Tidak peduli apapun posisi atau jabatan Anda saat ini, keterampilan untuk memiliki pengaruh dalam lingkungan kerja benar-benar Anda butuhkan. Pengaruh yang bisa Anda ciptakan akan mendorong tim Anda untuk bekerja lebih baik.
Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat penting yang perlu Anda pelajari mulai dari sekarang unutk bisa memiliki pengaruh dalam lingkungan kerja.
Lead by example
“An ounce of practice is worth more than tons of preaching.” ~ Mahatma Gandhi
Cara terbaik untuk memimpin dan mempengaruhi tim Anda adalah dengan selalu memberikan contoh dan teladan untuk ditiru.
Dengan selalu melakukan hal yang benar dan menghindari sebisa mungkin pelanggaran dalam bekerja, bawahan Anda akan merasa segan untuk melakukan hal serupa.
Memberikan contoh yang baik memang tidak menjamin 100% bawahan atau tim Anda akan menirunya mentah-mentah begitu saja. Akan tetapi setidaknya dengan memberikan contoh yang baik, Anda akan membuat tim Anda menaruh respek lebih pada Anda. dengan begitu, mereka pun segan untuk melakukan pelanggaran dalam bekerja.
Bayangkan jika Anda bersikap semaunya di kantor dan tidak mempertimbangan apa yang dipikirkan oleh bawahan Anda. jika Anda sendiri tidak bisa menunjukkan contoh-contoh yang baik dalam bekerja, tim Anda pun tidak lagi akan menaruh respek kepada Anda.
Melakukan hal-hal negative hanya akan memberi bawahan Anda alasan untuk ikut melakukannya.
“Nothing speaks like results. If you want to build the kind of credibility that connects with people, then deliver results before you deliver a message. Get out and do what you advise others to do. Communicate from experience.” ~ John C. Maxwell
Ciptakanlah kebiasaan-kebiasaan baik di lingkungan kerja Anda. jadilah orang yang tidak hanya dapat diandalkan dalam sebuaah pekerjaaan melainkan juga punya karakter khas yang baik dan bisa dicontoh.
Ada sebuah cerita menarik yang akan kami bagikan pada Anda di sini.
Saya memiliki teman yang memiliki atasan begitu disiplin dan tepat waktu. Teman saya ini mengaku bahwa dirinya seakan-akan ‘terpaksa’ dan mau tidak mau juga harus tepat waktu. Begitupun ketika jam kerja telah selesai. Atasan di tempatnya bekerja selalu meluangkan waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaaannya. Ia memiliki dedikasi yang penuh pada perusahaan. Teman saya mengatakan bahwa akhirnya seluruh tim jadi terbiasa bekerja keras bahkan ketika jam kerja sudah habis. Mereka jadi memiliki kebiasaan untuk menyelesaikan tugas pada hari yang sama sehinga tidak harus ada pekerjaan yang di bawa pulang ke rumah.
“The three most important ways to lead people are:… by example… by example… by example.” ~ Albert Schweitzer
Ada pepatah lama tentang perbedaan antara seorang manajer dan seorang pemimpin : ” Manajer melakukan hal yang benar Pemimpin melakukan hal yang benar . . ” ( Yang terbaik untuk menjadi seorang manajer dan pemimpin - mereka hanya proses yang berbeda . )
Sebagai seorang pemimpin , bagian dari pekerjaan Anda adalah untuk menginspirasi orang-orang di sekitar Anda untuk mendorong diri mereka sendiri - dan , pada gilirannya , perusahaan - untuk kebesaran . Untuk melakukan ini , Anda harus menunjukkan kepada mereka jalan dengan melakukannya sendiri .
Berhenti dan berpikir tentang orang-orang inspiratif yang telah mengubah dunia dengan contoh-contoh mereka .
Lihatlah pengusaha legendaris , Jack Welch dari General Electric . Welch tahu bahwa untuk mendorong GE ke ketinggian baru , ia harus mengubah segalanya terbalik. Jadi itulah yang dia lakukan .
Ia mengembangkan gagasan dari ” organisasi tak berbatas . ” Ini berarti bahwa setiap orang bebas untuk melakukan brainstorming dan memikirkan ide-ide - alih-alih menunggu seseorang ” lebih tinggi ” dalam birokrasi untuk memikirkan mereka terlebih dahulu . Dia ingin timnya berbalik longgar , dan ia berjanji untuk mendengarkan ide-ide dari siapa pun di perusahaan . Dan dia melakukannya . Semua orang dari pekerja lini terendah untuk manajer senior mendapat perhatian - jika mereka memiliki sesuatu untuk dikatakan atau ide baru yang mungkin bisa membuat perusahaan lebih baik . Itu tidak hanya bicara , dan tidak butuh waktu lama untuk timnya mencari tahu .
Welch tetap setia pada gairah dan apa yang ia anggap benar . Akibatnya , GE menjadi perusahaan yang sangat sukses di bawah manajemennya . Timnya selalu bersedia untuk mengikuti jejaknya , karena orang-orang di dalamnya tahu bahwa ia selalu menepati janjinya .
Apa artinya ini bagi Anda ? Jika Anda memberikan diri Anda untuk tim Anda dan menunjukkan kepada mereka jalan , maka , kemungkinan besar , mereka akan mengikuti Anda di mana saja .
Para pemimpin yang baik mendorong orang mereka maju dengan semangat , inspirasi , kepercayaan , dan visi . Jika Anda memimpin sebuah tim yang tidak mempercayai Anda , produktivitas akan turun . Antusiasme mungkin hilang . Visi Anda mencoba begitu keras untuk membuat terjadi mungkin kehilangan daya tariknya , semua karena tim Anda tidak mempercayai Anda lagi .
Selalu perhatikan sikap positif agar bawahan Anda menangkap cara berpikir yang benar. Tanya pada diri sendiri, apakah Anda sudah layak untuk jadi panutan? Berikut ini adalah 8 sifat yang perlu Anda miliki agar bisa dicontoh atau ditiru oleh tim Anda.
Bertanggung jawab. Jangan pernah lari dari masalah yang sedang dihadapi oleh tim Anda. tekankan dalam diri Anda bahwa ini adalah tanggung jawab Anda penuh untuk mengatasinya dan menggerakkan tim Anda.
Jadilah jujur . kejujuran adalah integritas tertinggi yang harus Anda miiki. Tidak jujur tidak akan dipercaya. Hilang kepercayaan berarti tidak akan diterima.
Jadilah berani. Jadilah orang pertama yang mengambil resiko. Biarkan diri Anda terjun terlebih dahulu sebelum semuanya benar-benar terlanjur terjadi.
Akui kegagalan . Hal ini membuat tim Anda maklum jika melakukan hal yang sama dan mendefinisikan kegagalan sebagai bagian dari proses menjadi luar biasa .
Jadilah gigih . Coba , coba lagi. Tunjukkan kepada tim Anda bagaimana konsep pantang menyerah dalam sebuah pekerjaan.
Buat solusi . Jadi yang pertama untuk menawarkan solusi dan kemudian meminta tim Anda untuk memikirkannya lebih lanjut
Dengar . Ajukan pertanyaan . Berusaha untuk memahami . Anda akan menerima wawasan berharga dan mengatur nada yang mendorong terciptanya dialog yang sehat .
Gulung lengan baju Anda . ikutlah turun tangan ketika tim menghadapi masalah, bahkan jika masalah tersebut benar0benar sepele. seorang pimpinan yang baik tidak akan segan-segan menggulung lengan bajunya sendiri untuk turun langsung menyelesaikan permasalahan.
Upgrade ilmu pengetahuan dan skill
Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa apabila Anda ingin ahli level dunia di bidang yang Anda tekuni maka Anda perlu berlatih selama 10.000 jam. Teori ini muncul setelah tiga orang pakar yaitu K. Anders Ericsson, Ralf Th. Krampe, dan Clemens Tesch-Romer melakukan riset di Berlin Academy of Music. Mereka menemukan fakta bahwa para ahli level dunia menghabiskan waktu 10.000 jam untuk berlatih.
Tapi kita perlu ingat ya bahwa 10.000 jam adalah waktu yang dihabiskan untuk berlatih bukan hanya sekadar “jam terbang”. Berlatih yang dimaksud di sini adalah terus meningkatkan skill dan kemampuan, bukan hanya menjalankan rutinitas yang ada. Karena itu, tidak mengherankan apabila ada banyak orang yang sudah bekerja puluhan tahun dan telah memiliki jam terbang lebih dari 10.000 jam namun mereka tidak ahli dalam bidang apapun.
Jika akan Anda ingin pekerjaan Anda menjadi tempat berlatih sehingga Anda kelak benar-benar menjadi ahli, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.
Pertama, Anda harus memiliki target spesifik untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Anda melebihi yang ada saat ini. Untuk mencapainya, Anda harus biasa bekerja dengan target. Salah satu hal yang menambah kenikmatan hidup adalah target kerja tercapai di saat yang bersamaan keahlian atau keterampilan kita juga meningkat.
Saat ini, banyak orang yang tertipu. Mereka merasa cukup puas dengan pencapaian kerja yang sesuai target, namun lupa untuk meningkatkan keahlian mereka di bidang yang sedang dijalani. Sebagai contoh seorang MC atau host sebuah program tv. Ia merasa cukup puas dengan banyaknya tawaran job/pekerjaan namun lupa untuk terus meningkatkan kemampuan public speakingnya. Pelan namun pasti nama mereka akan tenggelam dengan sendirinya
Kedua, mintalah feedback dari ahlinya. Pendapat seorang ahli itu lebih baik daripada seribu orang yang tidak ahli. Anda perlu untuk mencari tahu siapa orang yang ahli dalam bidang yang Anda tekuni. Dengarkan pendapat mereka untuk meningkatkan kemampuan Anda.
Demikian pembahasan kali ini tentang meningkatkan pengaruh di lingkungan kerja. Anda ingin berbagi pengalaman? Silahkan komentar di bawah ya 🙂