Mengapa Perlu Mencoba Hal Baru?

Perasaan takut adalah penghambat terbesar manusia untuk mengeluarkan potensi terbaik mereka. Takut salah, takut gagal, takut dikritik orang lain, dan berbagai macam takut-takut lainnya. Di sekolah kita diajarkan untuk melakukan segala sesuatunya dengan benar. Kesalahan dipandang sebagai sesuatu hal yang buruk dan tidak baik. Kalau bisa, kita tidak boleh membuat kesalahan.

Akibatnya, kita tidak berani melakukan sesuatu yang baru, bahkan sampai kita dewasa. Perasaan takut inilah yang membedakan orang dewasa dangan anak kecil. Mereka begitu percaya diri dan melakukan apa saja untuk bisa bersenang-senang.

Tanpa mencoba sesuatu yang baru, bagaimana kita bisa mengetahui potensi, minat, hobi dan keterikatan dengan kegiatan yang dilakukan.

Mencoba sesuatu yang baru adalah hal yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh setiap orang jika ingin benar-benar menikmati perjalanan hidup mereka.

Selain menikmati perjalanan itu sendiri, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk mencoba hal baru, atau hal lama dengan cara yang berbeda. Berikut penjelasannya :

Sesuatu Baru

1. Menambah Database Di Pikiran Bawah Sadar

Sangat penting membuat ikatan baru pada sel-sel neuron di otak. Dengan semakin banyaknya sambungan sel neuron, akan semakin cerdas seseorang. Kecerdasan diukur bukan berdasarkan nilai atau prestasi belajar seseorang. Melainkan seberapa banyak sambungan sel-sel neuron di otak.

Orang yang memahami satu bidang dengan sangat baik memiliki sambungan sel-sel neuron yang sangat banyak. Itulah mengapa mereka dianggap pintar dan cerdas. Untuk membuat ikatan baru di antara sel-sel neuron, mencoba sesuatu hal baru adalah rahasianya.

Dengan membuat ikatan baru di sel-sel neuron, maka seseorang juga menambah database ke pikiran bawah sadarnya. Dengan semakin banyaknya database di pikiran bawah sadar akan memudahkan seseorang menemukan ide atau solusi dari masalah yang mereka.

Secara teknis, saat mereka bertanya ke pikirannya, bawah sadarnya dengan cepat memberikan jawaban atas pertanyaanya. Keakuratan jawabatan ditentukan oleh database yang ia masukkan ke pikiran bawah sadarnya.

Membaca buku adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para eksekutif muda untuk meningkatkan karier dan penghasilannya. Mereka membaca pengalaman orang sukses, strategi, cara, tip agar bisa mendapatkan ide-ide segar untuk membantu mereka.

Untuk mempercat penambahan dan pemasukan database di pikiran bawah sadar melalui membaca, teknik bacakilat adalah cara terbaik yang bisa Anda gunakan. Kenapa?

Karena setiap isu buku yang dibacakilat akan masuk ke pikiran bawah sadar tanpa ada interpensi dari pikiran sadar. Tidak seperti membaca biasa yang menggunakan pikiran sadar.

Kelemahannya, pikiran sadar hanya mampu menyerap ± 7 bit informasi per detik, sedangan pikiran bawah sadar mampu menyerap 100 juta bit informasi per detik.

Mengetahui hal ini, apakah Anda tertantang untuk menggunakan teknik bacakilat dalam menambah database ke pikiran bawah sadar Anda?

2. Menambah Pengalaman Baru

“If you want something you’ve never had, you must be willing to do something you’ve never done.” – Thomas Jefferson

Hal nyata yang terlihat dengan jelas dari mencoba hal baru adalah, menambah satu pengalaman baru. Di mana kita menambah wawasan, menikmati pemandangan berbeda, tempat, waktu, situasi, perasaan baru dan tentunya menambah database ke pikiran bawah sadar, baik sadar atau tidak sadar.

3. Memicu Kreativitas dan Produksi Ide-Ide Segar

Kreativitas terbentuk melalui proses belajar. Hasil dari kreativitas adalah tindakan. Sebelum tindakan terrealisasi, di otak akan muncul beberapa ide yang akan dipilih untuk dilakukan.

Pertanyaanya, mengapa dengan mencoba sesuatu yang baru kita bisa meningkatkan kreativitas dan menghasilakan ide-ide baru bernilai tinggi?

Karena saat mencoba sesuatu yang baru, otak akan bekerja dengan cepat untuk menghasilkan ide dan menyambungkan sel-sel neuron.

Selain itu, saat kita fokus mencoba hal baru, pikiran bawah sadar dengan tenang akan mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh pikiran sadar.

Itulah mengapa saat kita merasa tenang atau fokus pada satu hal, jawaban dari pertanyaan muncul ke pikiran. Saat kita tidak mencatat ide tersebut, kita akan lupa akan ide itu sendiri. Pernah mengalaminya?

Eksplorasi Dirilah

4. Eksplorasi Diri

Bakat, passion dan hobi seseorang hanya mereka dapatkan dengan melakukan banyak kegiatan. Semakin banyak kegiatan yang dicoba, akan semakin mudah baginya untuk mengetahui kegitan yang mereka benar-benar sukai.

Tidak ada orang sukses di bumi ini, yang hanya melakukan satu hal sepanjang hidupnya dan mereka sukses besar di kegitan tersebut. Justru kebanyakan dari mereka telah banyak melakukan kegitan yang benar-benar menghantar mereka pada penemuan potensi diri mereka.

Tidak semua orang seperti di atas. Ada juga meraka yang kembali ke kegitan awal karena merasa tidak puas secara batin. Ini terjadi karena mereka telah mencoba berbagai hal di luar sana.

Itulah mengapa Anda perlu mencoba hal baru. Anda tidak akan mengetahui passion atau bakat Anda di kegiatan itu. Bisa jadi, hal baru yang Anda lakukan justru membawa Anda ke puncak kesuksesan Anda, bisa juga sebaliknya.

5. Menambah Teman Baru

Bukan hanya untuk menambah database, meningkatkan kreativitas, menghasilkan ide-ide segar dan mengeksplorasi diri, dengan mencoba hal baru juga bisa menambah teman baru.

Misalnya jika Anda mau belajar berenang atau sekedar menemani teman untuk berenang, di kolam renang tentu Anda akan bertemu dengan orang baru. Saat bertemu dengan orang baru, gunakan kesempatan tersebut untuk bersosialisasi.

Bisa saja, orang yang Anda temui di tempat baru akan menjadi sahabat, memberi masukan berharga untuk masalah atau bahkan menjadi patner bisnis Anda.

Hanya dengan bersosialisasi dengan orang baru, kita akan mengetahui apakah mereka bisa dijadikan sebagai sahabat atau hanya teman yang mampir lewat dalam hidup kita. Tanpa mencobanya, kita tidak akan tahu.

6. Mengatasi Kebosanan

Jika Anda merasa bosan, cobalah satu kegitan baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Kegiatan yang membuat Anda merasa lebih termotivasi, semangat dan lebih bahagia. Dengan begitu, rasa bosan yang Anda rasakan bisa teratasi.

7. Kepuasan Diri

“What do you suppose is the use of a child without any meaning? Even a joke should have some meaning– and a child’s more imporant than a joke, I hope. You couldn’t deny that, even if you tried with both hands.”

Lewis Carroll

Dengan pengalaman hidup Anda sejauh ini, dengan semua hal yang pernah Anda coba, apakah Anda benar-benar puas dengan semua yang telah Anda lakukan?

Jika Anda puas, nikmatilah apa yang Anda lakukan saat ini. Jika Anda merasa kurang puas, siapkan diri untuk mencoba hal baru di luar sana.

Kepuasan diri muncul dari pengalaman hidup, perasaan yang melekat didalamnya. Tidak ada orang yang benar-benar menikmati hidup hanya dengan melakukan satu kegiatan itu-itu saja. Mereka juga akan melakukan kegiatan lain. Terlepas dari mereka suka atau tidak.

Saat mencoba sesuatu yang baru, temukan kegiatan yang bisa meningkatkan diri Anda. Itu akan membuat perjalanan hidup Anda lebih bermakna.

Jika Anda merasa tidak suka atau tidak tertarik dengan hal yang Anda coba, datanglah kembali untuk mencobanya lain kali. Biasanya Anda akan merasa berbeda. Ini karena minat dan perhatian yang berbeda saat pertama kali Anda melakukannya dengan sekarang.

Inilah alasan-alasan mengapa Anda perlu mencoba hal-hal baru dalam hidup Anda. Pembaca kegiatan-kegiatan apa saja yang belum pernah dan sangat ingin Anda lakukan dalam hidup Anda? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.

This Post Has 2 Comments

  1. Good….banyak terinspirasi artikelny

  2. Bagus juga . Bisa termotivasi

Leave a Reply

Close Menu