Setiap Orang memiliki Kebutuhan emosionaluntuk berbicara dan juga mendengarkan.
Ada 4 hal dalam disiplin mendengarkan :
1. Mendengarkan dengan penuh perhatian
- Mendengarkan tanpa memotong pembicaraan
- Mendengarkan seolah-olah orang lain akan mengungkapkan rahasia yang besar danhanya 1 kali diucapkan
- Fokus pada pembicaraan dan mematikan televisi, melipat koran dan hal yangakan mengganggu konsentrasi
- Bertatapan dengan lawan bicara konsentrasi dengan pikiran terarah padapembicaraan.
2. Berikan jeda sebelum menjawab
- Mengambil waktu beberapa detik untuk berhati-hati mempertimbangkan apa yangdiungkapkan lawan bicara
- Ungkapkan bahwa Anda menghargai apa yang ia ungkapkan
- Hening sebentar baik untuk memaknai lebih dalam dan memberikan kesadarandalam pembicaraan.
3. Bertanya untuk klarifikasi
- Jangan pernah berasumsi bahwa Anda tahu apa yang orang lain pikirkan danrasakan.
- Jika kurang jelas, ajukan pertanyaan simple. Bagaimana maksudnya?
- Ketika mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan kejelasan, itu berarti Andabenar-benar memperhatikan apa yang Ia ungkapkan & tertarik dengan apa yangIa pikirkan dan rasakan.
4. Respon
- Memberikan respon dari perkataan lawan bicara serta ungkapkan dengankata-kata Anda sendiri hal ini membuktikan bahwa Anda benar-benar mendengarkanserta membuktikan bahwa Anda menghargai lawan bicara Anda.
Mari sama-sama menyeimbangkan kebutuhan untuk mendengarkan dan berbicara agarsetiap orang mendapat kesempatan yang sama 🙂