Kunci Sukses yang Paling Utama: Jadilah Pembelajar Seumur Hidup

Kunci sukses yang paling utama adalah menjadi pembelajar seumur hidup. Anda setuju, bukan?

Apa alasannya? Alasannya sangat sederhana. Yaitu, karena dunia terus berubah!

Berubahnya dunia mengharuskan Anda ikut berubah. Anda harus menambah dan memperbarui pengetahuan dan skill. Karena, pengetahuan yang Anda pelajari dulu berbeda dengan pengetahuan yang berlaku sekarang. Penemuan-penemuan baru menyingkirkan temuan lama. Penemuan-penemuan tersebut juga menyingkirkan skill-skill lama, membuat skill yang Anda kuasai tidak lagi relevan.

Dulu, sebelum internet muncul, Anda cukup mempromosikan produk Anda lewat radio atau memasang iklan di majalah. Sekarang, Anda perlu mempertimbangkan strategi pemasaran lewat blog dan media sosial.

Intinya, siapa yang bisa mengikuti perkembangan strategi marketing, maka dia yang akan memenangkan persaingan.

Sebagaimana dalam ranah marketing, demikian juga dalam ranah lainnya. Misal, dulu, untuk mengabadikan gambar, Anda perlu kamera analog beserta roll film. Belum lagi, untuk mencetaknya dibutuhkan waktu yang lama dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki keterampilan cuci cetak foto.

Sekarang, Anda bisa berfoto ria kapan pun dan di mana pun hanya dengan kamera digital atau gadget. Untuk mencetaknya pun relatif lebih mudah dan murah. Tidak perlu waktu yang lama pula.

Nah, agar pengusaha studio foto tetap bertahan, mereka harus memperbarui peralatan serta pengetahuan dan skill mereka tentang fotografi. Dulu, mereka perlu peralatan untuk mencuci cetak roll film. Sekarang, teknik itu sudah ketinggalan zaman. Sekarang, minimal mereka harus punya kamera digital, komputer, dan printer.

Dengan berubahnya alat produksi, berubah pula skill yang diperlukan. Walhasil, mereka harus mempelajari skill baru. Untuk seorang pemilik usaha studio foto, skill minimal yang dibutuhkan yaitu mencetak foto dengan mesin printer, mengoperasikan kamera digital, mengoperasikan komputer, dan mengedit foto dengan software yang juga terus berkembang.

Dari contoh di atas, jelas, bukan, mengapa Anda perlu terus belajar untuk sukses?

Dunia terus berubah. Penemuan-penemuan baru terus menyingkirkan penemuan lama. Pengetahuan dan skill yang dulu Anda kuasai tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman.

Satu-satunya jalan agar dapat bertahan adalah mempelajari skill dan pengetahuan yang baru. Dengan begitu, Anda tidak kalah dalam persaingan bisnis.

Demikianlah mengapa kunci sukses yang paling utama adalah menjadi pembelajar seumur hidup.

Selain alasan di atas, ada beberapa alasan lain mengapa menjadi pembelajar seumur hidup merupakan kunci sukses yang utama.

1. Open Minded

Mengapa pikiran yang terbuka dapat menunjang kesuksesan Anda? Karena, dengan pikiran yang terbuka, Anda memiliki banyak ide. Anda memiliki banyak sudut pandang dalam berinovasi dan memecahkan masalah. Selain itu, pikiran yang terbuka juga memungkinkan Anda untuk membangun jaringan yang luas.

kunci sukses

Dengan terus belajar, Anda memperkaya wawasan dan sudut pandang. Pada ujungnya, dengan luasnya wawasan dan sudut pandang Anda, Anda pun menjadi pribadi yang open minded.

2. Pengaruh

Semakin banyak ilmu yang Anda miliki, semakin banyak skill yang Anda kuasai, pengaruh Anda akan semakin besar.

Lantas, apa hubungan “pengaruh” dengan kesuksesan Anda?

Logikanya seperti ini: Bagaimana Anda menawarkan dan memperkenalkan produk Anda jika Anda tidak dapat memengaruhi pasar Anda?

Masyarakat tergerak untuk membeli produk Anda karena mereka terpengaruh dengan promosi Anda. Nah, untuk memengaruhi mereka, yang dapat Anda lakukan, salah satunya yaitu membangun reputasi. Anda dapat membangun reputasi dengan terus belajar, menambah wawasan dan keterampilan.

Semakin orang tahu Anda orang yang kaya wawasan dan keterampilan, mereka semakin menaruh kepercayaan kepada Anda. Mereka tahu Anda orang yang dapat diandalkan.

Nah, setelah menyimak penjelasan di atas, bagaimana pendapat Anda? Anda ingin menjadi pembelajar seumur hidup?

Ya, saya ingin menjadi pembelajar seumur hidup. Tetapi, bagaimana caranya? Semakin tua semakin susah belajar. Lagipula, saya semakin sibuk,” demikian keluh Anda.

Tidak perlu pesimis!

Meskipun umur Anda sudah tidak muda lagi, Anda tetap dapat memanfaatkan otak Anda untuk belajar. Umur bukanlah penghalang untuk terus belajar. Jika tidak percaya, berikut ini ada beberapa fakta mengejutkan tentang otak manusia. Ada juga fakta yang harus Anda sadari mengenai waktu yang Anda miliki.

Terlalu Sibuk? 

Yakinkah Anda, Anda terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk belajar?

Sesibuk apa pun Anda, penulis yakin Anda tetap memiliki waktu luang, misal saat Anda sedang dalam perjalanan menuju kantor.

Dalam perjalanan menuju kantor, Anda dapat menggunakan waktu yang ada untuk membaca buku.

Atau, jika Anda mengemudikan kendaraan, Anda dapat sembari mendengarkan audio book.

Selain di perjalanan, Anda juga dapat membaca buku saat weekend.

Belajar di Usia Senja

Fakta yang kedua yaitu, kemampuan otak menurun seiring bertambahnya usia. Namun demikian, dalam usia senja, kemampuan otak tetap dapat ditingkatkan.

Margie Lachman, seorang pakar psikologi dari Universitas Brandeis menemukan bahwa penurunan kemampuan otak pada orang yang telah berumur dapat diperlambat dengan rutin belajar.

Selain temuan itu, para ilmuan dari Yale University menemukan bahwa kemampuan otak tikus (akibat penuaan) dapat dicegah dengan cara menonaktifkan gen Nogo Receptor 1.

Mereka meyakini bahwa gen itu merupakan penyebab degenerasi otak pada tikus yang telah tua. Dengan memblokir gen tersebut, para pakar mampu mengembalikan kemampuan otak tikus seperti sedia kala.

Nah, temuan di atas mengilhami para pakar untuk memanipulasi otak manusia (lanjut usia) guna mengembalikan kemampuan otak mereka pada kondisi semula.

Senada dengan dua penemuan di atas, Ping Li, seorang pakar psikologi dari Universitas Penn menyatakan bahwa mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan otak, baik otak anak muda ataupun otak lansia.

Temuan itu mengindikasikan bahwa orang yang sudah tua tetap memiliki harapan untuk terus belajar. Caranya yaitu dengan belajar bahasa asing.

Dengan belajar bahasa asing, kemampuan otaknya meningkat. Dengan demikian, ia dapat belajar hal lain dengan lebih mudah.

Nah, bagaimana? Fantastis, bukan?!

Temuan-temuan itu memberikan harapan bagi Anda untuk tetap semangat belajar meskipun usia sudah tidak muda lagi. Dengan temuan itu, penulis yakin Anda optimis Anda bisa menjadi pembelajar seumur hidup.

Lantas, bagaimana cara menjadi pembelajar seumur hidup?

Untuk mengetahuinya, terus bergabung dengan aquariuslearning.co.id, ya. Pada artikel berikutnya, penulis akan sampaikan tips belajar di usia yang sudah tidak muda lagi.

Akhir kata, selamat belajar 😀

Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

This Post Has 1 Comment

Leave a Reply

Close Menu