Kiat Sukses Memadamkan Rasa Takut dan Ragu-ragu

Shares

Benner-4.pnj

 

afraid

Pernahkah Anda mengalami masa-masa sulit dan menyesakkan hati Anda? Pernahkah Anda menghadapi suatu masalah kehidupan tanpa tidak tahu sama sekali apa solusinya? Atau, pernahkah Anda mengalami ketakutan yang sangat terhadap sesuatu yang akan Anda hadapi?

Perjalanan meraih kesuksesan dalam hidup, baik itu dalam meraih karir maupun kehidupan sosial, Anda akan menemui berbagai rintangan dan halangan yang memunculkan perasaan takut dan ragu dalam diri Anda.

Ketakutan yang sangat terhadap sesuatu yang Anda hadapi, perlu disikapi dengan cerdas. Ketakutan dalam bertindak adalah penghalang terbesar dalam proses Anda menuju keberhasilan. Anda tidak akan bisa mencapai keberhasilan sebelum Anda bisa melampaui rasa takut yang Anda hadapi.

Ketakutan akan Anda temui pada saat Anda menendapatkan tantangan baru atau aktivitas baru dalam sebuah pekerjaan atau hidup Anda. ketakutan muncul tepat pada saat Anda keluar dari zona nyaman Anda untuk menuju level yang lebih tinggi lagi

Sebagai contoh, ketika Anda selama ini belum pernah memiliki pengalaman sebagai bagian marketing/sales, tentu Anda akan merasa ketakutan dan berdebar ketika akan presentasi produk baru Anda di depan calon pelanggan. Atau, ketika Anda selama ini belum pernah mengajar, tentu akan hadir rasa takut dan gentar ketika Anda diminta untuk mengajar sekelompok mahasiswa di perguruan tinggi.

Ketakutan hadir ketika kita belum terbiasa melakukan sesuatu atau akan menghadapi sesuatu yang menantang.

Kadangkala, banyak yang memberikan kita semangat dan sugesti positif bahwa kita sanggup menghadapinya. Dukungan semacam ini biasanya berasal dari keluarga , teman atau pasangan. Ketahuilah bahwa hiburan, penenang, dan basa-basi tersebut tidak akan pernah berhasil menyelesaikan masalah. Mungkin kita akan merasa tenang dalam beberapa saat. Tetapi ketakutan tersebut tidak bisa disembuhkan secara permanen.  Tidak ada yang bisa melumpuhkan rasa takut Anda selain dengan menghadapinya.

Ketakutan itu nyata. Kita harus menghadapinya. Sekedar mengetahui penyebab ketakutan saja tidak akan menyembuhkan ketakutan

Ketakutan adalah musuh sukses nomor.1 dalam perjalanan sukses Anda. mengapa rasa takut ini harus segera Anda hadapi dan selesaikan?

Rasa takut menghentikan orang untuk memanfaatkan peluang

Ketakutan membuat Anda berhenti memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Ketakutan dengan cerdiknya dapat menutup pengliihatan Anda kepada strategi – strategi yang sebetulnya ada di depan mata.

Meletihkan mentalitas fisik

Selain itu, ketakutan juga meletihkan mentalitas fisik Anda. menyimpan rasa takut terlalu lama akan menyedot energi Anda yang seharusnya Anda gunakan untuk produktivitas.

Membungkam suara Anda ketika seharusnya Anda bicara

Dampak paling berbahaya yang disebabkan rasa takut adalah membuat Anda bungkam ketika Anda seharusnya bicara. Rasa takut yang berhasil menguasai diri Anda membuat Anda ragu-ragu dalam menyampaikan aspirasi Anda. Anda tidak bisa dengan leluasa menyampaikan pendapat di depan atasan Anda dan membuat Anda kehabisan kata-kata saat bernegoisasi dengan mitra bisnis Anda. oleh karena itu, rasa takut ini harus segera diatasi.

Ketakutan berarti ketidakpastian atau tidak adanya kepercayaan bahwa Anda mampu mencapai apa yang Anda impikan. Ketakutan lah yang menyebabkan mengapa jutaan orang hanya mencapai sedikit dalam hidupnya. Ketakutan menghambat seseorang mendapatkan apa yang diinginkan dari hidup ini.

Tentunya kita tidak mau untuk terjebak dalam perasaan takut terus menerus. Kita menginginkan agar bisa beraani bertindak yang mendukung kesuksesan kita. Akan tetapi, bagaimana memulainya?

Kabar baiknya, ketakutan adalah bentuk infeksi psikologi. Layaknya infeksi tubuh, ia bisa disembuhkan 🙂

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah ampuh untuk merubah ketakutan andaa menjadi kepercayaan penuh bahwa Anda dapat menghadapinya.

1. Semua kepercayaan bisa dipelajari dan dikembangkan

Yakinlah bahwa layaknya sebuah kebiasaan baik, rasa percaya dan yakin dalam meraih sukses bisa dipelajari dan dikembangkan. Kepercayaan yang besar terhadap hasil-hasil yang besar bukanlah hal ajaib yang dianugerahkan hanya pada segelintir orang. Ia bisa dilatih dan dibentuk dalam diri seseorang sehingga mereka akan selalu percaya terhadap hal-hal besar seperti yang sudah dilakukan orang-orang sukses.

2. Tindakan mengalahkan ketakutan

Kunci terpenting kedua adalah TINDAKAN. Yup. Hanya tindakan yang dapat mengalahkan ketakutan. Lakukan saja. Ketakutan itu akan luntur dengan sendirinya. Setiap orang tidak akan pernah benar-benar siap sebelum ia melakukannya.

Mulai saat ini, ketika rasa takut itu menyergap Anda, segeralah pikirkan tindakan apa yang bisa saya ambil untuk menaklukkan rasa takut itu?

Ketika Anda merasa takut ketika akan menemui calon klien dan melakukan presentasi di depannya, pikirkanlah, hal apa yang bisa saya lakukan untuk menaklukkan rasa takut saya?

3. Identifikasi Ketakutan Anda

Tentukan secara persis apa yang Anda takutkan. Identifikasi atau kenalilah bentuk ketakutaan Anda itu.

4. Ambil tindakan

Pikiran kita bisa dianalogikan persis seperti sebuah bank. Bank di pikiran kita menyimpan begitu banyak ingatan dan database sebagai aset mereka. Setiap ingatan/database dari yang mulai sudah lama sampai yang terakhir Anda ingat, semua ada dalam bank ini. Ingatan/database Anda inilah yang akan digunakan untuk membentuk sebuah pikiran yang baru.

Kabar baiknya, Anda dapat meminta apa saja dari bank pikiran Anda. Jika Anda meminta ingatan dan database yang positif, mereka akan langsung memberikannya kepada Anda, begitu juga sebaliknya. Jika Anda memancing pikiran negative untuk keluar, maka itu yang akan diberikan bank pikiraan Anda.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengganti rasa takut dalam menghadapi tantangan baru dengan kepercayaan? Berikut adalah hal-hal penting untuk membangun kepercayaan dalam kesuksesan

Depositokan hanya pikiran positif dalam database Anda

Bagaimana cara untuk menyimpan hanya hal positif dalam pikiran kita? Caranya adalah jangan masukkan ke dalam hati setiap perkataan orang lain yang menjatuhkan Anda. Don’t eat tge small stuff. Biasakan untuk mengingat hanya pengalaman yang menyenangkan dan positif. Jika ada yang tidak menyenangkan, usahakanlah untuk melupakan dan memaafkan.

Satu terapi lagi adalah dengan membiasakan bersyukur di malam hari sebelum Anda tidur. Ingat kembali nikmat apa saja yang sudah Anda peroleh pada hari itu.

Dengan hanya menyimpan ingatan yang baik-baik dan tidak memasukkan ke dalam hati hal-hal yang negative, bank pikiran Anda hanya akan memiliki modal untuk berpikir positif.  Selajutnya, setelah memenuhi bank pikiran Anda dengan lebih banyak hal-hal positif dibandingkan hal negatif, tarik hanya pikiran positif dari bank pikiran Anda.

Ada sebuah artikel menarik yang menunjukkan bagaimana ketakutan dan pikiran negative dapat mematikan hidup seseorang. Ada data menarik di sebuah artikel populer berjudul The Drive Toward Self Destruction yang diterbitkan oleh majalah Cosmopolitan. Dari artikel tersebut, dapat diketahui bahwa lebih dari 30.000 orang Amerika bunuh diri setiap tahun dengan cara berusaha mencabut nyawa mereka sendiri. Sedangkan, jutaan lainnya bunuh diri denga cara membunuh mental dan spiritual mereka secara perlahan.

Satu hal yang perlu kita ketahui sebelum mengakhiri artikel ini. Pikiran kita adaalah temaan bekerjasama paling ideal, jika kita tau cara memaksimalkannya. Pikiran kita sama dengan kita. Mereka ingin agar kita melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan (jangan terlalu dipikirkan atau dimasukkan ke dalam hati) dan selalu mengingat hal positif (dengan cara bersyukur).

Jika saja kita mau bekerjasama, ingatan yang tidak menyenaangkan secara bertahap akan layu.  Mudah untuk melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan asalkan kita benar-benar menolak untuk mengingatnya.

Benner-4.pnj

 

About the Author Tim Riset Aquarius

>