4 Hal yang Uang Perlu Dikeluarkan Lebih Dan 4 Hal yang Uang Perlu Dikurangi

Shares

Biasanya menerima gaji di akhir atau di awal bulan adalah satu waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Masa-masa perjuangan sebelum gajian terbayar lunas dengan hasil kerja selama hampir satu bulan bekerja.

Utang yang belum dibayar di warung, teman yang telah mengingatkan tentang uangnya bisa dibayar lunas. Dengan begitu hati akan lebih tenang dan bisa bernafas lega.

Lucunya, kondisi ini banyak terjadi bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan dalam mengatur keuangan. Kondisi seperti ini bisa terjadi secara berulang-ulang untuk waktu yang cukup lama.

Uang yang mereka dapatkan habis untuk membeli barang-barang yang nilainya terus turun dan hanya bersifat sementara. Jelas ini sangat merugikan untuk jaka panjang meskipun menyenangkan untuk jangka pendek.

Jika penghasilan habis hanya untuk membeli barang-barang sesaat, mengapa penghasilan yang diterima tidak disisihkan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat untuk jangka panjang. Jelas itu jauh lebih bermanfaat, bernilai lebih dan bisa terus digunakan untuk jangka panjang.

Mengeluarkan uang lebih untuk belajar bahasa asing misalnya, jelas itu bisa membantu seseorang dalam meningkatkan karier atau membantu membangun hubungan baik dengan patner bisnis dengan bahasa asing yang mereka pelajari.

Untuk itu, saya ingin mengajak Anda untuk mengetahui barang-barang apa saja yang perlu Anda berikan investasi atau uang lebih dan uang yang perlu dikurangi untuk barang-barang tertentu.

Tong Sampah

4 Jenis Barang, Uang Saku Perlu Dikurangi

“It’s up to you how you waste your time and money. I’m staying here to read: life’s too short.”

Carlos Ruiz Zafón

1. Elektronik

Dengan perkembang teknologi saat sekarang ini. Semua orang berlomba-lomba untuk bisa terlihat lebih update di dunia maya. Semua berbondong-bondong untuk terus bisa hadir di dunia maya karena kesenangan dan kemudahan yang ada.

Saking mudahnya, banyak dari mereka “hidup” di dunia maya meskipun mereka sedang bekerja atau melakukan kegiatan lain.

Perusahaan-perusahaan elektronik terutama handphone melihat kondisi ini menjadi peluang besar untuk memajukan perusahaan mereka. Mereka mengeluarkan banyak prodak dengan harga yang berpariasi. Tidak heran, banyak merek handphone baru yang bermunculan.

Menghabiskan uang untuk membeli handphone terbaru hanya akan memberikan kesenangan sesaat dan lebih banyak ruginya. Uang habis, waktu dan perhatian pun tersita untuk mengurusi handphone tersebut. Akan selalu ada handphone terbaru yang lebih bagus setiap tahunnya.

Tidak berbeda dengan prodak-prodak elektronik lainnya. Pastikan terlebih dahulu kebutuhan dan alasan Anda jelas sebelum membelinya. Dengan begitu Anda tidak perlu mengerluarkan uang dengan cuma-cuma hanya untuk membeli barang elektronik terbaru. Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

2. Mode Fashion

Tidak perlu merasa bersalah untuk membeli barang-barang bagus dengan harga yang mahal juga. Tapi Anda perlu menahan diri untuk tidak menghabiskan sebagian besar uang Anda untuk membeli baju atau jeans mode terbaru. Apalagi saat ada promo.

Jangan terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli pakaian dengan mode terbaru. Akan selalu ada mode baru. Lebih baik Anda menyimpan uang tersebut untuk sesuatu yang lebih berharga.

3. Motor

Hidup di kota besar seperti kota Jakarta pasti kurang lengkap jika tidak memiliki kendaraan. Pasti akan terasa sulit untuk berpergian ditambah dengan kondisi macat yang sudah tidak asing lagi di wajah ibu kota.

Banyak orang mengambil keputusan yang salah. Di mana ia membeli motor baru dengan harga tinggi. Akibatnya mereka mengalami masalah keuangan di awal-awal memiliki motor tersebut. Ini bukanlah solusi tepat. Mengapa tidak membeli motor bekas dengan harga yang lebih murah?

Anda bisa menyimpan sedikit uang untuk membeli motor baru atau menggunakan untuk keperluan yang lain. Pada akhirnya, motor baru atau bekas juga akan memudahkan perjalanan Anda.

4. Perhiasan

Memiliki perhiasan mewah akan menambah rasa percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Apalagi saat ada acara penting seperti acara keluarga, reunian ataupun arisan.

Menghabiskan uang dalam jumlah besar hanya untuk membeli jam tangan bukanlah satu keputusan yang tepat jika penghasilan Anda belum sesuai dengan harga jam tangan tersebut. Akan lebih bijak jika Anda membeli perhiasan dengan harga yang lebih murah dan menggunakan sisa uang tersebut untuk sesuatu yang lebih penting.

Travelling

4 Jenis Barang, Uang Saku Perlu Diinvestasikan Lebih

1. Pendidikan

“No thief, however skillful, can rob one of knowledge, and that is why knowledge is the best and safest treasure to acquire.”

Lyman Frank Baum

Jangan terlalu berpikir keras tentang jenis pendidikan yang saya maksudkan. Pendidikan yang saya maksudkan tidak berarti Anda harus pergi belajar ke universitas apalagi ke sekolah. Melainkan hal-hal baru yang bisa mendukung kemajuan dan kesuksesan Anda.

Bisa seperti belajar bahasa asing, teknik membaca untuk mempercepat proses belajar Anda, belajar tentang pikiran dan skill-skill lain yang Anda butuhkan.

Dengan menginvestasikan uang lebih, Anda bisa memiliki skill dan pengetahuan yang bisa digunakan untuk jangka panjang dan diwariskan kepada keturunan Anda. Pastinya pendidikan yang Anda pelajari ini bisa menghantarkan kesuksesan Anda.

Jangan berpikir dua kali untuk menginvestasikan uang lebih untuk mengedukasi diri Anda sendiri. Investai ini akan kembali dengan lebih besar, sesuai investasi lebih yang Anda berikan.

2. Traveling

Traveling mungkin akan mengeluarkan biaya besar, tetapi ia bisa memberikan kenangan indah dalam hidup Anda. Pengalaman seumur hidup yang akan memberikan banyak inspirasai kepada Anda.

Motivasi untuk bekerja lebih keras, untuk mencapai semua impian Anda. Dengan tercapainya impian tersebut, Anda bisa melakukan traveling ke tempat baru yang Anda inginkan.

Ini sebagai hadiah yang layak Anda berikan pada diri Anda sendiri. Ini akan memicu diri Anda untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan hadiah yang sama bahkan lebih.

Anda bisa mempersiapkan perjalanan ini jauh-jauh hari. Jadi Anda bisa menyisihkan uang Anda untuk perjalanan yang lebih menyenangkan tentunya.

3. Buku

“When I have a little money, I buy books; and if I have any left, I buy food and clothes.”

Desiderius Erasmus

Wajib hukumnya bagi orang yang ingin sukses menyisihkan lebih banyak uang untuk membeli buku baru. Melalui buku, banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan untuk membantu kemajuan diri Anda.

Menemukan solusi untuk mengatasi masalah Anda. Baik untuk diri sendiri ataupun di pekerjaan Anda. Serta mendapatkan ide-ide segar yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Ini hanya bisa terjadi saat Anda banyak membaca buku.

Bacalah buku-buku yang sarat akan perkembangan diri, motivasi, membahas tentang pikiran serta buku yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Jika Anda malas dan tidak suka membaca, Anda bisa mendapatkan teknik untuk mengatasi masalah tersebut di sini.

4. Makanan

Jangan terlalu takut untuk mencoba makanan baru. Meskipun harganya agak mahal, itu jauh lebih baik daripada Anda menghabiskan uang untuk membeli sepatu atau tas mahal.

Mencoba makanan baru sangat cocok dilakukan saat traveling. Momen yang tepat apalagi jika dilakukan bersama teman, pasangan ataupun dengan keluarga.

Mencoba makanan daerah atau negara lain tertentu akan memberikan suasana dan pengalaman baru yang tidak bisa anda dapatkan jika tidak melakukan traveling.Dengan rasa makanan satu daerah bisa saja memicu Anda untuk membawa resep masakan tersebut dan mejadikannya bisnis di kota anda.

Inilah barang-barang yang Anda perlu keluarkan uang lebih dan barang-barang yang tidak perlu mengeluarkan uang berlebih. Ingatlah memberikan uang untuk barang-barang yang bisa bernilai tinggi dan berlaku untuk jangka panjang.

Jangan mengeluarkan uang hanya dari nilai sesaat yang anda bisa dapatkan. Tapi, keluarkan uang anda untuk manfaat jangka panjang serta nilai yang terus bertambah.

Pembaca, barang-barang apa saja yang anda beli saat memiliki uang di saku anda? Saya menunggu cerita anda.

About the Author ronalbiring

>