Hidup Sukses Atau Hidup Bahagia, Mana Yang Lebih Penting?

Shares

Benner-1.png

 

bahagia dan sukses

Mengapa banyak orang begitu tergila-gila untuk mengejar kesuksesan dan mengabaikan kebahagiaan dalam hidupnya. Mereka begitu asyik dan melakukan semua cara yang dipercaya untuk bisa mencapi kesuksesan, tapi dalam proses pencapian kesuksesan mereka malah kurang bisa bahagia. Pertanyaanya sekarang, mana yang lebih penting hidup sukses atau hidup bahagia?

Seorang bapak begitu giat bekerja dengan banting tulang, berangkat pagi pulang malam. Memiliki penghasilan dalam jumlah besar, memiliki kehidupan yang layak tapi tidak memiliki waktu berkualitas bersama keluarga. Yang pada akhirnya membuat mereka kurang menikmati kesuksesan yang telah diraih. Bukankah kesuksesan yang diraih untuk bisa memberi kebahagiaan pada diri sendiri dan orang yang dicintai?

Inilah contoh yang banyak melanda mereka yang begitu giatnya mengejar kesuksesan mereka. Mereka mengabaikan kebahagiaan untuk diri dan orang yang mereka cintai. So, apa hubunganya? Kebahagiaan sangatlah memberi pengaruh yang besar dalam proses pencapaian kesuksesan seseorang. Hanya saja, banyak orang tidak sadar akan hal tersebut.

Bila saat sekarang ini Anda masih begitu asyik mengejar kesuksesan dan mengabaikan kebahagiaan Anda, sebaiknya Anda baca dulu urain tentang sukses dan kebahagiaan berikut ini.

Sukses Atau Bahagia Terlebih Dahulu?

Mana yang akan Anda pilih dan kejar lebih dulu dari subjudul di atas? Sukses atau bahagia? Bila Anda mengejar kesuksesan terlebih dahulu, berarti Anda menomorduakan kebahagiaan Anda. Begitu juga sebaliknya, bila Anda mengejar kebahagiaan, Anda menomorduakan kesuksesan Anda.

Penjabaran dari kedua pernyataan ini memberi makna yang sangat dalam. Ini sangat menentukan bagaimana Anda menjalani hidup Anda dalam proses mencapai kesuksesan Anda. Berikut penjabaranya:

Pertama, Mengejar Kesuksesan dan Menomorduakan Kebahagiaan

Orang yang berada pada kelompok ini, akan melakukan semua usaha dan upaya yang telah di rencanakan yang dipercaya bisa membuahkan kesuksesan. Sayangnya mereka mengabaikan kebahagiaan mereka. Yang membuat mereka merasa ada sesuatu yang kurang saat proses pencapaian kesuksesan. Tidak jarang kekurangan yang mereka rasakan adalah ketidakbahagiaan.

Mengapa? Karena mereka dalam proses mencapai kesuksesan. Mereka belum sukses, tapi sedang menuju kesuksesan itu sendiri. Saat mereka menjalankan strategi dan mengalami hambatan serta penolakan dari orang lain, cepat atau lambat akan membuat mereka merasa down. Ini sangat mempengaruhi mental mereka saat melakukan strategi yang sama selanjutnya. Apabila mereka berada pada kondisi emosi yang kurang baik, yang bisa membuat mereka lebih sensitif. Bisa Anda tebak apa yang mereka akan rasakan dan lakukan?

Kemungkinan mereka akan merasa lebih tertekan dan tidak berdaya, yang membuat banyak dari mereka berhenti untuk mencapai impian mereka. Inilah yang banyak terjadi pada mereka yang sedang mengejar kesuksesan. Mereka berhenti di tengah jalan karena ucapan orang lain terhadapnya.

Selain itu, sering kali akan timbul ketidaksabaran dalam proses mencapai kesuksesan mereka. Mereka akan cenderung mengharapkan hasil instan, ingin langsung mendapatkan hasil nyata. Bila ini terjadi, kesuksesan yang ingin diraih akan semakin jauh dari harapan.

Ketidaksabaran cenderung menghasilkan pikiran yang cemas. Ketidaktenangan pikiran inilah yang membuat mereka semakin jauh dari kesuksesanya. Untuk mengatasi hal ini, mereka perlu menjaga kondisi emosi tetap terjaga dengan baik. Caranya adalah dengan memutuskan dan merasa bahagia.

Kedua, Mengejar Kebahagiaan dan Menomorduakan Kesuksesan

Ini tidak berarti Anda hanya fokus pada kebahagiaan Anda, tapi mengabaikan impian Anda. Maksudnya adalah, Anda fokus kepada kebahagiaan diri Anda terlebih dahulu dan menjalankan strategi yang telah dibuat  sebelumnya. Ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti bila saat ini Anda sedang berjuang mencapai kesuksesan Anda.

Bila Anda berada pada perasaan bahagia, Anda berada dalam kondisi emosi yang baik dan Anda tidak akan mudah terpengaruh oleh apa yang dikatakan orang lain yang bermaksud melemahkan mental dan motivasi Anda, mencela atau segala sesuatu yang membuat kondisi emosi Anda mudah tergoncang. Anda akan lebih mudah memahami orang lain tanpa harus perang saraf dengan mereka. Bila ini terjadi, Anda berada dalam kondisi yang sangat baik untuk melakukan usaha yang dibutuhkan agar sukses.

Kebahagiaan akan menumbuhkan sikap sabar dalam diri Anda. Kesabaran berarti Anda melakukan usaha yang dibutuhkan dan menikmati proses tanpa terbeban oleh hasil yang ingin dicapai. Inilah yang Anda akan dapatkan dan rasakan bila Anda fokus pada kebahagiaan Anda dalam mencapai kesuksesan.

Tahukah Anda, apa yang mempercepat dan mempermudah kesuksesan yang ingin Anda raih? Emosi positif. Bahagia adalah salah satu dari emosi positif. Emosi dengan frekuensi yang sangat tinggi. Inilah yang menjelaskan mengapa orang yang fokus kepada kebahagiaan lebih mudah sukses dan tidak jarang keajaiban datang menghampirinya dan sering kali tanpa diduga. Apakah itu orang, situasi atau kejadian yang bisa mempercepat kesuksesanya.

Sekarang Anda sudah tahu, apa yang perlu Anda prioritaskan terlebih dahulu bukan? Prioritaskan diri Anda untuk merasa dan mengalami perasaan bahagia. selanjutnya Anda fokus pada strategi yang telah Anda buat untuk mencapai kesuksesan Anda dengan menikmati setiap proses yang Anda alami.

Tips Untuk Merasa Bahagia

jalan kebahagiaanOk, bagaimana cara termudah untuk saya merasa dan mengalami perasaan bahagia dalam mengejar kesuksesan saya? Mungkin Anda akan bertanya seperti ini. Saya akan memberikan beberapa tips yang Anda bisa gunakan untuk bisa merasa dan mengalami prasaan bahagia tersebut.

Satu hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya tentang kebahagian adalah, kebahagiaan berasal dari dalam diri sendiri bukan dari luar diri. Kebanyakan orang salah kaprah dalam mengartikan kebahagiaan. Mereka malah membuat aturan di mana orang lainlah yang menentukan kebahagiaan mereka. Mereka memaksa lingkunganya untuk bisa mengikuti aturan yang mereka buat. Luar biasanya, orang di luar diri kita tidak bisa kita atur sesuka hati kita. Saat lingkungannya tidak mengikuti aturan yang dibuat, mereka merasa tidak bahagia.

Tidak masalah Anda di cemooh oleh orang lain, kebahagiaan Anda ada di tangan Anda sendiri. Jangan ijinkan orang lain membuat Anda tidak bisa bahagia. Tugas Anda adalah menjaga kondisi pikiran agar tetap tenang dalam setiap situasi dan kondisi dan bijak memberi makna atas satu kejadiaan. Ungkapan indah yang dirangkum oleh Shakespeare “There is nothing either good or bad but thingking makes it so.”

Berikut beberapa cara yang Anda bisa gunakan untuk bisa merasa bahagia:

1. Putuskan

Kebanyakan orang berkubang pada masalah mereka. Sadarilah bahwa masalah yang Anda pikirkan tidak akan bisa teratasi bila Anda terus memikirkannya. Tugas Anda adalah mencari solusi agar masalah tersebut teratasi. Langkah pertama untuk bahagia adalah dengan memutuskan untuk merasa bahagia. Tidak perlu membuat segala macam syarat untuk Anda bisa merasa bahagia.

2. Rasakan Emosinya

Bila Anda tidak bisa bahagia di tempat kerja atau apapun yang Anda sedang lakukan saat ini, saran saya, Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk diri Anda sendiri. Anda perlu masuk ke dalam diri Anda dengan merasakan perasaan bahagia. Tidak perlu waktu lama, cukup satu menit untuk merasakannya. Ini akan membuat kondisi Anda terasa jauh lebih baik. Anda akan semakin mudah untuk bahagia.

3. Bersyukur

Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki bukan apa yang tidak Anda miliki. Atas hidup Anda, keluarga, pasangan, anak, pekerjaan dan semua kebutuhan yang Anda bisa nikmati. Selain itu, tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang yang jauh lebih baik dari diri Anda, baik secara keuangan, harta benda, mental dan postur tubuh. Bila Anda masih terus membandingkan diri Anda, Anda tidak akan bisa bersyukur, malah rasa marah dan bencilah yang akan menghampiri Anda. Selain itu, Anda juga merendahkan diri Anda tanpa Anda sadari. Saat Anda bersyukur, rasakanlah emosi yang keluar dari perasaan ini. Semakin bisa Anda merasakan emosinya, semakin mudah Anda untuk berbahagia.

4. Satukan Tubuh Dan Pikiran

Banyak orang mengabaikan hal ini. Tubuh mereka duduk manis tetapi pikiran mereka melayang entah ke mana. Bila Anda mengalaminya, Anda perlu melatih diri untuk bisa menyatukan tubuh dan pikiran. Saat pikiran Anda berkeliaran, sadari dan tarik kembali pikiran tersebut ke tubuh Anda.  Lakukan kegiatan Anda dengan tubuh dan pikiran yang bersatu. Rasakan dan nikmati, Anda akan merasa lebih menikmati pekerjaan Anda. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk bersyukur dan merasa bahagia.

5. Ringankan Punggung Anda

Lepaskan semua beban emosi yang mengganggu hidup Anda. Apakah itu rasa marah, kesal, benci, tidak suka dengan orang lain atau diri sendiri. Dengan melepas beban emosi ini akan membuat tubuh Anda terasa lebih ringan. Anda akan lebih merasa nyaman dengan diri Anda sendiri saat menjalani hari Anda. Cara melakukanya adalah dengan memafkan orang lain dan diri Anda sendiri.

Perlu Anda ketahui bahwa memaafkan adalah satu tindakan yang sangat egois. Memaafkan sebenarnya menguntungkan bagi yang melakukanya. Di mana beban emosi buruk yang dibawa selama ini dilepas. Tidak perlu merasa kecewa bila Anda telah memaafkan orang lain. Wong kok, bukan untuk orang lain tapi untuk ketenangan diri Anda sendiri.

Berikut cara yang Anda bisa gunakan untuk bisa marasa dan mengalami perasaan bahagia dalam berjuang meraih kesuksesan Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda. Sekarang ijinkan saya bertanya kepada Anda, apa yang Anda kejar terlebih dahulu kesuksesan atau kebahagian sebelum membaca urain saya di atas? Tinggalkan komentar Anda.

Benner-1.png

 

About the Author Ronald Sembiring

>