7 Skill Yang Harus Dimiliki Jika Ingin Sukses Jadi Pengusaha

Saat sekarang ini banyak kalangan muda mulai berrami-ramai membangun usaha atau bisnis sendiri. Mereka tidak mau terikat dengan pekerjaan pada orang lain. Buktinya, banyak podak baru yang muncul ke pasaran yang memiliki nilai jual yang tinggi. Semua ini muncul dari kalangan muda.

Meskipun menjadi seorang pengusah menyenangkan dengan cerita yang sangat menggiurkan, tidak jarang banyak pengusaha di awal jatuh ke jurang kegagalan dan mengisahkan kisah yang sangat pilu.

Mulai dari terikat utang yang besar, keluarga dan teman-teman yang mulai menjauh dengan berbagai alasan tidak jelas. Tidak jarang banyak pasangan yang bercerai karena kegagalan yang menimpa usaha mereka.

Masalahnya untuk menjadi seorang pengusah yang sukses kita harus belajar di sekolah kehidupan secara otodidak. Sekolah formal tidak mengajarkan kita bagaimana memulai sebuah bisanis, mengelola, maintenance, dan membesarkan usaha yang telah ada. Disinialah banyak kisah-kisah kegagalan demi kegagalan yang bermunculan. Sampai pada akhirnya tidak jarang banyak orang berhenti dan menggantungkan hidup mereka pada orang lain.

Apakah menjadi pengusaha sesulit dan “seseram” yang kita dapatkan dari cerita mereka yang gagal di “medan pertempuran”? Jika ya, mengapa ada orang sukses melalui usaha yang mereka bangun? Tidak jarang semua aspek kehidupan mereka berubaha total. Melihat hasil yang mereka dapatkan membuat banyak orang tergerak menjadi pengusaha daripada menjadi pekerja?

Orang sukses dan orang gagal pasti memiliki kesamaan. Kesamaan yang baik dan mendukunglah yang perlu kita tiru dan terapkan dalam hidup kita untuk mendapatkan hasil yang kurang lebih sama dengan mereka yang telah sukses.

Ada dua aspek yang bisa kita lihat dari pengusah sukses. Mindset dan skill yang mereka miliki. Dengan meniru kedua aspek tersebut maka kita layak berharap mendapatkan hasil seperti pengusaha sukses.

Di artikel ini, kita khusus akan membahas skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang pengusaha sukses di masa depan. Berikut 7 skill yang harus Anda miliki jika ingin sukses jadi pengusaha. Tidak peduli apakah Anda baru ingin memulai usaha atau usaha Anda telah berjalan beberapa tahun belakangan.

Leader

1. Leadership

Inilah skill yang wajib hukumnya untuk dimiliki jika Anda ingin sukses menjadi pengusaha. Tanpa skill kepemimpinan yang kuat Anda tidak akan bisa memiliki usaha yang bertahan dalam waktu yang lama. Tanpa skill ini semua yang Anda lakukan tidak akan bisa mencapai puncaknya.

Dengan alasan itulah banyak pelatihan yang menekankan kepada kepemimpinan. Mereka mengajarkan bagaimana cara menjadi pemimpin yang dihormati dan memiliki pengaruh yang kuat. Bagaimana mengerakan tim dengan penuh motivasi dan keinginan untuk maju bersama dengan Anda, bagaimana mememukan tim yang tepat dan masih banyak hal-hal yang bisa dipelajari untuk menjadi seorang pemimpin yang dihormati.

Untuk menjadi seorang pemimpian yang kuat, Anda bisa belajar secara otodidak atau langsung belajar kepada mereka yang telah sukses dibidangnya melalui seminar dan pelatihan yang mereka adakan. Belajar otodidak bisa Anda lakukan dengan membaca buku yang berkaitan dengan kepemimpinan dan kisah para pengusaha yang telah sukses dan menuliskan kisah mereka ke dalam buku.

Communication-Skills

2. Komunikasi

Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Skill komunikasi sangat berkaitan dengan hubungan antar manusia. Dalam usaha yang Anda mainkan, Anda tidak bisa lepas dengan manusia, seperti berurusan dengan karyawan, pelanggan, mengurus surat ijin, dan semua badan yang terkai mulai dari pembentukan prodak sampai ketangan pelanggan Anda.

Untuk memiliki komunikasi yang baik, Anda bisa belajar sendiri atau kepada orang yang sukses di bidangnya. Belajar otodidak bisa Anda lakukan dengan membaca buku atau menonton vidio yang berkatian dengan teknik-teknik komunikasi.

Selain itu Anda bisa belajar dan dibimbing langsung dalam dunia nyata jika Anda mau. Caranya?

Anda bisa belajar skill kominikasi ini dengan mudah dan murah dengan mengikuti Multi Level Marketing (MLM).

Mengapa MLM?

Buk

Menurtu Robert Kiyosaki dalam buku Rich Dad’s The Business School For People Who Like Helping People, MLM adalah tempat belajar yang paling idel dan murah yang bisa didapatkan. Di MLM Anda juga bisa belajar bisnis dari pendidikan yang disedikan oleh perusahaan tersebut. Belum lagi belajar bisnis secara langsung kepada orang yang sukses dulunya di bisnis konvensional sebelum menjalankan bisnis networking.

Itu harga yang pantas dan murah daripada Anda langsung memulai usaha dengan kemungkinan gagal yang lebih besar daripada MLM. Kalaupun Anda gagal di MLM, kemungkinan Anda hanya mengeluarkan uang yang sedikit dibandingkan jika Anda gagal di usaha yang Anda jalankan. Keuntungya, Anda bisa melatih skill komunikasi dengan terjun langsung ke dunia nyata dan tentunya mendapatkan bimbingan dari sponsor Anda.

Skill ini akan membantu Anda menjadi pengusaha yang sukses dalam membangun hubungan dengan tim, pelanggan, investor dan orang-orang yang terkait dalam usaha Anda.

3. Hukum

Hukung sangat penting dalam membangun usaha terutama jika prodak yang Anda miliki adalah baru dalam pasar. Agar prodak Anda tidak mudah ditiru oleh kompetitir maka Anda butuh kekuatan hukum dalam menjaga keunikan prodak Anda. Mulai dari lebel, warna, logo, prodak, kualitas, dan semua bagian-bagian penting dalam usaha Anda.

Anda tidak harus memiliki pemahaman yang tinggi di skill ini, tapi Anda harus mengetahui hal penting apa yang harus Anda lakukan dengan hukum yang berlaku di negara ini. Bagian mana saja dari prodak Anda yang perlu dibantengi dengan hukum agar ciri khas prodak Anda tidak dicuri oleh kompetitor Anda.

Selain itu Anda juga bisa menyewa profesional untuk mendapatkan bimbingan dan arahan akan prodak secara hukum yang akan luncurkan ke pasar.

4. Mengatur Arus Kas

Ini adalah bagian penting dalam sebuah usaha. Tidak mungkin sebuah usaha bisa berjalan dan bertumbuh jika tidak ada profit. Dalam memulai usaha semua biaya operational Anda membutuhkan uang tunai. Tentunya Anda harus bisa menggunakan uang tersebut dengan cerdas dengan semua sumber daya yang perlu Anda miliki.

Dibutuhkan kemampuan dalam mengelola keuanga, mulai dari uang keluar dan uang masuk. Anda harus memiliki pertimbangan yang tepat agar uang yang ada tidak terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak penting. Anda juga harus cerdas menggunakan uang masuk sebaik mungkin agar usaha Anda bisa terus berjalan dan menghasilkan.

Jika Anda tidak memiliki latar belakang dari ekonomi, Anda bisa meminta nasehat kepada profesional atas masalah yang Anda hadapi.

5. Membangun Sistem

Agar usaha bisa berjalan dengan baik, maka Anda perlu membangun sistem didalamnya. Sistem berarti pola yang dimainkan dalam usaha Anda. Sistem inilah yang akan menentukan kecepatan pertumbuhan usaha Anda.

Sistem meskipun terlihat kecil, sepele dan mudah, ia memiliki pengaruh yang sangat besar. Tanpa sistem yang baik, cepat atau lambar usaha yang dijalankan akan gulung tikar. Begitu juga sebaliknya, jika sistem yang dibangun bagus maka keberlangsungan usaha bisa bertahan lama. Keuntungan sistem adalah ia bisa menghemat waktu, uang dan energi Anda.

6. Marketing

Selanjutnya Anda harus memiliki kemampuan untuk menjual prodak. Tidak ada pilihan lain jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha. Anda harus bisa menjual. Bisa Anda bayangkan bagaimana jadinya perusahaan jika tidak ada penjualan?

Profit hanya ada jika ada transaksi dan penjualan. Jadi benar-benar dibutuhkan sebuah kemampuan menjual prodak yang Anda miliki. Tahap ini akan semakin mudah jika Anda memiliki skill komunikasi yang baik tentunya.

learning

7. Kemauan Terus Belajar

Ini di luar dari usaha yang Anda mainkan. Mengapa kemauan belajar dibutuhkan seorang pengusaha?

Tidak ada pengusaha sukses yang tidak mau belajar. Mereka adalah individu yang terus belajar dalam memperbaiki diri dan usaha mereka dalam menerapkan metode-metode baru yang diyakini bisa memajukan perusahaan.

Anda bisa melakukanya mulai dari membaca buku atau mengikuti seminar dan pelatihan. Pastikan apa yang dipelajari sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Selain itu, saat sekarang ini telah banyak pelatihan yang dilakukan secara online. Tentu akan sangat memudahkan Anda untuk belajar. Apalagi jika Anda berada jauh dengan kota besar.

Inilah skill yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang pengusah sukses di masa depan. Jika Anda belum memiliki skill di atas dengan sangat baik, maka Anda bisa belajar dan mengembangkanya dalam diri Anda.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, skill apa saja yang telah Anda kembangkan dalam diri Anda? Tulis komentar Anda di bawah ini.

Leave a Reply

Close Menu