Langkah Efektif Mengatasi Stress

Shares

stressKehidupan sehari-hari selalu menghadirkan berbagai tantangan. Tantangan hadir untuk menguji bagaimana seseorang mengatasinya. Stress adalah sebuah efek yang dirasakan setiap kali seseorang menghadapi sesuatu yang lebih besar. Mengatasi Stress artinya, berhasil menyesuaikan diri, mengembangkan — menaikkan level pemikiran, kebijaksanaan, sehingga tidak merasakan itu sebagai stress lagi.

Kita setuju ketika stress muncul, berarti seseorang dipanggil untuk mengatasi stress itu, bukan lari dari stress. Semakin lari dari masalah maka ia akan menjadi semakin besar. Mengatasi stress dan menghadapinya adalah pilihan paling bijak. Seperti saat sekolah dulu, setiap ujian datang, artinya kesempatan kita naik kelas. Mengatasi tantangan ini membuat kita otomatis memiliki kekuatan yang sejajar bahkan lebih tinggi, sehingga stress itu tidak lagi membebani pikiran serta fisik.

Setiap orang memiliki pendekatan berbeda. Bagaimana Anda mengatasi Stress? Berikut saya ingin menjabarkan langkah-langkah sederhana agar kita mampu mengatasi stress. Tidak perlu melakukan semuanya, temukan mana yang paling tepat dan nyaman bagi Anda. Berikan umpan balik Anda di akhir artikel. Mari kita mulai…

7 Langkah Mengatasi Stress

1. Mengatasi stress dengan meditasi Ditambah yoga

Cara pertama, kita bisa lakukan praktik meditasi serta yoga. Meditasi membantu menenangkan pikiran, mengurasi stress. Ini adalah cara terbukti sejak dulu. Meditasi adalah sebuah cara efektif mengatasi stress lintas Agama. Kita menemukan meditasi dalam berbagai Agama di dunia. Mereka melakukannya dengan cara yang berbeda-beda, namun semuanya membantu mengatasi stress dan menenangkan pikiran.

Melatih yoga serta meditasi bersamaan akan membantu merilekskan pikiran, tubuh, dan spiritual. Saya menemui setiap praktisi yoga maupun meditasi selalu memancarkan energi dan ketenangan. Dekatkan diri dengan mereka, ketenangan dan kedamaian selalu dirasakan. Mereka benar-benar mampu mengatasi stress dalam kehidupannya.

Di tempat kerja pun, Anda dapat melatih meditasi untuk menghilangkan stress dari pekerjaan. Stress pikiran adalah efek pertama yang umumnya orang rasakan. Kemudian akan mempengaruhi fisik, mungkin gampang lelah. Bagaimana menghilangkan stress di tempat kerja dengan meditasi?

Jangan merasa tidak ada waktu, karena meditasi tidak harus ber jam-jam lamanya. Teknik ini bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 menit saja. Lima menit adalah waktu ideal, cukup tuk mengatasi serta menghilangkan beban pikiran Anda, paling tidak meringankan serta membuat pikiran lebih jernih dan kreatif. Siap mengatasi  tantangan di tempat kerja Anda.

2. Mengatasi Stress dengan Menulis

Menulis adalah sebuah cara luar biasa untuk melepaskan emosi serta beban. Dalam dunia hipnoterapi, menulis bisa disebut sebagai metode “silent abbreaction” atau melepaskan beban dengan diam. Umumnya ada orang malu mengungkapkan bebannya kepada orang lain. Atau mereka tidak tahu bagaimana mengungkapkan supaya bisa mengatasi stress, ingin bercerita susah. Menulis akan menjadi sebuah sarana luar biasa dalam mengatasi stress pikiran.

Menulis lebih mudah melepaskan, lebih mudah mengungkapkan perasaan dan pikiran. Memang dengan berbagi cerita, kita sudah melepaskan beban dan mendapatkan ide. Begitu juga menulis. Tidak hanya mengatasi stress, namun juga mendapatkan ide untuk mengatasi persoalan itu di tempat kerja maupun di bidang lain dalam kehidupan.

Menulis juga bisa mengangkat rasa takut menghadapi stress. Mengeluarkan dalam bentuk tulisan membuat kita bisa melihat dari kacamata berbeda, sudut berbeda. Tulislah. Milikilah sebuah jurnal untuk mengatasi masalah. Setiap kali saya menuliskan permasalahan saya, pikiran saya selalu membimbing saya menemukan solusinya. Memang tidak semua solusi langsung datang, namun sudah pasti masalah itu selalu selesai cepat atau lambat.

3. Mengatasi Stress dengan Berjalan

Mengatasi stress dengan berjalan? Ya. Berjalan, tidak hanya baik untuk kesehatan fisik. Juga memberikan manfaat yang baik untuk mental dan spiritual. Berjalan juga mampu meningkatkan jumlah oksigen ke otak, oksigen ini akan meningkatkan kemampuan dan kondisi pikiran serta memberikan kekuatan untuk mempertahankan kejelasan dalam pikiran.

Tidak perlu terlalu lama berjalan, cara mengatasi stress ini cukup 20 menit sehari akan memberikan kesempatan merefleksi, berkomunikasi kepada diri sendiri, memproses masalah penyebab stress, dan juga berpikir dengan kreatif.

Semua manfaat berjalan ini mengurangi stress dan membuka pintu bagi pandangan baru masuk, membuat kita mampu menyelesaikan permasalahan pelik. Sekarang, berjalanlah (ups lanjutkan dulu artikel ini hehe). Tidak mesti harus di pagi hari, Kita bisa melakukannya di sela-sela kegiatan, saat pergi makan siang, saat mencari ide, lebih banyak naik tangga dibanding eskalator.

4. Mengatasi stress dengan Pijat

Nah ini favorit saya. Saya sering melakukannya untuk melepaskan ketegangan fisik dari proses kerja yang padat. Pijat adalah cara enak untuk merilekskan otot. Membantu darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh, secara biologis membuat fungsi tubuh lebih optimal, dan mengurangi stress. Minum air yang cukup, menurut MayoClinic, pria membutuhkan rata-rata 3 liter sehari, wanita membutuhkan 2.2 Liter sehari. Bagaimana dengan 8 gelas sehari yang sering kita dengar? Itu hanya sekitar 1.9 liter sehari.

Bisa juga melihat dari hasil urin. Urin berwarna kekuningan menunjukkan kita masih kurang minum. Urin tidak berwarna, menunjukkan asupan air telah cukup. Mari kita berhitung berapa liter sehari yang telah kita minum. Siap? Haruss.

5. Mengatasi stress dengan Aromaterapi

Aromaterapi telah banyak sekali digunakan untuk meringankan serta mengatasi stress. Berdasarkan berbagai sumber, banyak sekali aroma tumbuhan yang terbukti memberikan efek rileks dan ketenangan pikiran. Misalnya, lavender bisa mengatasi sakit kepala, insomnia atau sulit tidur, kecemasan bahkan depresi.

Wangi mawar bisa membantu meningkatkan ingatan, gairah dan meringankan sakit kepala sebelah atau migrain. Bunga Camomil membantu membangun ketenangan dan perasaan secara keseluruhan. Anda bisa menemukan banyak sekali alat yang bisa mengeluarkan wangi bunga-bunga ini. Saya sendiri menggunakan lavender untuk ruang kerja saya. Pewangi ruangan yang menggunakan sensor gerak untuk menyemprotkan aromanya. Sangat membantu, bahkan juga membantu mengusir nyamuk. Hahaha.

6. Tertawa bisa mengatasi stress

Maaf saya lupa gosok gigi

Maaf saya lupa gosok gigi

Tertawa lepas adalah kegiatan terbaik untuk kesehatan. Tertawa membuat kehidupan lebih menyenangkan. Menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh. Coba tertawa sekarang. HAHAHAHAHAHAHA… Mungkin Anda tidak mau mencobanya, kalau begitu lain kali dicoba ya. Tertawa, bisa mengurangi hormon stress, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit flu.

Tertawa tidak harus menunggu situasi yang benar-benar lucu, saya tahu bagi orang melankoli tertawa adalah salah satu hal yang berat dilakukan. Harus benar-benar lucu baru bisa tertawa. Coba menggunakan imajinasi. Bayangkan situasi itu jauh lebih aneh, lucu, menggelikan. Walaupun tidak seperti itu, toh kita berhak membayangkan, karena dunia ini berjalan karena persepsi dan imajinasi.

Baik, kali ini mari HAHAHAHAHAHAHAHA…. Anda melakukannya? Ayo donk 😀

7. Mengembangkan sikap Bersyukur

Apakah Anda mengawali hari Anda dengan ucapan syukur hari ini? Jika belum, yuk berhenti sejenak, ingat kembali dari pagi hari Anda bangun sampai sekarang Anda membaca artikel ini, apa 3 hal yang Anda syukuri? Oke, mulai sekarang. 🙂

Sudah ketemu? Jika belum, mungkin Anda bisa bersyukur karena Anda masih bisa bertemu dengan orang-orang yang Anda sayangi. Anda bisa membaca artikel ini (saya bersyukur akan hal ini :)). Anda bisa tersenyum kepada orang yang tersenyum kepada Anda mungkin? Kalu belum bayangkan saya sedang tersenyum kepada Anda 🙂

Berbagai penelitian membuktikan bahwa sikap positif dapat mengubah keseimbangan hidup dan mati dengan mengalahkan depresi juga kecemasan. Dua hal ini bisa meningkatkan kemungkinan sakit jantung, darah tinggi, diabetes, asma, kanker (bukan kantong kering).

Orang yang bersyukur juga terlihat mengalami penurunan rasa marah, iri, kesedihan, dan penyesalan. Semua emosi barusan sering kali meningkatkan stress. Mari, bersyukur setiap hari. Ucapan syukur perlu dilakukan setiap hari. Saya bersyukur masih ingat untuk mencari apa yang bisa saya syukuri. Tidak sulit bukan?

Wohoow, banyak juga ya untuk mengatasi stress. Anda bisa mencoba salah satu, salah dua, bahkan salah tujuh dari apa yang dijabarkan. Lihat mana yang memberikan hasil optimal untuk Anda. Atau Anda menemukan salah depalan dan salah sembilan untuk mengtasi stress? Silakan tinggalkan komentar serta pendapat supaya membuat artikel ini lebih baik dan bermanfaat buat banyak orang. Sehingga kita mampu mengatasi stress.

 

 

About the Author Agus Setiawan

Agus Setiawan, seorang pembelajar yang sangat menyenangi dunia pengembangan diri khususnya dunia pikiran. Hasratnya untuk membantu banyak orang membawanya mendalami berbagai pengetahuan tentang pengembangan diri dan hipnoterapi. Ia menjadi hipnoterapis yang direkomendasikan oleh Adi W Gunawan Institute. Dalam prosesnya Pria kelahiran 1982 ini juga menemukan Sistem Bacakilat yang menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar untuk meningkatkan keefektifan dalam membaca buku yang sudah dibawakan ke berbagai kota mulai tahun 2009. Dorongan untuk membantu lebih banyak orang lagi membuatnya mendirikan Aquarius Resources yang berperan untuk memberikan Re-Edukasi terbaik kepada setiap orang yang ingin menempuh kesuksesan dalam kehidupannya.

follow me on:
  • wahyuprayoga says:

    saya nih kadang mengalmi stres akibat pekerjaan
    makasih tipsnya membantu banget

  • >