Sebagai karyawan pasti anda sering menerima banyak masalah dalam pekerjaan anda. Mulai dari beratnya pekerjaan, suasana kerja tidak nyaman atau bahkan atasan yang bawel? haha itu hal yang lumrah bagi sebagian dari kita para karyawan. Oleh karena itu, seharusnya kita sudah bisa menanganinya dan tidak dipusingkan lagi dengan hal-hal itu.
Namun, ternyata masih banyak dari kita yang tetap dibuat stres olehnya. Mungkin anda salah satunya? Jika ya, anda harus membaca artikel ini. Dan jika tidak, anda pun harus tetap membaca artikel ini untuk mengenal lebih dalam tentang stres kerja jika suatu saat nanti anda mengalaminya. 🙂
pertama kita buka dahulu fakta tentang stres kerja ini. Sebuah penelitian di Inggris menunjukan bahwa hampir 50% dari karyawan disana mengalami stres kerja setiap harinya. Dan sebuah organisasi bernama British Heart Foundation juga mengatakan bahwa 1 dari 5 karyawan terpaksa makan siang dengan terburu-buru karena masih banyak pekerjaan yang menanti mereka. Pernah mengalaminya? Saya pun pernah. hehe
Sebuah penelitian juga dilakukan kepada 1.200 responden. Penelitian ini menunjukan bahwa penyumbang terbesar stres kerja adalah terlalu beratnya beban pekerjaan dan tak adanya kompromi dari para atasan mereka terhadap kesehatan pribadi para karyawannya. Alasan para atasan sih karena tuntutan hidup di masa ini sangat tinggi. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mau tidak mau harus bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaanya dan itu menyita waktu istirahat mereka.
Ya seperti itulah fakta tentang kita para karyawan. Jadi jangan pikir kerja di luar negeri itu enak. Tingginya tuntutan kerja di zaman ini membuat kita harus bekerja ekstra cepat dimanapun kita berada.
Mata anda sudah terbuka membaca fakta tentang stres kerja tadi? Sekarang, mari kita kupas tuntas tentang si pengganggu yang satu ini! Mungkin anda pernah bertanya-tanya apa sebenarnya stres kerja itu? Stres kerja itu adalah kondisi seseorang dimana dia merasa tertekan oleh pekerjaannya atau bahkan lingkungan pekerjaannya yang mempengaruhi emosi, pola pikir dan kondisi seseorang tersebut. Perlu diketahui, definisi ini saya buat berdasarkan kesimpulan dari beberapa definisi yang sudah ada. J
Anda pasti tahu apabila segala sesuatu yang terjadi pasti memiliki sebab dan akibat. Begitu pula dengan stres kerja ini. Dia muncul dikarenakan ada penyebab yang memancing dan ada dampaknya pula jika dia telah menyerang seseorang.
Kita mulai dari penyebab terjadinya stres kerja ini. Sebagian besar dari anda pasti mengalami stres kerja apabila menerima beban pekerjaan yang sangat berat. Benar? Atau bahkan hingga diberikan batas waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut? Berdasarkan fakta yang sempat kita bahas tadi pun menjelaskan memang inilah penyebab utama kita mengalami stres saat bekerja.
Namun disamping hal itu, masih banyak faktor-faktor yang dapat membuat kita stres. Faktor-faktor itu dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu faktor beban kerja, lingkungan kerja dan pekerja itu sendiri.
1. Faktor beban kerja. Sudah dijelaskan tadi bahwa beban kerja yang terlalu berat ini memang menjadi masalah utama bagi para karyawan. Ketika mendengar tanggung jawab pekerjaan yang terasa berat saja kita langsung mengeluh meskipun belum mencobanya. Seperti kalah sebelum berperang.
Namun tidak perlu khawatir. Disini saya mempunyai jurus jitu untuk mengatasi si beban pekerjaan ini. Untuk mengatasi stres akibat faktor ini, kita harus pintar-pintar mengelola waktu bekerja kita dan jurus lain lain untuk mengatasinya. Silahkan klik link itu untuk belajar bagaimana mengatasi stres kerja yang selama ini anda alami.
2. Faktor lingkungan pekerjaan. Pernah memiliki rekan satu ruangan yang menyebalkan dan atasan yang bawel dan egois? atau bahkan ini yang sedang anda alami sekarang? Hati-hati! Karena mereka akan menjadi senjata dari peluru stres kerja bagi kita.
Jangan sampai kita terpengaruh oleh sifat buruk mereka. Membenci atau bergumam mencela mereka hanya akan membuat konsentrasi kita pecah. Lebih baik tetap fokus pada pekerjaan kita dan tetap bersikap baik terhadap mereka.
3. Faktor pekerja. Faktor ini muncul dari pekerja itu sendiri. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh kehidupan seseorang secara individu seperti ekonomi, keluarga atau kepribadian dari orang itu sendiri.
Apakah anda sering membawa masalah individu ke dalam pekerjaan anda? Jika ya, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk itu. Karena anda pun pasti dapat merasakan dampak buruknya jika anda membawa masalah anda ke dalam pekerjaan.
Kini anda telah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan seseorang dapat terjangkit stres kerja. Hingga tahap ini seharusnya anda sudah dapat mengantisipasi munculnya stres kerja tersebut.
Seperti dijelaskan di awal tadi, segala sesuatu pasti memiliki sebab dan juga akibat. Kita telah membahas tentang penyebab munculnya stres kerja. Kini kita akan membahas apa dampak dari stres kerja tersebut.
Dampak stres bagi individu pekerja tentu sangat mengganggu. Stres kerja ini akan mengganggu kehidupan seseorang yang akan berdampak pada hubungan sosial diluar tempat ia bekerja. Contohnya seperti keluarga. Stres di tempat kerja mungkin bagi sebagian orang akan terbawa hingga ke lingkup keluarga mereka jika mereka tidak dapat menngontrolnya dengan baik.
selain itu, stres tentu juga akan mengganggu kinerja dan performa seseorang yang berdampak pada hasil dari pekerjaan yang mereka kerjakan. Performa dan hasil pekerjaan seseorang akan menurun jika ia mengalami stres dalam pekerjaanya dan ini jelas membahayakan karirnya.
Hubungan sosial di dalam lingkungan kerja pun bisa saja terganggu akibat dari timbulnya stres kerja ini. Reaksi emosional yang timbul dari stres ini membuat seseorang tidak ingin diganggu dan mudah marah sehingga terjadi ketegangan atau bahkan konflik antar para pekerja yang mengakibatkan terhambatnya kerja sama antar individu dalam satu lingkup kerja. Padahal kerja sama di dalam suatu lingkup kerja itu sangat dibutuhkan untuk mendukung kinerja dari tiap masing-masing karyawan.
Kita masuk ke dalam dampak stres yang lebih ilmiah yaitu kesehatan. Menurut penelitian stres akan mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang. Kenapa? Karena sistem kekebalan tubuh bekerja memproduksi antibodi yang menghalang masuknya penyakit ke dalam tubuh. Namun sistem produksi antibody ini akan terganggu apabila seseorang mengalami stres sehingga mereka yang stres akan mudah terserang penyakit.
Hmm, begitu banyak dampak negatif yang akan kita tanggung apabila stres kerja ini dapat menyerang kita. Memang kita tidak bisa menghindar dari stres kerja ini karena dia selalu ada di sekitar kita dan selalu siap untuk menyerang apabila kita lengang. Namun kita bisa menangkalnya dengan beberapa pengetahuan dan tips yang sudah saya berikan tadi.
Tuntutan hidup yang semakin tinggi membuat kita mau tidak mau harus bekerja ekstra cepat. Dibutuhkan sikap dan strategi yang tepat untuk menangani dan mengatasi itu semua.
Kini kita telah mengetahui berbagai penyebab, dampak bahkan fakta-fakta tentang stres kerja yang mungkin selama ini dialami dalam keseharian bekerja anda. Anda dapat menghindari atau mengatasi stres kerja itu mulai sekarang dan bekerja dengan penuh suka cita untuk mencapai hasil yang anda harapkan. Menarik? Layangkan pendapat Anda di bawah 🙂 .