Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Punya Motto Hidup!

Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Punya Motto Hidup!

Apa motto hidup Anda?

“Hah? Motto hidup?? Buat apa? Ga mempan, ga ngaruh!” mungkin demikian jawab Anda ketika mendengar pertanyaan di atas.

Yup! Motto hidup kelihatannya memang sepele, sekadar untuk membuat dunia lebih ramai. Tetapi, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda memilikinya.

Tidak percaya?

Hmmm, jika begitu, coba perhatikan baik-baik, mengapa setiap perusahaan pasti punya motto. Perhatikan juga mengapa negara kita punya motto. Bahkan, setiap orang yang sukses pasti punya motto.

Contoh, Steve Jobs punya motto hidup “Do you want to spend the rest of your life selling sugared water or do you want a chance to change the world?” Mark Zukerberg punya motto hidup “Move fast and break thnings.” Motto hidup Albert Einstein lain lagi. Motto-nya adalah “Imagination and creativity is more important than knowlegde.”

See? Semua punya motto! Pastinya ada alasan yang penting mengapa perusahaan, negara, dan individu merasa perlu repot-repot merumuskan motto.

Mungkin, Anda akan menyangkal, “Ah, tetap saja ga ngaruh!”

Baiklah jika Anda masih ragu, yuk, cari tahu mengapa motto hidup penting dan karenanya Anda harus memilikinya.

Alasan Mengapa Anda Harus Punya Motto Hidup

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus punya motto dalam hidup Anda.

1. Mengingatkan Anda untuk tetap fokus pada tujuan

Motto hidup yang efektif yaitu yang sesuai dengan nilai yang Anda junjung tinggi. Nilai ini (core value) berhubungan erat dengan tujuan Anda.

Contoh, core value Anda adalah kesehatan. Ini artinya, Anda sangat menjunjung tinggi nilai kesehatan dalam hidup Anda. Tetapi, mengapa Anda menjunjung tinggi nilai kesehatan tergantung pada tujuan Anda. Misalnya, Anda menjunjung tinggi nilai kesehatan lantaran sehat menjadi modal bagi Anda untuk bisa mandiri. Ketika tubuh Anda sakit, mau tak mau Anda harus bergantung pada orang lain.

Nah, motto hidup membantu mengingatkan Anda pada tujuan itu. Motto hidup dapat membantu mengingatkan Anda untuk tetap fokus pada tujuan.

Anda dapat merumuskan motto hidup yang mewakili core value dan tujuan Anda. Contoh:

“Tubuh yang sehat pangkal kemandirian.”

“Saya tak perlu bersandar pada orang lain selama saya masih sehat. Untuk itu, saya harus selalu sehat.”

“Ketika tidak ada yang bisa menolongmu, ingatlah selalu masih ada tubuhmu yang sehat.”

Dengan motto di atas, bawah sadar Anda mengidentikkan diri Anda dengan core value dan tujuan Anda. Ia akan mengingatkan Anda manakala tindakan Anda menyimpang dari tujuan dan core value tersebut.

Contoh, suatu hari Anda tergoda untuk merokok lantaran teman-teman menawari Anda satu batang. Nah, motto hidup Anda dapat menyelamatkan Anda dari godaan itu dengan cara mengingatkan Anda untuk tetap fokus pada tujuan Anda, yakni tetap sehat supaya dapat hidup mandiri.

2. Membantu meningkatkan willpower Anda

Sebagaimana dijelaskan di atas, motto yang efektif adalah yang sesuai dengan tujuan jangka panjang Anda. Contoh, Anda memiliki tujuan jangka panjang untuk membahagiakan keluarga.

Nah, motto itu dapat membantu meningkatkan willpower alias kemauan Anda untuk bertindak.

motto hidup

Ketika Anda malas atau bosan bekerja, ingatlah motto hidup Anda. Ketika Anda mengingat motto Anda, Anda teringat akan tujuan besar Anda. Anda teringat bahwa Anda ingin keluarga Anda bahagia. Akhirnya, hal itu mendorong Anda untuk semangat bekerja lagi demi bisa mencapai tujuan itu.

3. Memberikan motivasi kepada Anda

Ketika Anda takut, cemas, sedih, kecewa, atau merasa rendah, Anda butuh sesuatu yang dapat memotivasi Anda. “Sesuatu” itu dapat berupa aneka macam. Ia dapat berupa pasangan Anda. Ia juga dapat berupa nasihat dari orang bijak. Ia dapat berupa kata-kata motivasi. Nah, kata-kata yang motivatif ini tidak lain adalah motto.

Ada beberapa motto yang dapat membangkitkan motivasi Anda dan membuat pikiran Anda lebih tenang. Contohnya:

“Badai pasti berlalu.”

“Anjing menggonggong, kafilah berlalu.”

“Tak perlu takut. Tuhan selalu menyertaimu.”

“Tak ada gading yang tak retak.”

Mengingat motto-motto di atas niscaya dapat membantu memotivasi diri Anda dan menenangkan hati dan pikiran ketika Anda sedang galau.

4. Meningkatkan produktivitas

Selain motto yang dapat membangkitkan motivasi, ada juga motto yang dapat membuat Anda lebih produktif. Contoh, “Move fast and break things,” sebagaimana dirumuskan oleh Zukerberg di atas. Dengan motto itu, Anda jadi lebih tergugah untuk bergerak cepat.

Pertanyaannya, bagaimana bisa motto seperti itu menggugah Anda?

Ketika Anda merumuskan sebuah motto untuk diri Anda sendiri, bawah sadar Anda mengidentikkan diri Anda dengan motto tersebut. Ia memerintahkan tubuh Anda untuk berperilaku sebagaimana yang diajarkan motto itu. Inilah alasan mengapa motto hidup sangat powerful.

Anda dapat merumuskan motto untuk diri Anda supaya lebih produktif. Berikut ini beberapa contoh motto hidup yang dapat meningkatkan produktivitas Anda.

“Talk less, do more.”

“Love what you do, do what you love.”

“Kerja cerdas, bukan kerja keras.”

“Decide, commit, succeed.”

5. Membantu Anda tetap persisten pada tujuan

Perjalanan mencapai tujuan bukanlah perjalanan yang mulus. Di sepanjang jalan senantiasa ada berbagai rintangan. Ada kerikil yang tajam, ada jalanan yang terjal. Ada pula jalanan yang berkelok-kelok. Tanpa sikap persisten alias ngotot pada tujuan, niscaya Anda akan menyerah di tengah jalan.

Nah, motto hidup membantu Anda untuk tetap persisten pada tujuan Anda. Caranya dengan mengingatkan Anda akan manisnya kesuksesan manakala Anda sampai pada puncak/tujuan Anda; dengan mengingatkan Anda masih ada alternatif lain untuk sampai pada tujuan. Atau, dengan mengingatkan Anda untuk tidak mudah menyerah.

Contoh:

“Patience is a virtue, but persistence to the point of success is a blessing.”

“Apa yang sulit diraih sangatlah berharga untuk diperjuangkan.”

“Kegagalan adalah guru yang terbaik.”

 

Nah, demikianlah beberapa alasan mengapa Anda harus punya motto hidup. Ketika Anda merumuskan sebuah motto untuk diri Anda sendiri, bawah sadar Anda mengidentikkan diri Anda dengan motto tersebut. Ia memerintahkan tubuh Anda untuk berperilaku sebagaimana yang diajarkan motto itu. Motto yang sesuai dengan tujuan besar Anda menuntun Anda pada tujuan itu. Bukan hanya itu, ia juga memotivasi Anda, menjadikan Anda lebih produktif, dan pantang menyerah.

Sekarang, apa motto hidup Anda?

Baca juga:

Atur Energi, Bukan Waktu agar Kerja Lebih Efisien

Apa Arti Kebebasan bagi Anda?

Tips Bekerja dengan Gembira

 

 

Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

This Post Has 1 Comment

Leave a Reply

Close Menu