5 Cara Cerdas Menantang Diri Sendiri

Shares

Setiap orang butuh untuk bertumbuh dan berkembang. Dengan bertumbuh, seseorang bisa mendapatkan yang mereka inginkan dalam hidup. Keuangan, karier atau bisnis, teman, keluarga dan hal-hal lainnya. Masalahnya untuk bertumbuh, dibutuhkan perhatian khusus dan tenaga ekstra untuk bertindak.

Ini membuat seseorang merasa malas untuk menjalani proses dan lebih memilih untuk berada pada zona nyaman yang sebenarnya tidak nyaman untuk mereka. Meskipun mereka sadar kalau kondisi itu tidak menjamin kehidupan mereka untuk jangka panjang.

Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan cara cerdas untuk menantang diri sendiri menjadi yang terbaik. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk tidak belajar dan mengembangkan diri.

Ada beberapa alasan mengapa menantang diri sendiri adalah cara termudah dan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan diri Anda sendiri.

Pertama, tantangan ini membawa Anda keluar dari zona nyaman Anda tanpa menempatkan Anda dalam bahaya yang serius. Seperti keluar dari pekerjaan atau kerugian dalam bentuk materi di bisnis Anda.

Kedua, tantangan ini memberikan satu pengalaman baru untuk Anda. Pengalaman yang membuat Anda bisa belajar banyak hal dengan lebih cepat. Pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan sepanjang hidup Anda.

Ketiga, tantangan ini membantu Anda mengembangkan atau belajar keterampilan baru yang akan membantu Anda mengatasi masalah tertentu, yang akan Anda gunakan saat ini atau di masa depan nantinya.

Keempat, tantangan ini memberikan rasa yang berbeda dalam hidup Anda. Memberikan kebahagian yang tentunya akan mendorong Anda untuk meraih kesuksesan yang Anda inginkan.

Baiklah, kita akan membahas cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri Anda. Karena apa yang akan kita bahas sesaat lagi, akan memberikan Anda keempat poin yang barusan kita bahas di atas.

Inilah cara cerdas untuk meningkatkan diri Anda. Mari kita bahas satu persatu :

Orang Baru

1. Bertemu Dengan Orang Baru

Satu cara cerdas untuk menantang diri adalah membangun kebiasaan bertemu dan berteman dengan orang baru. Ini bukan hanya untuk menambah teman, tetapi bagaimana membuat kehidupan sosial menjadi lebih berkualitas.

Semakin berkuliatas kehidupan sosial seseorang, semakin hidup lebih berwarna dan menyenangkan. Ini membuat seseorang merasa ada dan penting dalam kehidupan itu sendiri.

Hal ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada proses panjang dan tentunya dengan melatih diri mengembangkan skill people. Dengan melatih skill people, seseorang bisa belajar banyak hal tentang pergaulan itu sendiri.

Bagaimana ia menyesuaikan diri dengan orang baru, dengan tipe kepribadian yang berbeda, bagaimana membuat pembicaraan bisa terus mengalir sampai menjadi teman baik. Bagaimana bahasa tubuh tertentu memberikan pesan berbeda, bagaimana seseorang bisa mendapakan informsi yang ia butuhkan serta mempromosikan diri hanya dengan modal berbicara.

Semua ini tentu membutuhkan fokus untuk mengembangkan people skill dalam diri orang seseorang. Ia harus belajar dari orang lain tentang people skill dan belajar sendiri melalui membaca buku komunikasi.

2. Treveling

Treveling adalah satu cara cerdas menantang diri untuk bertumbuh. Dengan treveling akan membawa banyak pengalaman baru yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup Anda.

Dengan pengalaman baru ini, Anda ditantang untuk belajar hal baru. Seperti cara menggunakan peta, berkomunikasi dengan orang baru, dengan bahasa yang berbeda, mengenal budaya dan tradisi baru, kesempatan untuk menikmati suasana baru seperti makanan dan keindahan alam.

Semakain berkesan treveling yang Anda lakukan, tanpa Anda sadari akan menarik diri Anda untuk belajar hal baru seperti belajar bahasa asing, resep kuliner, sampai budaya setempat.

Treveling akan mendorong Anda untuk menjelajahi tempat baru yang lebih menantang. Jika Anda benar-benar menginginkannya terjadi, mau atau tidak, Anda dipaksa untuk bertumbuh untuk mencapai target-targer yang perlu dicapai.

Dengan pencapaian tersebut, tentunya Anda bisa melakukan perjalanan lagi. Dan yang lebih penting adalah, Anda memaksa diri Anda untuk terus bertumbah.

Latihan Fisik

3. Latihan Fisik

Latihan fisik seringkali dikatkan dengan cara untuk tetap sehat dan bugar. Memang itulah kenyataannya. Tapi, jika kita melihat dari sisi lain, latihan fisik juga memberikan manfaat yang tidak kalah penting untuk mendorong seseorang keluar dari zona nyaman mereka.

Alasannya, saat seseorang melakukan latihan fisik, mereka membutuhkan banyak usah, energi, perhatian dan upaya sadar. Tidak masalah, apakah mereka sendang melatih otot lengan, berlari, lompat tali dan kegiatan fisik lainnya yang melibatkan fisik dan mental.

Dengan latihan fisik secara teratur, bukan hanya melatih bagian otot tertentu, melatih kecakapan, kecepatan, ketepatan tetapi juga melatih pikiran mereka untuk tetap sadar melakukan latihan fisik tersebut.

Saat itu mereka sedang melatih kekuatan tekad, niat, kemauan, disiplin diri, ketekunan, konsistensi dan sifat-sifat penting lainnya. Sangat disarankan untuk Anda melakukan latihan fisik mulai dari sekarang. Ini bukan sekedar untuk kesehatan. Tapi, manfaat lain yang mempengaruhi kepribadian Anda.

4. Membaca Buku

Banyak orang mengeluh ketika diminta untuk membaca buku. Mereka memiliki banyak alasan lain yang lebih masuk akal yang membuat membaca menjadi kegiatan yang tidak penting.

Tahukah Anda, membaca tidak kalah pentingnya dengan latihan fisik yang telah kita bahas di atas? Sama dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan latihan fisik. Terutama dalam melatih kekuatan niat, tekad, kemauan, disiplin dan konsistensi.

Bedanya, jika latihan fisik menguatkan otot Anda secara langsung, tapi dengan membaca menguatkan otak Anda melalui informasi yang diserap melalui buku-buku yang dibaca.

Untuk membuat membaca menjadi tidak membosankan, maka Anda perlu membuat tujuan yang jelas saat akan membaca. Bukan hanya itu, Anda juga membutuhkan teknik membaca yang membuat membaca menjadi lebih menantang dan menarik.

Ingatlah, bahwa membaca menjadi satu peran penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan membaca akan membuat proses bertumbuh menjadi lebih cepat dan terhindar dari kesalah-kesalahan yang pernah dibuat orang lain.

Itulah mengapa orang sukses tidak bisa lepas dari buku. Mereka semua memiliki satu kesamaan yang unik, yaitu membaca buku. Apakah Anda sudah membaca hari ini?

Orang Sukses

5. Mencapai Karier Terbaik

Buatlah tujuan besar di karier Anda yang benar-benar menantang Anda untuk menjadi yang terbaik. Tujuan yang akan mendorong Anda untuk terus belajar dan bertumbuh.

Ini bukan sekedar posisi atau jabatan semata. Tetapi seberapa besar pengaruh dan kontribusi yang bisa Anda berikan kepada perusahaan, seberapa bisa Anda menyukseskan proyek yang sedang Anda pegang, dan bagaimana perusahaan terus membutuhkan Anda.

Dengan mencapai tujuan tersebut, Anda bisa mendapatkan semua yang banyak orang inginkan dalam hidup. Seperti materi, uang, jabatan ataupun komunitas yang berkualitas. Semua ini, jelas bisa membantu Anda mengembangkan diri melalui keahlian Anda.

Inilah lima cara cerdas menantang diri sendiri yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri, mulai dari mengembangkan keterampilan baru, people skill dan kepribadian Anda sendiri. Selamat mencoba dan saya tunggu pendapat Anda atas tulisan ini.

About the Author ronalbiring

>