8 Tipe Teman yang Wajib Dimiliki

Shares

 

 

funny_best_friends_in_finger

Memiliki banyak teman yang luar biasa adalah anugerah terindah. Namun haruskah kita berteman dengan semua orang? Ada beberapa tipe teman yang benar-benar anda butuhkan keberadaannya dalam hidup. Jangan buang waktu lama untuk berteman dengan orang yang salah. Kenali sifat mereka dan putuskan apakah mereka termasuk dari 8 karakter ini atau tidak.
Tahukah kamu bahwa kebanyakan orang yang hidup tanpa teman akan tua sebelum waktunya bahkan lebih cepat mati?

Memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer cukup besar yakni sekitar 70 persen, menurut temuan baru yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsychological Society. Hubungan yang kuat dengan teman dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk tetap bertahan hidup sekitar 50 persen, menurut penelitian terbaru para ilmuwan dari Brigham Young University.

Agar bisa panjang umur dan memiliki hidup yang lebih baik, lebih bahagia dan lebih dinamis, kita tidak akan cukup hanya berteman dengan banyak orang yang memiliki kepribadian hampir sama. Kamu membutuhkan teman yang berbeda-beda. Teman yang beragam. Dengan beragam jenis teman yang kamu miliki, kamu akan merasakan persahabatan yang lebih erat dan kompak.

Memilih 8 tipe teman yang tepat akan membantumu melewati masa-masa sulit maupun senang. 8 langkah di bawah ini diyakini bisa membuat hidupmu lebih berwarna, sehat jasmani rohani dan tentu saja, menjauhkan diri kamu dari berbagai penyakit.

 

1. Si Setia yang Tulus

Jujur, kita sangat membutuhkan tipe teman seperti yang satu ini. Memiliki teman setia dan tulus menerima kita apa adanya bisa dikatakan sebuah keharusan. Dialah teman yang membiarkan Anda tetap dalam kondisi apa adanya dan tak pernah mengeluh atas semua tindakan menyebalkan Anda. Ia adalah tipe teman yang tau semua rahasia terbesar dan terburuk Anda, tapi tetap menyayangi Anda dengan tulus dan seperti tidak terjadi apa-apa.

 

2. Si Petualang yang Pemberani

Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan kesibukan dan rutinitas harian. Seakan-akan tugas dan setumpuk masalah datang tiada henti. Seringkali kita menuntut diri sendiri untuk semakin fokus dan bekerja keras sehari-hari.

Nah, jika Anda tipe orang seperti ini, sudah bisa dipastikan anda harus memiliki seorang teman yang berjiwa petualang. Ia akan menjadi orang yang selalu mengingatkan Anda untuk bersenang-senang. Tanpa diminta, ialah yang akan dengan senang hati menghampiri Anda dengan sejuta ide segar baru atau rencana liburan mengasyikkan. Ia hadir sebagai penyeimbang dalam hidup Anda.

Mungkin teman seperti ini tidak selalu bersama Anda, namun ia adalah orang yang akan selalu mengajak Anda untuk mencoba hal baru dan mendatangi tempat baru. Menariknya, ia adalah tipe teman yang bisa membuat Anda untuk tidak mengatakan “tidak” pada agenda liburan yang telah dibuatnya.

 

3. Si Tegas yang Jujur

Dalam hidup, kita akan menghadapi beberapa situasi di mana mau tidak mau kita harus mendengarkan kenyataan pahitnya. Terkadang ada beberapa hal yang kita paksakan untuk tetap baik-baik saa, padahal keadaan sudah tidak memungkinkan. Ada beberapa hal yang sering kita anggap biasa dengan sengaja, padahal dalam hati kecil kita tau itu salah. Kita akan menemui berbagai hal yang kadang membuat kita tidak bisa jujur pada diri sendiri dan mengalah pada situasi.

Terkadang kita sudah sangat tidak tahan dengan beban pekerjaan yang tidak sesuai minat, namun kita masih saja memaksakan dengan alasan masih ada harapan. Atau bisa jadi ketika hubungan dengan pasangan sudah tidak sehat lagi, kita masih memaksakan diri untuk bertahan dengan alasan tak sampai hati meninggalkan.

Disinilah si Tegas yang Jujur akan memainkan perannya. Ia akan hadir dengan tulus, jujur dan tanpa basa-basi mengatakan kenyataan yang sebenarnya kepada Anda. Ialah orang yang akan membuat Anda kembali tersadar dari lamunan panjang Anda. Ialah orang pertama yang akan berkata tidak ketika selama ini Anda memaksakan diri berkata Ya. Ia akan jadi orang disamping Anda yang membisikkan kenyataan pahit di kala kebanyakan orang menyanjung Anda dengan manis.

Mungkin si Tegas yang Jujur bukanlah teman yang bisa senantiasa membuat Anda ceria, terkadang kehadirannya dan perkataan jujurnya membuat Anda berhenti tertawa dan mulai terbuka pada realita. Si Tegas yang Jujur adalah mereka yang berani meyampaikan kritik yang membangun di kala yang lain riuh menyanjung.

 

4. Si Mentor yang Bijaksana

“Jangan pernah meremehkan seseorang kecuali Anda berniat untuk menolongnya”
-Jesse Jackson-

JIka Anda memiliki seseorang yang cerdas, menginspirasi dan mengagumkan dalam hidup Anda dan menerapkan filosofi di atas , sungguh Anda sangat beruntung. Biasanya si Mentor yang Bijaksana adalah orang yang selangkah lebih maju dari Anda dan sudah lebih dulu merasakan banyak pengalaman dari Anda.

Kita semua membutuhkan tipe teman yang selalu menginspirasi dan mengisi jiwa. Jika belum ada, temukanlah mereka. Ia adalah tipe teman yang selalu mendorong kita menjadi lebih baik tanpa merasa minder. Ia adalah orang yang energi positifnya seakan-akan keluar ketika kita bersamanya. Tipe teman seperti ini adalah orang yang membantu Anda menemukan kembali cahaya dan harapan. Ia tidak hanya melihat potensi dalam diri Anda, dan juga tidak sedang berbasa-basi. Ia menyampaikannya dengan tulus. Bukan hanya menginspirasi, terkadang mereka akan memberikan sejumlah gagasan, teknis, dan ide besar untuk Anda tanpa diminta. Ia senantiasa melakukan tugasnya tanpa kita harus memancingnya.

Ia adalah tipe orang yang akan Anda temui saat ada masalah yang berarti. Ialah orang yang Anda ingat pertama kali tiap ide besar dan pertanyaan muncul dalam diri. Ia adalah orang yang rasanya selalu ingin Anda tanyai tentang kehidupan. Ia tak harus teman sebaya, bisa jadi ia adalah tetangga Anda, senior Anda, atasan di tempat Anda bekerja, atau siapapun yang Anda percaya bisa jadi mentor yang bijaksana untuk Anda

 

5. Teman yang Berbeda Budaya

Bisa jadi saat ini kita adalah orang yang terjebak dalam aturan main sendiri. Mungkin karena kita lebih sering memilih dan bergaul dengan teman dari satu kebudayaan dan ras yang sama, kita tidak menyadari kita telah membentuk lingkaran sendiri. Jika saja setiap orang memiliki teman dari berbagai macam kebudayaan yang berbeda, dunia mereka akan sedikit lebih berwarna. Jika memiliki banyak teman lintas budaya akan memungkinkan kita untuk mengeksplorasi beragam tradisi, kebiasaan, cara, resep masakan turun menurun, dan berbagai hal unik lainnya. Ini tidak akan bisa didapatkan dengan memiliki teman yang itu-itu saja. Kita butuh untuk mengeksplorasi hal baru atau hal lama dengan cara yang baru.

Tentunya mengasyikkan jika kita tau cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu atau mendapatkan tips menarik yang tak kita ketahui sebelumnya. Para gadis tentunya akan lebih kreatif dalam menyajikan menu masakan baru. Para orang tua akan lebih sering berbagi tips pola asuh anak, misalnya.

Tetapi, jangan pernah berteman hanya karena budayanya yang berbeda. Bertemanlah dengan tulus. Mungkin di awal kita bisa memulai dengan percakapan tentang budaya, selanjutnya kita harus berusaha lebih dalam berkenalan satu sama lain dan tau kepribadian masing-masing.

 

6. Teman yang Berbeda Pandangan

Manusia sudah terprogram untuk menjalani kehidupan secara berkelompok dan bertahan dari serangan dunia luar. Itu adalah hal yang manusiawi, jika Anda mengizinkannya terjadi. Jika Anda hanya berteman dengan orang yang memiliki pandangan dan nilai yang sama, sangat mungkin Anda akan terasingkan dari dunia luas. Selain itu Anda lebih berpeluang untuk ditolak gagasannya karena orang lain yang tidak satu pandangan, melihat ada label yang menempel pada diri Anda.

Daripada terus menerus mengungkung diri Anda dalam lingkungan yang selalu berkata Ya dan sependapat dengan Anda, cobalah pergi dan berjelajah. Cobalah sesekali berteman dengan mereka yang tidak satu pendapat dengan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk diterima di banyak kalangan dan pendapat Anda tidak lagi dipandang eksklusif. Orang akan lebih menghargai Anda karena kesabaran Anda.

 

7. Berteman dengan Tetangga

Fakta dunia modern yang sangat menyedihkan adalah banyak orang saat ini yang tidak mengenal tetangganya. Rutinitas dan kesibukan pekerjaan menjadikan mereka sering cuek dengan keberadaan asset berharga satu ini. Tetangga bisa jadi orang paling baik dan ringan tangan saat Anda membutuhkan pertolongan teknis. Bisa dibayangkan jika kita pergi berlibur namun lupa untuk mengunci pintu atau mematikan sambungan listrik, namun tidak ada satu pun tetangga yang merasa kenal dengan kita. Padahal, mereka adalah orang yang hamper setiap hari kita temui namun bisa jadi sangat jarang kita sapa.

Manfaatkan keberadaan tetangga sebaik-baiknya. Jadikan ia saudara Anda. Catat nomor telepon mereka. Hafalkan nama mereka dan hobinya sebagai bentuk penghargaan terhadapnya. Tetapi jangan lupa, Anda juga harus menjadi tetangga yang menyenangkan dan bermanfaat bagi sesama juga.

 

8. Rekan Kerja

Tahukah Anda, dengan kesibukan dan rutinitas pekerjaan setiap harinya Anda menghabiskan hampir 50% waktu Anda di tempat kerja? Tidak hanya itu, terkadang bahkan Anda mencuri waktu santai dan bersenang-senang Anda untuk berpikir tentang pekerjaan, lembur, atau bahkan menuntaskannya di rumah. Menjenuhkan bukan?

Penelitian menunjukkan bahwa semakin kita terisolasi dalam ligkungan kerja, semakin tertekan kita dibuatnya. Untuk itu, sangat wajar jika kita membutuhkan rekan kerja yang bisa diajak mengobrol, bekerja dengan kepala dingin, dan menghabiskan minggu-minggu sibuk bersama.

Anda menghabiskan separuh waktu hidup Anda di tempat kerja, begitu juga rekan kerja Anda. Jadi sebenarnya kalian pun saling membutuhkan. Meskipun di kantor lingkungannya formal, kita sebaiknya menemukan rekan kerja yang bisa ‘klik’, nyambung diajak ngobrol dan bisa diajak bekerjasama.

Rekan kerja tidak harus menjadi sahabat Anda juga di luar kantor. Anda hanya perlu menemukan teman yang kompak dan ‘tek-tok’ dengan Anda di tengah suasana kantor yang serba formal. Tetapi tak menutup kemungkinan ia nantinya bisa menjadi sahabat Anda di luar pekerjaan.

 

Manakah diantara kedelapan teman ini yang sudah Anda miliki? Si setia yang tulus, si Petualang yang Pemberani, Si Tegas yang Jujur, Si Mentor yang Bijak, Teman Berbeda Budaya, Tetangga yang Baik dan Rekan Kerja yang Kompak. Selamat mencari. Semoga artikel ini bermanfaat. Bagikan kepada teman Anda agar mereka bisa ikutan mencari juga

 

About the Author Tim Riset Aquarius

>