Mengantuk di Kantor? Ini Dia Kunci Sukses Mengatasinya

Benner-4.pnj

 

Apakah Anda sering mengantuk di kantor? Jika iya, bagaimana rasanya? Tersiksa? Menderita? Heheheh, apa pun itu, yang pasti, mengantuk di kantor membuat produktivitas Anda menurun. Setuju, bukan?

Karena mengantuk di kantor membuat produktivitas menurun, maka Anda harus mengatasi rasa kantuk itu, bagaimana pun caranya. Nah, hal inilah yang membuat Anda menderita. Anda memaksa mata Anda untuk terbuka. Akibatnya, mata Anda terasa pedas. Kepala Anda pun menjadi pusing karena Anda terlalu memaksa otak Anda untuk berpikir. Selain itu, hati Anda menjadi tidak tenang karena was-was jikalau tiba-tiba atasan sudah ada di depan meja dan meminta hasil kerja Anda. Padahal, Anda belum selesai mengerjakannya akibat terserang kantuk.

Melihat gambaran di atas mengenai mengantuk di tempat kerja, mengantuk merupakan masalah yang besar. Yup! mengantuk di tempat kerja merupakan masalah yang cukup besar. Dan, oleh karena itulah, Anda tidak dapat menyepelekannya dan membiarkannya menngganggu aktivitas Anda. Jika dibiarkan, ia akan terus-menerus mengganggu Anda dan mengakibatkan dampak yang negatif bagi perusahaan tempat Anda bekerja maupun bagi posisi Anda di dalam perusahaan itu.

Nah, tidak mau, kan, posisi Anda di kantor bermasalah hanya karena mengantuk? Untuk itu, Anda perlu mencari cara untuk mengatsinya.

Dalam artikel ini, penulis ingin berbagi dengan Anda mengenai kunci sukses mengatasi rasa kantuk yang menyerang di tempat kerja. Semoga artikel ini membantu Anda mengatasi rasa kantuk yang Anda derita. Oleh karena itu, simak terus artikel ini hingga selesai.

Sekarang, mari kita mulai dengan kunci pertama, yaitu olahraga.

Olahraga

Rasa kantuk dapat disebabkan oleh karena otak Anda kekurangan oksigen.

Nah, salah satu kunci untuk mengatasi masalah itu yaitu dengan berolahraga. Mengapa? Karena olahraga memperlancar aliran darah ke dalam otak, di mana darah yang mengalir ke dalam otak ini membawa serta oksigen ke dalamnya.

Nah, saat otak Anda cukup suplai oksigen, maka ia menjadi lebih aktif dan siap digunakan untuk berpikir.

Pertanyaannya, jenis olahraga apa yang paling efektif untuk mengatasi rasa kantuk?

Bagi Anda, yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu luang untuk berolahraga, Anda dapat melakukan push up di kantor, di sela-sela pekerjaan Anda.

Saat rasa kantuk menyerang, segeralah menuju mushala atau tempat sepi lain di kantor Anda, dan lakukan latihan ini.

Anda juga dapat melakukan bentuk olahraga ringan lain, seperti berjalan kaki. Cara ini jauh lebih mudah dilakukan daripada push up.

Saat kantuk menyerang, segeralah bangkit dari tempat duduk, pergilah ke toilet untuk cuci muka atau mengambil segelas air minum, misalnya. Selain cuci muka dan minum air, gerak yang Anda lakukan saat berjalan menuju toilet atau dispenser memperlancar aliran darah Anda ke dalam otak. Hasilnya, otak Anda pun cukup oksigen dan siap digunakan untuk berpikir.

Tidur siang

Selain karena kekurangan oksigen, rasa kantuk juga dapat disebabkan karena Anda kurang tidur di malam hari.

Untuk mengatasi masalah itu, luangkan waktu Anda untuk tidur siang. Gunakan waktu istirahat Anda di kantor untuk tidur siang.

Bagaimana jika waktu tidur siang digunakan untuk makan? Anda tidak perlu menghabiskan satu jam penuh untuk tidur siang. Cukup luangkan waktu selama 10 menit untuk berbaring, memejamkan mata, dan mengistirahatkan otak Anda. Waktu selebihnya dapat Anda gunakan untuk makan dan berolahraga ringan.

Hindari konsumsi gula berlebihan

Saat diserang rasa kantuk, tidak jarang Anda mengunyah permen atau meminum soda untuk melenyapkan rasa kantuk itu.

Memang, permen atau pun minuman bersoda membantu Anda terjaga. Ini dikarenakan kandungan gula di dalam makanan dan minuman itu memberikan energi pada tubuh Anda. Tetapi, Anda harus mengetahui bahwa energi yang diberikan oleh gula ini hanya akan Anda rasakan manfaatnya secara singkat. Beberapa saat setelah Anda mengonsumsi gula (apalagi dalam kadar berlebihan), Anda justru akan semakin lelah dan mengangtuk.

Mengapa? Karena saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula dalam jumlah berlebihan, gula yang Anda konsumsi membuat kandungan gula di dalam darah Anda meningkat. Meningkatnya kadar gula dalam darah ini memicu pankreas untuk melepaskan insulin yang menyebabkan kadar gula di dalam darah berkurang secara tiba-tiba. Berkurangnya kadar gula di dalam darah yang secara tiba-tiba ini membuat Anda lelah dan mengantuk.

Tetapi, untung sekarang Anda sedang menjalankan puasa Ramadhan. Jadi, Anda bisa menghindar dari konsumsi gula yang berlebihan. Hehe.

Berhenti sejenak

Rasa kantuk juga dapat menyerang diri Anda manakala Anda merasa bosan dengan tugas-tugas yang sedang Anda kerjakan di kantor. Untuk itu, untuk mengusir rasa bosan itu, Anda perlu berhenti sejenak.

Berhentilah sejenak dari aktivitas Anda manakala rasa bosan dan mengantuk menyerang Anda. Gunakan waktu break itu untuk mendengarkan musik dengan irama yang penuh semangat atau berselancar di internet. Tetapi, jika mata Anda lelah, gunakan waktu break Anda untuk memejamkan mata dan merilekskan otak Anda.

Minum air putih

Sebagaimana olahraga, air putih dapat membantu Anda mengurangi rasa kantuk yang Anda derita. Lantas bagaimana mekanisme kerjanya? Mirip seperti olahraga, air putih membawa oksigen ke dalam otak Anda. Hal ini membuat suplai oksigen di dalam otak, yang awalnya kurang, yang membuat Anda mengantuk, kini tercukupi.

Nah, saat otak cukup oksigen, ia pun siap digunakan untuk berpikir.

Berhubung saat ini Anda sedang menjalankan ibadah puasa, Anda tidak dapat menerapkan cara ini. Tetapi, jangan khawatir, Anda masih dapat melakukan cara-cara lainnya untuk melenyapkan kantuk yang menyerang Anda.

Meditasi

Salah satu penyebab kantuk yaitu stres. Mengapa? Saat Anda dilanda stres, tubuh Anda menjadi kekurangan energi, yang pada gilirannya membuat Anda mengantuk.

Oleh karena itulah, saat rasa kantuk menyerang, Anda dapat melakukan meditasi untuk melenyapkan rasa kantuk itu.

Meditasi terbukti membantu Anda mengurangi stres yang Anda derita. Nah, karena mengantuk bisa disebabkan oleh stres, maka mengantuk pun dapat diatasi dengan bermeditasi.

Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan meditasi di kantor? Hmm, anda dapat melakukannya pada jam istirahat.

Carilah tempat yang sunyi di kantor Anda, kemudian lakukan langkah-langkah meditasi seperti yang telah penulis jelaskan di dalam artikel yang berjudul Internet Membuat Anda Susah Berkonsentrasi? Yuk, Intip Kunci Sukses Melatih Konsentrasi dengan Meditasi.

Ekspose tubuh Anda pada sinar matahari

Selain karena stres, kurang tidur, dan kurang oksigen, mengantuk juga dapat disebabkan karena kekuarangan vitamin D di dalam tubuh Anda.

Nah, untuk itu, jika rasa kantuk sering menyerang Anda, bahkan setiap hari, tidak ada salahnya untuk mencoba meningkatkan kadar vitamin D di dalam tubuh Anda.

Caranya sangat mudah. Cukup luangkan waktu di pagi hari untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Oleh tubuh, sinar matahari pagi akan diubah menjadi vitamin D.

Mengantuk di tempat kerja merupakan hal yang lumrah terjadi. Rasa kantuk ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kurang tidur di malam hari, stres, kekurangan vitamin D, anemia, diabetes, atau karena bosan dengan rutinitas. Terlebih apabila saat ini Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Nah, karena kantor merupakan tempat untuk mengerjakan tugas, bukan untuk tidur, maka mengantuk di kantor menjadi masalah yang cukup besar, sekali pun sangat lumrah terjadi. Anda harus mengatasi rasa kantuk itu agar produktivitas Anda tidak terganggu.

Cara-cara yang penulis paparkan di atas dapat membantu Anda mengurangi rasa kantuk yang menyerang saat Anda sedang bekerja di kantor serta membangkitkan energi di dalam tubuh Anda.

Semoga, dengan mengaplikasikan cara-cara di atas, rasa kantuk yang menyerang Anda lenyap dan produktivitas Anda pun terus meningkat.

Sekarang, dalam momen Ramadhan ini, penulis ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, selamat bekerja, dan jangan lupa untuk memberikan komentar.

.Benner-4.pnj

 

Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

Leave a Reply

Close Menu