Cara Paling Cepat Mendapatkan Respek Orang Lain (Part. 2)

Shares

Benner-4.pnj

 

RESPECT 1

Respek atau peghormatan dan penghargaan terhadap diri sendiri akan terlihat melalui apa yang kita lakukan.  Orang lain akan bersikap kepada Anda sebagaimana Anda bersikap pada diri Anda sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan respek kepada diri Anda sendiri dalam rangka menumbuhkan respek dari orang lain.

Lalu, bagaimana cara tercepat untuk menumbuhkan respek terhadap diri sendiri?

Berikut adalah cara spesifik untuk meningkatkan respek pada diri sendiri

Tampil penting

‘If you can’t be better than your competition, just dress better.’ Anna Wintour

Berbusana dengan benar

Cara pertama untuk memiliki rasa penghargaan terhadap diri Anda sendiri adalah dengan berpakaian yang baik. Hargai diri Anda sendiri dengan berpakaian yang benar, sesuai dengan acara yang akan Anda hadiri, enak dipandang, dan membuat Anda nyaman. Meskipun terkesan sepele, cara berpakaian akan menentukan bagaimana seseorang.

Roth, penata busana untuk agensi Urban Darling, mengatakan, banyak industri yang memberikan keleluasaan pegawainya untuk mengenakan pakaian santai. Namun, perlu diingat, tak jarang peraturan ini diartikan salah oleh para pegawai, dengan memilih pakaian yang kelewat santai.

Roth menyarankan, “Saya rasa akan lebih baik jika Anda tampil sebaik mungkin. Seperti Anda akan memberikan bukti bahwa Anda adalah hasil karya pekerjaan Anda.” Meski para wanita di kantor Anda mengenakan jins ke kantor, disarankan untuk memadankan tampilan Anda dengan blazer, kaus berkerah, kemeja, dan sepatu hak tinggi.

Wujud lahiriah mempengaruhi pikiran Anda

Menurut sebuah studi, Anda adalah apa yang Anda pakai. Tidak hanya pakaian yang mempengaruhi cara orang melihat Anda, tetapi juga cara Anda melihat diri Anda sendiri. Apa benar demikian? New York Times melaporkan sebuah penelitian tentang fenomena yang disebutenclothed cognition atau cara pakaian membuat kita berpikir.

Anda tentu bisa menilai perilaku seseorang dari apa yang dia kenakan. Ketika Anda memakai baju non-formal atau santai, Anda menjadi lebih rileks. Ketika Anda memakai baju formal, fokus Anda juga berubah. “Saya menyukai ide untuk mencari tahu, mengapa ketika kita mengenakan pakaian tertentu, kita mungkin akan berperan lain dan mempengaruhi sikap kita,” kata profesor psikologi, Yosua I. Davis, seperti yang dilansir di Glamour magazine.

Salah satu peneliti di belakang studi ini adalah Adam D. Galinsky dari Universitas Northwestern. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apa pun yang Anda pakai akan mempengaruhi sikap dan cara perilaku Anda.

Bagaimana Anda tampil dari luar akan mempengaruhi bagaimana Anda berpikir dan merasa di dalam

Tentara akan merasa dan berpikir seperti tentara ketika mereka mengenakan seragam. Wanita akan merasa lebih ingin ke pesta jika ia mengenakan baju pesta. Seorang pria akan merasa lebih gagah jika ia tampil menggunakan jas dan kemeja.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan sekarang adalah memakai pakaian yang mendukung Anda bersikap seperti yang Anda inginkan. Jika Anda ingin terlihat lebih professional, pakailah pakaian yang membuat Anda benar-benar merasa seperti seorang professional.

Apa yang terjadi selanjutnya akan sangat menarik. Penampilan akan bicara pada kedua pihak. Apa maksudnya? Penampilan Anda akan berbicarakepada diri Anda dan kepada orang lain. Cara Anda berpakaian dengan professional akan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercay. Selain itu, cara Anda berpakaian secara professional juga akan membuat Anda merasa seperti seseorang yang professional. Cara ini akan bekerja dua arah.

Memang benar bahwa kita harus menilai seseorang dari kapasitasnya bukan pada penampilannya. Akan tetapi penampilan membantu menentukan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda

Semakin baik Anda dikemas, semakin besar penerimaan publik yang akan Anda dapat J

Bagaimana cara berpenampilan dengan baik? Bayar dua kali lipatnya dan beli setengahnya.

Maksudnya adalah kita harus lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas berpakaian. Dalam bukunya yang fenomenal, The Magic of Thinking Big, David. J Schwartz mengemukakan bahwa lebih baik kita memiliki pakaian sedikit dengan kualitas yang baik daripada memiliki banyak pakaian dengan kualitas rata-rata.

Menurutnya, ada 3 keuntungan ketika kita memutuskan untuk membayar dua kali lipat dan membeli setengahnya.

Pakaian Anda lebih awet dan tetap memperlihatkan kualitas yang sama

Tidak bisa dipungkiri, pakaian dengan kualitas baik yang Anda beli lebih mahal akan lebih tahan lama dan tidak cepat using. Selain itu, meskipun sudah melalui jangka waktu yang lama, pakaian yang Anda beli dengan harga dua kali lipat akan tetap menunjukkan kualitas yang sama.

Model yang dibeli lebih long lasting

Baju dengan kualitas yang baik umumnya memiliki model dan potongan yang lebih long lasting ketimbang baju ‘murahan’ yang hanya bertahan pada saat tren tertentu saja. Ada sedikit tips, pilihlah pakaian yang memiliki gaya klasik. Pakaian bergaya klasik tidak akan pernah ketinggalan jaman

Anda bisa mendapatkan advice tentang fashion

Butik atau toko yang menjual pakaian berkualitas biasanya juga akan memberikan tips fashion gratis bagi pelanggannya.

Praktekkan cara ini pada semua atribut yang Anda punya, bukan hanya pakaian. Belilah tas dan sepatu yang lebih berkualitas dan tahan lama. Bayarlah harganya dan Anda cukup membelinya beberapa.

Satu hal yang penting dan harus ditekankan adalah meskipun kesan dari orang lain baik, yang paling penting adalah kesan yang timbul dari dalam diri Anda sendiri. Maka dari itu, berpakaianlah untuk membuat diri Anda merasa nyaman dan yakin dengan diri Anda sendiri. Pastikan Anda menghargai diri Anda terlebih dahulu untuk dapat dihargai orang lain. As simple as that 🙂

Pikirkan pekerjaan Anda penting

Cara kedua yang akan sangat meningkatkan respek Anda terhadap diri sendiri adalah dengan berpikir bahwa pekerjaan Anda penting. Ternyata ditemukan korelasi yang kuat antara respek seseorang terhadap produktivitas dan pekerjaannya terhadap prestasi kerja mereka.

Ada sebuah kisah menarik tentang 3 orang tukang batu yang sedang membuat sebuah istana. Ketika ditanyakan kepada tukang batu pertama apa yang sedang ia lakukan, ia menjawabnya dengan “Saya sedang menempel sebuah batu”. Ketika tukang batu kedua ditanya hal yang sama, ia menjawab “Saya sedang diperintahkan untuk membuat sebuah bangunan”. Namun ketika tukang ketiga ditanyakan hal yang sama persis, ia memiliki jawaban yang berbeda. Ia menjawab “Saya sedang membangun sebuah istana yang nyaman”.

Ketiga tukang batu tersebut menunjukkan penghargaan yang berbeda terhadap pekerjaan mereka. dari ketiga tukang batu tersebut, mana kira-kira yang mungkin untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari mandornya untuk sebuah tugas yang lebih besar? Tukang batu ketiga memiliki kemungkinan untuk naik jabatan karena penghargaannya yang besar dalam pekerjaan. Ia tidak memandang rendah pekerjaannya sehingga orang lain pun berpikir pekerjaannya memang penting.

Cara berpikir tentang pekerjaan memberitahu banyak tentang orang dan potensinya untuk tanggung jawab yang lebih besar.

Dalam kisah lain, seorang manager sebuah perusahaan merekrut 5 orang anak muda potensial untuk dibina menjadi seorang funding officer yang kompeten. Akan tetapi, sebelum mereka benar-benar akan menempati posisi tersebut, sang manajer mencoba untuk menguji kelimanya dengan memberikan tugas untuk mengantar surat ke berbagai pimpinan perusahaan. sebagian besar dari mereka mengeluh tentang tugas ini, bagaimana mungkin sebagai lulusan perguruan tinggi yang terkenal mereka harus mengantar surat layaknya seorang kurir. Akan tetapi, salah seorang diantara mereka tampak antusias menjalankannya dan merasa bahwa tugas ini memang bagian dan permulaan dari pekerjaan tersebut. Ia memberikan respek yang besar terhadap pekerjaannya. Ia menganggap penting pekerjaannya.

Dengan merasa bahwa pekerjaaan kita penting, kita akan menemukan banyak ide-ide besar dan kreatif karena pikiran kita akan terpacu dengan sendirinya untuk berkembang.

Percayalah bahwa pekerjaan Anda saat ini memberikan kontribusi yang besar bagi sebuah proyek penting. Tanpa Anda, proyek tersebut tidak akan terlalu berhasil.

Jual diri Anda kepada diri Anda sendiri

Cara ketiga adalah dengan menjual diri Anda kepada diri Anda sendiri. Hal ini penting untuk memberikan kepercayaan diri dan penghormatan yang lebih pada diri Anda sendiri

Caranya adalah dengan menganalisa kelebihan yang ada dalam diri Anda. temukan titik-titik superioritas dalam diri Anda.

Berikut adalah daftar dalam diri Anda yang harus Anda pastikan bahwa Anda bersikap dengannya sebagaimana orang penting menyikapinya.

  • Penampilan
  • Gagasan
  • Bahasa
  • Apa yang Anda baca
  • Percakapan
  • Manner
  • Ketika hilang kesabaran
  • Lelucon

Benner-4.pnj

 

About the Author Tim Riset Aquarius

>