Kematian, Cara Terbaik Memotivasi Diri

Benner-4.pnj

 

Kematian

Apakah Anda saat ini sedang mengalami motivasi yang sangat rendah? Tidak ada semangat dalam diri Anda untuk melakukan satu kegiatan. Rendahnya gairah atas pekerjaan Anda, bahkan impian Anda pun tidak bisa memotivasi untuk lebih bersemangat. Anda rasanya mengalami motivasi rendah tingkat tinggi.

Ini dialami oleh banyak orang di mana saja. Motivasi yang rendah bisa disebabkan oleh kondisi, situasi atau orang lain. Tidak masalah, akan selalu ada cara untuk mengatasinya bila Anda mau untuk membuka diri dan melakukan cara yang Anda temukan untuk memotivasi diri.

Banyak orang kehilangan energi besar saat mereka menghadapi masalah. Efek dari masalah bisa membuat mereka marah, kesal, putus asa, stres dan tidak tertantang untuk mengatasi masalahnya. Dan yang paling buruk adalah, hilangnya motivasi diri. Ini satu daya yang paling membahayakan.

Bila saat ini Anda mengalaminya, ini wajar terjadi, karena hidup pun tidak selalu berjalan dengan mulus. Pasti ada pasang surut yang harus kita semua alami. Cara Anda menyikapi dan memaknai dengan lebih bijaksana tanpa melibatkan emosi pada buah pikir yang bisa menimbulkan emosi negatif adalah sikap yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah Anda.

Itulah  sikap yang dibutuhkan untuk bisa memotivasi diri. Bila Anda sudah melakukan banyak usaha untuk memotivasi diri, tetapi Anda tetap tidak bisa mempertahankan motivasi diri dengan baik dan konsisten. Motivasi yang Anda rasakan selalu naik turun dan lebih lama turunnya, maka Anda perlu cara yang tidak banyak orang ketahui dan lakukan. Inilah cara yang ingin saya bagikan kepada Anda. Memotivasi diri dengan cara yang berbeda yang berasal dari dalam diri Anda, yang akan meningkatkan motivasi bahkan mengubah hidup Anda.

Tidak Ada Tujuan

Salah satu penyebab rendahnya motivasi adalah tidak adanya tujuan yang bermakna yang ingin dicapai. Tujuan dapat di bagi dua. Tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek adalah tujuan yang ditetapkan untuk waktu satu tahun kedepan. Tujuan jangka panjang adalah tujuan yang ditetapkan selama lima sampai sepuluh tahun kedepan. Tujuan jangka panjang lebih terarah mengenai apa yang ingin dilakukan untuk waktu yang lama di masa depan.

Pada umumnya orang hanya memiliki tujuan jangka pendek untuk dicapai. Setelah mereka mencapai apa yang mereka inginkan, mereka menikmati pencapaiannya yang telah diraih dan pada satu titik tertentu, mereka merasa tidak tertantang lagi untuk melakukan hal yang sama dalam waktu yang lama. Bahkan tidak jarang  mereka kehilangan arah.

Contoh nyata adalah saat seorang pencari kerja mendapatkan pekerjaan di tempat baru. Setelah mendapatkan pekerjaan, posisi dan penghasilan yang diharapkan, mereka akan berhenti di tempat dan melakukan rutinitas yang sama dalam waktu yang lama. Pikiran mempersepsikan bahwa tujuan telah tercapai. Misi selesai. Untuk membuat Anda lebih termotivasi, buatlah impian baru atau mengupdate impian yang telah ada untuk dicapai di masa depan.

Selain dari itu, tujuan yang mereka tetapkan tidak bermakna dan bukan yang mereka inginkan terjadi dalam hidup mereka sehingga tidak ada gairah yang besar yang bisa menggetakkan mereka mencapai tujuan mereka. Tujuan yang mereka capai adalah tujuan dari orang lain. Orangtua, teman, pasangan atau atas cerita orang lain bahwa yang mereka capai bisa menghasilkan uang dan memberikan mereka kebahagian. Pada akhirnya mereka tidak memiliki motivasi yang besar untuk mencapainya meskipun telah melakukan segala cara untuk memotivasi diri. Hal ini disebabakan karena motivasi mereka berasal dari luar diri mereka bukan dari dalam diri mereka.

Inilah alasan mengapa seseorang tidak memiliki motivasi yang tinggi dalam hidup. Mereka tidak memiliki tujuan yang bermakna yang ingin diraih dalam hidup. Motivasi yang mereka miliki berasal dari luar diri bukan dari dalam diri. Selain itu, program dalam diri juga sangat mempengaruhi seseorang dalam memiliki motivasi yang baik. Ini adalah faktor kedua mengapa seseorang memiliki motivasi yang rendah.

Program Diri

Program diri adalah apa yang tertanam di dalam diri kita yang kita percayai dan yakini sepenuh hati. Program dirilah yang menggerakkan kita melakukan sesuatu dengan antusias atau tidak. Program diri ada dua jenis. Program diri yang mendukung dan program diri yang menghambat kita mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup. Tidak ada program diri yang baik dan buruk, positif atau negatif.

Contoh program diri yang mendukung adalah “saya percaya diri, saya berharga, saya adalah pembelajar yang cepat, saya pintar, saya orang kaya”  dan masih banyak kepercayaan lainnya. Contoh dari program diri yang menghambat “saya tidak percaya diri, saya mudah marah, saya sulit untuk berubah, saya bodoh, saya tidak suka lingkungan baru, saya takut ular, orang kaya adalah orang jahat”dll.

Banyaknya program diri yang menghambat membuat seseorang mudah memiliki motivasi diri yang rendah saat mencapai proses apa yang mereka inginkan dalam hidup. Ketika mereka dihadapkan pada satu masalah yang tidak bisa mereka atasi akan membuat mereka mudah menyerah atau lari dari masalah.

Satu pengalaman teman saya, saat dia dipanggil untuk interview ternyata si pewawancara memberi tahu semua kelemahan dan kekurangan teman saya sehingga dia tidak bisa diterima bekerja di perusahaan yang dia lamar. Setibanya di rumah, dia bercerita dengan emosi yang tinggi karena menganggap yang disampaiakan oleh si pewawancara tidak benar. Masukan yang diberikan membuat dia menjadi tidak termotivasi, bukanya belajar dari pengalaman yang dialaminya.

Teman saya ini memang tidak suka dikritik, bila dikritik maka siap-siaplah untuk berperang mulut. Dalam beberapa hari dia berada dalam mood yang kurang baik. Inilah bentuk dari program diri yang menghambat. Program diri menentukan seseorang memiliki motivasi tinggi atau rendah. Jika Anda memiliki program diri yang mendukung, maka Anda akan memiliki motivasi tinggi dalam menjalani hidup.

Untuk mengatasi motivasi yang rendah saat ini beserta dengan meningkatkan program diri yang menghambat menjadi program diri yang mendukung, saya akan memberikan solusi yang bisa Anda terapakan sebentar lagi.

Seperti Apa Anda Ingin Dikenang?

Sesungguhnya begitu kita tahu kita akan mati, kita akan belajar tentang bagaimana kita harus hidup.
Mitch Albom

Bila sekarang Anda memiliki motivasi yang rendah, berarti rendahlah harapan Anda terhadap hidup. Satu cara untuk mengatasinya adalah membayangkan Anda telah meninggal dan terbaring di peti mati atau dibungkus dengan  kain kafan yang sedang ditangisi oleh orang yang sangat Anda cintai, orantua, pasangan, anak, teman dan rekan bisnis.

Coba dengarkan apa yang akan mereka sampaikan kepada Anda. Apakah Anda ingin mendengarkan mereka memberi penghargaan dan pujian atas semua kebaikan yang telah Anda lakukan untuk orang yang Anda sayangi dan lingkungan tempat tinggal Anda, mengharapakan Anda bisa lebih lama tinggal di bumi untuk melakukan kebaikan bersama yang belum terealisasi atau malah sebaliknya, mereka menginginkan Anda untuk lebih cepat “dibungkus” agar mengurai beban kesusahan hidup mereka.

Mendengarkan pesan dan kesan yang ingin Anda dengarkan dari orang yang Anda sayangi adalah hal yang sebenarnya Anda ingin capai dalam hidup. Bila saat ini Anda mendengar mereka menyatakan yang tidak ingin anda dengar, maka Anda masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk mengubah apa yang ingin Anda dengar. Lakukanlah kebaikan untuk orang yang Anda sayangi dan cintai.

Kematian adalah satu cara yang sangat efektif untuk memotivasi diri menjalani hidup yang lebih bermakna. Kematian akan menyadarkan seseorang bahwa yang mereka lakukan adalah sia-sia dan bukan yang mereka inginkan. Dengan begitu akan membuat Anda mau menjalani hidup dengan melakukan apa yang benar-banar Anda inginkan dalam hidup. Program yang menghambat diri Anda akan berubah dengan perlahan untuk mendukung diri Anda menjadi yang terbaik.

Inilah salah satu cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan motivasi diri. Karena kematian, secara halus berpotensi membuat seseorang menjalani hidup lebih baik. Selamat mencoba, semoga Anda menemukan apa yang ingin Anda capai dalam hidup, yang membuat api semangat berkobar dari dalam diri Anda. Tapi, jangan meninggalkan halaman ini tanpa meninggalkan komentar.

Benner-4.pnj

 

Leave a Reply

Close Menu