Mengapa Rasa Penasaran Itu Sangat Penting dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Shares

Penasaran adalah satu sifat alami yang kita bawa sejak lahir. Rasa penasaranlah yang membuat anak-anak terus bertindak dan melakukan apa saja untuk bisa memuaskan rasa ingin tahunya.

Hal yang sama terjadi pada penem dan pencipta besar yang ada di muka bumi ini. Seperti Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Leonardo Da Vinci dan para peraih nobel lainnya.

Yang mereka lakukan semata-mata karena ingin merealisasikan rasa ingin tahu mereka yang besar, bukan karena sesuatu yang bersifat materi atau pujian dari orang lain.

Sangat penting untuk menjaga dan terus menumbuhkan rasa penasaran dalam diri. Padamnya api rasa penasaran akan menghilangkan kekuatan besar dalam diri. Denganya, kita bisa terus bertumbuh dan melangkah dengan penuh harapan dan percaya diri.

Baiklah. Kita akan membahas mengapa rasa penasaran itu sangat penting dan bagaiamana cara mengembangkannya.

Otak bekerja

1. Membuat Pikiran Terus “Aktif Bekerja”

Satu hal yang membedakan orang yang memiliki rasa penasaran tinggi dan yang rasa rendah adalah, pikiran mereka sangat aktif bekerja meskipun mereka hanya terlihat diam. Orang yang memiliki rasa penasaran tinggi selalu mengajukan pertanyaan yang membuat ia harus mencari jawabannya.

Ini membuat otak mereka semakin aktif dan kuat. Sepeti otot, ia semakin kuat seiring ia sering digunakan dan melemah jika tidak penah digunakan.

Kabar baiknya, rasa penasaran bisa dilahih. Kita akan membahasnya di poin selanjutnya.

2. Pikiran Aktif Menganalisa Setiap Ide Baru yang Muncul

Bukan hanya aktif berpikir, tapi pikiran juga akan sangat aktif menganalisa setiap jawaban dan ide yang muncul dari pikiran bawah sadar. Pikiran sadar akan menggunakan keahlianya untuk mendapatkan pilihan terbaik berdasarkan pertimbangan yang dilakukan.

Ini menunjukkan bahwa setiap detik berharga untuk orang yang memiliki rasa penasaran tinggi. Ia akan sibuk mencari informasi yang relevan dengan ide-ide yang mucul. Bahkan sering kali membuat ia lupa waktu hanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

3. Membuka dan Menghantarkan Ke “Dunia” Baru

Satu yang tidak bisa ditebak dari rasa penasaran ialah, ia bisa menghantarkan seseorang ke dunia baru yang mereka tidak ketahui sebelumnya. Dunia yang benar-benar bisa membuat seseorang mengeluarkan potensi dirinya.

Tidak jarang, kesuksesan besar yang mereka dapatkan saat ini berasal dari dunia baru yang dibawa oleh sifat penasaran yang mereka pelihara sejak lama.

4. Memberi Kegembiraan

Orang penasaran adalah orang yang tidak pernah merasa bosan. Mereka terdorong oleh energi besar dalam diri untuk menemukan dan mewujudkan ide-ide yang muncul di kepala mereka.

Bahkan mereka tidak bisa lepas dari buku catatan dan pulpen untuk menulis ide-ide segar yang mengalir dari pikirannya.

Melengkapi bagaian yang hilang

Inilah mengapa rasa penasaran sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Pertanyaanya sekarang, apakah Anda memiliki rasa penasaran yang tinggi?

Jika Anda merasa tidak memiliki rasa penasaran tinggi, saatnya Anda menerapkan berbagai cara yang akan ditunjukkan di bawah ini. Terapkan satu persatu dan lihat apa yang akan terjadi pada diri Anda.

1. Jaga Pikiran Tetap Terbuka

Hanya pikiran terbukalah yang bisa menerima ide, pemikiran atau pendapat yang berbeda bahkan sangat bertentangan dengan ide sendiri. Ia mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda. Tentu akan sangat membantunya menghasilkan ide-ide baru ataupun menghasilkan keputusan yang lebih tepat dan menguntungkan.

2. Jangan Telan Mentah-mentah Ide Orang Lain

Untuk meningkatkan rasa penasaran itu sendiri, jangan pernah telah mentah-mentah ide yang disampaikan orang lain. Cobalah analisa terlebih dahulu apa yang mereka sampaikan. Lihat dari sudut pandang lain, mengapa mereka mengungkapakan pendapat tersebut dan apakah ide tersebut cocok untuk Anda. Jika tidak, Anda bisa melepaskannya dan meninjau ide lain.

Saat menelan mentah-mentah ide atau pemikiran orang lain akan membuat pikiran Anda diam dan rasa penasaran itu tidak akan bertumbuh.

3. Ajukan Pertanyaan Tanpa Henti

Saya sangat menyukai poin ini. Dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, pikiran jauh lebih aktif dan memberikan jawaban sesegera mungkin. Pertanyaan yang tidak dijawab dengan cepat akan tetap dicerna dan jawabanya muncul saat Anda benar-benar dalam kondisi tenang.

Tetaplah mengajukan banyak pertanyaan kepada diri sendiri. Ajukan pertanyaan yang bisa memicu jawaban positif. Jawaban yang benar-benar bisa meningkatkan motivasi dan rasa penasaran Anda.

4. Beri Penilaian Dengan Bijak

Jangan terlalu mudah memberi penilaian buruk terhadap sesuatu hal. Apapun itu. Saat Anda memberikan penilaian buruk, maka pikiran akan menutup diri dan mengabaikan hal tersebut. Baik buruk penilaian Anda hanya sebatas persepsi yang Anda berikan.

Apa yang rasa buruk saat ini bisa jadi satu hal yang benar-benar Anda butuhkan di masa depan. Jadi, belajarlah untuk memberi penilaian bijak kepada sesuatu hal.

5. Lihatlah Proses Pembelajaran Dari Sisi yang Menyenangkan

Jika Anda melihat proses belajar dari sisi membosankan, tentu proses menumbuhkan rasa penasaran akan sangat sulit dilakukan. Dengan melihat belajar dari sisi fun akan membuat proses belajar jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Hanya dibutuhkan keberanian untuk melihat proses belajar dari sisi yang berbeda. Hasilnya, apapun yang Anda lakukan akan berbeda dan tentunya Anda akan lebih menikmatinya.

Baca Buku

6. Baca Bacaan yang Beragam

Jangan terlalu asik berada dalam satu dunia. Cobalah untuk melihat dunia lain. Caranya?

Bacalah bacaan yang berbeda setiap harinya. Apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, jauh sangat membantu kita dalam mengakses informasi yang Anda butuhkan.

Jangan ragu untuk membeli buku yang benar-benar bisa memuaskan rasa penasaran Anda. Jika tidak? Anda akan menyesal. Itu juga sama artinya Anda sedang mengkerdilkan rasa penasaran Anda.

Perlu Anda ketahui, jika Anda ingin proses belajar lebih cepat melalui buku yang Anda baca, maka Anda harus menguasai skill how to learn. Belum lagi ditambah dengan rasa penasaran Anda. Belajar pasti akan jauh lebih menyenangkan dan Anda pun bisa menguasai dunia baru dengan cepat.

Inilah alasan mengapa rasa penasan itu penting dan cara mengembangkanya dalam diri Anda sendiri. Selamat mencoba dan kami tunggu cerita Anda.

About the Author ronalbiring

>