7 Sikap Proaktiv, Wajib Dimiliki Untuk Meningkatkan Karier Anda

Karier tertinggi di satu perusahaan adalah target dari setiap orang yang bekerja di dalamnya. Mereka berusaha sebaik mungkin untuk memberikan produktivitas terbaik mereka. Dengan harapan memberikan kotribusi yang akan mendukung kemajuan perusahaan dan pekerjaan yang dilakukan selesai tepat waktu. Dengan produktivitas yang baik tidak jarang atasan mempromosikan mereka untuk jabatan dan tanggung jawab yang lebih tinggi.

Sayangnya, sangat jarang sekali bisa menemukan orang dengan sikap dan karakter seperti ini. Kebanyakan karyawan hanya sebatas bekerja dan mengharapkan penghasilan yang mereka terima setiap bulannya. Dengan harapan mereka bisa bertahan hidup dan bisa membiayai kehidupan keluarga mereka. Dengan sikap seperti ini, mereka sulit mencapai karier yang gemilang di tempat kerja mereka.

Kejar

Jika ingin memiliki jenjang karier yang gemilang, Anda harus memiliki sikap proaktif dalam mengejar karier Anda. Artinya Anda tidak hanya menunggu dan menunggu. Anda harus berinisiatif melakukan tindakan nyata untuk kemajuan diri Anda sendiri alih-alih untuk kemajuan perusahaan tempat Anda bekerja.

Dengan perkembangan dunia saat ini, kita dengan mudah bisa mempelajari semua skill yang kita butuhkan untuk menunjang kesuksesan kita di masa depan. Sudah sangat banyak pembelajaran yang bisa diakses secara online.

Sikap proaktif sangatlah penting dimiliki setiap orang yang bekerja. Tidak masalah apakah Anda seorang karyawan atau pemilik usaha. Semua wajib proaktif jika ingin terus bertahan dalam persaingan yang sangat ketat saat ini.

Memang dibutuhkan kesiapan dan kerelaan dalam bentuk investasi. Mulai dari materi, waktu, energi dan perhatian. Ini semua jika Anda ingin mencapai puncak karier di pekerjaan Anda.

Di artikel ini, saya ingin menunjukkan sikap seperti apa saja yang harus Anda miliki agar karier Anda bisa meningkat dan jika memungkinkan sampai pada posisi teratas di perusahaan Anda saat ini. Bukan hanya itu saja, kualitas kehidupan Anda pun akan meningkat secara tidak langsung. Berikut 7 sikap proaktif yang wajib dimiliki untuk meningkatkan karier Anda :

1. Jaga Impian Tetap Hidup

Banyak orang yang bekerja, hanya bekeja tanpa memiliki impian yang ingin mereka tuju. Inilah yang membuat banyak pekerja bertahan pada pekerjaan yang mereka tidak inginkan. Mereka mempertahananka rasa aman yang sebenarnya tidak nyaman bagi mereka.

Alasannya rasa takut dan kecemasan yang akan mereka hadapi jika keluar dari perusahaan tempat mereka bekerja. Ketakutan tersebut justru menghambat mereka untuk sukses. Apa yang mereka rasakan dan pikirkan belum tentu sama jika mereka berani keluar dari pekerjaannya saat ini.

Jagalah impian Anda tetap hidup dan terus bertumbuh. Impian memberikan motivasi internal dalam bekerja yang tentunya akan mempengaruhi produktivitas seseorang. Semakin yakin Anda perusahaan bisa menjadi jalur untuk mewujudkan kesuksesan Anda, maka Anda semakin bersemangat dan produktiv.

Jika saat ini impian Anda terlihat kabur, cobalah perjelas dengan melihat kembali ke dalam diri Anda. Apa impian terbesar yang ingin Anda capai. Selanjutnya sesuaikan dengan pekerjaan Anda. Apakah pekerjaan Anda bisa membantu mencapai impian Anda. Jika ia, puncak tertinggi karier di perusahaan layak Anda miliki.

Me & My Chracter

2. Mengetahui Bakat Dan Keterampilan Diri Sendiri

Bakat dan keterampilan akan sangat membantu Anda dalam mencapai karier gemilang. Mengasah dan mempelajari keterampilan baru sangatlah penting dilakukan. Jika Anda memiliki keterampilan yang belum mantap, tidak perlu berkecil hati. Teruslah berlatih dan asah karena semakin terbiasa Anda melakukanya, semakin baik Anda menggunkannya.

Jika ternyata keterampilan yang seharusnya ada belum Anda miliki, luangkan waktu Anda untuk mempelajari dan menjadikanya satu kebiasaan baru dalam hidup Anda.

Tidak masalah jika Anda merasa tidak berbakat. Bakat bukanlah satu-satunya cara untuk kesuksesan. Bakat bisa dipelajari selama Anda mau belajar dan melatih diri untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk kesuksesan Anda.

3. Sadar Diri

Sadar diri maksudnya, Anda mengetahui kelemahan dan kekuatan diri sendiri. Setiap orang memiliki kelemahan dan kekurangan. Begitu juga Anda.

Anda bisa menemukan kelemahan dan kekuatan Anda di setiap apa yang Anda lakukan di masa lalu. Mengingat kembali apa yang dikeluhkan oleh atas atau rekan kerja Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukanya dengan bertanya kepada rekan kerja atau atasan Anda. Bertanyalah kepada orang yang bisa memahami dan memiliki hubungan baik dengan Anda. Jangan kepada orang yang tidak suka dengan Anda. Tentu bisa memperburuk keadaan Anda dengan mereka.

Jika bertanya kepada orang lain, bersikaplah terbuka atas semua masukan mereka. Lihatlah apa yang bisa Anda pelajari bukanya menyangga masukan mereka. Masalah benar atau salah itu urusan Anda bukan mereka. Jangan terlalu pusing memikirkan kelemahan Anda yang mereka ungkapkan kepada Anda.

Selanjutnya gunakan waktu dan ruang yang Anda miliki untuk mengembangkan kelemahan yang Anda miliki. Dengan begitu akan membantu Anda meningkakan diri sendiri dalam proses mencapai potensi terbaik Anda.

4. Bentuk Kebiasaan Baru

Suka tidak suka, setiap orang sukses adalah orang yang memiliki kebiasaan yang mendukung kesuksesan mereka. Mereka memiliki kebiasaan membaca setiap hari. Mereka bertumbuh melalui buku yang mereka baca. Mereka memproritaskan kebiasaan yang satu ini.

Begitu juga dengan Anda. Bentuklah kebiasaan baru dengan mulai membaca buku. Carilah buku yang sesuai dengan minat dan kesukaan Anda. Saat membaca telah menjadi kebiasaan, Anda akan terbuka membaca buku yang berkaitan masalah yang Anda hadapi dengan pekerjaan Anda dengan sendirinya.

Sisihkan gaji Anda untuk terus belajar dengan membeli buku. Dengan begitu Anda bisa bertumbuh melalui buku yang Anda baca meskipun kurang mendapat pelatihan dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Jika Anda tidak suka membaca, Anda bisa mengikuti program tantangan membaca yang disajikan secara online saat ini. Anda bisa melihat di sini untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam.

5. Mengembangkan Diri

Anda tidak bisa lepas dari sikap yang satu ini. Anda harus terus belajar dan mengembangkan diri Anda jika ingin sukses dalam hidup. Ini adalah cara termudah dan terpraktis untuk bisa mencapai karier yang Anda miliki.

Cara termudah untuk mengembankan diri adalah dengan membaca buku seperti yang dijelaskan di atas. Selain itu Anda juga perlu mengikuti seminar dan pelatihan yang Anda butuhkan baik untuk diri sendiri dan perusahaan Anda secara tidak langsung.

Saat sekarang ini sudah sangat banyak pelatihan yang ditawarkan untuk membantu seseorang mudah untuk bertumbuh. Bahkan tidak jaran mereka menawarkan pelatihan secara online untuk dapat membantu dan menjangkau banyak orang. Ini justru akan sangat memudahkan Anda untuk bertumbuh apalagi jika Anda berada di daerah atau jauh dari kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

6. Hindari Lingkungan Yang Tidak Produktiv

Lingkungan memiliki peran yang sangat besar dalam hidup kita. Ia menentukan kualitas dan standar yang kita tetapkan untuk diri sendiri. Lingkungan positif akan memicu orang yang ada di dalamnya untuk terus bertumbuh begitu juga dengan sebaliknya. Lingkungan buruk akan membuat Anda tidak produktiv dalam bekerja.

Hindarilah lingkungan yang kurang sehat di perusahaan tempat Anda bekerja. Jika setiap orang yang ada didalamnya lebih suka untuk menggosip dan membicarakan keburukan orang maka cepat-cepatlah untuk menghindari orang-orang seperti itu.

Cepat atau lambat Anda bisa menjadi sama seperti mereka. Memiliki sifat dan kepribadian yang tidak mendukung kemajuan Anda. Carilah rekan kerja yang memiliki cara pandang dan pemikiran yang jauh kedepan. Bukan hanya berbicara, tapi juga bertindak melalui produktivitas kerja yang mereka tunjukkan kepada perusahaan.

Cepat atau lambat, Anda akan memiliki sikap dan kepribadian yang Anda inginkan dalam hidup yang akan membantu Anda mencapai karier yang impikan.

Come on beb

7. Mulailah Sekarang

Kapan waktu yang tepat untuk memulai semua cara yang dijelaskan di atas?

Ambillah waktu untuk diri Anda sendiri dan tetapkan target untuk dicapai. Jadilah pribadi yang terus bertindak bukan hanya berpikir dan berbicara. Dengan bertindak, Anda akan mengetahui sejauh mana Anda telah berusaha.

Terusalah belajar dan kembangkan kemampuan Anda. Cepat atau lambat Anda akan sampai pada karier yang Anda impikan.

Pembaca, apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan karier Anda di pekerjaan Anda saat ini? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.

Leave a Reply

Close Menu