Kiat Sukses Menjadi Pribadi Hebat dengan Cepat

Shares

Benner-4.pnj

 

BERTINDAK SEOLAH

Apakah Anda ingin merubah kepribadian Anda menjadi lebih baik? Apakah Anda sudah mulai menyadari kekurangan dalam diri Anda dan ingin segera mengubahnya? Jika Anda ingin memiliki kepribadian yang lebih baik dan menarik dalam waktu singkat, artikel ini sangat tepat bagi Anda.

Setiap orang pasti ingin menjadi semakin baik dari hari ke hari. Memiliki kepribadian yang baik dan menyenangkan tentunya menjadi agenda utama mereka yang ingin meraih kesuksesan. Hal ini disebabkan mereka yakin bahwa kesuksesan tidak bisa diraih tanpa kepribadian dan karakter diri yang baik. Berbagai metode sudah dicoba banyak orang untuk mengubah karakter mereka menjadi lebih baik. Dari mulai cara berpikir positif, afirmasi, mengikuti pelatihan yang diadakan motivator terkenal, sampai membaca buku-buku pengembangan diri.

Pertanyaannya adalah, berapa persen dari mereka yang berhasil? Berapa banyak karakter buruk yang bisa dihilangkan melalui metode yang ada selama ini? Seberapa besar pengaruh cara-cara tersebut untuk membentuk kepribadian yang baik?

Dalam artikel kali ini, kita akan mengetahui rahasia merubah kepribadian diri sesuai dengan yang kita inginkan, dalam waktu singkat. Metode di bawah ini sudah diuji berulang kali oleh para pakar psikologi di Barat dan sudah banyak dibahas dalam buku-buku pengembangan diri populer.

Dalam buku The Magic of Charm diketahui bahwa kemampuan seseorang mengubah kepribadian sesuai dengan yang dia inginkan bisa didapatkan dengan menerapkan metode yang dipakai para actor untuk menjiwai perannya.

Dalam dunia teater/drama, dikenal dua pendekatan yang digunakan oleh para actor untuk menjiwai peran mereka yaitu Pendekatan Amerika dan Pendekatan Eropa. Apa perbedaan keduanya? Mana metode yang paling efektif untuk membentuk kepribadian sesuai yang kita inginkan?

Pendekatan amerika, dari dalam ke luar

Pendekatan Amerika adalah metode yang digunakan para actor untuk menjiwai peran mereka dengan mempelajari karakter peran tersebut dan berusaha menanamkannya dalam diri mereka. Melalui cara ini, para aktor berharap menjiwai setiap perilaku dari peran yang mereka perankan.

Sebagai contoh, seorang aktor diminta untuk memerankan seorang kaya yang sombong, maka ia akan berusaha menjiwai peran tersebut terlebih dahulu dengan baik sebelum mulai mempraktekkan perilaku seorang kaya yang sombong.

Ia akan berusaha menjiwai karakter sombong, angkuh, tidak menghargai orang miskin, dan berbagai sifat lain yang dituntut dalam peran tersebut. Berbekal mendalami karakter tersebutlah, para aktor akan sedikit demi sedikit mengaplikasikannya dalam sikap dan perilaku dalam drama.

Para aktor mencari kualitas diri yang mirip dengan karakter. Dengan begitu iya membangunnya sedikit demi sedikit dan membangun karakter tersebut ke luar secara bertahap.

Metode pertama ini memiliki kelemahan yaitu para aktor akan menghabiskan banyak waktu untuk menjiwai peran tersebut tanpa jaminan bahwa ia akan bisa meyakinkan orang lain dengan karakter tersebut. Singkatnya, ia membutuhkan waktu yang lama tanpa hasil yang bisa menjadi jaminan.

Pendekatan Eropa, dari luar ke dalam

Metode kedua adalah Pendekatan Eropa. Berkebalilkan dari metode pertama, dalam metode ini para aktor akan mulai menciptakan perilaku lahiriah (tampak) dari karakter yang ia perankan. Ia akan membayangkan bagaimana tokoh tersebut berjalan, berbicara, memperlakukan orang lain, makan, tertawa, cemberut dan sebagainya. Dengan cara ini, karakter tersebut akan masuk ke dalam diri aktor sedikit demi sedikit.

Berbeda dengan cara pertama, cara ini mengandalkan sikap dan perbuatan sebagai jalan mereka untuk merubah karakter sesuai yang mereka inginkan.Dengan langsung merubah sikap dan perilaku sesuai dengan karakter yang kita inginkan, kita dengan mudah akan mendapati kepribadian tersebut perlahan menyatu dengan diri.

Sebagai contoh, jika Anda ingin memiliki kepribadian yang ramah dan asik diajak mengobrol, Anda akan jauh lebih mudah mendapatkannya dengan langsung bertindak seolah-olah Anda adalah orang yang ramah dan menyenangkan. Tegurlah setiap orang yang Anda kenal, tersenyumlah kepada mereka yang Anda temui, dan bersikaplah dengan menyenangkan.

“Cara terbaik menciptakan perasaan jika Anda tidak mempunyainya adalah bertindak pada tiap kesempatan seolah-olah Anda sudah memilikinya dan Anda akan segera memilikinya.” – aristoteles

Dalam dunia pengembangan diri, dengan merubah perilaku eksternal, kita dapat mempengaruhi apa yang orang lain rasakan dan apa yang kita rasakan di dalam. dalam teori pengembangan diri, ini dikenal sebagai ‘Kekuatan seolah-olah’.  Ini adalah tentang bagaimana kita dapat mengubah perilaku eksternal kita dengan keterampilan tertentu yang memberikan kita kendali atas citra pribadi yang kita ingin orang lain melihatnya.

Jika kita benar-benar menginginkan perubahan, kurangi kekhawatiran tentang “mengapa” dan lebih konsentrasi pada “bagaimana”. Hentikan berpikir tentang alasan mengapa Anda harus memiliki kepribadian tersebut, namun mulailah fokus pada bagaimana cara Anda bertindak sesuai dengan karakter dan kepribadian yang Anda inginkan.

Terlepas dari apa yang Anda pikirkan, apa yang akhirnya dinilai dari Anda adalah perilaku Anda.

Orang-orang bereaksi berdasarkan cara pandang mereka terhadap perilaku kita. Tidak peduli agenda apa yang sedang Anda rencanakan untuk perubahan diri Anda.

Meskipun saat ini Anda sedang berencana untuk melakukan perubahan besar pada kepribadian Anda, orang lain tidak akan merasakan perubahan apa-apa jika Anda tidak mewujudkannya dalam perilaku yang nyata. Misalkan, saat ini Anda sedang dalam agenda menjadi lebih ramah dan menyenangkan. Orang lain tidak akan menganggap Anda ramah dan menyenangkan sampai Anda mewujudkannya dalam sikap yang ramah dalam keseharian Anda.

Akan jauh lebih mudah merubah diri Anda dari luar lalu dengan sendirinya ia akan mempengaruhi karakter internal Anda daripada merubahnya dari dalam lalu bersusah payah membentuk perilaku yang Anda inginkan.

Perilaku lahiriah Anda akan menciptakan rasa batin yang sesuai

Psikolog telah menemukan fakta bahwa sulit bagi orang untuk mematikan dan menyalakan emosi sesuai dengan keinginan.

Dengan begitu, satu-satunya cara paling mudah dan efektif untuk membentuk kepribadian baik yang Anda inginkan adalah dengan bertindak seolah-olah Anda sudah memiliki karakter tersebut. Ini tidak akan memakan banyak waktu Anda. akan tetapi, cara ini memiliki pengaruh kuat dalam menciptakan kepribadian yang lebih baik lagi.

Dengan mengendalikan tindakan, Anda dapat bersikap seolah-olah sudah memiliki emosi yang ingin Anda miliki. Prinsip bertindak seolah-olah mengatakan bahwa jika Anda bertindak seolah-olah Anda sudah merasakan sesuatu , tindakan itu akan memicu perasaan Anda yang sebenarnya.

Dengan pembahasan dalam artikel ini dan artikel sebelumnya, kita telah mendapatkan metode baru yang bisa kita terapkan kapan saja kita menginginkan untuk membentuk kepribadian yang baik. Sepertinya tidak ada lagi cerita sulit untuk menumbuhkan perasaan baik dalam diri kita.

Dengan cara ini, Anda akan dengan mudah menjadi pribadi yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam pekerjaan, keluarga, atau bersama pasangan Anda.

Apa yang sampai saat ini masih menjadi kesulitan Anda dalam berubah menjadi pribadi yang lebih baik? Share di bawah ya 🙂

Benner-4.pnj

 

About the Author Tim Riset Aquarius

>