Mengeluh VS Ucapan Syukur

Shares

Benner-1.png

,

Mulai bersyukur dari hal Kecil, maka saksikan perubahan terjadi dalam hidup Anda  – Dian Kasih

images

Mengeluh merupakan hal termudah untuk dilakukan. Bagi beberapa orang mengeluh telah menjadi suatu kebiasaan. Jika Anda termasuk kategori orang suka mengeluh, maka ketahuilah bahwa kebiasaan mengeluh tidak akan membuat situasi menjadi lebih baik. Mengeluh malah akan menguras energi serta menciptakan perasaan negatif masuk dalam diri.

Seandainya Anda memiliki dua orang sahabat, sahabat pertama sering mengeluh, melihat dari sisi negatif di setiap kejadian. Sedangkan sahabat kedua melihat dari sisi positif. Pertanyaannya, Anda akan lebih senang dekat dengan sahabat pertama atau kedua? Saya yakin jawaban Anda sahabat kedua. Karena pada dasarnya semua orang senang berhubungan dengan orang-orang positif. Dimana kata-kata, tindakannya membangun, menghibur, menguatkan.

Mengapa Seseorang Mengeluh?

Mengeluh terjadi karena kecewa bahwa kenyataan terjadi tidak sesuai harapan. Terlalu fokus pada keinginan. Kecenderungan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Perlu disadari bahwa tidak semua kejadian terjadi sesuai dengan harapan.

Bagaimana bisa menghilangkan kebiasaan mengeluh?

Caranya sangat mudah. Hanya perlu belajar mengeluarkan kata-kata positif. Mengucapkan ucapan syukur dalam berbagai situasi. Karena ucapan syukur merupakan kenikmatan hidup, dengan bersyukur membuat hidup menjadi tentram, damai.

Sebagai contoh, kita mengeluh karena jalanan macet saat sedang mengemudi, Diluar sana ada jutaan orang tidak memiliki kendaraan pribadi. Mengeluh akan tumpukan pekerjaan, Anda perlu tahu berapa banyak jumlah pengangguran di Indonesia? Menurut informasi terdapat 7,17 juta orang tidak punya pekerjaan. Selalu mengungkapkan ucapan syukur serta tinggalkan kata “mengeluh”. Bersyukur karena masih memiliki pekerjaan, penghasilan. Ketahuilah ucapan syukur memiliki arti dan makna baik bagi kehidupan.

Cerita inspirasi tentang ucapan syukur :

Dalam artikel ini saya akan membagikan tiga cerita inspirasi dari ketiga cerita di dalam artikel ini mari kita sama-sama merenungkan makna dibalik mengungkapan ucapan syukur.

1. PANGERAN DAN PATIH KEPERCAYAAN RAJA

Cerita menarik pertama tentang seorang Pangeran bersama Patih kepercayaan Raja. Suatu ketika Pangeran ingin pergi berburu. Lalu sang ayah menugaskan seorang patih untuk menemani putranya. Mereka mulai berangkat, disepanjang perjalanan, ada saja kejadian yang membuat Pangeran marah kepada Patih. Seperti: kaki kuda patah sehingga ia terjatuh, kehabisan makanan, minuman. Lalu patih menemukan buah kelapa untuk bisa diminum airnya serta dimakan buahnya.

Puncaknya terjadi ketika gigi Pangeran patah ketika memakan buah kelapa. Tetapi Patih malah tertawa terbahak-bahak lalu berkata “bersyukurlah Pangeran, karena dibalik setiap kejadian ada kebaikan Tuhan”. Maka ia pun murka lalu membuang Patih kedalam sumur kering. Lalu pergi berburu ke hutan seorang diri.

Malang nasibnya saat berada di hutan. Ia ditangkap suku primitif. Setelah itu segera akan disembelih sebagai korban persembahan. Namun saat golok algojo nyaris menyentuh lehernya, ia meringis maka terlihatlah oleh algojo bahwa giginya ompong. Karena dianggap tidak layak untuk dipersembahkan, lalu dilepas. Pangeran mengungkapkan “ucapan syukur” serta merta teringat akan ucapan Patih “bersyukurlah Pangeran”. Langsung bergegas menolong Patih lalu berterimakasih. Sebaliknya Patih juga berterima kasih atas hukuman dari Pangeran. Sebab jika tidak, maka Patih akan jadi korban persembahan.

Dari cerita pertama, dapat disimpulkan bahwa mudah bagi kita mengucap syukur. Ketika berada dalam keadaan baik atau normal. Tetapi, alangkah sulitnya mengucapkan ucapan syukur ketika berada dalam kesusahan. Karena lebih mudah mengeluh. Lebih disayangkan lagi, banyak orang lupa mengucapkan ucapan syukur. Ketika mereka berada dalam keadaan baik, mereka terlena dengan segala kenyamanan atau kenikmatan hidup. Sebuah ucapan syukur sesungguhnya, menunjukkan bahwa kita merupakan pribadi yang menghargai segala pemberian Tuhan dalam kehidupan. Cerita tersebut juga mengajak kita untuk merenungi makna terselubung pada setiap kejadian. Terdapat makna indah dibalik ucapan syukur.

Percayalah bahwa di balik semua kejadian yang membuat Anda mengeluh, terdapat makna positif untuk mengungkapkan ucapan syukur. Para ahli psikologi mengatakan “Sikap bersyukur merupakan emosi tersehat”. Seorang pakar stress bernama Hans Seyle juga berkata, “Sikap bersyukur menghasilkan energi emosional lebih baik dari pada sikap lain”. Menariknya Anda selalu dapat memilih respon pada setiap kejadian. Apakah ingin mengeluh atau mengungkapkan ucapan syukur.

Saya teringat akan buku The Law of Attraction (LOA) atau Hukum Ketertarikan adalah salah satu hukum universal sukses paling terkenal. Diangkat melalui buku dan film “the Secret” yang mendunia. LOA menggariskan bahwa kita bisa “menarik” hal-hal, kejadian-kejadian, orang-orang tertentu dalam kehidupan. Pikiran, perasaan, emosi serta tindakan. Menciptakan energi atau frekuensi tertentu kemudian “menarik” energi atau frekuensi serupa dengannya ke dalam kehidupan.

Bayangkan jika hari-hari Anda mengeluarkan kata-kata positif, selalu mengucapkan ucapan syukur, maka otomatis anda mengirimkan sinyal baik dan menarik orang-orang di frekuensi serupa masuk dalam kehidupan Anda. Begitu juga sebaliknya jika kita mengeluh dan mengeluarkan kata-kata negatif.

Buku Miracle of Water juga mengungkapkan bahwa kata-kata syukur, ucapan syukur, kata positif baik melalui ucapan maupun tulisan bisa membuat air berubah menjadi indah.

2. KEKURANGAN BUKAN MASALAH

Cerita kedua tentang seorang remaja yang merasa kecewa, sedih. Ia mulai mengeluh, mengungkapkan perasaan negatif yang dirasakan. Ia tidak bisa menggantikan sepatu lamanya yang telah rusak dengan sepatu baru. Setiap saat ia merasakan hal ini. Sampai pada suatu pagi saat berjalan-jalan bertemulah ia dengan orang cacat tidak memiliki kaki. Tetapi orang tersebut tetap ceria. Melihat hal ini Remaja tersebut tersentak lalu mulai berpikir apa yang sudah dia keluhkan selama ini bukanlah masalah besar. Ia merasa malu pada dirinya sendiri. Merasa bahwa sikapnya tidak benar. Sejak saat itu juga ia berhenti mengeluh dan mulai belajar untuk selalu mensyukuri apa yang ia miliki saat ini.

Makna yang bisa kita dapat dari cerita ini, tidak setiap kekurangan akan membuat orang menjadi sedih dan kecewa. Ketika ada ucapan syukur di dalam kekurangan maka kedamaian, keceriaan akan selalu ada di dalam diri kita. Seperti orang cacat tidak memiliki kaki dicerita ini.

3. PENGUSAHA DAN ISTRI SETIA

Cerita ketiga mengenai seorang pengusaha yang terbangun di sebuah rumah sakit dan disampingnya sang istri tetap setia mendampinginya menjalani perawatan.
Suami berkata pada Istrinya, “Kamu tahu waktu pertama kali kita menikah usaha bangkrut. Engkau ada di sisiku. Setelah itu di tahun kedua pernikahan harta benda keluarga lenyap dicuri orang namun Kamu masih tetap setia menemaniku. Selanjutnya lagi saat rumah baru telah dicicil mengalami kebakaran Engkau pun di sisiku juga. Melalui semua itu Kamu ada di sisiku”.
Istrinya menjawab, “Ya aku akan selamanya setia berada di sisimu suamiku dalam keadaan apapun”.
Ia berkata, “Sekarang aku terbaring lemah di rumah sakit, Kamu tetap ada di sisiku”.
Ia menjawab, “Pasti, aku bersedia ada di sisimu”.
Kemudian pengusaha berkata lagi, “Makanya sekarang aku mulai berpikir bahwa kehadiran kamu disisiku menjadi pembawa semua kesialan”.

Makna cerita ini, Sang suami menyalahkan istri atas semua kejadian buruk dalam hidupnya. Ia melihat bahwa istrinya menjadi penyebab atas semua kemalangan dalam hidupnya. Ketika kita fokus pada hal negatif maka makna yang kita ambil negatif begitu pula sebaliknya. Jika ingin dilihat dari sudut pandang positif kita bisa lihat bahwa sang istri tetap setia menemai suami dalam setiap keadaan, saat ini sang suami masih diberi kehidupan dari Tuhan. Ia bisa bangun dari sakit yang ia alami.

Saya ingin bercerita sekilas tentang budaya di perusahaan kami, di Aquarius Resources. Kami memulai hari kami dengan mengungkapkan ucapan syukur. Membuat hari-hari kami menjadi lebih semangat. Lebih tenang. Melatih diri mulai menyadari hal-hal kecil maupun besar yang terjadi dalam kehidupan, lalu mensyukurinya.

Yuk…. Mulai ambil waktu bersyukur setiap hari. Mengucapkan ucapan syukur atas pekerjaan, kesehatan, keluarga atau apapun yang dapat disyukuri. Mengucapkan ucapan syukur lebih banyak. Percayalah hidup akan lebih mudah. Keberuntungan senantiasa bersama Anda. Karena dengan mengucapkan icapan syukur Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda. Karena Anda terlalu sibuk mengeluh.

Pada tiga cerita diatas mengajak kita untuk selalu mengucapkan ucapan syukur. Semakin banyak bersyukur atas apa yang kita miliki dan capai, maka semakin banyak pula hal yang kita miliki untuk disyukuri. Begitu juga ketika kita banyak mengeluh atas masalah yang dialami, maka jangan heran jika semakin banyak masalah yang kita alami untuk dikeluhkan.

Jangan mengeluh bila menghadapi kesulitan tetapi lakukan 5 langkah mudah berikut:
1. Pejamkan Mata
2. Tarik nafas panjang tahan sebentar, kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut
3. Buka mata
4. Tersenyumlah
5. Bayangkan bahwa suatu saat nanti Anda akan mengungkapkan ucapan atas kejadian sulit saat ini.

Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur, mengucapkan ucapan syukur lalu lihat dan tuliskanlah perubahan-perubahan dalam hidup Anda.

Sudahkah anda bersyukur hari iniBenner-1.png

 

About the Author Dian Kasih

Dian Kasih Marthaniasri Laia yang akrab dipanggil Dian merupakan lulusan Psikologi di Universitas Bunda Mulia, sejak tahun 2007 perempuan berambut panjang ini senang menggeluti dunia pengembangan diri, berawal dari pertemuannya dengan Mr. Hindra Gunawan dan Mr.Agus Setiawan, Dian mengawali karirnya di dunia Event Organizer. Event pertama yang di jalankan adalah becoming a money magnet yang di cetuskan oleh Bapak Adi W Gunawan bersama Partnernya Bapak Ariesandi Setyono sejak saat itu perempuan kelahiran 1990 ini menyukai dunia pengembangan diri dan pikiran. Hal inilah yang membuat perempuan kelahiran Dabo Singkep ini tertarik untuk mengambil jurusan psikologi. Anak ke dua dari Bapak Latiaro Laia dan Ibu Nancy Evianti ini sangat senang ketika bisa melihat perubahan setiap peserta yang ikut dalam pelatihan yang di organizer olehnya di perusahaan tempat ia bekerja yaitu Aquarius Resources, Bisa bermanfaat bagi kehidupan orang lain dan bisa berbagi. Melihat orang lain bertumbuh dan meningkatkan kualitas diri merupakan rasa syukur dan kebahagiaan dalam hidupnya. Anak ke dua dari empat bersaudara yang hobbie jalan-jalan ini mempunyai motto mulailah dari langkah kecil hal itu pasti akan menjadi besar.

follow me on:
>