Membaca, Cara Terbaik Menjaga Motivasi Tetap Membara

Shares

Nelayan yang sukses tidak akan lepas dari jala terbaiknya, mengetahui di mana letak ikan terbanyak dan terbaik, apa saja yang harus disiapkan dan waktu yang tepat melakukan penangkapan. Dalam keberhasilannya mendapatkan ikan besar, jala adalah sahabat terbaiknya.

Jala yang koyak dan rusak akan membuat ikan-ikan besar lepas dengan lebih mudah. Akibatnya si nelayan tidak akan mendapatkan tangkapan sesuai dengan harapannya. Sesibuk apapun si nelayan, akan ia sempatkan waktu khusus untuk memperbaiki jala tersebut.

Jika perlu ia akan mengganti benang lama yang sudah tidak berfungsi dengan baik dengan benang baru untuk menjaga kekuatan jela tersebut. Ia akan memastikan jalanya berada dalam keadaan baik sebelum pergi berlayar.

Jala Pak Nelayan

Ia mengetahui konsekuensi yang akan ia terima jika jala tersebut berada dalam kondisi buruk. Ia tahu dengagn jelas apa yang akan ia bawa pulang jika jalanya masih koyak dan tidak berfungsi dengan baik.

Dalam kehidupan nyata, jala nelayan sama seperti motivasi yang ada di dalam diri kita. Ada saatnya jala (motivasi) tersebut koyak dan butuh untuk dirajut dengan benang baru. Seperti manusia, ada kalanya ia membutuhkan sesuatu untuk membangkitkan dan menjaga motivasinya.

Orang yang tidak menjaga motivasinya dengan baik, hanya akan mengalami kekecewaan dan hidup pas-pasan dalam hidunya. Karena apapun yang ia lakukakan tidak akan maksimal karena melakukannya dengan setengah-setengah.

Kesadaran

Untuk bisa menjaga motivasi terjaga dengan baik, maka dibutuhkan kesadaran diri. Tanpa kesadaran diri, kecil kemungkinan untuk bisa menjaga motivasi pada tingkat yang diinginkan.

Kesadaran memberikan tanda pada seseorang apakah ia sedang termotivasi atau merasa tidak termotivasi. Saat kesadaran itu muncul, akan mudah baginya untuk mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang ia hadapi. Ada banyak cara yang bisa ia pilih untuk meningkatkan kembali motivasinya.

Terlepas dari cara-cara tersebut, ada hal mendasar yang harus dilakukan setiap orang jika ia ingin memiliki motivasi yang bisa bertahan dalam waktu lama dan tentunya dengan cara yang lebih mudah.

Tapi, di artikel ini kita akan membahas satu cara yang paling umum dan memberi pengaruh yang sangat besar. Meskipun banyak orang yang tidak pernah meliriknya atau mereka hanya sekedar tahu. Ini akan memudahkan anda untuk menjaga kesadaran diri ditambah mempertahankan motivasi sesuai kebutuhan anda.

Yuk, Baca Buku

Membaca buku

Membaca buku adalah cara terbaik yang bisa digunakan untuk menjaga motivasi tetap stabil atau bahkan meningkatkan motivasi itu sendiri.

Mungkin anda terheran-heran. Mengapa harus membaca buku? Mengapa bukan cara-cara lain yang lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan? Atau anda telah mencobanya dan tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapakan.

Pembaca, saya dulunya juga mengalami hal sama seperti yang saya tulis di atas. Merasa buku yang dibaca tidak bisa memberikan motivasi dan bahkan melemahkan motivasi itu sendiri karena merasa ada yang kurang dari dalam diri.

Akhirnya saya sadar mengapa membaca tidak bisa menjaga dan meningkatkan motivasi saya. Semua itu karena adanya penolakan dari dalam diri saya. Satu bagian yang tidak menginginkan saya untuk membaca. Satu bagian yang menganggap yang saya lakukan itu adalah hal yang sia-sia dan membuang energi dan ia merasa tidur dan menonton adalah kegiatan yang lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Sebelum penolakan ini diatasi, membaca akan menjadi satu kegiatan yang berat untuk dilakukan. Bisa dibilang membuat saya dan anda tidak menyukainya, bahkan membencinya.

Inilah yang menjelaskan mengapa orang yang memiliki motivasi rendah akan lebih merasa sulit meningkatkan motivasinya melalui membaca buku. Bahkan buku bagus sekali pun menjadi bahan bacaaan yang paling berat baginya karena penolakan dari dalam diri mereka.

Ditambah cara membaca kita saat ini yang salah kaparah, yang membuat membaca menjadi proses yang sangat membosankan dan menyiksa. Apalagi jika bertemu dengan buku tebal. Ampun deh!!!

Potong Habis

Untuk meningkatkan motivasi melalui membaca, maka emosi mengenai masalah membaca dan belajar juga harus diatasi. Setelah emosi-emosi ini teratasi, maka akan membuat membaca menjadi proses yang lebih ringan dan mudah dilakukan, tentunya.

Kembali pada cara menjaga motivasi dengan membaca buku. Buku menyediakan semua informasi yang dibutuhkan untuk semua aspek kehidupan kita. Semua tergantung minat dan pasion serta genre buku yang dibaca. Setiap jenis buku yang anda baca akan mempengaruhi mood dan motivasi anda.

Jadi, bacalah buku yang sarat dengan pengembang diri, motivasi, pengelolaan pikiran, kisah sukses dan buku-buku yang sesuai dengan pekerjaan anda. Dengan begitu akan memudahkan anda mengembangkan diri dan menjaga motivasi pada tingkat yang anda inginkan.

Satu keuntungan lain dari membaca adalah, kita bisa dengan mudah melakukan pembelajaran ulang secara otodidik pada aspek-aspek tertentu yang anda ingkan melalui informasi dari buku yang dibaca.

Apalagi jika anda memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Toko buku online sudah tentu akan memudahkan proses pembelajaran anda. Ada sangat banyak buku terbaik bertaraf internasional yang bisa anda dapatkan di toko buku online.

Inilah satu cara yang bisa anda gunakan. Jika perlu dijadikan sebagai satu kebiasaan dalam diri anda. Meskipun begitu, masih ada cara-cara lain yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan motivasi anda.

Anda bisa memilih sendiri cara-cara tersebut melalui artikel di bawah yang kami rekomendasikan untuk anda.

Jika anda mulai percaya kalau buku bisa menjaga dan meningkatkan motivasi anda, siapkah anda membaca buku mulai dari sekarang? Berapa buku yang ingin anda habiskan selama sebulan? Tulis komentar anda.

Trik Jitu Memotivasi Diri Sendiri untuk Bertindak

Membangun Motivasi Yang Terarah Melalui Goal Setting Pada Mahasiswa

7 Kebiasaan Buruk Yang Menghancurkan Motivasi

Cara Memotivasi Diri Sendiri dalam Sekejap

Cara Memotivasi Diri Ini Mungkin Tidak Pernah Anda Bayangkan Sebelumnya

About the Author ronalbiring

>