Ingin Cepat Sukses? Ajukan 5 Pertanyaan Ini Setiap Hari

Untuk mencapai kesuksesan tentunya kita harus memiliki target atau tujuan yang jelas untuk diraih. Tanpa adanya tujuan, sangat tidak mungkin untuk meraih apa yang diinginkan.

Dalam kenyataanya, kita tidak cukup hanya melakukan tindakan nyata sesuai strategi yang telah ditentukan, yang diyakini bisa membawa kita mencapai tujuan yang diinginkan. Harus ada evaluasi yang dilakukan secara berkala.

Tujuanya, agar Anda mengetahui sudah sejauh mana perjalanan yang Anda lakukan, strategi apa yang bisa Anda terapkan untuk mengefektifkan waktu dan mempercepat proses pencapaian impian Anda.

Bukan hanya itu, ini juga akan membantu Anda memperbaharui peta perjalanan Anda lebih up to date. Anda bisa menyesuaikan dengan mudah sesuai keinginan atau perubahan yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Jika saat ini Anda belum memiliki tujuan tertulis yang jelas, maka saran saya, Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Kemudian menggunakan pertanyaan yang akan kita bahas dalam proses mengejar impian Anda.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menjaga motivasi tetap terjaga dengan baik bahkan meningkatkan motivasi Anda sendiri. Ini juga berfungsi untuk mengevaluasi apa yang telah Anda lakukan sejauh ini. Baiklah, berikut pertanyaan yang bisa Anda gunakan :

Bertanya

1. Apakah saya dijalur yang tepat?

Ask yourself if what you are doing today is getting you closer to where you want to be tomorrow

Unknown

 Jika Anda tidak memiliki gairah atas pekerjaan Anda, maka akan sulit sekali mengeluarkan kemampuan terbaik Anda di hal yang dilakukan. Anda tidak akan termotivasi mengatasi hambatan alami dan hambatan di luar dugaan yang menuntun Anda mencapai kesuksesan Anda.

Bahkan jika Anda memulai dengan motivasi sebesar emberpun tidak akan bertahan lama jika Anda tidak memiliki gairah atas apa yang Anda lakukan. Itulah mengapa sangat penting memeriksa diri dengan gairah yang Anda miliki pada hal yang dilakukan.

Selanjuganya Anda juga perlu mecari tahu tentang “kendaraan” yang bisa membawa Anda mencapai tujuan Anda. Ini bisa pekerjaan atau usaha yang Anda jalanan sendiri atau dengan orang lain.

Jika Anda merasa yakin akan “kendaraan” Anda dan mulai kekurangan gairah, Anda perlu menyalakan api semangat dalam diri Anda untuk meningkatkan motivasi dan mengatasi masalah yang Anda di depan mata. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan mengajukan pertanyaan positif kepada diri sendiri. Ini sangat efektif untuk menghidupkan api motivasi dalam diri Anda.

Jika Anda merasa tidak yakin akan “kendaraan” yang Anda gunkan, maka cobalah mencari kendaraan lain yang lebih sesuai dengan gairah dan minat Anda. Alasanya sangat logis. Itu menentukan totalitasdalam bekerja dan seberapa bisa Anda menikmati pekerjaan tersebut.

Semakin Anda menikmatinya, semakin mudah Anda mengelurakan potensi terbaik Anda. Ini juga akan menentukan seberapa cepat Anda bisa mencapai tujuan tersebut.

2. Apakah saya belajar dari kegagalan saya?

Failure is simply the opportunity to begin again, this time more intelligently

Henry Ford

Kesuksesan memiliki satu pola yang pasti dan unik. Di mana selalu di awali dengan kegagalan. Belum pernah ditemukan orang sukses mengawali kesuksesanya tanpa sekali pun kegagalan. Kegagalan seperti itu adalah normal, bahkan sehat.

Hal penting yang harus diketahui adalah, apakah Anda belajar dari kegagalan tersebut? Atau malah menyalahkan orang lain atas kegagalan yang Anda alami.

Belajar dari kegagalan akan memberikan Anda pencerahan baru akan hal yang tidak perlu Anda lakukan di masa depan untuk menghindari kegagalan yang sama, melakukan dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang berbeda pula serta hal kecil lain yang mendukung kesuksesan strategi yang Anda jalankan.

Berilah waktu untuk diri sendiri untuk merenungkan pelajaran yang bisa Anda serap dari kegagalan Anda. Pesan dan pelajaran yang Anda dapatkan akan meningkatkan kebijaksaan dalam diri Anda sendirinya.

Selain itu, tidak perlu mencari kambing hitam atas kegagalan Anda. Mencari kambing hitam sama saja Anda belum bisa menerima kegagalan dan menyembunyikan diri di balik kesalahan orang lain. Anda tidak akan mendapatkan pelajaran apapun dari kegagalan yang menimpa diri Anda. Bisa jadi masalah yang sama bisa terulang kembali di masa depan.

Young girl thinking with abstract icons on her head

3. Apakah saya secara konsisten mendorong diri sampai batas terbaik yang bisa saya lakukan?

If you always put limit on everything you do, physical or anything else. It will spread into your work and into your life. There are no limits. There are only plateaus, and you must not stay there, you must go beyond them.

Bruce Lee

Apakah Anda telah melakukan yang terbaik dari apa yang bisa dilakukan sejauh ini? Apakah Anda benar-benar memberikan totalitas Anda?

Melakukan dengan totalitas berarti Anda memberikan sepenuhnya hati dan pikiran. Ini menentukan fokus dan usaha yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Dengan begitu, Anda mendorong diri Anda melakukan yang terbaik melebihi batas kemampuan Anda.

Ini akan memudahkan Anda mengetahui tolak ukur kemampuan diri Anda. Mendorong diri melewati batas kemampuan akan memberikan keyakinan baru bagi Anda, bahwa apa yang diharapakan bisa tercapai meskipun itu terlihat mustahil bagi Anda.

Tantang dan doronglah diri Anda untuk mencapai batas kemampuan yang Anda miliki. Bagaimana dengan tim Anda, apakah mereka juga melakukan hal sama seperti Anda? Bagaimana Anda bisa membantu mereka mengelurakan kemampuan alami yang mereka miliki?

4. Apakah rencana permainan saya selanjutnya?              

Selagi Anda asik menantang diri sendiri, cobalah evaluasi strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengefektifkan pekerjaan Anda. Mulai dari menyingkirkan kegiatan yang tidak dibutuhkan dan membentuk satu kebiasaan baru yang lebih mendukung produktivitas Anda.

Seperti bangun lebih cepat, menghindari percakapan dengan rekan kerja sebelum pekerjaan Anda selesai terlebih dahulu, mengambil jalan pintas agar lebih cepat sampai kantor dan hal-hal kecil lainya.

Berpikir simple adalah kunci dari bagian ini. Anda juga perlu memikirkan rencana kerja yang harus dilakukan untuk mendukung kesuksesan akan pekerjaan yang dilakukan esok hari.

Ask Me

5. Apakah saya yakin kalau saya mampu melakukan ini?

Don’t ask yourself what the world needs. Ask yourself what makes you come alive and then go do that. Because what the world needs is people who have come alive

Howaed Thurman

 Hal utama yang harus Anda miliki untuk bisa mencapai semuanya adalah rasa percaya pada diri sendiri serta apa yang Anda inginkan dalam hidup. Akan sangat sulit sekali mendapatkan apa yang diinginkan jika Anda tidak mempercayai diri sendiri.

Anda juga akan sulit meyakinkan orang lain karena Anda sendiri juga tidak percaya kepada kemampuan dan tujuan yang ingin dicapai. Ini juga akan menghambat Anda mencapai hasil pembelajaran yang maksimal yang Anda butuhkan untuk mendukung perkembangan diri Anda.

Apa tanda bahwa Anda mempercayai diri Anda sendiri?

Cobalah lihat ke cermin dan ajukan pertanyaan di atas kepada diri Anda sendiri. Jawaban pertama yang muncul adalah jawaban yang jujur dan sesunggunya dari diri Anda. Selanjutnya, bagaimana perasaan Anda saat mendapatkan jawaban tersebut? Apakah Anda merasa nyaman atau tidak nyaman.

Perasaan yang muncul menentukan keyakinan Anda. Jika Anda merasa nyaman, maka itu indikasi bahwa Anda percaya pada diri sendiri dan apa yang Anda inginkan. Jika Anda merasa tidak nyaman akan diri sendiri, berarti itu tanda Anda tidak percaya akan apa yang Anda inginkan.

Cari tahu ke dalam diri Anda mengapa Anda tidak percaya kepada apa yang Anda inginkan. Tanyakan juga kepada diri Anda apa yang bisa dilakukan agar Anda bisa mencapai keinginan tersebut. Tidak ada yang bisa melakukannya. Hanya Anda yang bisa melakukanya.

Inilah pertanyaan yang harus Anda ajukan setiap harinya untuk mendukung Anda mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Pembaca, pertanyaan apa yang Anda ajukan pada diri sendiri untuk mengevaluasi perkembangan diri Anda?

Leave a Reply

Close Menu