Orangtua pasti sangat bahagia jika anak mereka bisa berprestasi di sekolah. Banyak orangtua saat sekarang ini menggunakan cara-cara yag diyakini bisa membantu anak berprestasi di sekolah. Mulai dari memberikan les tambahan dan menyekolahkan anak di sekolah favorit.

Berbicara prestasi, tidak hanya sebatas mendapatkan niai tinggi di semua mata pelajaran. Masih banyak aspek lain seperti olahraga, musik, dan kegiatan organisasi di sekolah.

Kesuksesan anak di semua bidang yang mereka ikuti disekolah tidak lepas dari dukungan peran orangtua. Orangtua memilki peran yang sangat vital. Tanpa dukungan dari orangtua, sangat kecil kemungkinan anak bisa berprestasi di sekolah.

Tidak jarang, anak yang merasa kurang diperhatikan sering membawa masalah ke rumah. Seperti bolos sekolah, bermasalah dengan teman, guru, prestasi belajar yang sangat mengecewakan, melawan orangtua dan hal-hal buruk lainya yang sering kali membuat orangtua kebakaran jenggot.

Kondisi seperti ini sering kali membuat orangtua marah dan stres. Mereka memberikan hukuman kepada anak dengan sedemikian rupa agar anak mau berubah. Alih-alih prestasi belajar mereka bisa meningkat dan anak mau mendengarkan perkataan orangtua.

Terlepas dari permasalahan yang banyak terjadi pada orangtua, orangtua justru perlu mempersiapkan anak dengan bekal skill dan pengetahuan untuk membantu mereka lebih fokus dan mendapatkan apa yang anak dan orangtua inginkan.

Skill atau pengetahuan inilah yang akan membantu mereka mencapai kesuksesan di sekolah. Memiliki prestasi belajar yang bagus dan berperan aktif dalam kegiatan di sekolah, menjadi anak yang lebih baik dan menyenangkan hati orangtua tanpa anak merasa terbebani.

Berikut skill dan pengetahuan yang wajib anak ketahui dan miliki dalam dirinya:

Tujuan

1. Memahami Arti Pentingnya Memiliki Tujuan

Banyak anak hanya di suruh di sekolah untuk belajar. Mereka bahkan tidak memahami mengapa mereka harus sekolah. Coba Anda tanyakan ke mereka, mengapa mereka harus sekolah.

Jawaban mereka akan menentukan sebarapa baik mereka menjalani keseharian di sekolah, prestasi yang mereka raih serta masalah yang mereka hadapi.

Adalah peran orangtua memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya memiliki sebuah tujuan.

Mengapa memiliki tujuan itu penting?

Karena kita adalah mahluk bertujuan. Tanpa kita sadari, semua yang kita lakukan digerakkan oleh satu tujuan yang sangat spesifik. Seperti makan, minum, tidur, bekerja, liburan dan setiap tindakan yang kita lakukan.

Permasalahannya anak pergi sekolah karena permintaan orangtua, budaya, keharusan, atau anak-anak seusianya semua pergi ke sekolah. Ini memberikan pemahaman yang berbeda kepada anak bahwa sekolah hanya sebuah rutinitas yang harus dilakukan bukan karena tujuan lain yang lebih penting.

Seperti membekali diri untuk masa depan, mengetahui bakat dan kemampuan dan bersosialisasi dengan anak sebaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya yang dipadukan melalui proses belajar dan bermain di sekolah.

Saat anak mengetahui tujuan mereka pergi sekolah akan membuat mereka lebih fokus untuk mendapatkan tujuan mereka. Ini akan membuat mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan yang tidak perlu dilakukan.

Saat membuat tujuan, arahkan juga anak membuat tujuan untuk setiap mata pelajaran yang akan ia pelajari. Kenapa? Karena kita adalah mahluk bertujuan dan setiap hal yang kita lakukan haruslah memiliki tujuan agar pikiran kita bisa fokus untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

2. Mengetahui Apa Cita-Cita Anak

Apakah Anda mengetahui apa cita-cita anak Anda? Apakah cita-cita tersebut berasal dari diri mereka sendiri? Apakah mereka mengetahui apa yang akan didapatkan jika impian tersebut tercapai? Bagaimana dengan konsekuensi yang harus mereka tanggung jika tidak mencapai impian tersebut? Tahukah mereka apa yang harus dilakukan agar bisa mencapai impian tersebut?

Sangat penting mengetahui apa cita-cita atau impian terbesar anak. Dengan mengetahui impian mereka, Anda selaku orangtua bisa membimbing dan mengarahakan mereka untuk menguasai skill tertentu untuk mempermudah pencapaian impian mereka.

Jika anak ingin menjadi seorang pebisnis, Anda bisa membekalinya dengan pengetahuan seputar bisnis, meningkatkan kemampuan komunikasi anak, belajar tentang keuangan, manajeman, prodak dan hukum.

Dengan begitu, anak mengetahui dengan jelas apa yang harus mereka pelajari dan kuasai, bagaimana mereka membagi waktu dan perhatian untuk hal-hal yang disebutukan di atas agar mempermudah pencapaian impian mereka.

arung jeram

3. Berikan Ruang dan Fasilitas Untuk Anak Melakukan Lebih Banyak

Anak tidak akan mengetahui bakat dan kemampuan mereka jika hanya melakukan hal-hal itu saja. Berikan anak ruang dan kegiatan-kegiatan yang mereka ingin coba atau menurut Anda perlu mereka ketahui. Meskipun hanya sebatas untuk bersenang-senang dan menambah pengalaman. Jangan terlalu berharap hasil akhir yang baik atau berprestasi.

Kegiatan yang anak ikuti akan menstimulus dirinya dan menggunkan semua kecerdasan yang mereka miliki. Saat anak memiliki banyak pengalaman, akan memudahkan mereka mengetahui hal yang mereka tidak sukai, hobi, bakat dan kemampuan mereka.

Anak akan lebih kreatif menentukan apa yang mereka inginkan dan cara-cara yang bisa diterapkan untuk mencapai keinginan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan menetukan masa depan mereka.

4. Bekali Dengan Metode Belajar Yang Tepat Dan Efektif

Bagaimana mereka bisa berpestasi di sekolah jika mereka tidak dibekali dengan cara belajar yang tepat. Akan sangat sulit mencapai target yang telah ditetapkan jika hanya melakukan cara belajar yang sama di masa lalu.

Membekali dengan cara belajar yang efektif jusru sangat penting agar anak bisa menikmati proses belajar itu sendiri dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Metode belajar yang efektif akan menjauhkan anak dari rasa tertekan dan malas belajar yang sering kali dihadapi oleh banyak pelajar di sekolah.

Cara belajar yang kami sarankan adalah Bacakilat For Studen. Cara belajar ini telah membantu banyak anak lebih menikmati proses belajar di sekolah dan banyak dari mereka merasa bahwa belajar adalah hal yang mudah dan menyenangkan.

Untuk mengetahui bacakilat lebih dalam, Anda bisa mengklik di sini dan seminar yang akan datang diadakan di sini.

Keep Trying

5. Ajarkan Anak Betapa Pentingnya Arti Berusaha

Banyak orangtua mengabaikan untuk anak terus berusaha saat apa yang anak inginkan tidak tercapai. Terkadang orangtua berkata “ya sudah, kalau kamu belum dapat jangan terlalu memaksakan diri”.

Nasehat seperti ini justru membuat anak tidak mau berusaha. Ini membuat mereka tidak mau berjuang mengejar apa yang mereka inginkan.

Apakah saran seperti ini tidak baik?

Terlepas dari saran apapun yang Anda berikan kepada anak, akan lebih baik jika saran itu menegaskan agar anak mau lebih berusaha saat mereka belum berhasil atau merasa gagal ketika tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Artinya, orangtua mengajarkan kepada anak untuk mau terus mencoba dan berusaha untuk bisa mencapai apa yang mereka inginkan. Fokusnya kepada usaha bukan kepada hasil yang bisa mereka dapatkan.

Ini akan menjadi satu kelebihan bagi anak. Mereka akan memiliki mental baja dan menjadi seorang pejuang dalam setiap hal yang mereka lakukan.

6. Ajarkan Anak Untuk Mandiri

Satu sifat yang anak harus miliki saat mereka beranjak dewasa adalah mandiri. Mandiri tidak hanya sebatas masalah kemampuan menjaga diri sendiri dan menghasilkan uang.

Melainkan kemampuan mereka mengambil satu keputusan dan bertanggung jawab atas pilihan yang telah mereka ambil. Pilihan yang mereka ambil haruslah berdasarka kesadaran mereka sendiri.

Tugas Anda sebagai orangtua adalah memastikan kalau yang mereka pilih haruslah memberikan kebaikan untuk anak bukan malah sebaliknya.

Kemandirian dimulai dari kemampuan anak untuk tidak tergantung kepada orangtua. Mulai dari memilih hal yang mereka anggap penting atau sukai, bertindak secara pribadi dan kesiapan untuk bertanggungjawab atas pilihan yang mereka ambil.

Jaga Kesehatan

7. Jaga Kesehatan

Sangat penting bagi anak mengetahui cara menjaga kesehatan mereka sendiri. Ini tidak terlepas dari menjaga kebugaran tubuh agar bisa melakukan aktivitas sekolah dan semua kegiatan yang mereka ikuti.

Beritahu kepada anak akan mekanan yang wajib dan tidak boleh mereka konsumsi. Menghindari makanan yang tidak menyehatkan tubuh sangatlah penting diketahui oleh anak untuk menjaga kesehatan mereka. Jika mereka harus makan di luar rumah, mereka bisa memilih makanan sehat.

Inilah skill atau pengatahun yang harus Anda berikan kepada anak untuk mereka bisa sukses di sekolah.

Ronald Sembiring
 

>