanan dari orang lain. Praktekkan cara ini ketika Anda sedang berhadapan dengan orang yang keras atau ketika Anda menghadapi situasi yang sulit. Dengan tersenyum, Anda sudah bisa meluruhkan perasaan amarah seseorang. Dengan begitu, masalah akan lebih mudah diselesaikan dan hubungan yang terjalin pun akan menjadi lebih baik.

Benner-1.png

 

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply

Close Menu