Sukses Diet Dengan Cara Yang Benar

Benner-4.pnj

 

sukses diet

Naluri seorang wanita untuk tampil cantik dan terlihat berbeda sangatlah tinggi. Apalagi memiliki tubuh seksi, sungguh menjadi idaman setiap wanita. Mereka akan berusaha melakukan cara yang dipercaya untuk memiliki tubuh seksi. Terlihat seksi memberikan pengaruh yang tinggi terutama rasa percaya diri terhadap diri sendiri dan membangun hubungan dengan orang lain. Sayanganya, banyak dari mereka yang menginginkan tubuh seksi adalah mereka yang bertubuh gemuk. Apakah Anda salah satu di antara mereka?

Bila Anda sudah menggunakan berbagai cara untuk menghilangkan gumpalan lemak di tubuh, tapi belum kunjung membuahkan hasil seperti yang diharapkan, maka Anda wajib membaca tulisan ini. Agar Anda memilki pemahaman baru bagaimana cara diet yang benar tanpa harus mengalami perlawanan yang berat dari diri sendiri.

 

Berikut cara yang Anda bisa gunakan untuk memiliki tubuh seksi:

1. Memiliki Tujuan

Alangkah mudahnya bekerja sama dengan tubuh bila kita melakukan sesuatu dengan tujuan yang pasti. Apakah Anda pergi ke mal untuk membeli sesuatu yang penting atau pergi ketaman untuk merasakan udara segar. Sebelum melakukan proses diet, berilah tujuan yang pasti dan terukur ke pikiran bawah sadar Anda. Buatlah tujuan tertulis mengapa Anda ingin berdiet dan apa yang ingin Anda capai dengan melakukan diet.

Memiliki tujuan yang jelas dan terukur akan membuat pikiran bawah sadar mau melakukan segala upaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Mengapa? Pikiran bawah memiliki sifat menghindari sengsara dan mengalami nikmat. Bila Anda tidak memiliki tujuan yang jelas dan terukur pikiran bawah sadar akan mempersepsikan bahwa berdiet itu menghasilkan penderitaan.

Pikiran bawah sadar akan melakukan hal yang membuat program diet Anda gagal. Akan timbul rasa malas dan lebih suka melakukan kegiatan lain seperti tidur atau bermain game, karena pikiran bawah sadar merasa tidak menderita melakukan pekerjaan ini. Tidak memiliki tujuan yang jelas dan terukurlah yang membuat proses diet terkadang tidak berhasil dan berhenti di tengah jalan.

2. Membangun Kebiasaan Sukses

Program diet yang sehat dan menguntungkan untuk jangka waktu yang lama adalah dengan membangun sebuah kebiasaan sukses. Mengapa perlu membangun kebiasaan sukses? Karena dengan membangun kebiasaan sukseslah Anda bisa memikmati satu proses diet tanpa harus mengalamai hambatan dari dalam diri Anda.

Kebanyakan orang yang menjalanakan program diet dengan hasil cepat dan instan, hanya mampu melakukanya dalam waktu yang singkat. Tiga sampai empat hari samapi seminggu, setelah itu mereka kembali ke pola lama dengan berbagai alasan yang sangat logis, yang membuat berat tubuh mereka kembali normal.

Ini adalah kerja dari will power. Will power memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari will power adalah kita bisa melakukan hal yang kita inginkan dengan sangat fokus dan hasil yang memuaskan. Tapi, kelemahan dari will power sendiri adalah tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Inilah yang membuat seseorang begitu antusias melakukan program diet. Mereka datang ke tempat fines dan melakukanya dalam waktu yang lama. Tiga sampai empat hari kemuadian rasa malas menghampiri mereka sampai seminggu kemudian mereka tidak datang lagi ke tempat fitnes.

Itulah mengapa membentuk kebiasaan sukses sanga penting dan memberi keuntungan dalam waktu yang lama. Sifat lain dari pikiran bawah sadar adalah hukum ekonomi, “mengeluarkan energi sekecil-kecilnya dengan untung sebesar-besarnya.” Dengan memiliki satu kebiasaan, pikiran bawah sadar tidak perlu mengelurakan energi besar untuk menjalankan kebiasaan tersebut. Kebiasan itu berjalan sangat mudah.

Berikut kebiasaan sukses yang Anda perlu bentuk:

  • Olahraga

Tidak diragukan lagi, olahraga bisa memberi kesehatan prima, untuk rohani dan jasmani. Selain itu, olahraga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan karena pembakaran kalori dalam jumlah yang besar. Itulah yang menjelaskan mengapa program diet tidak bisa lepas dari olahraga.

Tugas Anda di sini adalah membangun kebiasaan baru. Jika saat ini Anda tidak pernah lagi menyempatkan waktu untuk berolahraga, maka sisihkan sedikit waktu Anda untuk berolahraga. Minimal 15 menit per hari. Anda bisa memulainya dari waktu yang paling rendah sampai waktu yang Anda inginkan. Memulai dengan 2-3 kali seminggu sampai tubuh Anda terbiasa melakukanya setiap hari.

Satu pesan saya, saat Anda berada di atas puncak kenikmatan saat olahraga, berhentilah. Ini akan memotivasi diri Anda untuk melakukanya lebih lagi.

  • Mengurangi Porsi Makan

Makanlah dengan porsi yang lebih sedikit dari Anda porsi biasanya. Berhentilah makan sebelum Anda merasa kenyang. Bila Anda makan sampai kenyang akan membuat Anda malas bergerak dan mudah mengantuk, apalagi aktifitas Anda relatif kurang. Ini akan membuat Anda sulit untuk menolak tidur.

Saat makanan masuk ke dalam tubuh, makanan akan diubah menjadi energi. Makanan yang banyak di konsumsi akan menghasilakan banyak energi pila. Bila energi yang dihasilkan tidak digunakan karena aktifitas yang rendah, maka tubuh akan menyimpanya kembali ke tubuh dalam bentuk lemak. Mengurangi porsi makan akan mengurangi tumpukan lemak yang akan tersimpan dalam tubuh. Saran saya, Anda bisa menyesuaikan asupan makanan dengan aktifitas yang Anda jalankan sehari-harinya.

  • Mengurangi Makanan Yang Digoreng

Kadar minyak yang dihasilakan melalui proses penggorengan sangatlah banyak. Kadar minyak ini akan sangat mudah berubah menjadi lemak yang akan tersimpan di tubuh. Hasil penelitian membuktikan bahwa makanan yang mengandung banyak kadar minyak yang dimasukkan ke dalam tubuh bisa berubah menjadi kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit degeratif lainya.

  • Mengurangi Makanan Yang Berlemak

Bila Anda suka makan makanan yang mengandung lemak tinggi, mulai sekarang Anda putuskan untuk menguranginya. Lemak yang dimakan yang tidak digunakan oleh tubuh akan diubah menjadi lemak yang akan disimpan di tubuh. Ini sangat mempercepat proses kegemukan bila tidak bisa dikontrol. Selain itu, pengaruh negatif dari makanan yang mengandung lemak tinggi,  berupa tekanan darah tinggi, penyakit jantung, perasaan letih, dan depresi.

  • Mengurangi Makanan Dan Minuman Yang Mengadung Banyak Gula

Bila Anda suka makan gula yang dicampur dengan makanan atau minuman, mulai sekarang Anda perlu menguranginya. Makanan dan minuman yang mengandung gula mudah diubah menjadi glukosa dan diserap oleh tubuh. Dengan mudahnya diserap oleh tubuh, memungkinkan terjadinya tumpukan lemak akan semakin besar bila tidak dipergunakan oleh tubuh. Salah satu minuman yang banyak mengadung gula adalah minuman bersoda. Ubahlah dengan banyak minum air putir. Ini akan membantu proses sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

  • Perbanyak Makan Buah Dan Sayur

Bila Anda merasa mudah lapar dan rajin sekali ngemil, beralihlah kepada cemilan yang mengandung banyak manfaat dan menyehatkan tubuh. Buah. Adalah satu solusi yang sangat tepat yang Anda bisa nikmati. Dengan memakan buah, tidak akan membuat tumpukan lemak di dalam tubuh. Karena serat dan vitaman yang dimasukkan ke tubuh akan dibuang dalam waktu 24 jam bila telah mencapai batas kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anda juga perlu banyak makan sayur. Anda bisa menjadikanya makanan lalap ketika makan dan cara memasak sayar yang baik adalah dengan merebus tanpa minyak. Saran saya, sebaiknya Anda memasak sayur setengah masak, karena tidak akan membuang vitamin dalam sayur. Sayur yang dimasak terlalu masak bisa menjadi racur di tubuh. Masaklah ketika mau makan. Ini akan  meningkatkan selera makan Anda.

 3. Fokus Pada Tujuan

Banyak orang gagal diet dan berhenti di tengah jalan karena memberikan fokus yang tidak tepat terhadap apa yang mereka ingin capai dari program yang telah mereka buat. Mereka merasa telah menetapkan fokus yang benar terhadap apa yang mereka inginkan. Mereka ingin mendapatkan tubuh yang seksi tetapi mengeluhkan tubuh yang masih “melar” saat ini, ketika saat membangun kebiasaan baru mereka malah memikirkan betapa nikmatnya memakan makanan kesukaan Anda yang Anda atau mereka merasa membangun kebiasaan sukses membutuhkan perjuangan yang sangat berat.

Bila hal terjadi, sadarlah bahwa Anda memberikan fokus yang salah pada program diet Anda. Dengan fokus seperti ini akan membuat program diet Anda sulit untuk berhasil. Caranya ubahlah fokus Anda. Dari yang Anda tidak inginkan menjadi yang Anda inginkan. Misalnya Anda membentuk kebiasaan olahraga. Anda bisa berkata “saya sedang membentuk satu kebiasaan baru. Kebiasaan baru ini sangat mudah lho, cuma butuh 10 menit perhari, atau saya akan makan buah sehat setiap hari.” Dengan berkata seperti ini, perhatian dan fokus Anda juga akan berubah. Ini akan memudahkan Anda menjalankan program diet yang sedang dilakukan.

Jika fokus yang benarpun tidak bisa membuat Anda lebih fokus dan mendukung program diet Anda, berarti secara mental Anda belum siap. Anda harus melihat kembali tujuan awal mengapa Anda ingin diet. Apakah alasan Anda didasari oleh kesadaran sendiri atau oleh perkataan orang lain yang mencela tubuh Anda yang gemuk. Melakukan terobosan atau perubahan baru sangat ditentukan oleh kesiapan mental setiap orang. Bila Anda belum siap secara mental maka kesuksesan akan sangat sulit dicapai. Begitu juga sebaliknya.

4. Menikmati Proses

Menikmati proses berarti Anda membangun sikap sabar dalam diri Anda. Orang yang bersikap sabar tidak akan mengharapakan hasil secara cepat dan instan. Mereka akan melakukan upaya yang dibutuhakan, sabar, menikmati proses dan hasil yang diharapkan akan datang dengan sendirinya. Hasil adalah efek dari apa yang dilakukan.

Saat Anda berada pada kondisi yang membuat Anda tidak termotivasi dalam membangun kebiasaan sukses, sadari dan lihat kembali tujuan awal Anda mengapa Anda ingin melakukan diet. Bisa jadi sikap ketidaksabaran Anda yang Anda pelihara selama ini yang bermain di pikiran Anda. Jika memang benar, Anda perlu membangun sikap sabar dalam diri Anda. Ingatlah bahwa ketidaksabaran tidak akan menghasilkan apa-apa pada akhirnya.

5. Beri Penghargan

Langkah seribu selalu diawali dengan langkah pertama. Ketika Anda bisa melakukan langkah pertama, berikan penghargan kepada diri Anda sendiri. Anda bisa berkata “yes, langkah pertama saya berjalan dengan mulus, terima kasih telah mendukung saya melakukan kebiasaan ini. Atau kebiasaan ini sangat mudah dan saya suka melakukanya, terima kasih telah mau bekerja sama membangun satu kebiasaan yang menguntungkan untuk kita.”

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri, akan membuat diri merasa berharga dan penting melakukan yang Anda sedang upayakan. Sikap ini akan membantu Anda untuk membentuk satu kebiasaan dengan lebih mudah di masa depan. Saat satu kebiasaan baru telah terbentuk, Anda sudah bisa melihat seperti apa hasilnya bukan? Tubuh seksi akan semakin dekat dengan diri Anda.

Inilah beberapa cara yang Anda bisa lakukan untuk memiliki tubuh yang seksi. Sudahkah Anda memiliki tubuh seksi? Atau cara apa yang Anda gunakan sehingga program diet Anda tidak sukses? Berikan komentar Anda.

Benner-4.pnj

 

Leave a Reply

Close Menu