Hebatnya Kekuatan Pikiran Manusia

Benner-4.pnj

,

“Apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan kita dapatkan”
Junaedi Alwi

kekuatan pikiran

Semua manusia tentunya diciptakan pikiran oleh Tuhan. Pikiran manusia hanya ada satu. Namun pikiran terbagi menjadi 2 bagian, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Dalam artikel ini, Saya akan mengulas tentang apa itu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Selain itu, pada akhir artikel Saya juga akan menjelaskan tentang bagaimana cara melatihnya? Berikut ini adalah penjelasannya secara singkat.

Apakah para pembaca tahu apa fungsi dari pikiran sadar? Fungsi pikiran sadar adalah melakukan analisa, membandingkan informasi, mengambil keputusan, melakukan perhitungan matematika serta memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar. Wow hebat, ibaratnya pikiran sadar adalah boss dari pikiran bawah sadar.

Menurut penelitian, kekuatan pikiran sadar hanya mempengaruhi 12 persen untuk mengendalikan seluruh tubuh. Selebihnya kekuatan terbesar terletak pada pikiran bawah sadar manusia. Besar kekuatan pikiran bawah sadar yaitu 88 persen mempengaruhi seluruh tubuh manusia. Wow sangat luar biasa bukan?

Namun sayangnya tidak banyak orang mampu memaksimalkan kekuatan pikiran bawah sadar mereka. Mengapa? Ada banyak faktor, salah satunya lingkungan serta program pikiran manusia.

Oke, kalau sedikitnya tadi sudah dibahas tentang apa fungsi pikiran sadar, sekarang Saya akan membahas secara singkat apa itu pikiran bawah sadar?

Pikiran bawah sadar adalah pikiran yang berfungsi sebagai pusat database (memori), kebiasaan, intuisi, serta seni. Segala kekuatan terbesar dan kebijaksanaan berada di dalam pikiran bawah sadar. Jika tiap manusia bisa memaksimalkan kekuatan pikiran ini, maka sangat memungkinkan bagi manusia dalam mencapai tujuannya.

Dari paragraf di atas, sudah jelas bahwa kekuatan pikiran bawah sadar manusia lebih kuat dibanding dengan kekuatan pikiran sadarnya. Tubuh manusia selalu bergerak sesuai dengan kebiasaan. Nah, kebiasaan itu ada pada pikiran bawah sadar.

Semua sudah terprogram secara berkala mulai dari lahir hingga saat ini. Semua data yang diperoleh lewat pengalaman terekam sempurna pada pikiran ini. Semua rekaman itu akan menjadi acuan manusia dalam melakukan aktifitas juga bagaimana cara berpikir.

Pikiran bawah sadar sangatlah pintar namun juga sangat bodoh. Mengapa saya bisa berkata demikian? Baik, sekarang mari kita coba buktikan. Kini coba tutup mata (ups, baca ceritanya dulu ya) kemudian bayangkan diri Anda sedang berada di luar rumah. Keadaan di luar sangatlah terik, panasnya matahari membuat sekujur tubuh terasa pusing dan haus. Sejauh mata memandang tidak ada satupun toko, warung,  atau bahkan kendaraan melintas . Akhirnya Anda memutuskan untuk pulang ke rumah dengan berjalan kaki di bawah teriknya matahari. Sesampainya di rumah, rasa haus semakin menjadi karena jaraknya begitu jauh. Lalu dengan bergegas Anda menuju lemari es dan membuka pintunya kemudian melihat ada sebuah jus jeruk dingin di dalam lemari es. Bayangkan rasanya jus jeruk itu terasa sangat segar juga asam sekali. Saat meneguk air jeruk itu Kemudian Anda memejamkan mata karena asamnya sari jeruk seperti jeruk yang baru saja diperas. Anda meneguknya dengan puas demi memuaskan dahaga.

Oke, barusan saja Anda telah melakukan tehnik visualisasi. Dari cerita di atas, sensasi apa yang Anda rasakan? Apakah ada air liur keluar dari dalam mulut. Hehehe…. Ya, sama saya juga. Dari hal ini bisa diambil kesimpulan bahwa, pikiran bawah sadar sangat mempengaruhi seluruh tubuh. Padahal secara fisik, tubuh asli tidak sedang berada di luar rumah atau bahkan melihat jus jeruk seperti cerita saya di atas.

Namun semua gambaran itu ada dalam memori, sedangkan memori ada di pikiran bawah sadar. Tapi, mengapa walau tidak melihat maupun atau merasakannya secara nyata namun air liur bisa keluar. Nah itulah bukti dari bodohnya pikiran bawah sadar. Terbukti bukan bahwa pikiran bawah sadar sangat bodoh namun sangat pintar. Pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan mana gambaran asli dan mana gambaran visualisasi. Semua gambaran dianggap nyata oleh pikiran bawah sadar. Potensi atau kekuatan pikiran bawah sadar manusia sangatlah unik, dari proses ini dia bisa mempengaruhi kondisi tubuh manusia hanya dengan melalui proses visualisasi atau membayangkan.

Masihkah Anda ingat tadi di awal paragraf saya menyebutkan bahwa pikiran sadar bertugas memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar. Ketika manusia dihadapkan pada satu masalah, pikiran sadarnya akan mencoba mengambil alih dalam menentukan mampu atau tidaknya mereka melakukan hal tersebut.

Maka, apapun yang pikiran sadar katakan, itu akan menjadi sebuah perintah kepada pikiran bawah sadarnya. Sebagai contoh, ketika Anda berpikir (pikiran sadar) “bisa”, maka pikiran bawah sadar akan memaksimalkan kekuatan dan potensi tubuh untuk mampu mencapai tujuan Anda sesuai perintah pikiran sadar.

Namun ketika pikiran Anda berkata “tidak bisa”, maka pikiran bawah sadar juga akan memaksimalkan kekuatan terbesarnya untuk mengkondisikan tubuh menjadi “tidak bisa”, sesuai apa perintah pikiran sadar. Jadi, Berhati-hatilah dengan pikiran Anda. Karena pikiran yang kita pikirkan akan mempengaruhi seluruh tubuh serta motivasi kita.

Melatih Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Para pembaca sekalian, Apakah Anda mengetahui bahwa pikiran manusia bukan hanya bisa mempengaruhi kondisi tubuh pribadi? Perlu diketahui bahwa, selain mampu mempengaruhi  kondisi tubuh, kekuatan pikiran manusia juga dapat mengendalikan situasi serta keadaan. Lebih tepatnya seperti menarik keadaan seperti apa yang kita pikirkan. Luar biasa bukan? Untuk mengetahui lebih banyak, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yaitu “Tips Berpikir Positif dengan Menenangkan Pikiran” atau KLIK DI SINI

Para ahli sejak zaman dahulu sudah mengetahui bahwa kekuatan pikiran adalah kekuatan terbesar yang dimiliki manusia untuk mencapai tujuannya. Dengan mengetahui cara melatih dan menggunakan kekuatan pikiran, maka bukan tidak mungkin manusia mampu dengan mudah mencapai apapun tujuan mereka. Tapi pertanyaannya bagaimana caranya agar kita bisa melatih kekuatan pikiran? Oke, saya punya tips bagaimana cara melatihnya.

Salah satu cara untuk melatih kekuatan pikiran kita adalah dengan melakukan visualisasi. Penjelasan saya di awal mengatakan bahwa, kekuatan pikiran terbesar manusia ada pada level pikiran bawah sadarnya. Nah, visualisasi adalah aktivitas kita di level bawah sadar. Biasanya para praktisi juga para ahli pikiran sering menyarankan untuk melakukan visualisasi demi mencapai tujuan.

Visualisasi akan dapat bekerja secara maksimal pada saat kita bisa memasuki kondisi relaks. Ada satu metode untuk menuju level bawah sadar adalah dengan cara menenangkan pikiran. Jika Anda ingin mengetahui tipsnya, sekali lagi saya sarankan untuk membaca artikel Saya sebelumnya dengan judul Tips Berpikir Dengan Cara Menenangkan Pikiran.

Apa itu visualisasi? Visualisasi adalah proses membayangkan gambaran mental dengan menggunakan kekuatan pikiran. Singkatnya seperti membayangkan hasil akhir tentang pencapaian yang kita inginkan. Lalu bagaimana cara melakukannya? Oke, berikut Saya berikan tips sederhana untuk melakukan visualisasi:

  • Pertama, cobalah untuk mengambil posisi serileks mungkin, bisa dengan posisi setengah tidur mungkin.
  • Kedua, setelah mendapatkan posisi relaks cobalah untuk menutup mata kemudian relakskan tubuh juga pikiran, bisa dengan cara mengatur nafas setenang mungkin.
  • Ketiga, setelah sudah merasa cukup relaks, mulailah membayangkan sebuah cerita tentang kesuksesan atau goal-goal Anda. Mulailah dari awal cerita hingga akhir cerita seperti layaknya sebuah film. Namun bedanya gambaran yang kita putar hanyalah gambaran hasil akhir saat kita berhasil mendapatkannya.
  • Keempat, usahakan goal Anda adalah sesuatu yang sangat spesifik. Mengapa? Karena pikiran kita akan kebingungan jika targetnya masih sangat umum. Untuk itu usahakan  buat goal sespesifik mungkin. jika kita membayangkan mendapatkan banyak uang, maka tentukan seberapa banyak uang itu, apakah 1 juta, 10 juta, atau seratus juta.
  • Kelima, saat membayangkan cobalah untuk merasakan dengan semua indera. misalnya ketika membayangkan diri kita sedang memiliki kantor baru yang sangat mewah, cobalah rasakan dinginnya ruangan ber AC dan harumnya pewangi ruangan di kantor. Rasakan empuknya dan nyamannya kursi kerja.
  • Keenam, putar secara terus menerus gambaran mental itu. Jangan terlalu lama melakukan visualisasi cukup 5-10 menit sehari. Inti terpenting adalah kuantitas dan continuitas. Tak perlu terlalu lama melakukannya, yang penting rutin dilakukan.

Pertanyaannya apakah cara ini efektif untuk mencapai tujuan manusia? Bisa ya dan bisa juga tidak, semua tergantung dari keyakinan dan belief masing-masing individu . Jika merasa yakin maka visualisasi akan benar benar nyata dan dapat  terwujud. Hal terpenting dan tak boleh dilupakan dalam bervisualisasi adalah hal yang divisualisasikan adalah hal yang benar-benar diinginkan, dan keyakinan juga harus kuat serta percaya semua itu akan terwujud.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang kekuatan pikiran. Mudah-mudahan sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kini Anda sudah mengetahui sedikitnya untuk melatih dan menggunakan kekuatan pikiran, tinggal berpikir apakah mau melatihnya atau tidak. Kembali lagi semua pilihan ada di tangan Anda. Perlu diingat bahwa, apapun yang sudah kita dapatkan saat ini tidak lain adalah karena pikiran kita. Apakah Anda setuju dengan Saya?Benner-4.pnj