10 Cara Mudah Melatih Berpikir Positif

Benner-4.pnj

 

Banyak orang begitu menginkan berpikir postif menjadi bagian dalam hidup merek. Karena pengaruh dan manfaat yang bisa didapakan dari berpikir positif. Mulai dari meningkatnya kesehatan fisik dan mental seseorang. Selain itu, rasa optimisme yang diberikan secara langsung membuat banyak orang tergoda menjadikannya bak sebagai kelebihan tersendiri.

Ini tentu satu harapan yang sangat bagus. Di mana seseorang bisa dengan mudah menghadapi masalah-masalah yang mengugah kebakaran emosi. Memberikan makna yang baik yang membuat ia lebih jernih melihat permasalahan dan mencari solusinya.

Apakah sulit berpikir positif menjadi satu bagian penting dalam hidup? Tidak juga. Cukup dengan latihan dan niat maka ia bisa menjadi bagian dalam hidup Andaa. Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk melatih berpikir positif dalam diri Anda:

1. Kenali dan Ganti Pikiran Negatif

Tidaklah terlalu sulit untuk menemukan pikiran negatif. Hanya dengan merasakannya, akan ketahuan, apakah pikiran tersebut positif atau negatif. Jika perasaan Anda tidak nyaman, itu indikasi dari pikiran negatif. Jika Anda merasa baik-baik saja, pikiran positiflah yang bermain di pikiran Anda. Teruskan, itu tidak akan berdampak buruk untuk Anda.

Belajarlah untuk mengenali dan menyadari pikiran negatif yang bermain di kepala Anda. Saat pikiran negatif bermain di kepala Anda, langsunglah menggantinya dengan pikiran positif yang Anda inginkan.

Misalnya saat melihat teman punya pacar baru yang cantik parasnya dengan lekuk tubuh yang aduhai, saat pikiran Anda berkata “pasti dia makai pelet tu, mana mungkin pria sejelek dia bisa mendapat pacar secantik itu. Seperti langit dan bumi saja. Bahkan saya lebih tampan dari dia. Mata si cewek tu usah sakit, kena rabun jauh kali” dan masih banyak pikiran negatif lain yang bermain di pikiran Anda.

Jika Anda mengalami hal tersebut, sadarlah. Katakan pada diri Anda “Stop. Saya mengganti pikiran saya dengan (pikirkan hal positif yang Anda inginkan)”.

Pada awalnya akan terasa sangat berat. Dibutuhkan waktu, disiplin diri dan ketekunan untuk bisa merasakan manfaat dari berpikir positif ini. Berlatihlah, seiring waktu Anda juga bisa menjadikannya sebagai bagaian dari diri Anda.

2. Ambil Tanggung Jawab Atas Tindakan Anda

Saat Anda melakukan kesalah, jangan bertindak sebagai korban. Di mana Anda melepas tanggung jawab dan menyalahkan orang lain, situasi dan diri Anda sendiri. Tiga sikap ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang suka berpikir negatif. Ia akan terus membesar dengan memberikan perhatian ke dalamnya.

Bersikap bertanggung jawab dan menerima kesalahan sendiri akan membuat Anda lebih terbuka dan siap untuk belajar dari kesalahan tersebut. Dengan begitu, pikiran Anda lebih “dipaksa” untuk berpikir positif. Karena harus mencari kelemahan dan meningkatkannya agar tidak terjebak dalam masalah yang sama di masa depan.

3. Pertimbangkan Konsekuensi Dari Pikiran Negatif

Luangkan waktu untuk berpikir konsekuesi dari berpikir negatif. Apakah itu akan membantu Anda mengatasi masalah yang ada atau malah memperburuk kondisi Anda. Memikirkan konsekuensi dari berpikir negatif akan memudahkan Anda menjadi lebih netral.

Misalnya saat akan melakukan penawaran kepada calon costemer baru. Apakah dengan Anda berpikir negatif bisa membuat calon klien membeli prodak Anda? Apakah Anda bisa menjelaskan presentasi dengan baik dan penuh percaya diri?

Dengan mengetahui konsekuensi negatif yang bisa terjadi akan membuat Anda menjadi lebih mudah memilih untuk berpikir positif.

gratitude-list4. Buat Daftar Syukur

Bersyukur adalah salah satu cara paling mudah untuk melatih berpikir positif. Bersyukur dilakukan melalui ungkapan terimakasi yang berisi kalimat dan energi positif. Itulah mengapa bersyukur sangat dianjurkan menjadi sebuah kebiasaan. Manfaatnya yang begitu besar dalam mempengaruhi emosi dan kondisi kesehatan seseorang.

Manfaatnya akan lebih terasa dengan menuliskan rasa syukur yang Anda rasakan di satu buku khusus. Mengapa perlu ditulis?

Menulis membutuhkan proses belajar yang sangat panjang. Ingatkah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan agar menulis menjadi satu kebiasaan? Selain itu, apa yang Anda tuliskan akan langsung masuk ke pikiran bawah sadar Anda.

Dengan mengetahui hal ini, bersyukur akan semakin terasa bila ditulis di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Ini adalah waktu yang paling tepat untuk memberi “makanan” ke pikiran Anda.

Berlatihlah menulis daftar syukur setiap harinya. Jadikan ia sebagai kebiasaan. Rasakan perubahan yang Anda dapatkan, terutama dalam cara pikir Anda dalam menilai satu kejadian.

5. Peraktek Kebaikan Pada Diri Sendiri

Setiap orang pasti ingin dihargai dan diperhatikan. Sayangnya mereka berharap mendapatkan dari orang lain. Saat orang lain tidak bisa memenuhi keinginan mereka, mereka menjadi lebih mudah untuk berpikir negatif. Tidak jarang kita menemukan orang seperti ini di lingkungan kita.

Anda tidak akan bisa berpikir positif jika mengharapakan orang lain memperhatikan dan menghargai Anda. Andalah yang harus menjaga pikiran Anda. Andalah orang pertama yang harus memberikan penghargaan dan perhatian pada diri Anda sendiri. Jangan terlalu mengharapakan orang lain untuk menghargai dan peduli pada Anda.

Berlatihlah untuk lebih peduli pada diri sendiri dengan mendengarkan dan melakukan suara hati Anda, merawat, menjaga kesehatan dan memberi penghargaan pada diri sendiri. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Karena Anda memiliki banyak waktu dengan diri Anda sendiri. Dengan ketenangan ini, akan membantu Anda untuk lebih positif pada diri sendiri. Tentunya, berpikir positif akan jauh lebih mudah untuk diterapkan.

6. Menghabiskan Waktu Dengan Orang Positif

Sadar atau tidak, lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk pola pikir dan cara pandang seseorang. Lingkungan positif memberikan dampak positif pada orang yang ada di dalamnya. Begitu juga sebaliknya.

Berkumpul di komunitas dengan orang-orang positif di dalamnya akan membantu Anda menjadi leblih positif, mengikuti cara pikir mereka yang dominan. Ini akan membantu Anda menjadi orang yang lebih positif, terutama dalam dalam cara berpikir.

7. Jadilah, Lebih Peduli Pada Orang Lain

Milikilah sifat peduli terhadap orang lain. Bersikap peduli akan membuat Anda merasa lebih baik atas hidup Anda sendiri. Fokuslah pada apa yang bisa Anda berikan, bukan pada apa yang bisa Anda dapatkan. Dengan memberi, Anda memposisikan diri sebagai orang yang lebih kaya, berharga dan mulia. Tidak masalah seberapa banyak yang bisa Anda berikan pada orang lain. Ini akan membuat Anda merasa lebih berharga, percaya diri dan tentunya memberikan umpan balik yang baik pada diri sendiri.

Berlatihlah. Berikan apa yang bisa Anda berikan tanpa mengurangi nilai pemberian Anda. Berikan dengan hati yang tulus. Ini akan membantu Anda untuk terus berpikir positif.

8. Berikan Pujian Pada Orang Lain

Berilah pujian dengan tulus kepada orang lain yang Anda temui. Mungkin teman, keluarga atau orang baru yang Anda temui di bus atau kereta api. Memberikan pujian dengan tulus akan membuat Anda menjadi lebih disukai, diterima, dihargai dan mereka akan membalas pujuan Anda. Secara tidak langsug Anda mengutkan pikiran Anda untuk menjadi lebih positif.

Dengan memberikan pujian, Anda berlatih memfokuskan diri mencari hal baik yang ada pada diri orang lain. Ini membuat pikiran Anda terus berpikir positif dalam memandang seseorang.

9. Baca Buku

Luangkan waktu Anda untuk membaca buku yang bisa mendukung Anda berpikir positif. Membaca kitab suci dari kepercayaan Anda, buku motivasi, ispirasi dan pengembangan diri adalah media yang sangat membantu dalam berpikir positif. Anda bisa melakukanya di sela waktu kosong, membaca di pagi hari yang indah dan sebelum tidur di malam hari. Jadikan ini sebagai satu kebiasaan dalam diri Anda.latas_kuxa_kanema-580x394

10. Menonton Film Dokumenter

TV adalah satu media yang paling banyak menyedot perhatian masyarakat kita saat ini. Secara ilmu pikiran, semua yang ditayangkan tidak memberikan dampak positif yang berarti, bahkan lebih banyak dampak negatif yang didapatkan dan diterapkan oleh masyarakat kita saat ini. Sulit sekali mendapatkan acara yang memberikan dampak positif dalam kehidupan kita saat ini.

Saya tidak bermaksud agar Anda berhenti menonton dan beralih membaca buku, (meskipun dari hati saya berkata seperti itu hehehehe) tapi kritislah untuk memilih acara TV yang Anda tonton. Tapi, Anda bisa beralih menonton film dokumenter.

Mengapa dokumenter?

Film dokumenter adalah cerita atau kisah yang diangkat menjadi film. Ini akan mempermudah kita untuk memahami sejarah, perjuangan seseorang dan kelompok dari berbagai latar belakang, cara pikir seseorang dan manfaat lain yang bisa kita nikmati secara visual. Makna dan pesan yang ditujukan membuat kita menjadi lebih mudah menilai dari sisi positif film tersebut.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk melatih berpikir positif. Menjadikanya bagian penting dalam hidup Anda. Pembaca, apakah selama ini Anda telah berpikir positif atas masalah yang Anda hadapi? Tuliskan komentar Anda di bahwa ini.

 

Benner-4.pnj

This Post Has 3 Comments

  1. Selama ini saya berusaha untuk tidak Berpikir negatif, tapi kadang terpengaruh dengan cerita teman akhirnya pikiran negatif muncul, ini Yg susah saya hindari,… dengan adanya tulisan ini saya akan mencoba menerapkan dalam keseharian baik di tempat kerja Maupin di lingkungan keluarga….thanks

  2. terima kasih sangat membantu, apakah anda ada kontak yang bisa dihubungi ?
    seperti by email no hp atau id medsos ?
    terima kasih… berguna sekali

  3. Saya ga pernah berfikir fositif apa yg di lakukan pada suami saya gmn cara untuk tidak.selalu.berfikir negatif pada suamiku

Leave a Reply

Close Menu