agar ceria setiap hari

Tips agar Ceria Setiap Hari

Shares

Bagaimana aktivitas Anda setiap hari di kantor?

Pastinya penuh tekanan dan tantangan, bukan? Belum lagi persaingan yang ketat dengan rekan kerja. Itu semua membuat Anda rentan terkena stres, kecemasan, dan emosi. Intinya, Anda jadi mudah hilang keceriaan.

Padahal, keceriaan itu sangat penting!

Mengapa? Hidup sudah susah dan berat. Ia akan terasa semakin berat jika Anda menjalaninya tanpa keceriaan.

Anda setuju, bukan?

Tetapi, pertanyaannya, bagaimana caranya agar ceria setiap hari jika tekanan terus menggempur?

Salah satu faktor yang memengaruhi keceriaan dan kebahagiaan seseorang yaitu pikiran. Pikiran yang positif membuat hati Anda menjadi lebih ceria. Sebaliknya, pikiran yang negatif membuat hati Anda jadi lebih murung.

Nah, bagaimana jadinya jika tekanan terus datang bertubi-tubi? Tentu, hal itu membuat otak Anda rentan tercemari pikiran yang negatif, di mana akhirnya pikiran negatif itu membuat Anda berpikir mustahil untuk merasa gembira.

Namun demikian, bukan berarti mustahil Anda merasa ceria di tengah-tengah situasi yang menekan. Ada kabar baik yang patut Anda syukuri. Apa itu? Para pakar neurosains menemukan bahwa ternyata, bukan hanya pikiran saja yang bisa memengaruhi keceriaan. Ada zat-zat tertentu di dalam otak yang dapat membantu membuat perasaan Anda lebih ceria. Anda dapat memanipulasi otak Anda untuk memproduksi/melepaskan zat-zat tersebut.

Dalam artikel ini, penulis akan mengajak Anda untuk mengetahui tips agar ceria setiap hari dengan memanipulasi otak Anda. Semoga tips ini membantu membuat suasana hati Anda tetap ceria di tengah tekanan yang datang bertubi-tubi.

Baiklah jika begitu, yuk, langsung saja kita mulai dari yang pertama yaitu paparan sinar matahari.

Tips agar Ceria Setiap Hari

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar ceria setiap hari.

1. Paparan sinar matahari

Otak bekerja dengan optimal di bawah paparan sinar matahari.  Paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan pelepasan hormon melatonin, yang membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Tidur yang nyenyak dan berkualitas memberikan beberapa keuntungan bagi Anda seperti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan energi dan ketajaman berpikir. Energi yang besar di pagi hari yang diperoleh dari tidur nyenyak dapat membuat mood Anda lebih positif/good mood.

Di samping membantu membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas, sinar matahari yang diserap melalui kulit Anda membantu otak Anda memproduksi zat yang disebut serotonin yang berperan membuat suasana hati Anda lebih ceria/ good mood.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk jalan-jalan keluar di pagi hari, sebelum pergi ke kantor. Paparkan diri Anda pada sinar matahari pagi yang menyehatkan.

2. Bergerak

Selain paparan sinar matahari, produksi hormon serotonin yang dapat membuat suasana hati Anda lebih ceria juga dapat Anda lakukan dengan cara banyak bergerak. Bergerak tidak harus berarti berolahraga berat seperti berlari atau loncat-loncat.

Di kantor, Anda dapat sesekali melakukan gerak ringan seperti berjalan kaki saat jam istirahat.

Dengan gerak, dijamin, hati Anda yang tadinya murung, penuh rasa cemas dan khawatir menjadi lebih tenang, gembira, dan optimis.

3. Renggangkan otot

Meregangkan otot dapat mengurangi stres melalui sebuah proses yang disebut biofeedback. Di samping itu, meregangkan otot juga dapat melepaskan zat yang serupa dengan morfin dan THC yang dapat mengurangi sakit dan membuat suasana hati lebih ceria.

 

Namun demikian, tenang saja, pelepasan zat sejenis morfin dan HTC ini akibat aktivitas perenggangan otot tidak membuat Anda sakau. Sebaliknya, ia membawa dampak positif bagi Anda, yakni membuat hati Anda lebih gembira.

Oleh karena itu, regangkan otot Anda saat sudah merasa suntuk, bosan, dan stres.

4. Pijat

Siapa yang tidak suka pijat atau urut?

agar ceria setiap hari

Tentu, Anda menyukainya, bukan?

Pijat atau urut terkenal dapat membuat tubuh, pikiran, dan perasaan lebih rileks. Itulah mengapa, banyak sekali yang menyukainya.

Di samping itu, pjat dapat melepaskan oksitoksin yang mengurangi stres dan kecemasan. Pijat dapat melepaskan serotonin, hormon yang berperan membuat suasana hati Anda lebih ceria, sebagaimana dijelaskan di atas.

Setelah lelah bekerja, tidak ada salahnya untuk sesekali memanjakan diri Anda dengan berpijat.

5. Deep Breathing

Ketika suasana hati Anda buruk karena tekanan di kantor, jangan ragu untuk ambil napas yang dalam.

Menghirup napas dalam dan mengembuskannya perlahan dapat memengaruhi otak dengan mengatur aktivitas dalam saraf vagus, dan merupakan cara yang powerful untuk mengurangi stres dan rasa cemas.

 

Demikian tips agar ceria setiap hari. setelah menyimak tips di atas, bagaimana tanggapan Anda?

Tips di atas sangat mudah diterapkan, bukan?

Oleh karenanya, jangan tunggu waktu untuk mempraktikkannya dan rasakan manfaatnya yang fantastis!

 

Sumber: psychologytoday.com

Baca juga:

Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Punya Motto Hidup!

Tips Bekerja dengan Gembira

Bahagia dalam Ketidakpuasan

 

About the Author Rina Ulwia

Rina Ulwia mulai terjun ke dunia penulisan semenjak lulus pendidikan S1 di salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah. Ketertarikannya dengan dunia tulis-menulis bermula ketika ia menjadi editor di salah satu penerbit buku pendidikan terkemuka di Indonesia. Semenjak itu, ia aktif menuangkan ide ke dalam tulisan. Perempuan yang hobi membaca buku ini menaruh minat pada semua bidang. Ia suka berdikusi mengenai berbagai topik. Dari filsafat hingga musik, dari ekonomi hingga sastra, semua ia diskusikan di sela-sela kesibukan kerja. Memiliki banyak pengalaman yang menguji aspek psikis dan psikologisnya membuat perempuan kelahiran 1985 ini menaruh perhatian besar pada dunia pengembangan diri. Ia bergabung dengan Aquarius Resources, event organizer yang bergerak di bidang reedukasi pengembangan diri sebagai creative writer. Baginya, berkecimpung di dunia pengembangan diri memberikan banyak manfaat. Selain dapat mengembangkan diri, ia juga dapat membantu orang lain lewat tulisan-tulisannya.

follow me on:
>