Masa Kritis Menguasai Sebuah Skill

Shares

MMenguasai Skill baruenguasai sebuah skill baru adalah hal yang menjadi tantangan setiap orang. Namun, kita tidak bisa menghindari proses ini, jika kita ingin terus maju dan berkembang.

Setiap sebuah skill selalu ada masa kritis yang akan kita lewati. Masa kritis ini jika kita lewati, kita akan menguasai skill itu dan terus menggunakannya. Namun ada juga yang tidak melewati masa kritis ini dan gagal menerapkan skill itu.

Masa kritis ini selalu menjadi masa yang tidak mudah. Masa di mana banyak pertentangan dalam diri, apalagi jika skill ini berbeda dengan apa yang selama ini kita misalnya skill bacakilat dibanding skill membaca biasa.

Mungkin Anda akan bergumul dengan diri Anda. Muncul suara dalam hati yang membuat Anda semakin berat menjalani proses ini. “Ini ga mungkin”, “saya terlalu muda”, “saya terlalu tua”, dan berbagai keraguan lainnya.

Tindakan akan menghilangkan semua keraguan yang tidak bisa dijawab dengan teori.

Berapa lama masa kritis ini?

Mungkin Anda juga pernah membaca atau minimal mendengar apa yang disampaikan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers. Ia menuliskan kisah sukses orang-orang yang sangat sukses dalam bidangnya. Ia mengatakan bahwa untuk menguasai dan menjadi pakar yang luar biasa dalam sebuah bidang, dibutuhkan waktu 10.000 jam untuk belajar dan melakukannya.

Kalau Anda perhatikan, ada kata menjadi pakar yang luar biasa. Artinya Anda menjadi pakar teratas di kancah dunia.

Namun informasi ini terdistorsi menjadi untuk menguasai sebuah keahlian dibutuhkan waktu 10 ribu jam juga. Ini membuat saya, mungkin Anda menjadi patah semangat. Bagaimana kita mau menjalani waktu sepanjang itu sementara kehidupan dan kesibukan kita sudah semakin menumpuk.

Sebenarnya untuk menguasai sebuah keahlian tidak perlu selama itu. Kita membutuhkan waktu selama itu untukenjadi pakar teratas dalam industri kita. Untuk menguasai sebuah skill yang membuat anda bisa melakukan dengan baik dan menghasilkan dari skill Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 jam.

Ya, dua puluh jam latihan. Namun dua puluh jam ini tentulah harus berkualitas. Menjalani 20 jam latihan ini perlu didahului 3 langkah yang membuat 20 jam Anda bisa membuat Anda menguasai dengan baik.

Pertama skill yang ingin Anda kuasai haruslah dipecah-pecah menjadi kangkah kecil. Langkah kecil mudah dilakukan dibandingkan sekaligus menguasai sepaket. Seperti langkah-langkah bacakilat yang telah di susun menjadi langkah-langkah kecil. Mulai dari tinjauan awal sampai mainmapping.

Kedua, Anda harus mengerti informasi tentang skill yang ingin Anda kuasai ini secukupnya. Sehingga Anda bisa melakukan koreksi jika Anda salah melakukannya saat Anda melalui 20 jam masa kritis Anda menguasai skill itu. Dalam bacakilat, ini bisa merupakan buku bacakilat yang Anda baca atau pelatihan 2 hari yang bisa Anda ikuti.

Selama proses 20 jam ini, pergumulan diri pasti muncul sering sekali. Inilah bagian yang sangat penting yang harus menjadi langkah 3 Anda menguasai skill baru. Menghilangkan hambatan mental. Membungkam semua suara yang meragukan dalam diri Anda.

Dan terakhir adalah dedikasikan 100% diri Anda untuk mempraktikkan dan melatih skill Anda selama 20 jam minimal. Jika Anda menguasai bacakilat mungkin Anda ingin menghabiskan 20 buku dengan sistem bacakilat dan Andapun akan semakin terbiasa dan lancar.

Silakan mencoba. Jika ada pertanyaan silakan komentarnya 🙂

Agus Setiawan

Benner-1.png

About the Author Agus Setiawan

Agus Setiawan, seorang pembelajar yang sangat menyenangi dunia pengembangan diri khususnya dunia pikiran. Hasratnya untuk membantu banyak orang membawanya mendalami berbagai pengetahuan tentang pengembangan diri dan hipnoterapi. Ia menjadi hipnoterapis yang direkomendasikan oleh Adi W Gunawan Institute. Dalam prosesnya Pria kelahiran 1982 ini juga menemukan Sistem Bacakilat yang menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar untuk meningkatkan keefektifan dalam membaca buku yang sudah dibawakan ke berbagai kota mulai tahun 2009. Dorongan untuk membantu lebih banyak orang lagi membuatnya mendirikan Aquarius Resources yang berperan untuk memberikan Re-Edukasi terbaik kepada setiap orang yang ingin menempuh kesuksesan dalam kehidupannya.

follow me on:
  • Saya mau download ebook7 kok susah bngt ya.

  • >