menguasai materi

Bagaimana agar Anda Benar-Benar Menguasai Materi Bacaan?

Shares

Kesal ga, sih, kalau habis baca buku suka lupa isinya?

Pastinya, Anda kesal, bukan?

Apalagi kalau tidak bisa menjawab pertanyaan orang lain ketika ditanya apa isi buku itu. Padahal, menurut perasaan Anda, Anda sudah menguasainya dengan penuh. Tetapi, ketika ditanya, eh, Anda bingung menjawabnya.

Itu merupakan tanda bahwa sebenarnya Anda memang belum paham betul.

Jika begitu, apa yang harus Anda lakukan?

Anda harus mendalami kembali buku yang Anda baca! Yup! Anda harus mendalaminya sehingga Anda benar-benar menguasai materi buku itu.

Tetapi, bagaimana caranya? Bagaimana mendalami buku supaya benar-benar menguasai materi di dalamnya?

Untuk mengetahuinya, simak artikel ini hingga selesai. Dalam artikel ini, penulis akan mengajak Anda untuk mengetahui cara agar Anda dapat menguasai materi bacaan dengan penuh. Semoga, artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Cara Menguasai Materi Bacaan: Jelaskan kepada Orang Lain!

Marne B. Isakson, Ph.D, penulis buku Learn More and Read Faster: A Handbook of Advanced Reading Strategies for College Success, dalam situs ctl.byu.edu menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menguasai materi bacaan yaitu dengan MENJELASKAN apa yang sudah dipelajari atau dibaca kepada orang lain.

Pertanyaannya, bagaimana menjelaskan materi bacaan kepada orang lain bisa membantu Anda menguasai buku dengan penuh?

Berikut ini beberapa alasannya.

1. Menemukan celah kekurangan dalam pemahaman Anda

Seringkali, setelah membaca buku, kita memiliki ilusi bahwa kita sudah memahami dan menguasai buku itu dengan penuh. Kita terlalu percaya diri dengan pemahaman kita. Tetapi, ketika diminta menjelaskan isi buku itu, barulah kita tahu ternyata masih banyak yang belum kita pahami dengan baik.

Anda setuju, bukan?

Nah, menjelaskan materi yang baru Anda baca atau pelajari memberikan kesempatan kepada diri Anda sendiri untuk menemukan KONTRADIKSI atau CELAH dalam pemahaman Anda.

Ketika Anda menjelaskan isi buku yang baru Anda baca, niscaya muncul keganjilan, kontradiksi, dan ketidak-konsistenan di sana sini, yang membuat pemahaman Anda kurang lengkap dan terkadang menjadi tidak masuk akal. Nah, kesadaran tentang adanya kontradiksi itu dapat memotivasi Anda untuk menyelesaikan kontradiksi tersebut atau menemukan jawaban yang dapat menutupi celah pemahaman Anda.

2. Memudahkan Anda menghapal materi di luar kepala

Anda dapat disebut menguasai materi bacaan hanya jika Anda hapal materi itu di luar kepala.

Nah, menjelaskan buku yang baru Anda baca membantu Anda menghapal gagasan yang diusung buku itu di luar kepala Anda.

Mengapa bisa begitu?

Ketika Anda menjelaskan isi buku yang baru Anda baca, sejatinya Anda sedang memasukkannya ke dalam memori jangka panjang. Penjelasan yang Anda ULANG-ULANG, yang Anda revisi dan sempurnakan membuat materi itu menetap di memori Anda.

3. Menjadikan gagasan sang penulis buku menjadi milik Anda

Ketika Anda menguasai sebuah materi/gagasan, Anda seolah-olah menjadi pemilik gagasan tersebut. Anda dapat menjelaskannya secara detail. Anda dapat membela kelebihannya dan dapat menunjukkan kekurangan gagasan tersebut kepada orang lain.

menguasai materi bacaan

Nah, menjelaskan materi yang baru Anda pelajari/baca melatih Anda untuk lebih familiar dengan materi itu. Pertanyaan dan kritik orang lain terhadap gagasan itu mendorong Anda untuk mencari jawaban atas kritik dan pertanyaan tersebut. Ini membuat pemahaman Anda semakin kaya. Di samping itu, dukungan oang lain terhadap gagasan tersebut memberikan wawasan kepada Anda mengenai kelebihan dari gagasan itu.

Itulah beberapa alasan mengapa menjelaskan materi yang baru Anda baca dapat membantu Anda menguasai materi tersebut secara penuh.

Sekarang, bagaimana cara menjelaskan materi bacaan kepada orang lain?

Bagaimana Cara Menjelaskan Materi kepada Orang Lain?

Ada dua cara yang dapat Anda tempuh untuk menjelaskan materi yang baru Anda baca. Pertama, Anda dapat MENULISKAN penjelasan Anda dalam bentuk artikel. Berpura-puralah seolah-olah Anda menulis untuk orang lain. Dengan begitu, Anda terdorong untuk lebih berhati-hati dalam menulis.

Mengenai peran menulis dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi, secara lebih mendalam dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul “Menulislah, agar Kemampuan Berpikir Anda Semakin Tajam!dan Bangkitkan Rasa Ingin Tahu Anda dengan Menulis!

Cara yang kedua yaitu dengan PRESENTASI. Presentasi tidak harus bersifat formal. Anda dapat mempersentasikan materi yang baru saja Anda baca kepada keluarga Anda. Di sela-sela berkumpul bersama keluarga, Anda dapat mengajak mereka untuk mendiskusikan materi yang baru Anda pelajari. Dari situ, Anda dapat menjelaskan kepada mereka dan mereka dapat bertanya dan mengkitik penjelasan Anda. akhirnya, Anda pun dapat menyempurnakan pemahaman Anda.

 

Nah, bagaimana? Mudah, bukan, untuk memperdalam dan menguasai materi buku dengan penuh? Kuncinya adalah menjelaskan! Bangun tradisi menulis dan berdiskusi untuk menjelaskan setiap materi buku yang baru Anda baca dan rasakan manfaatnya yang fantastis.

 

 

 

 

 

 

 

About the Author Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

follow me on:
  • […] di luar kepala. Proses membaca pun menjadi jauh lebih cepat, ringan, dan menyenangkan. Anda dapat menguasai materi bacaan lebih cepat dan […]

  • >