penyebab kegemukan

Terungkap Sudah Penyebab Kegemukan yang Paling Utama! Hindari Penyebab Ini agar Anda lebih Cepat Langsing dan Semakin Gesit dan Produktif!

Salah satu masalah terbesar Anda yaitu badan Anda yang gemuk. Anda sangat membenci kondisi itu. Bencinya bukan karena Anda jadi kurang menarik, tetapi Anda jadi tidak gesit, kurang produktif, dan mudah mengantuk.

Lebih dari itu, yang paaaaling membuat Anda benci yaitu, badan yang gemuk membuat Anda terus dihantui rasa bersalah. Anda menyalahkan diri sendiri karena tidak bisa menahan makanan penyebab gemuk. Apalagi, teman dan keluarga juga sering menyalahkan Anda karena hal itu; karena Anda tidak dapat menahan godaan santapan berlemak dan mengandung gula berlebih.

Tetapi, apakah benar kegemukan Anda karena 100% kesalahan Anda? Apa benar Anda menjadi gemuk semata-mata karena Anda tidak dapat mengendalikan diri?

Jawabannya tidak!

Kontrol diri tidaklah begitu berpengaruh! Nyatanya, manusia hanya memiliki 12% kontrol terhadap dirinya sendiri. Selebihnya, 88% kontrol dipegang oleh pikiran bawah sadar alias subconscious mind.

Inilah masalah utama Anda, penyebab kegemukan Anda! Penyebab kegemukan Anda yang paling utama bukanlah lemahnya kontrol diri Anda, melainkan pikiran bawah sadar Anda. Dipaksa bagaimana pun juga, kekuatan kontrol diri Anda mentok di 12%.

Nah, tetapi, bagaimana pikiran bawah sadar menjadi penyebab kegemukan Anda yang paling utama?

Berikut ini penjelasannya.

Keyakinan Bawah Sadar, Penyebab Kegemukan Anda yang Paling Utama

Apa itu pikiran bawah sadar dan bagaimana ia bisa membuat badan Anda gemuk?

Pikiran kita terdiri dari dua bagian, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar bertugas untuk aktivitas berpikir seperti memahami informasi, memahami isi buku, berpikir abstrak, menghitung perhitungan matematika, berkehendak, dan mengontrol diri Anda.

Sementara itu, pikiran bawah sadar membentuk kebiasaan, mindset, persepsi, dan juga  menentukan emosi Anda.

Tetapi, kendali pikiran sadar atas diri Anda hanyalah sebesar 12%. Selebihnya, tubuh dan perilaku Anda dikendalikan oleh pikiran bawah sadar.

Lalu, bagaimana pikiran bawah sadar membuat Anda gemuk?

Bagaimana Pikiran Bawah Sadar Membuat Anda Gemuk?

Setiap ucapan yang Anda dengar masuk ke dalam pikiran bawah sadar. Apabila setiap hari orang berkata kepada Anda bahwa Anda cerdas, maka lama kelamaan, ucapan itu masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan mengendap di sana. Apabila orang-orang berkata Anda mudah tergoda makanan, ucapan itu juga masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan menetap di sana. Pokoknya, semua ucapan yang Anda dengar, apalagi berulang kali Anda mendengarnya, maka ia mengendap di dalam pikiran bawah sadar.

Nah, di dalam pikiran bawah sadar, ucapan itu menjadi sistem kepercayaan yang mengontrol pola pikir dan perilaku Anda. Ucapan yang mengatakan bahwa Anda cerdas membuat pikiran bawah sadar Anda percaya bahwa Anda memang orang yang cerdas. Ucapan yang mengatakan bahwa Anda mudah tergoda makanan membuat pikiran bawah sadar percaya bahwa Anda memang mudah tergoda makanan.

Dengan kepercayaan seperti itu, pikiran bawah sadar memerintahkan Anda untuk berperilaku sebagaimana yang ia percayai. Kepercayaan bahwa Anda orang yang cerdas mendorong pikiran bawah sadar untuk memerintahkan Anda bertindak cerdas. Kepercayaan bahwa Anda mudah tergoda makanan mendorong pikiran bawah sadar untuk memerintahkan Anda menyantap semua jenis makanan, tidak peduli apakah makanan itu membuat Anda gemuk atau tidak.

Sampai di sini, Anda mulai paham, bukan, bagaimana pikiran bawah sadar membuat Anda gemuk?

Keyakinan-Keyakinan Bawah Sadar Penyebab Kegemukan Anda

Selain karena ucapan-ucapan di atas, masih banyak lagi ucapan lainnya yang sering Anda dengar yang masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan memerintahkan Anda untuk menjadi gemuk.

penyebab kegemukan

Apa saja contohnya?

Mungkin, dulu waktu masih bayi, tubuh Anda gemuk montok dan karenanya orang-orang suka berkata, “Ih, montoknya. Gemes, deh,” “Bayi gendut. Lucu,” “Ih, pipinya tembem. Cantik banget,” sambil mencubit-cubit pipi Anda. Nah, ucapan-ucapan itu membuat pikiran bawah sadar Anda berkesimpulan bahwa gemuk itu cantik, gemuk itu imut, dan lucu, membuat orang-orang menyukai Anda.

Kesimpulan itu mengendailkan perilaku Anda. Karena kesimpulan itu, pikiran bawah sadar memerintahkan diri Anda untuk menjadi orang yang gemuk.

Kalau sudah begitu, maka sekuat apapun Anda berusaha menahan godaan makanan berlemak, usaha itu sia-sia. Ia kalah dengan pikiran bawah sadar Anda yang memerintahkan Anda untuk tetap gemuk. Ini karena, sebagaimana penulis jelaskan di atas, pikiran bawah sadar memegang 88% kendali atas diri Anda, sedangkan pikiran sadar hanya memegang 12% kendali. Karena 12% lawan 88%, tentu saja, pikiran sadar Anda kalah dengan pikiran bawah sadar Anda.

Di samping pujian-pujian yang Anda dengar di waktu masih bayi, banyak keyakinan lainnya yang juga membuat Anda gemuk. Contohnya, keyakinan bahwa “subur itu makmur”, “badan yang gemuk pertanda Anda bahagia,” “badan kurus pertanda hidup Anda tertekan dan menderita,” “kalau ga makan nasi berasa belum makan.”

Anda kenal lagu anak-anak yang berjudul “Ayo Makan Bersama”? Dalam lagu itu, ada bait yang mengajak Anda untuk makan banyak dan jangan sampai ada sisa “Banyak-banyak makan, jangan ada sisa, ayo makan bersama….”Nah, bait itu juga mengajarkan pikiran bawah sadar Anda untuk makan berlebih dan jangan meninggalkan sisa.

Tanpa disadari, kesemua itu membuat Anda gemuk. Keyakinan-keyakinan itu mengendalikan perilaku Anda, memerintahkan tubuh Anda untuk melakukan tindakan yang membuat Anda gemuk seperti makan banyak, malas berolahraga, dan menyantap makanan berlemak dan mengandung gula berlebih.

Nah, itulah penyebab kegemukan yang selama ini tidak Anda sadari. Sekuat apapun Anda berusaha untuk menahan godaan gorengan, makanan berminyak dan berkadar gula tinggi, apabila di dalam pikiran bawah sadar Anda tersimpan keyakinan bahwa gemuk itu cantik, subur itu makmur, gemuk itu pertanda bahagia, kurus pertanda hidup tertekan, dan keyakinan-keyakinan serupa lainnya, maka selama itu usaha Anda kalah dengan keyakinan bawah sadar Anda. Ingat, 12% kalah dengan 88%!

Kalau begitu, bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana agar pikiran bawah sadar Anda berhenti mempercayai keyakinan-keyakinan di atas?

Bagaimana Cara Menghilangkan Keyakinan Bawah Sadar Penyebab Kegemukan Anda?

Anda harus mereprogram pikiran bawah sadar Anda dengan memasukkan sugesti dan keyakinan yang berlawanan dengan keyakinan di atas.

Bagaimana caranya?

Anda dapat melakukan teknik reprogram bawah sadar dengan afirmasi positif ataupun visualisasi sebagaimana yang penulis jelaskan dalam artikel yang berjudul 3 Cara Dahsyat Mengubah Mindset Negatif menjadi Mindset Sukses!

Mereprogram pikiran bawah sadar jauh LEBIH AMAN dibanding diet dengan obat-obatan atau dengan program diet yang ketat dan menyiksa. Di samping itu, karena langsung menyentuh penyebab utama kegemukan, maka hasilnya pun PERMANEN. Anda tidak akan lagi terjerumus pada kebiasaan-kebiasaan lama Anda seperti menyantap makanan berlemak dan berkadar gula tinggi, makan lebih dari tiga kali sehari, malas berolahraga, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya.

Untuk itu, segera reprogram keyakinan bawah sadar Anda dan persiapkan diri Anda menjadi langsing, gesit, dan tambah produktif. Bayangkan hidup Anda menjadi jauh lebih menyenangkan!

 

Baca juga:

Kurang Motivasi Diet? Yuk, Coba Strategi Berikut Ini!

Ini Dia Alasan Mengejutkan Mengapa Diet Sering Gagal!

Diet Gagal Terus? Jangan-Jangan Anda Mengidap Sindrom Yo-Yo!!!

Rina Ulwia
 

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

  • […] Karena, pikiran bawah sadar Anda tidak tahu pasti apa yang dimaksud sejahtera. Apakah hidup pas-pasan tetapi tidak banyak keinginan? Apakah sejahtera sama artinya badan gemuk? […]

  • >